Viral Motor Berbahan Bakar Hidrogen dari Air Karya Orang Cirebon, Begini Cara Kerjanya

Aryanto Misel dan teknologi Nikuba ciptaannya. dok. Detik Jabar
  • Orang Cirebon ciptakan mesin berbahan bakar air di motor
  • Alat tersebut dinamakan Nikuba, singkatan dari Niku Banyu
  • Motor berbahan bakar air karya Aryanto Misel telah diujicoba oleh TNI

Inovasi di dunia otomotif tak pernah berhenti. Bahkan terbaru, Indonesia dikejutkan dengan motor yang menggunakan hidrogen dari air untuk menggerakkan mesin. Pembuatnya ialah Aryanto Misel, warga Cirebon dan menjulukinya sebagai Nikuba atau Niku Banyu. 

Mesin yang menggunakan air sejatinya bukan barang baru. Namun apa yang ditemukan Aryanto tentu perlu diapresiasi mengingat Indonesia saat ini tengah mempopulerkan penggunaan energi terbarukan. Terlebih pemanfaatan hidrogen di air belum masif, masih terbatas di industri. 

Nikuba menggunakan hidrogen dari air untuk menggerakkan mesin. dok. Detik Jabar

Baca Juga: Darurat, Bolehkah Isi Radiator Honda Vario 125 2022 Pakai Air Mineral?

Ya, mesin berbekal air karya Aryanto memanfaatkan hidrogen sebagai molekul yang terkandung di dalam air. Nikuba, mengandalkan generator elektrolisis untuk memisahkan oksigen (O2) dan hidrogen (H2) yang terdapat di air. 

Cara Kerja Hidrogen Sebagai Daya Motor Listrik

Sistem kerjanya serupa aki, namun tidak perlu dicas dan bisa memproduksi elektrifikasi secara berkelanjutan ketika disuplai hidrogen. Sistemnya terdiri atas sel bahan bakar (fuel cell) berupa anoda, katoda, dan membran elektrolit. 

Setelah dipisahkan, hidrogen akan melalui anoda sedangkan oksigen melewati katoda. Pada bagian anoda, terdapat material katalis yang membagi molekul hidrogen menjadi elektron dan proton. 

Proton selanjutnya akan melewati membran elektrolit, sementara elektron melalui sirkuit yang menghasilkan listrik dan panas berlebih. Listrik inilah yang dibutuhkan sebagai daya untuk menggerakkan dinamo. 

Sistem kerja fuel cell.

Setelah itu, elektron akan diteruskan ke katoda yang sudah terdapat molekul oksigen. Pada proses ini, semua molekul tadi bertemu dan menyatu kembali dan menghasilkan air. Makanya tak heran jika kendaraan listrik hidrogen, justru menghasilkan air. 

Baca Juga: Kaca Helm Wajib Bebas Empun dan Air Saat Hujan, Kaitannya Dengan Keselamatan Lho!

Karya Aryanto Berbeda dari Fuel Cell yang Telah Ada

Namun apa yang ditawarkan Aryanto berbeda. Nikuba dicangkokkan pada motor yang masih menggunakan mesin berpembakaran internal. Mengutip CNN, hidrogen yang telah dipisah melalui elektrolisis masuk ke ruang pembakaran, dan menjadi bahan bakar untuk menggerakkan mesin. 

Bisa dibilang teknologi ini berbeda dengan teknologi fuel cell seperti yang telah ada di mobil Toyota Mirai maupun Honda Clarity. Fuel cell murni mangandalkan reaksi elektrokimia tanpa pembakaran, sementara ini tetap terjadi pembakaran. 

Teknologi Nikuba yang menggunakan hidrogen sebagai bahan bakar. dok. Detik Jabar

Berdasarkan penjelasan Peneliti Madya Pusat Riset Material Maju BRIN Deni Shidqi Khaerudini, sistem Nikuba pada motor yang sudah dites TNI di Kodam II Siliwangi menggunakan konsep hidrogen hidrogen oksigen (HHO) atau gas Brown. 

"Bukan pengganti BBM, tapi fuel saver sebab tetap ada peranan BBM, yakni hidrokarbon yang ketika dibakar di piston maka efisiensi pembakarannya jadi lebih baik," jelasnya. 

