Motor Listrik Zero DS Tampil Nyentrik, Konsep Cafe Racer Pakai Kaki-Kaki Moge!

Modifikasi Zero DS berkonsep cafe racer
  • Dirombak menjadi cafe racer untuk digunakan harian
  • Kaki-kaki mewah pakai limbah moge

Zero Motorcycle jadi salah satu motor listrik yang cukup bertenaga yang pernah hadir di Indonesia, tepatnya di tahun 2015. Punya teknologi yang canggih dengan performa yang bukan kaleng-kaleng, bikin Septian Fatoni kepincut.

Setelah berhasil meminang Zero DS, dirinya pun tidak membiarkan motor tersebut dalam kondisi standar. “Ini project iseng aja buat motor harian, jadi mau bikin tampilan café racer tapi harian, hahaa…” ujarnya.

Upside down Ninja ZX-10R dikombinasi Brembo Stylema

Kaki-Kaki Moge

Konsep café racer yang diusung pria ini terbilang totalitas, karena kaki-kaki diupgrade menggunakan campuran komponen milik moge. Seperti suspensi depannya yang diganti pakai upside down (USD) milik Kawasaki Ninja ZX-10R lengkap dengan cartridge dari Matris.

“Pemasangan USD ini tinggal kecilin as komstir aja, karena diameter rumah komstir Zero kecil,” sebut Iim Haryanto dari Arkha Motor yang ditunjuk menggarap modifikasi ini. Untuk melengkapi kaki depannya, sisi pengereman dibuat ganda.

Baca juga: Kupas Teknologi Yamaha Fazzio Hybrid Connected 2022, Beri Bantuan Listrik Tanpa Tambahan Baterai

Master rem belakang pakai Brembo RCS16 Corsa Corta

Mulai dari master rem depan Brembo RCS19 Corsa Corta, selang rem Hel, sepasang kaliper Brembo Stylema 4 piston radial, dan floating disk 320 mm.

Kalau yang belakang cukup cakram 240 mm dengan kaliper Brembo 2 piston, “Torsinya kan kenceng, jadi harus disesuaikan pengeremannya,” sahut Septian.

Tombol custom dengan beragam fungsi

Monosok orisinal dilengserkan dan diganti pakai Öhlins TTX milik Ducati Multistrada. Gak Cuma mendongkrak tampilan serta punya fitur lengkap, tapi komponen elektrik pada monosok ini tetap difungsikan!

“Jadi setelan preload emang bawaan monosok ini bisa disetel elektrik. Di sini tetap fungsi, cara aturnya dari saklar. Jadi mewah dan futuristiknya tetap dapet,” lanjut Iim yang bengkelnya ada di kawasan Galaxy, Bekasi.

Area setang tampil padat dengan beragam branded part

Baca juga: Seru, Bakal Ada Booth MotoGP Mandalika Sampai Deretan Motor Listrik Custom Di IIMS 2022

Monosok Ducati Multistrada dengan electric preload yang berfungsi normal

Masih di area kaki-kaki, sepasang peleknya diganti menggunakan Marchesini forged ring 17 inci dengan lebar 3,5 inci depan dan 5,5 inci belakang. Pelek ini menggantikan pelek bawaan Zero DS yang pakai ring 19 inci depan dan 17 inci belakang.

Terakhir peleknya dibalut dengan ban Bridgestone Battlax Hypersport S22 120/70-17 depan dan 180/55-17 belakang yang langsung membuat tampilannya gambot!

Dibuatkan adaptor khusus untuk gir belt bawaan Zero DS

“Swing arm tetap standar, karena mau pertahanin belt. Tadinya mau pakai single arm, cuma nanti jadi rantai dan harus kalibrasi ulang elektroniknya,” rinci pria ramah ini.

Setelah seluruh kaki-kakinya terpasang, ternyata ada PR lain yang cukup sulit, yaitu memasang sensor ABS agar tetap berfungsi normal. “Paling susah pasang sensor ABS, karena dia modelnya bukan pakai rotor, tapi pakai magnet kecil,” ujarnya.

Lampu utama comot milik Ducati XDiavel

Baca juga: Motor Listrik Kymco Like EV 2022 Meluncur, Jakarta ke Cirebon Gak Perlu Ngecas Baterai!

Subframe custom dibuat dari aluminium dengan proses mesin CNC, buntut jadi pendek

Bodi & Frame Custom

Untuk mendukung konsep café racer, seluruh bodi orisinal Zero DS ditinggalkan dan diganti dengan bodi custom berbahan aluminium. Bahkan tidak hanya bodi yang dibuat ulang, tapi rangka belakang model knockdown juga dibuat dengan dimensi yang lebih pendek.

“Seluruh bodi dibuat baru full dari alumunium tebal 3 mm. Habis itu dikasih grafis dan dipernis biar dasaran aluminiumnya makin keliatan. Subframe pakai bahan T6 7075 dibikin pakai mesin CNC,” tunjuk Iim.

Lampu belakang model LED strip yang simpel

Bodi belakang yang pendek, memaksa seluruh perangkat kelistrika termasuk controller masuk ke dalam bodi tengah yang seperti tangki bensin. Lampu utama yang digunakan gak main-main, menggunakan milik Ducati XDiavel yang dipesan langsung dari Italia. Harganya? Rp 14 jutaan! 

Kelistrikan Baru

Karena letak komponen listrik sudah berubah dan ada penambahan lampu serta sakelar baru, maka Zero DS ini perlu dibuatkan kabel bodi baru sesuai dengan desainnya saat ini. Bahkan Iim membuat seluruh kabel bodi dari awal.

Disematkan kunci keyless yang membutuhkan aki terpisah

Baca juga: Calon Yamaha Nmax Listrik Sudah Diuji Coba, Honda PCX Electric Wajib Waspada!

Seluruh bodi dibuat ulang menggunakan bahan aluminium tebal 3 mm

Untuk memberi kesan lebih futuristik, sistem kontak yang awalnya hanya pakai anak kunci konvensional diubah menjadi keyless. Tapi ternyata ubahannya cukup banyak, hingga perlu disematkan sebuah aki untuk menunjang sistem keyless-nya.

“Soalnya Zero saat kontak off benar-benar mati total. Makanya butuh aki tambahan untuk power keyless, saat mengisi daya bisa dipilih mau isi daya baterai utama atau baterai keyless,” urai spesialis upgrade kaki-kaki moge ini.

Sepaket lampu sein dan handgrip dari MotoGadget tampil mewah

Setelah digarap kurang lebih 5 sampai 6 bulan, akhirnya Zero DS café racer milik Septian rampung dan layak untuk dikendarai. Beneran jadi motor harian gak nih?

Arkha Motor: 0857-1729-5590

Modifikasi Zero DS custom berkonsep Cafe Racer
Data Modifikasi Zero DS
Suspensi depan Kawasaki ZX-10R Showa 43 mm
Cartridge fork Matris with adjusting preload, compression & rebound damping
Suspensi belakang Ducati Multistrada Öhlins TTX electric with adjusting spring preload, compression & rebound damping
Rem depan Brembo Stylema 100 mm + floating disk 320 mm
Rem belakang: Brembo 2p + disk 240 mm
Master rem depan Brembo RCS19 Corsa Corta
Master rem belakang Brembo RCS16 Corsa Corta
Tabung minyak rem AEM factory 
Slang rem Hel
Lampu depan Ducati XDiavel
Lampu rem NRC Triumph Bobber
Lampu sein  Moto Gadged LED bar end + grip set
Steering damper Öhlins SD007
Pelek Marchesini forged 3,5 inch & 5,5 inch
Ban depan Bridgestone Battlax Hypersport S22 120/70-17
Ban belakang Bridgestone Battlax Hypersport S22 180/55-17
Bodi Custom by Arkha Motor
Cat Custom by Arkha Motor
Rangka belakang Custom by Arkha Motor
Oops... Something broke.
    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Berita Terbaru

Catat, Ini Ragam Cairan Pelumas yang Harus Dibawa Saat Touring

Pelumas multifungsi bisa untuk beragam keperluan. Contact cleaner bisa mencegah konsleting. Riding jarak jauh alias touring pakai motor memang menyenangkan, kegiatan ini ampuh melepas penat karena kegiatan di kantor. Sebelum bepergian tentu ada baiknya mempersiapkan kuda besi kesayangan, untuk meminimalisir kejadian yang tak mengenakkan. Mulai dari melakukan servis rutin, mengganti oli mesin, memeriksa kondisi ban, CVT, rantai sampai tekanan ban. Dan untuk mengantisipasi kejadian di jalan yang t

Honda Pamer CBR Rp 1 Miliar di GIIAS 2023, Tampangnya Agresif Banget!

Banderol Honda CBR1000RR-R lebih dari Rp 1 miliar. Hanya ada satu opsi warna dan tipe. PT Astra Honda Motor (AHM) bukan hanya menghadirkan motor-motor produksi lokal di GIIAS 2023. Sejumlah motor besar atau moge dan produk CBU juga ditampilkan. Salah satunya Honda CBR1000RR-R. Sosok Honda CBR1000RR-R bisa Anda temui di booth Pre Function Hall 10 di ICE BSD, lokasi GIIAS 2023 berlangsung. Tampilan agresif dan sporty Honda CBR1000RR-R menyolok mata saat disandingkan bersama display lainnya. Dianta

Haruki Noguchi, Pembalap Jepang yang Kecelakaan di Mandalika Meninggal Dunia

Haruki Noguchi turun di kelas ASB1000 ARRC 2023. Sempat finish ke-4 di race pertama. Pekan ini kabar duka hadir dari dunia balap internasional. Pasalnya setelah beberapa hari dirawat setelah insiden di Mandalika pada Minggu (13/8/2023), Haruki Noguchi dinyatakan meninggal dunia. Kabar meninggalnya Noguchi diumumkan di akun Instagram Asia Road Racing Championship (ARRC) pada Kamis (17/8/2023). Sesuai permintaan keluarga, informasi tersebut disebar sehari setelah Noguchi dinyatakan meninggal. Pemb

Ragam Kegiatan Maxi Yamaha di Awal Agustus, Dari Camping Sampai Touring

Maxi Yamaha Day berlanjut di Kalimantan. Pengguna XMax touring ke Bukit Tinggi. Ratusan bikers ramaikan kedua acara tersebut. Pengguna Maxi Yamaha menggelar beragam aktivitas belum lama ini, ada yang camping, ada pula yang touring. Untuk yang camping, mereka mengikuti rangkaian Maxi Yamaha Day 2023 yang berlangsung di Pantai Panrita Lopi Beach, Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur (Kaltim). Giat yang berlangsung 12-13 Agustus 2023 itu jadi acara kedua, setelah sebelumnya di

Awas Bocor, Ini Efek Negatif Radiator Motor Diisi Pakai Air Kran

Air kran bisa timbulkan karat. Pendinginan mesin bisa terganggu. Untuk darurat pakai air AC atau aki. Sistem pendinginan motor kini sudah banyak yang menggunakan radiator, tapi bagaimana jika cairan yang dipakai adalah air kran? Meski kini sudah banyak tersedia radiator coolant, namun tetap ada saja yang mengisi radiatornya dengan air biasa. Bisa jadi karena darurat atau memang malas untuk membeli radiator coolant, sehingga mengisinya dengan air kran biasa. Untuk sesaat mungkin tak masalah, tapi

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor