Ramai Netizen Bandingkan Ujian Praktik SIM Motor di Indonesia dan Taiwan, Ini Kata Polisi

Belakangan ini dunia maya sempat riuh karena unggahan video yang memperlihatkan perbandingan ujian praktik motor dalam penerbitan SIM C, antara di Indonesia dan diduga di Taiwan. Dalam video itu, tampak perbedaan yang signifikan metode uji keterampilan bermotor pemohon SIM

Bagian atas menampilkan ujian praktik di Indonesia, berupa lintasan zig-zag serta di depannya adalah medan jalan yang membentuk angka 8 dan di beberapa tepiannya terdapat palang. Apabila motor menyentuhnya dan keluar dari garis, maka dianggap gagal. 

Tangkapan layar perbedaan ujian praktik SIM di Indonesia dan diduga di Taiwan.

Baca Juga: Mau Belajar Naik Motor, Bagusnya Pakai Motor Matic atau Manual Kopling?

Namun anggota polisi yang mempraktikkannya tampak lihai dan terampil meliuk-liuk pada lintasan tersebut menggunakan motor bebek. Sementara di bawahnya diduga merupakan ujian berkendara di Taiwan. Pelaksanaannya tanpa lintasan angka 8. 

Ya, di sana terlihat tempat ujian praktiknya berupa lintasan lurus yang disertai beberapa tikungan, rambu untuk berhenti, serta simulasi lampu lalu lintas dan perlintasan kereta. Pemotor harus berhenti apabila rambu memerintahkannya, kemudian boleh menurunkan kaki untuk menjaga keseimbangan motor.

Ujian praktik SIM C di Indonesia.

Mengenai hal ini, kepolisian RI buka suara. Kasubdit SIM Ditregident Korlantas Polri Kombes Pol Tri Julianto Djati Utomo menjelaskan, pada praktiknya hal tersebut agar melatih keterampilan pengendara kendaraan bermotor. "Untuk melatih kelincahan dan keseimbangan dalam mengemudi," katanya. 

Sudah Lama Diterapkan

Kemudian soal materi ujian praktik SIM C untuk peserta uji sepeda motor, sebenarnya juga telah diatur sejak lama melalui Peraturan Kapolri (Perkap) Nomor 9 Tahun 2012 tentang SIM. Pasal 62 menyebutkan, ujian praktiknya meliputi: 

  • Uji pengereman atau keseimbangan
  • Uji slalom/zig-zag
  • Uji membentuk angka delapan
  • Uji reaksi rem menghindar, dan
  • Uji berbalik arah membentuk huruf U (U-turn). 

Ujian praktik SIM C motor dalam aturan memang menggunakan lintasan 8 dan zig-zag.

Kemudian lebar dan panjang lapangan ujian praktik untuk SIM C disesuaikan dengan besaran kapasitas silinder dan atau dimensi sepeda motor yang dikendarai. 

Baca Juga: Enaknya Punya SIM CII, Gak Perlu Lagi Kantongi SIM C Lain dan Bisa Kendarai Segala Jenis Motor

Ujian Praktik SIM C Sudah Seharusnya Susah

Terpisah, Pakar Keselamatan Berkendara Sony Susmana mengatakan, materi ujian praktik tersebut sudah sesuai prosedur dan tak perlu diperdebatkan. Jadi walaupun terlihat sulit, hal itu sudah diperhitungkan oleh kepolisian. 

Menurutnya memang sudah menjadi keharusan dalam ujian praktik penerbitan SIM baru dibuat tidak gampang. Sebab ini kaitannya dengan kemampuan persepsi di jalan, bukan sekadar kompetensi mahir mengemudikan kendaraan bermotor. 

Ujian praktik SIM C motor dibuat susah agar pemohon SIM benar-benar terampil dalam berkendara.

"Salah kalau ujian SIM itu susah, karena memang harus begitu, kalau gampang semua nantinya akan menggampangkan semua kondisi di lalu lintas. Kalau tidak lulus, harusnya evaluasi bukan malah cari jalan cepat," katanya. 

Sony beranggapan, dari fenomena banyaknya pemohon SIM yang menempuh 'jalur cepat' merupakan dasar dari banyaknya kecelakaan di jalan. Mereka dinilai belum memiliki kompetensi berkendara, tapi sudah memaksakan diri mengendarai kendaraan. 