Menurutnya mesti ada pengujian dan pembuktian ilmiah yang menjelaskan bahwa teknologi Nikuba yang menggunakan hidrogen buatan Aryanto, bisa dijadikan BBM sebagai bahan bakar gas di mesin motor.

"Kalaupun murni hidrogen sistem pembakaran di mobil dan motor tidak mendukung. Hidrogen gasnya kecil sehingga tidak cocok dengan sistem pembakarannya," katanya.  

Baca Juga: Kymco Like EV 2022 Bakal ke Tanah Air, NJKB Cuma Rp11 Jutaan

Oops... Something broke.
    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Berita Terbaru

Catat, Ini Ragam Cairan Pelumas yang Harus Dibawa Saat Touring

Pelumas multifungsi bisa untuk beragam keperluan. Contact cleaner bisa mencegah konsleting. Riding jarak jauh alias touring pakai motor memang menyenangkan, kegiatan ini ampuh melepas penat karena kegiatan di kantor. Sebelum bepergian tentu ada baiknya mempersiapkan kuda besi kesayangan, untuk meminimalisir kejadian yang tak mengenakkan. Mulai dari melakukan servis rutin, mengganti oli mesin, memeriksa kondisi ban, CVT, rantai sampai tekanan ban. Dan untuk mengantisipasi kejadian di jalan yang t

Honda Pamer CBR Rp 1 Miliar di GIIAS 2023, Tampangnya Agresif Banget!

Banderol Honda CBR1000RR-R lebih dari Rp 1 miliar. Hanya ada satu opsi warna dan tipe. PT Astra Honda Motor (AHM) bukan hanya menghadirkan motor-motor produksi lokal di GIIAS 2023. Sejumlah motor besar atau moge dan produk CBU juga ditampilkan. Salah satunya Honda CBR1000RR-R. Sosok Honda CBR1000RR-R bisa Anda temui di booth Pre Function Hall 10 di ICE BSD, lokasi GIIAS 2023 berlangsung. Tampilan agresif dan sporty Honda CBR1000RR-R menyolok mata saat disandingkan bersama display lainnya. Dianta

Haruki Noguchi, Pembalap Jepang yang Kecelakaan di Mandalika Meninggal Dunia

Haruki Noguchi turun di kelas ASB1000 ARRC 2023. Sempat finish ke-4 di race pertama. Pekan ini kabar duka hadir dari dunia balap internasional. Pasalnya setelah beberapa hari dirawat setelah insiden di Mandalika pada Minggu (13/8/2023), Haruki Noguchi dinyatakan meninggal dunia. Kabar meninggalnya Noguchi diumumkan di akun Instagram Asia Road Racing Championship (ARRC) pada Kamis (17/8/2023). Sesuai permintaan keluarga, informasi tersebut disebar sehari setelah Noguchi dinyatakan meninggal. Pemb

Ragam Kegiatan Maxi Yamaha di Awal Agustus, Dari Camping Sampai Touring

Maxi Yamaha Day berlanjut di Kalimantan. Pengguna XMax touring ke Bukit Tinggi. Ratusan bikers ramaikan kedua acara tersebut. Pengguna Maxi Yamaha menggelar beragam aktivitas belum lama ini, ada yang camping, ada pula yang touring. Untuk yang camping, mereka mengikuti rangkaian Maxi Yamaha Day 2023 yang berlangsung di Pantai Panrita Lopi Beach, Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur (Kaltim). Giat yang berlangsung 12-13 Agustus 2023 itu jadi acara kedua, setelah sebelumnya di

Awas Bocor, Ini Efek Negatif Radiator Motor Diisi Pakai Air Kran

Air kran bisa timbulkan karat. Pendinginan mesin bisa terganggu. Untuk darurat pakai air AC atau aki. Sistem pendinginan motor kini sudah banyak yang menggunakan radiator, tapi bagaimana jika cairan yang dipakai adalah air kran? Meski kini sudah banyak tersedia radiator coolant, namun tetap ada saja yang mengisi radiatornya dengan air biasa. Bisa jadi karena darurat atau memang malas untuk membeli radiator coolant, sehingga mengisinya dengan air kran biasa. Untuk sesaat mungkin tak masalah, tapi

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor