Saat kemunculannya bulan November 2021 lalu, Suzuki Gixxer SF 250 2022 mendapat cibiran soal dapur pacu yang dipakainya. Apalagi kalau bukan perkara mesin 250 cc silinder tunggal SOHC 4 katup miliknya.
Terlebih pendinginan mesin masih menggunakan oli, meski Suzuki mengemasnya dengan teknologi unik bernama SOCS (Suzuki Oil Cooling System). Ya image motor sport 250 cc 2 silinder memang sudah melekat dikepala banyak orang.
Terlebih image motor sport identik dengan performa, yang mana jantung mekanisnya mengusung spesifikasi khusus demi mengail output maksimal. Perkara mau buat dipakai balap atau tidak, performa mesin memang jadi hal yang dipertimbangkan saat membeli motor sport.
Baca juga : Coba Dulu Baru Percaya, Begini Rasa Berkendara Suzuki Gixxer SF 250 2022
Namun performa mesin Suzuki Gixxer SF 250 ini tak bisa dianggap enteng. Akselerasinya kami rasanya sangat kuat pada putaran tengah sampai atas, namun putaran bawahnya cenderung smooth, pas untuk melintasi kemacetan jalan yang padat.
Pembuktian itu tentu bukan asal berdasarkan feeling namun berbasis data. Kami melakukan pengukuran menggunakan Racebox yang berbasis satelit, untuk bisa melacak akselerasi motor yang dilepas Rp 49,3 juta on the road Jakarta ini.
Untuk mencapai 60 km/jam dari diam, motor ini hanya butuh waktu 3, 37 detik. Kemudian 0-80 km/jam mencatatkan waktu 5,54 detik saja. Lantas 0-100 km/jam hanya butuh 8,97 detik! Sebuah pencapaian yang cukup impresif.
Baca juga : Suzuki Gixxer SF 250 2022 Laris, Cari Tahu 5 Hal Menarik Motor CBU India Ini
Top speed yang bisa diraih pun terhitung cukup untuk sebuah motor sport touring. Dari data Racebox, motor ini bisa digeber sampai 141,4 km/jam. Namun angka pada spidometer menunjukkan 154 km/jam. Memang ada deviasi antara Racebox dan spidometer namun itu hal yang wajar.
Mesin pun sejatinya masih bisa dipacu lebih cepat lagi, namun terbentur limiter mesin yang hanya mentok 10.000 rpm saja. Limiter mesinnya ini memang terlalu rendah, terlebih mesin over bore mudah sekali berkitir cepat di atasnya.
Andai limiter dibuat lebih tinggi hingga 13.000 rpm atau mengganti ukuran final gear yang lebih berat, top speed yang bisa digapai pastinya akan semakin tinggi lagi. Tapi untuk ukuran standar, capaiannya ini sudah lebih dari cukup.
Data Akselerasi Suzuki Gixxer SF 250 2022 | ||
---|---|---|
0-60 km/jam | 3,37 detik | |
0-80 km/jam | 5,54 detik | |
0-100 km/jam | 8,97 detik | |
0-100 meter | 6,54 detik | |
0-200 meter | 10,24 detik | |
0-402 meter | 16,46 detik | |
Top Speed Racebox | 141,4 km/jam | |
Top Speed Spidometer | 154 km/jam | |
Konsumsi BBM | 34,7 km/liter |
Suzuki Gixxer SF 250 2022 menggendong mesin 4-tak, SOHC 4 katup pendingin oli, dengan suplai bahan bakar injeksi. Kapasitas murni mesinnya 249 cc berkat penggunaan piston ukuran 76 mm dengan langkah piston 54,9 mm.
Baca juga : Mengenal Teknologi SOCS Suzuki Gixxer SF 250 2022, Pendingin Oli Tapi Lebih Canggih
Transmisi manual 6 percepatan menyalurkan tenaga sebesar 26,5 PS di 9.300 rpm dan torsi maksimal hingga 22,2 Nm di 7.300 rpm menuju roda belakang. Sayangnya tak ada fitur canggih macam Assist & Slipper Clutch atau Quick Shifter pada motor ini.
Spesifikasi Suzuki Gixxer 250 2022 | ||
---|---|---|
Dimensi | ||
P x L x T | 2.010 x 740 x 1.035 mm | |
Sumbu Roda | 1.345 mm | |
Jarak Terendah | 165 mm | |
Tinggi Jok | 800 mm | |
Kapasitas Tangki | 12 liter | |
Berat Isi | 161 kg | |
Mesin | ||
Tipe | 4-tak, SOHC 4 katup, SOCS | |
Kapasitas | 249 cc | |
Diameter x Langkah | 76 x 54,9 mm | |
Suplai Bahan Bakar | Injeksi | |
Transmisi | Manual 6 speed | |
Tenaga Maksimal | 26,5 PS @ 9.300 rpm | |
Torsi Maksimal | 22,2 Nm @ 7.300 rpm | |
Kaki-Kaki | ||
Suspensi Depan | Teleskopik | |
Suspensi Belakang | Monosok | |
Ban Depan | 110/70-17 | |
Ban Belakang | 150/60-17 | |
Rem Depan | Cakram, ABS | |
Rem Belakang | Cakram, ABS |