Harga Kawasaki Ninja ZX-25R Naik Rp1 Jutaan, Masih Menarik Dibeli?

Per April 2021, harga sepeda motor mengalami kenaikan. Penetapan ini pun berlaku terhadap Kawasaki Ninja ZX-25R, yang terpantau mengalami eskalasi lumayan tinggi. Padahal saat ini, dialah satu-satunya motor sport 250 cc dengan banderol paling mahal.

Untuk diketahui, sebelumnya produk itu dijual mulai dari Rp97,9 juta (tipe standar). Namun, bulan ini harga Kawasaki Ninja ZX-25R tipe basic itu menjadi Rp98,85 juta. Artinya, terdapat kenaikan sebesar Rp950 ribu pada varian tersebut.

Kawasaki Ninja ZX-25R 2021 paling buas di kategori sport 250 cc.

Aplikasi serupa pun otomatis berlaku pada opsi tertinggi. Bedanya, harga Kawasaki Ninja ZX-25R ABS SE naik sekitar Rp1 jutaan. Di Maret lalu, banderolnya masih Rp114,9 juta. Akan tetapi di awal April terkatrol menjadi Rp116 juta. Lebih tepatnya berselisih Rp1,1 juta dari harga bulan lalu.

Ada beberapa faktor yang sebetulnya membuat situasi ini terjadi. Paling utama adalah biaya administrasi pengurusan surat kendaraan bermotor. Umumnya naik setiap tahun, begitu juga harga bahan baku. Sebagaimana diketahui, Kawasaki Ninja ZX-25R diracik oleh PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI). Akan tetapi, tidak sepenuhnya komponen si motor dibuat di dalam negeri.   

Baca juga: Kawasaki Ninja ZX-25R Sport 250 cc Paling Fenomenal, Simak Detail Motor Ini lebih Jauh

Kenaikan harga terjadi pada dua varian Kawasaki Ninja ZX-25R.

Bagi Anda yang berkantung tebal, kenaikan harga Kawasaki Ninja ZX-25R 2021 tentu tak kepalang besar. Toh, kondisi tersebut masih bisa diatasi dengan membelinya secara kredit. Sebaliknya, menjadi tidak berarti setelah mengetahui perbekalannya. 

Harga Kawasaki Ninja ZX-25R per April 2021
Kawasaki Ninja ZX-25R 2021 (standar) Rp98.850.000
Kawasaki Ninja ZX-25R ABS SE 2021 Rp116.000.000

Impresi Berkendara bak Moge

Sorotan utama jelas tertuju dari mesin empat silinder yang idealnya dipakai moge. Faktanya, konfigurasi tersebut disandingkan dengan kapasitas 250 cc saja. Bukan sekadar mampu meraung lebih tinggi, performa Kawasaki Ninja ZX-25R 2021 tercatat 51 PS @15.500 rpm dan 22,9 Nm @14.500 rpm. Paling besar diantara Honda CBR250RR 2021 atau Yamaha R25 2021 melalui rancangan dua silindernya.

Kawasaki Ninja ZX-25R dilengkapi Power Mode.

Baca juga: Alasan Beli Kawasaki Ninja ZX-25R, Demi Sensasi Moge Semata?

Power Mode untuk Ekstraksi Daya 

Keluaran output darinya jua bisa diatur melalui Power Mode. Terdapat dua pilihan yaitu Full dan Low untuk mengekstraksi daya. Diferensiasi keduanya terletak pada output yang dikeluarkan mesin. Ketika opsi Full dipilih, maka tenaga akan keluar 100 persen. Sementara saat Low, hanya 65 persen saja tenaga dirasakan pengendara. Gampangnya, di mode ini mesin jauh lebih smooth dari pada mode Full. 

Opsi Full dapat dimanfaatkan kala melakoni giat track day. Dengan begitu, Anda dapat menguras habis kemampuan mesin empat silinder selama melaju di sirkuit. Sementara untuk tipe Low, tentu membantu ketika dipakai di jalan raya dengan kondisi lalu lintas cukup padat. Terapan Power Mode ini digunakan, lantaran Kawasaki Ninja ZX-25R mengaplikasi teknologi Ride by Wire. 

Kawasaki Ninja ZX-25R masih cocok untuk dipakai harian.

Quick Shifter Dua Arah 

Kemudahan saat mengeksplorasi kemampuannya juga didukung oleh ketersediaan Assist and Slipper Clutch. Keberadaannya membuat pengoperasian kopling menjadi enteng. Selain itu, gejala roda belakang terkunci saat downshift dapat dicegah berkat perangkat di girboks tersebut. 

Quick shifter mendukung upaya pengendara dalam mengeksplorasi kemampuan Kawasaki Ninja ZX-25R.

Baca juga: Isu Kawasaki Ninja 700 R Bermesin Dua Silinder Berhembus, Inikah Pengganti ZX-6R?

Akan tetapi, PT KMI juga menyediakan quick shifter guna mengoptimalkan proses translasi output ke roda belakang.  Kinerja Kawasaki Quick Shifter (KQS) sendiri berlaku dua arah yaitu upshift dan downshift. Iya, tidak perlu menekan tuas kopling saat melakukan perpindahan gigi. Dengan catatan, putaran mesin sudah berada di atas 2.500 rpm. Pembeli juga bisa mematikan fitur tersebut. Namun, khusus KQS hanya dapat ditemui pada varian tertinggi saja. 

Pengguna Traction Control Tunggal di Kelas 250 cc

Walau begitu, pembeli tipe dasar tetap punya nilai tambah. Pasalnya, baik Ninja ZX-25R standar maupun ABS SE sama-sama mendapatkan pengontrol traksi. Tak ubahnya pula seperti moge atau big bike, fitur yang dinamai Kawasaki Traction Control (KTRC) ini juga bisa disetel ke dalam tiga pilihan. 

Traction control Kawasaki Ninja ZX-25R 2021 bisa di non-aktifkan.

Pemilik Ninja ZX-25R bisa mengatur sendiri respons traksi ke roda belakang. Tak cuma itu. fitur ini pun dapat Anda non-aktifkan, bila dirasa tidak terlalu dibutuhkan. Menariknya lagi, hanya Kawasaki Ninja ZX-25R yang menggunakan traction control di kelas 250 cc. Untuk pembeli tipe atas, ada lagi penambahan berupa sistem pengereman ABS (anti-lock braking system). 

Spesifikasi Kawasaki Ninja ZX-25R 2021
Rangka
Dimensi (P x L X T )  1.980 mm x 750 mm x 1.110 mm
Jarak Sumbu Roda 1.350 mm
Jarak Terendah ke Tanah 125 mm
Tinggi Tempat Duduk 765 mm
Berat 180 kg (standar) 182 kg (SE)
Mesin
Tipe Mesin 4 cyl DOHC WC liquid cooled in line four 16 valves
Bore x Stroke  50 x 31,8 mm
Kapasitas Mesin 249,8 cc
Rasio Kompresi 11,5:1
Tenaga Maksimum 50 PS / 15.500 rpm
Tenaga Maksimu dengan Ram Air 51 PS / 15.500 rpm
Torsi Maksimum  
 
22,9 Nm / 14.500 rpm
Rangka Steel
Suspensi Depan Telescopic upside down 37 mm SFF BP Showa
Suspensi Belakang horizontal back link SWG ARM with preload adjustability
Wheel travel 120 mm (fr) 116 mm (rr) 120 mm
Wheel Travel 116 mm
Steering angle (left / right) 35 derajat
Ban Depan 110/70R17M/C 
Ban Belakang 150/60R1M/C 
Rem Depan Single 310mm 
Rem Belakang Single 220 mm 
Oops... Something broke.
    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Ary

Reporter

Mengulas apapun tentang sepeda motor lalu menerjemahkannya ke dalam tulisan, mungkin hanya secuil sarana untuk berbagi inform...

Perbandingan Motor Terkait

Berita Terbaru

Catat, Ini Ragam Cairan Pelumas yang Harus Dibawa Saat Touring

Pelumas multifungsi bisa untuk beragam keperluan. Contact cleaner bisa mencegah konsleting. Riding jarak jauh alias touring pakai motor memang menyenangkan, kegiatan ini ampuh melepas penat karena kegiatan di kantor. Sebelum bepergian tentu ada baiknya mempersiapkan kuda besi kesayangan, untuk meminimalisir kejadian yang tak mengenakkan. Mulai dari melakukan servis rutin, mengganti oli mesin, memeriksa kondisi ban, CVT, rantai sampai tekanan ban. Dan untuk mengantisipasi kejadian di jalan yang t

Honda Pamer CBR Rp 1 Miliar di GIIAS 2023, Tampangnya Agresif Banget!

Banderol Honda CBR1000RR-R lebih dari Rp 1 miliar. Hanya ada satu opsi warna dan tipe. PT Astra Honda Motor (AHM) bukan hanya menghadirkan motor-motor produksi lokal di GIIAS 2023. Sejumlah motor besar atau moge dan produk CBU juga ditampilkan. Salah satunya Honda CBR1000RR-R. Sosok Honda CBR1000RR-R bisa Anda temui di booth Pre Function Hall 10 di ICE BSD, lokasi GIIAS 2023 berlangsung. Tampilan agresif dan sporty Honda CBR1000RR-R menyolok mata saat disandingkan bersama display lainnya. Dianta

Haruki Noguchi, Pembalap Jepang yang Kecelakaan di Mandalika Meninggal Dunia

Haruki Noguchi turun di kelas ASB1000 ARRC 2023. Sempat finish ke-4 di race pertama. Pekan ini kabar duka hadir dari dunia balap internasional. Pasalnya setelah beberapa hari dirawat setelah insiden di Mandalika pada Minggu (13/8/2023), Haruki Noguchi dinyatakan meninggal dunia. Kabar meninggalnya Noguchi diumumkan di akun Instagram Asia Road Racing Championship (ARRC) pada Kamis (17/8/2023). Sesuai permintaan keluarga, informasi tersebut disebar sehari setelah Noguchi dinyatakan meninggal. Pemb

Ragam Kegiatan Maxi Yamaha di Awal Agustus, Dari Camping Sampai Touring

Maxi Yamaha Day berlanjut di Kalimantan. Pengguna XMax touring ke Bukit Tinggi. Ratusan bikers ramaikan kedua acara tersebut. Pengguna Maxi Yamaha menggelar beragam aktivitas belum lama ini, ada yang camping, ada pula yang touring. Untuk yang camping, mereka mengikuti rangkaian Maxi Yamaha Day 2023 yang berlangsung di Pantai Panrita Lopi Beach, Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur (Kaltim). Giat yang berlangsung 12-13 Agustus 2023 itu jadi acara kedua, setelah sebelumnya di

Awas Bocor, Ini Efek Negatif Radiator Motor Diisi Pakai Air Kran

Air kran bisa timbulkan karat. Pendinginan mesin bisa terganggu. Untuk darurat pakai air AC atau aki. Sistem pendinginan motor kini sudah banyak yang menggunakan radiator, tapi bagaimana jika cairan yang dipakai adalah air kran? Meski kini sudah banyak tersedia radiator coolant, namun tetap ada saja yang mengisi radiatornya dengan air biasa. Bisa jadi karena darurat atau memang malas untuk membeli radiator coolant, sehingga mengisinya dengan air kran biasa. Untuk sesaat mungkin tak masalah, tapi

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor
Kawasaki Ninja ZX-25R
Lihat