Harga Kawasaki Z250 Bekas Kini Setara Honda Vario, Simak Dulu Plus-Minusnya Sebelum Meminang

Dikenalkan sejak tahun 2013 lalu oleh PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI), Kawasaki Z250 diterima dengan baik oleh masyarakat sebagai model naked bike 250 cc. Motor ini sendiri berbagi basis dari Kawasaki Ninja 250 Fi.

Tanpa fairing dan menawarkan posisi berkendara lebih nyaman, Kawasaki Z250 ini banyak dipakai untuk riding sehari-hari bahkan touring. Sayangnya sejak 2019 lalu, namanya hilang dari situs resmi KMI karena pasarnya kurang bagus.

Kawasaki Z250 bekas sudah sangat terjangkau.

KMI melihat jika konsumen Indonesia lebih menyukai motor sport full fairing ketimbang naked bike. Tapi tenang, jika memang kalian masih berminat dengan sosok Kawasaki Z250 bisa tebus unit bekasnya, yang sekarang harganya sudah setara Honda Vario 150 yakni diangka Rp 24 jutaan saja.

Baca juga : Diskontinu di Indonesia, Jepang justru Bersiap Menantikan Kawasaki Z250 2022

Harga Bekas Kawasaki Z250

Memantau situs jual-beli online, kalian bisa mendapatkan motor ini dengan rentang harga Rp 23 jutaan hingga Rp 32 jutaan. Memang terhitung besar rentang harganya, karena namanya motor bekas, tentu bergantung pada kondisi, tahun produksi dan tipenya karena ada pula tipe ABS.

Tapi hal itu nyatanya bukanlah patokan baku, karena ada saja yang melepas tinggi. Untuk tahun 2013 misalnya, unit termurah yang berhasil kami temui dilepas Rp 23 jutaan dan termahal dilabeli harga Rp 33 jutaan.

Bentuk gagah dengan harga bekas yang menggoda.

Dan untuk unit tahun-tahun muda seperti 2018 dan 2019 relatif jarang terlihat, dan kalau pun ada harganya masih tinggi. Rata-rata bermain diangka Rp 38 sampai Rp 43 jutaan. Nah, tergantung kalian, mau beli unit bekas tahun berapa nih?

Keunggulan Kawasaki Z250

Desain Kawasaki Z250

Muncul sejak 2013 hingga akhirnya menghilang dari situs resmi KMI tahun 2019, motor ini tak mendapatkan update tampilan, kecuali pilihan warna. Sosoknya mewarisi desain Sugomi, khas naked bike Kawasaki.

Lampu depan mengandalkan dua buah bohlam, dengan bentuk lampu yang lebar. Tangkinya kokoh, dengan shroud yang memanjang hingga bawah, seolah-olah memeluk mesin, sehingga memberikan kesan padat berisi.

Baca juga : Pilih Sport 250 Cc Bekas, Ini Tiga Kelebihan Yamaha MT-25 Dibanding Kawasaki Ninja 250

Desain khas Sugomi tampak agresif.

Bagian tengah sampai belakang sama persis dengan Kawasaki Ninja 250 FI yang kala itu dijual bersamaan. Begitu pula dengan desain peleknya, spesifikasi kaki-kaki dan juga bentuk knalpot yang punya dimensi terhitung besar.  

Kawasaki Z250 Nyaman Dikendarai

Dan karena ini adalah sebuah naked bike, tentunya akan lebih nyaman dikendarai untuk sehari-hari. Ketimbang versi full fairing, tentu kelincahannya akan lebih memanjakan pengendara disela-sela kemacetan kota nan padat.

Karakter suspensinya pun pas untuk meredam guncangan, dengan paduan suspensi teleskopik di depan dan monosok dengan llink di belakang. Meski begitu, motor ini tak bisa dikatakan ringkas. Panjangnya mencapai 2.010 mm, lebar 750 mm dan tinggi 1.025 mm.

Baca juga : Kawasaki Ninja 250 2022 Pakai Seragam Baru, Ini Daftar Harga Terbarunya

Posisi berkendara nyaman.

Fitur Mumpuni Kawasaki Z250

Salah satu andalan dari motor ini adalah hadirnya panel meter digital-analog, yang juga sama persis dengan Kawasaki Ninja 250FI. Layar digitalnya menampilkan spidometer, odometer, tripmeter, fuel meter dan jam digital.

Baca juga : Intip Harga Bekas Kawasaki Ninja 250 Karburator, Pelopor Sport 250 Seharga Matic Entry Level

Penunjuk putaran mesin masih pakai jarum, lengkap dengan sejumlaj lampu indikator seperti gigi netral, lampu sein, lampu jauh, aki, tekanan oli, check engine dan suhu mesin.

Anak kunci masih pakai model biasa, lalu kaki-kaki sudah pakai rem cakram pada kedua roda. O iya, rem cakram ini juga ada yang dilengkapi fitur ABS, jika kalian menebus unit tipe ABS.

Panel meter digital-analog.

Mesin Tangguh Kawasaki Z250

Mengandalkan mesin 250 cc dua silinder inline, DOHC 8 katup pendingin cairan, serta transmisi manual enam percepatan, sudah lebih dari cukup untuk membawa motor ini melaju cepat. Dan lagi-lagi motor ini berbagi mesin dengan Kawasaki Ninja 250 FI.

Tenaga yang mampu dihasilkan meisn ini mencapai 32 PS pada putaran mesin 11.000 rpm. Dan torsi maksimal yang bisa dicapai sebesar 21 Nm pada putaran mesin 10.000 rpm.

Kekurangan Kawasaki Z250

Bobot Berat Kawasaki Z250

Salah satu hal yang dikeluhkan penggunanya adalah, bobot motor yang terhitung berat, jika dibandingkan dengan kompetitor sekelas. Bobot motor ini mencapai 168 kg, Yamaha MT-25 ternyata masih lebih ringan dengan 165 kg.

Baca juga : Suzuki Gixxer SF 250 2022 Dirilis, Harga Rp 49 jutaan Siap Tantang Kawasaki Ninja 250 FI

Mesin dua silinder segaris kuat di tengah sampai atas.

Akselerasi Kawasaki Z250 Biasa Saja

Meski basis mesinnya adalah 250 cc, namun akselerasi pada putaran rendah terhitung biasa-biasa saja. Tenaga dan torsinya baru mulai terasa kala putaran mesin menengah sampai atas. Ya karakter mesin over bore memang.

Alhasil, untuk berakselerasi dikepadatan kota harus ekstra sabar, dan kalau pun memaksa dengan selip kopling atau menggantung putaran mesin, akan berimbas pada konsumsi bahan bakar yang jadi lebih boros.

Layak Pakai Untuk 2021

Tampilan gagah menggoda dengan harga ramah kantong.

Meski tahun produksi sejak 2013 dan tak ada pembaruan sampai akhirnya disuntik mati, bentuk motor secara tampilan masih layak untuk dipinang. Desainnya menarik, apalagi masih membawa ciri khas desain Sugomi.

Hanya saja akselerasi pada putaran bawah yang terlalu smooth membuat gregetan dan bisa berimbas pada konsumsi bahan bakar. Pilihan tentunya pada kalian, mau menebus Kawasaki Z250 atau mencari opsi menarik lainnya.

    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Harry

Senior Reporter

Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberi...

Perbandingan Motor Terkait

Berita Terbaru

Catat, Ini Ragam Cairan Pelumas yang Harus Dibawa Saat Touring

Pelumas multifungsi bisa untuk beragam keperluan. Contact cleaner bisa mencegah konsleting. Riding jarak jauh alias touring pakai motor memang menyenangkan, kegiatan ini ampuh melepas penat karena kegiatan di kantor. Sebelum bepergian tentu ada baiknya mempersiapkan kuda besi kesayangan, untuk meminimalisir kejadian yang tak mengenakkan. Mulai dari melakukan servis rutin, mengganti oli mesin, memeriksa kondisi ban, CVT, rantai sampai tekanan ban. Dan untuk mengantisipasi kejadian di jalan yang t

Honda Pamer CBR Rp 1 Miliar di GIIAS 2023, Tampangnya Agresif Banget!

Banderol Honda CBR1000RR-R lebih dari Rp 1 miliar. Hanya ada satu opsi warna dan tipe. PT Astra Honda Motor (AHM) bukan hanya menghadirkan motor-motor produksi lokal di GIIAS 2023. Sejumlah motor besar atau moge dan produk CBU juga ditampilkan. Salah satunya Honda CBR1000RR-R. Sosok Honda CBR1000RR-R bisa Anda temui di booth Pre Function Hall 10 di ICE BSD, lokasi GIIAS 2023 berlangsung. Tampilan agresif dan sporty Honda CBR1000RR-R menyolok mata saat disandingkan bersama display lainnya. Dianta

Haruki Noguchi, Pembalap Jepang yang Kecelakaan di Mandalika Meninggal Dunia

Haruki Noguchi turun di kelas ASB1000 ARRC 2023. Sempat finish ke-4 di race pertama. Pekan ini kabar duka hadir dari dunia balap internasional. Pasalnya setelah beberapa hari dirawat setelah insiden di Mandalika pada Minggu (13/8/2023), Haruki Noguchi dinyatakan meninggal dunia. Kabar meninggalnya Noguchi diumumkan di akun Instagram Asia Road Racing Championship (ARRC) pada Kamis (17/8/2023). Sesuai permintaan keluarga, informasi tersebut disebar sehari setelah Noguchi dinyatakan meninggal. Pemb

Ragam Kegiatan Maxi Yamaha di Awal Agustus, Dari Camping Sampai Touring

Maxi Yamaha Day berlanjut di Kalimantan. Pengguna XMax touring ke Bukit Tinggi. Ratusan bikers ramaikan kedua acara tersebut. Pengguna Maxi Yamaha menggelar beragam aktivitas belum lama ini, ada yang camping, ada pula yang touring. Untuk yang camping, mereka mengikuti rangkaian Maxi Yamaha Day 2023 yang berlangsung di Pantai Panrita Lopi Beach, Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur (Kaltim). Giat yang berlangsung 12-13 Agustus 2023 itu jadi acara kedua, setelah sebelumnya di

Awas Bocor, Ini Efek Negatif Radiator Motor Diisi Pakai Air Kran

Air kran bisa timbulkan karat. Pendinginan mesin bisa terganggu. Untuk darurat pakai air AC atau aki. Sistem pendinginan motor kini sudah banyak yang menggunakan radiator, tapi bagaimana jika cairan yang dipakai adalah air kran? Meski kini sudah banyak tersedia radiator coolant, namun tetap ada saja yang mengisi radiatornya dengan air biasa. Bisa jadi karena darurat atau memang malas untuk membeli radiator coolant, sehingga mengisinya dengan air kran biasa. Untuk sesaat mungkin tak masalah, tapi

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor
Kawasaki Z250
Lihat