Jangan Anggap Enteng, Akselerasi dan Top Speed Suzuki Gixxer SF 250 2022 Tembus Segini!

Top speed lebih dari cukup untuk kondisi standar.
  • Akselerasi cukup impresif, 0-100 km/jam cuma 8,97 detik.
  • Top speed capai 154 km/jam.
  • Limiter mesin dibatasi 10.000 rpm saja.

Saat kemunculannya bulan November 2021 lalu, Suzuki Gixxer SF 250 2022 mendapat cibiran soal dapur pacu yang dipakainya. Apalagi kalau bukan perkara mesin 250 cc silinder tunggal SOHC 4 katup miliknya.

Terlebih pendinginan mesin masih menggunakan oli, meski Suzuki mengemasnya dengan teknologi unik bernama SOCS (Suzuki Oil Cooling System). Ya image motor sport 250 cc 2 silinder memang sudah melekat dikepala banyak orang.

Terlebih image motor sport identik dengan performa, yang mana jantung mekanisnya mengusung spesifikasi khusus demi mengail output maksimal. Perkara mau buat dipakai balap atau tidak, performa mesin memang jadi hal yang dipertimbangkan saat membeli motor sport.

Baca juga : Coba Dulu Baru Percaya, Begini Rasa Berkendara Suzuki Gixxer SF 250 2022

Namun performa mesin Suzuki Gixxer SF 250 ini tak bisa dianggap enteng. Akselerasinya kami rasanya sangat kuat pada putaran tengah sampai atas, namun putaran bawahnya cenderung smooth, pas untuk melintasi kemacetan jalan yang padat.

0-100 Km/jam Tembus 8,97 detik!

Akselerasinya lumayan impresif.

Pembuktian itu tentu bukan asal berdasarkan feeling namun berbasis data. Kami melakukan pengukuran menggunakan Racebox yang berbasis satelit, untuk bisa melacak akselerasi motor yang dilepas Rp 49,3 juta on the road Jakarta ini.

Untuk mencapai 60 km/jam dari diam, motor ini hanya butuh waktu 3, 37 detik. Kemudian 0-80 km/jam mencatatkan waktu 5,54 detik saja. Lantas 0-100 km/jam hanya butuh 8,97 detik! Sebuah pencapaian yang cukup impresif.

Baca juga : Suzuki Gixxer SF 250 2022 Laris, Cari Tahu 5 Hal Menarik Motor CBU India Ini

Top speed yang bisa diraih pun terhitung cukup untuk sebuah motor sport touring. Dari data Racebox, motor ini bisa digeber sampai 141,4 km/jam. Namun angka pada spidometer menunjukkan 154 km/jam. Memang ada deviasi antara Racebox dan spidometer namun itu hal yang wajar.

Mesin 250 cc silinder tunggal banyak diejek.

Mesin pun sejatinya masih bisa dipacu lebih cepat lagi, namun terbentur limiter mesin yang hanya mentok 10.000 rpm saja. Limiter mesinnya ini memang terlalu rendah, terlebih mesin over bore mudah sekali berkitir cepat di atasnya.

Andai limiter dibuat lebih tinggi hingga 13.000 rpm atau mengganti ukuran final gear yang lebih berat, top speed yang bisa digapai pastinya akan semakin tinggi lagi. Tapi untuk ukuran standar, capaiannya ini sudah lebih dari cukup.

Data Akselerasi Suzuki Gixxer SF 250 2022
0-60 km/jam 3,37 detik
0-80 km/jam 5,54 detik
0-100 km/jam 8,97 detik
0-100 meter 6,54 detik
0-200 meter 10,24 detik
0-402 meter 16,46 detik
Top Speed Racebox 141,4 km/jam
Top Speed Spidometer 154 km/jam
Konsumsi BBM 34,7 km/liter

Suzuki Gixxer SF 250 2022 menggendong mesin 4-tak, SOHC 4 katup pendingin oli, dengan suplai bahan bakar injeksi. Kapasitas murni mesinnya 249 cc berkat penggunaan piston ukuran 76 mm dengan langkah piston 54,9 mm.

Baca juga : Mengenal Teknologi SOCS Suzuki Gixxer SF 250 2022, Pendingin Oli Tapi Lebih Canggih

Transmisi manual 6 percepatan menyalurkan tenaga sebesar 26,5 PS di 9.300 rpm dan torsi maksimal hingga 22,2 Nm di 7.300 rpm menuju roda belakang. Sayangnya tak ada fitur canggih macam Assist & Slipper Clutch atau Quick Shifter pada motor ini.

Spesifikasi Suzuki Gixxer 250 2022
Dimensi
P x L x T 2.010 x 740 x 1.035 mm
Sumbu Roda 1.345 mm
Jarak Terendah 165 mm
Tinggi Jok 800 mm
Kapasitas Tangki 12 liter
Berat Isi 161 kg
Mesin
Tipe 4-tak, SOHC 4 katup, SOCS
Kapasitas 249 cc
Diameter x Langkah 76 x 54,9 mm
Suplai Bahan Bakar Injeksi
Transmisi Manual 6 speed
Tenaga Maksimal 26,5 PS @ 9.300 rpm
Torsi Maksimal 22,2 Nm @ 7.300 rpm
Kaki-Kaki
Suspensi Depan Teleskopik
Suspensi Belakang Monosok
Ban Depan 110/70-17
Ban Belakang 150/60-17
Rem Depan Cakram, ABS
Rem Belakang Cakram, ABS
Ikuti media sosial kita:
Harry

Senior Reporter

Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberi...

Berita Terbaru

Catat, Ini Ragam Cairan Pelumas yang Harus Dibawa Saat Touring

Pelumas multifungsi bisa untuk beragam keperluan. Contact cleaner bisa mencegah konsleting. Riding jarak jauh alias touring pakai motor memang menyenangkan, kegiatan ini ampuh melepas penat karena kegiatan di kantor. Sebelum bepergian tentu ada baiknya mempersiapkan kuda besi kesayangan, untuk meminimalisir kejadian yang tak mengenakkan. Mulai dari melakukan servis rutin, mengganti oli mesin, memeriksa kondisi ban, CVT, rantai sampai tekanan ban. Dan untuk mengantisipasi kejadian di jalan yang t

Honda Pamer CBR Rp 1 Miliar di GIIAS 2023, Tampangnya Agresif Banget!

Banderol Honda CBR1000RR-R lebih dari Rp 1 miliar. Hanya ada satu opsi warna dan tipe. PT Astra Honda Motor (AHM) bukan hanya menghadirkan motor-motor produksi lokal di GIIAS 2023. Sejumlah motor besar atau moge dan produk CBU juga ditampilkan. Salah satunya Honda CBR1000RR-R. Sosok Honda CBR1000RR-R bisa Anda temui di booth Pre Function Hall 10 di ICE BSD, lokasi GIIAS 2023 berlangsung. Tampilan agresif dan sporty Honda CBR1000RR-R menyolok mata saat disandingkan bersama display lainnya. Dianta

Haruki Noguchi, Pembalap Jepang yang Kecelakaan di Mandalika Meninggal Dunia

Haruki Noguchi turun di kelas ASB1000 ARRC 2023. Sempat finish ke-4 di race pertama. Pekan ini kabar duka hadir dari dunia balap internasional. Pasalnya setelah beberapa hari dirawat setelah insiden di Mandalika pada Minggu (13/8/2023), Haruki Noguchi dinyatakan meninggal dunia. Kabar meninggalnya Noguchi diumumkan di akun Instagram Asia Road Racing Championship (ARRC) pada Kamis (17/8/2023). Sesuai permintaan keluarga, informasi tersebut disebar sehari setelah Noguchi dinyatakan meninggal. Pemb

Ragam Kegiatan Maxi Yamaha di Awal Agustus, Dari Camping Sampai Touring

Maxi Yamaha Day berlanjut di Kalimantan. Pengguna XMax touring ke Bukit Tinggi. Ratusan bikers ramaikan kedua acara tersebut. Pengguna Maxi Yamaha menggelar beragam aktivitas belum lama ini, ada yang camping, ada pula yang touring. Untuk yang camping, mereka mengikuti rangkaian Maxi Yamaha Day 2023 yang berlangsung di Pantai Panrita Lopi Beach, Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur (Kaltim). Giat yang berlangsung 12-13 Agustus 2023 itu jadi acara kedua, setelah sebelumnya di

Awas Bocor, Ini Efek Negatif Radiator Motor Diisi Pakai Air Kran

Air kran bisa timbulkan karat. Pendinginan mesin bisa terganggu. Untuk darurat pakai air AC atau aki. Sistem pendinginan motor kini sudah banyak yang menggunakan radiator, tapi bagaimana jika cairan yang dipakai adalah air kran? Meski kini sudah banyak tersedia radiator coolant, namun tetap ada saja yang mengisi radiatornya dengan air biasa. Bisa jadi karena darurat atau memang malas untuk membeli radiator coolant, sehingga mengisinya dengan air kran biasa. Untuk sesaat mungkin tak masalah, tapi

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor
Suzuki Gixxer SF 250
Lihat