window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Suzuki Gixxer SF 250 2022 Laris, Cari Tahu 5 Hal Menarik Motor CBU India Ini

Ary · 26 Nov, 2021 14:30

Kendati datang sebagai produk CBU harga jual lebih mahal dari kompetitor, Suzuki Gixxer SF 250 2022 tetap menarik bagi motoris di Tanah Air. Ketika lakoni debut di ajang GIIAS (Gaikindo Indonesia International Auto Show) 2021 misalnya. Motor ini laris karena diklaim terpesan sebanyak 50 unit.

Padahal dari sisi harga, Suzuki Gixxer SF 250 yang dijual Rp49,3 juta punya gap cukup jauh dibanding salah satu rivalnya yaitu Kawasaki Ninja 250 SL (Rp35,9 juta). Jikapun diintip, setidaknya ada 5 hal menarik yang ditawarkan motor sport buatan India ini. 

Desain Suzuki Gixxer SF 250 2022

Suzuki Gixxer SF 250 2022 lakoni debut di GIIAS 2021.

Baca juga: Jadi Magnet GIIAS 2021, Suzuki Gixxer SF 250 2022 Diprediksi Moncer!

1. Desain

Kita ketahui, Kawasaki Ninja 250 SL atau Ninja RR Mono sudah begitu dikenal di Indonesia. Namun, pihak pabrikan rasanya masih enggan memberikan sentuhan signifikan untuk menggoda para motoris.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Walau sempat ada penyegaran ihwal decal, secara keseluruhan desain bodi Ninja RR Mono tidak berubah. Pun halnya sematan lampu utama yang masih menggunakan jenis bohlam. 

Rasanya, tak dipungkiri jika kehadiran Suzuki Gixxer SF 250 2022 memberikan penyegaran di segmen ini (motor sport 250 cc satu silinder). Secara desain jelas-jelas baru lantaran mengadopsi DNA klan moge seperti Suzuki GSX-R. Lantas kian apik lantaran berbalut livery 100 tahun Suzuki. 

Baca juga: Meski Mengundang Kontroversi, Penjualan Suzuki Gixxer SF 250 2022 Tetap Laris Manis

2. Konsep Sport Touring

Tentu saja identitas sebuah motor sport dituangkan terhadap produk ini. Bisa dilihat pula, Suzuki Gixxer SF 250 2022 dilengkapi dengan setang jepit (clip on handlebar), split seat hingga posisi foot step yang berada di belakang blok mesin. 

Akan tetapi, Suzuki Gixxer SF 250 sejatinya dirancang sebagai sebuah motor sport touring. Hal ini terlihat di mana setang kepunyaannya itu berada dipucuk segitiga atas setang. Walau masih condong ke depan, posisi berkendara Suzuki Gixxer SF 250 2022 masih cukup ideal untuk penggunaan jarak jauh. 

3. Performa Mesin

Seperti sudah disebutkan sebelumnya, Suzuki Gixxer SF 250 2022 juga manawarkan performa dari konfigurasi mesin satu silindernya. Di atas kertas, jantung mekanis berkubikasi total 249 cc dengan bore x stroke: 76 x 54,9 mm menghasilkan output 26,5 PS @9.300 rpm dan 22,2 Nm @7.300 rpm. Memang tak sebesar kompetitor, namun cukup moderat untuk pemula yang baru beranjak ke motor sport. 

Mesin Suzuki Gixxer SF 250 2022

Mesin Suzuki Gixxer SF 250 2022 dilengkapi sistem pendingin oli atau Suzuki Oil Cooling System (SOCS).

Baca juga: Mengenal Teknologi SOCS Suzuki Gixxer SF 250 2022, Pendingin Oli Tapi Lebih Canggih

4. Tanpa Radiator

Hal menarik dari Suzuki Gixxer SF 250 2022 juga terletak pada pendukung lain yaitu pendingin oli. Meski tanpa radiator, peranti bernama Suzuki Oil Cooling System (SOCS) ini juga punya tugas serupa (dengan pendingin cairan) yaitu menjaga suhu mesin. 

Sistem pendingin oli Suzuki Gixxer SF 250 2022 dilengkapi oli jacket di mana terdapat saluran khusus untuk mendinginkan oli. Pelumas yang sudah didinginkan itulah yang kemudian bertugas menjaga temparatur mesin tetap ideal. 

Pendinginan oli ini juga terbantukan oleh kipas elektronik. Yap, tak ubahnya motor dengan perlengkapan radiator seperti Kawasaki Ninja RR Mono. 

Fitur Suzuki Gixxer SF 250 2022

Fitur ABS Suzuki Gixxer SF 250 2022 terdapat di roda depan dan belakang.

Baca juga: Suzuki Gixxer SF 250 2022 Lebih Mahal Dari Kawasaki Ninja 250SL, Apa Saja Keunggulannya?

5. Fitur 

Suzuki Gixxer SF 250 2022 memang dijual lebih mahal. Walau begitu, selain desain yang lebih segar, motor ini juga hadir dengan fitur lebih baik ketimbang sang rivalnya tadi. 

Sebut saja kelengkapan sistem penerangannya. Suzuki Gixxer SF 250 2022 sudah mengaplikasi lampu utama dan belakang LED. Belum lagi sistem pengereman ABS (antilock braking system) yang nyatanya menjadi perlengkapan standar si kuda besi. 

Kesimpulan

Terlepas dari 5 hal menarik dari Suzuki Gixxer SF 250 2022, ada beberapa poin yang rasanya perlu diperhatikan pula oleh sang pemilik atau calon pembelinya. Saat kami coba duduk, bidang jok motor tak kepalang besar dan punya kecenderungan bikin bokong cepat pegal saat duduk berlama-lama di motor.    

Dari penjelasan di atas, terlihat pula performa Gixxer SF 250 2022 sedikit lebih kecil dari Kawasaki Ninja RR Mono yang punya pencapaian 28 PS @9.700 rpm dan 22,6 Nm pada putaran 8.200 rpm. Walaupun, hal itu mestinya juga dimaklumi karena Suzuki Gixxer SF 250 nyatanya punya bobot lebih berat 10 kg dari Ninja RR Mono.

Spesifikasi Suzuki Gixxer SF 250 2022
Dimensi
P x L x T 2.010 x 740 x 1.035 mm
Sumbu Roda 1.345 mm
Jarak Terendah 165 mm
Tinggi Jok 800 mm
Kapasitas Tangki 12 liter
Berat Isi 161 kg
Mesin
Tipe 4-tak, SOHC 4 katup, SOCS
Kapasitas 249 cc
Diameter x Langkah 76 x 54,9 mm
Suplai Bahan Bakar Injeksi
Transmisi Manual 6 speed
Tenaga Maksimal 26,5 PS @ 9.300 rpm
Torsi Maksimal 22,2 Nm @ 7.300 rpm
Kaki-Kaki
Suspensi Depan Teleskopik
Suspensi Belakang Monosok
Ban Depan 110/70-17
Ban Belakang 150/60-17
Rem Depan Cakram, ABS
Rem Belakang Cakram, ABS

Ary

Reporter

Mengulas apapun tentang sepeda motor lalu menerjemahkannya ke dalam tulisan, mungkin hanya secuil sarana untuk berbagi informasi - tanpa maksud menggurui. Karena sejatinya Anda dan Saya punya kesenangan yang sama yaitu mengendarai sepeda motor!

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });