Meski segmen motor sport mengecil, namun hal itu tak menyurutkan PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) merilis produk update mereka, yakni Kawasaki Ninja ZX-25RR 2023. Motor ini merupakan varian baru dari model Kawasaki Ninja ZX-25R.
Dikenalkan hari ini (1/10/2022) melalui kanal Youtube Kawasaki Indonesia, motor tersebut dijual dengan harga Rp 129,9 juta on the road Jadetabekser. Varian ini melengkapi yang sudah ada sebelumnya yakni Standard (Rp 105 juta) dan ABS-SE (Rp 123,5 juta).
Lalu apa bedanya varian Kawasaki Ninja ZX-25RR 2023 ini dengan varian lain yang berada di bawahnya?
Baca juga : Kawasaki Ninja ZX-25R 2022 Merah-Putih Siap Dikirim, Sambut HUT Kemerdekaan RI
Sesuai judulnya, motor ini mendapatkan komponen superbike flagship pabrikan hijau ini berupa paket suspensi. Untuk depan meski masih sama tipenya yakni Showa SFF-BP, tapi kini sudah dilengkapi dengan preload.
Yang istimewa adalah suspensi belakang, sama-sama pakai vendor dari Showa tapi disebut identik dengan kepunyaan Kawasaki Ninja ZX-10R terbaru. Tak ada yang diubah, karena langsung tempel pada motor sport 250 cc ini.
Istimewanya tentu saja pengaturan yang lebih lengkap ketimbang varian di bawahnya, yakni ada preload, rebound dan compression. Yup, sudah spesifikasi balap nih, pas untuk trackday.
Bedanya lagi, penyetelan preload bukan model step atau tangga, namun model ulir, sehingga pengaturan preload bisa lebih presisi sesuai kebutuhan rider. Untuk mengatur rebound dan compression pun cukup pakai obeng minus saja.
Nah, sekarang apa saja yang baru pada model year 2023 dan didapatkan oleh semua varian Kawasaki Ninja ZX-25R 2023. Pertama tentu saja opsi warna, untuk standard hanya ada hitam yang disebut mtallic spark black.
Baca juga : Mevvah! Kawasaki Ninja ZX-25R 2022 Jadi Motor Dinas Satpol PP Yogyakarta
Kemudian untuk varian ABS-SE ada 2 opsi warna yakni metallic matte graphenesteel gray/ebony dan candy persimmon red/ebony. Tipe teratas dan juga yang baru hanya ada lime green/ebony dengan livery Kawasaki Racing Team.
Selanjutnya ada penggunaan lampu full LED, selain lampu depan dan belakang, lampu sein kini sudah full LED. Kemudian ada embos Ram Air System, pada area dashboard.
Dan sekarang knalpotnya tak lagi under belly mengikuti regulasi di Jepang. Serta yang paling terlihat selama berkendara di atas motor ini adalah hadirnya panel meter baru full TFT dan sudah bisa terhubung dengan smartphone.
Penasaran? Ulasan selengkapnya bisa simak langsung pada video first impression kami di bawah ini. Jangan lupa subscribe ya!