"Ora Ninja ora cinta" dan "semua motor fairing disebut Ninja!"
Ya itulah image yang sudah melekat sangat kuat dimasyarakat Indonesia, akan sebuah motor sport full fairing Kawasaki Ninja. Banyak terlihat di jalanan sampai sering dipakai pemain sinetron, membuat nama Kawasaki Ninja membekas sangat kuat.
Kawasaki Ninja pun tersedia dengan beragam kapasitas mesin, yang paling umum adalah 250 cc, sampai 1.400 cc yakni Kawasaki Ninja ZX-14R. Tapi tahukah kalian, kalau ternyata Ninja paling kecil hanya pakai mesin yang punya isi silinder 125 cc!
Ya, kapasitas mesinnya cuma setara Honda Vario 125 tuh.
Baca juga : Kawasaki Ninja 250SL 2021 Kena Promo Ramadhan, Harga Jadi Mendekati Yamaha Nmax 155 2021!
Motor ini memang tak diniagakan di Indonesia, bahkan dibuatkan versi mesin 150 cc pun tidak. Tapi model ini pasti tak asing di mata masyarakat, karena mirip dengan salah satu model yang diniagakan PT Kawasaki Motor Indonesia.
Yup, dilihat memang ini berbagi platform dengan Kawasaki Ninja 250SL atau yang dulu dikenal dengan sebutan Ninja RR Mono. Dimensinya pun identik, 1.935 x 685 x 1.075 mm (PxLxT) dengan sumbu roda 1.330 mm.
Ukuran ini disebut ramah untuk semua kalangan, rider pemula, pria dewasa bahkan wanita. Desain bodi pun identik, hanya berbeda grafis bodi saja karena sudah mendapatkan graifs model year 2022.
Tampilan depan dengan lampu tunggal dan masih halogen, kemudian spion batang dengan lekuk yang persis dengan versi 250 cc di Indonesia. Jangan lupakan juga lekuk windscreen, bentuk tangki hingga bodi belakang yang memang dibuat ramping.
Motor yang mengisi segmen entry level di Eropa sana memang diciptakan untuk rider pemula. Berbeda dengan versi 250 cc di Indonesia, yang disiapkan sebagai penerus Kawasaki Ninja 150 2-tak yang kala itu telah disuntik mati.
Melongok spesifikasi kaki-kaki, Kawasaki Ninja 125 mengandalkan suspensi depan teleskopik, dengan rem cakram ABS, serta ban 100/80-17. Lantas untuk area belakang, percayakan suspensi monosok dengan pelek berbungkus ban 130/70-17.
Baca juga : Adu Performa Aprilia GPR250R 2021 vs Kawasaki Ninja 250SL, Siapa lebih Responsif?
Walau hanya berkapasitas 125 cc, namun spesifikasi jantung mekanis yang digendongnya terhitung lumayan. 4-tak, DOHC 4 katup pendingin cairan dengan suplai bahan bakar injeksi.
Kapasitas mesin 125 cc berkat penggunaan piston berukuran 58 mm dengan langkah piston 47,2 mm. Yup, karakternya over bore! Mesin ini pun dipadukan transmisi manual enam percepatan, serta final gear 16/56 mata.
Tenaga yang mampu dikeluarkan pun lumayan, mencapai 15 PS di 10.000 rpm dengan torsi maksimal 11,7 Nm di 7.700 rpm. Mleihat output mesin dan final gear yang dipakai, rasanya respon mesin akan menghentak-hentak namun tak terlalu liar.
Baca juga : Suzuki Gixxer SF 250 2022 Lebih Mahal Dari Kawasaki Ninja 250SL, Apa Saja Keunggulannya?
Meski terhitung motor kecil yang cuma pakai mesin 125 cc, soal harga tak bisa dianggap enteng. Yes, karena harganya justru lebih mahal dari versi 250 cc di Indonesia yang sekarang main diangka Rp 35,9 juta.
Kawasaki Eropa melepas Kawasaki Ninja 125 2022 dengan harga 4.199 euro atau berkisar Rp 67,7 jutaan. Selain lebih mahal dari Kawasaki Ninja 250SL, ternyata juga lebih mahal dari Kawasaki Ninja 250 Standar yang dijual Rp 64,9 juta saja. Wow!
Data Spesifikasi Kawasaki Ninja 125 2022 | |||
---|---|---|---|
Dimensi | |||
P x L x T | 1.935 x 685 x 1.075 mm | ||
Sumbu Roda | 1.330 mm | ||
Tinggi Tempat Duduk | 785 mm | ||
Jarak Terendah | 170 mm | ||
Berat Isi | 149 kg | ||
Kapasitas Tangki | 11 liter | ||
Mesin | |||
Tipe | 4-tak, DOHC 4 katup | ||
Kapasitas | 125 cc | ||
Diameter x Langkah | 58 x 47,2 mm | ||
Rasio Kompresi | 11,7 : 1 | ||
Starter | Elektrik | ||
Tenaga Maksimal | 15 PS @ 10.000 rpm | ||
Torsi Maksimal | 11,7 Nm @ 7.700 rpm | ||
Rangka & Kaki-Kaki | |||
Tipe Rangka | Trellis | ||
Suspensi Depan | Teleskopik | ||
Suspensi Belakang | Monosok | ||
Ban Depan | 100/80-17 | ||
Ban Belakang | 130/70-17 | ||
Rem Depan | Cakram | ||
Rem Belakang | Cakram |