Sebab elemen penting dalam penerbitan SIM meliputi pengetahuan, keterampilan hingga perilaku di jalan. Semuanya diatur dalam ujian teori dan praktik, yang mana pemohon SIM harus paham betul mengenai aturan dan tata cara mengemudi yang benar, termasuk keterampilannya saat mengoperasikan kendaraan. 

Baca Juga: Polisi Luruskan Isu Penggunaan SIM CI Untuk Motor Listrik, Jadi Kendarai Gesits Pakai SIM Apa?

Oops... Something broke.
    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Berita Terbaru

Catat, Ini Ragam Cairan Pelumas yang Harus Dibawa Saat Touring

Pelumas multifungsi bisa untuk beragam keperluan. Contact cleaner bisa mencegah konsleting. Riding jarak jauh alias touring pakai motor memang menyenangkan, kegiatan ini ampuh melepas penat karena kegiatan di kantor. Sebelum bepergian tentu ada baiknya mempersiapkan kuda besi kesayangan, untuk meminimalisir kejadian yang tak mengenakkan. Mulai dari melakukan servis rutin, mengganti oli mesin, memeriksa kondisi ban, CVT, rantai sampai tekanan ban. Dan untuk mengantisipasi kejadian di jalan yang t

Honda Pamer CBR Rp 1 Miliar di GIIAS 2023, Tampangnya Agresif Banget!

Banderol Honda CBR1000RR-R lebih dari Rp 1 miliar. Hanya ada satu opsi warna dan tipe. PT Astra Honda Motor (AHM) bukan hanya menghadirkan motor-motor produksi lokal di GIIAS 2023. Sejumlah motor besar atau moge dan produk CBU juga ditampilkan. Salah satunya Honda CBR1000RR-R. Sosok Honda CBR1000RR-R bisa Anda temui di booth Pre Function Hall 10 di ICE BSD, lokasi GIIAS 2023 berlangsung. Tampilan agresif dan sporty Honda CBR1000RR-R menyolok mata saat disandingkan bersama display lainnya. Dianta

Haruki Noguchi, Pembalap Jepang yang Kecelakaan di Mandalika Meninggal Dunia

Haruki Noguchi turun di kelas ASB1000 ARRC 2023. Sempat finish ke-4 di race pertama. Pekan ini kabar duka hadir dari dunia balap internasional. Pasalnya setelah beberapa hari dirawat setelah insiden di Mandalika pada Minggu (13/8/2023), Haruki Noguchi dinyatakan meninggal dunia. Kabar meninggalnya Noguchi diumumkan di akun Instagram Asia Road Racing Championship (ARRC) pada Kamis (17/8/2023). Sesuai permintaan keluarga, informasi tersebut disebar sehari setelah Noguchi dinyatakan meninggal. Pemb

Ragam Kegiatan Maxi Yamaha di Awal Agustus, Dari Camping Sampai Touring

Maxi Yamaha Day berlanjut di Kalimantan. Pengguna XMax touring ke Bukit Tinggi. Ratusan bikers ramaikan kedua acara tersebut. Pengguna Maxi Yamaha menggelar beragam aktivitas belum lama ini, ada yang camping, ada pula yang touring. Untuk yang camping, mereka mengikuti rangkaian Maxi Yamaha Day 2023 yang berlangsung di Pantai Panrita Lopi Beach, Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur (Kaltim). Giat yang berlangsung 12-13 Agustus 2023 itu jadi acara kedua, setelah sebelumnya di

Awas Bocor, Ini Efek Negatif Radiator Motor Diisi Pakai Air Kran

Air kran bisa timbulkan karat. Pendinginan mesin bisa terganggu. Untuk darurat pakai air AC atau aki. Sistem pendinginan motor kini sudah banyak yang menggunakan radiator, tapi bagaimana jika cairan yang dipakai adalah air kran? Meski kini sudah banyak tersedia radiator coolant, namun tetap ada saja yang mengisi radiatornya dengan air biasa. Bisa jadi karena darurat atau memang malas untuk membeli radiator coolant, sehingga mengisinya dengan air kran biasa. Untuk sesaat mungkin tak masalah, tapi

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor