Dimodali Mesin 937 Cc, Output Ducati DesertX 2023 Tembus Segini!

Ducati DesertX saat dipacu di jalur off road.
  • Pakai mesin Ducati Testastretta teranyar yang lebih ringan 17 kg.
  • Dilengkapi 6 riding modes dengan karakter mesin dan elektronik yang berbeda.

Ducati DesertX resmi dijual di Indonesia oleh PT Legenda Motor selaku APM Ducati Indonesia dengan banderol Rp 575 juta off the road. Hadirnya motor ini di Indonesia cukup memberi pilihan yang bervariatif bagi para pecinta adventure.

Pasalnya baru-baru ini juga Ducati menghadirkan line up yang memang ditunjukan layak untuk melahap jalur off road maupun on road. Beda dengan Multistrada family yang mana lebih layak untuk melewati jalur on road.

Punya desain layaknya pacuan Rally Dakar di era tahun 80-an membuat tampilan Ducati DesertX sangat ikonik. Orang pun akan langsung menyadarinya walau hanya baru melihat desain lampu depannya.

Kaki-kaki motor ini cukup tinggi karena menggunakan lingkar pelek 21 inci di depan dan 18 inci di belakang. Rodanya dikombinasi dengan suspensi KYB yang punya travel cukup panjang untuk menghindari bottoming.

Mesin Ducati DesertX 2023

Untuk membawa pengendaranya ke seluruh destinasi, Ducati DesertX dibekali dengan mesin Ducati Testastretta 11°, L-Twin cylinders, Desmodromic valvetrain, 4 klep per silinder berkapasitas 937 cc.

Baca juga: Ducati DesertX 2023 Resmi Dijual Di Indonesia! Simak Video First Impressionnya

Mesin Ducati Testastretta 11° generasi terbaru

Mesin ini sama seperti yang digunakan pada Ducati Hypermotard dan Ducati Monster. Namun ada sedikit pembaharuan yang membuat bobot mesinnya lebih ringan 1,7 kg.

Dengan bobot yang lebih ringan, tentunya akan membuatnya tetap lincah saat dikendalikan terutama di jalur off road. Perbandingan transmisi juga dibuat lebih ringan agar lebih nyaman saat digunakan di jalur off road. 

Bahkan Ducati membuat mesin ini lebih tangguh dengan interval servis yang cukup jauh. Mesin ini diklaim mampu melakukakan penggantian oli tiap 15.000 km atau 24 bulan dan mengecek kerenggangan katup tiap 30.000 km.

Posisi silencer knalpot tinggi dengan 2 lubang pembuangan

Tenaga Maksimal 111,5 Ps

Kedua silindernya dibekali dengan piston berdiameter 94 mm yang dikombinasi langkah 67,5 mm. Pistonnya akan menggebuk perbandingan kompresi yang dipatok 13,3:1.

Baca juga: Dilepas Rp 500 Jutaan, Ducati DesertX 2023 Resmi Rilis di Indonesia

Masing-masing silinder menggunakan throttle body berdiameter 53 mm dan sudah dikontrol elektronik alias ride-by-wire system. Dengan spesifikasi tersebut, mesin ini memiliki klaim tenaga maksimal 111,5 ps pada 9.250 rpm dan torsi 92 Nm di 6.500 rpm.

Ducati DesertX punya torsi maksimal 92 Nm hanya di 6.250 rpm

Torsi maksimal 92 Nm bisa dicapai hanya pada 6.500 rpm, artinya pengendara tidak perlu menggantung rpm terlalu tinggi untuk mendapatkan angkatan tenaga. Baik saat ingin menyalip maupun sedang bersenang-senang di jalu off road.

Mesin ini klaimnya punya rata-rata konsumsi bahan bakar 5,6 liter/100 km atau 17,8 km/liter.  Lumayan irit juga ya?

6 Pilihan Riding Modes

Terdapat 6 pilihan riding modes pada Ducati DesertX

Untuk memberi pengalaman berkendara yang lebih menyenangkan, Ducati DesertX dilengkapi dengan 6 riding modes, 2 diantaranya dibuat khusus untuk digunakan di kondisi off road.

Baca juga: Jadi Motor Paddock, Motor Listrik Charged Rimau Bergrafis Ducati MotoGP Tampil Keren!

Standarnya motor ini dilengkapi riding modes Sport, Touring, Urban, dan Wet. Lalu ada tambahan Enduro dan yang terbaru adalah Rally Mode, keduanya ternyata ditujukan untuk penggunaan yang berbeda.

Pada riding modes Enduro ada pengurangan tenaga dan dibuat secara sepsial pada control settings, ini membuat momen saat melahap jalur off road lebih aman dan untuk memfasilitasi para pengendara pemula.

Tiap riding modes punya karakter mesin berbeda

Lalu untuk Rally Mode akan memberikan tenaga mesin paling maksimal dan mengurangi kontrol elektronik, riding modes ini didesain untuk para pengendara berpengalaman yang ingin mengeksplor lebih jauh kemampuan off roadnya.

Ducati DesertX punya interval penggantian oli tiap 15.000 km

Tiap riding modes akan memberikan sensasi karakter mesin berbeda yang tersedia dalam 4 tingkat. Ada low, medium, high, dan full yang akan merubah tenaga serta respon dari Testastretta.

Baca juga: Tembus Rp 1 Miliar, Ini Bedanya Ducati Streetfighter V4 SP dan Streetfighter V2

Sistem elektronik bisa disetel melalui sakelar kiri

Dukungan Perangkat Elektronik

Mesin yang bertenaga milik Ducati DesertX, didukung juga dengan beragam perangkat elektronik canggih untuk memberikan kemudahan serta rasa aman dari pengendaranya.

Paket dari rider assistance system yang ada di motor ini mencangkup Traction Control, Wheelie Control, Engine Brake Control, Cornering ABS, Quick shifter Up & Down, dan Cruise Control untuk membuat perjalanan jauh lebih santai.

Spesifikasi Ducati DesertX 2023

Mesin Ducati Testastretta 11°, L-Twin cylinders, Desmodromic valvetrain, 4 katup persilinder, pendingin cairan
Kapasitas mesin 937 cc
Bore x stroke 94 x 67,5 mm
Tenaga maksimal 111,5 ps @9.250 rpm
Torsi maksimal 92 Nm @6.500 rpm
Throttle body Ø53 mm ride-by-wire
Transmisi 6 percepatan dengan Ducati Quick Shift
Rangka Tubular steel trellis frame
Suspensi depan Upside down KYB Ø46 mm, fully adjustable
Pelek depan Jari-jari, tubeless, 2,15 x 21 inci
Ban depan Pirelli Scorpion Rally STR 90/90-21
Suspensi belakang Monoshock KYB, fully adjustable
Pelek belakang Jari-jari, tubeless, 4,5 x 18 inci
Ban belakang Pirelli Scorpion Rally STR 150/70-18
Travel suspensi 230 mm depan, 220 mm belakang
Rem depan Cakram ganda Ø320 mm semi-floating, kaliper Brembo 4 piston monobloc radial, BOSCH Cornering ABS
Rem belakang Cakram Ø265 mm, kaliper Brembo 2 piston, Bosch Cornering ABS
Berat kosong 202 kg
Berat isi 223 kg
Tinggi jok 875 mm
Jarak sumbu roda 1.608 mm
Rake / trail 27,6° / 122 mm
Tangki bensin 21 liter
    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Perbandingan Motor Terkait

Berita Terbaru

Catat, Ini Ragam Cairan Pelumas yang Harus Dibawa Saat Touring

Pelumas multifungsi bisa untuk beragam keperluan. Contact cleaner bisa mencegah konsleting. Riding jarak jauh alias touring pakai motor memang menyenangkan, kegiatan ini ampuh melepas penat karena kegiatan di kantor. Sebelum bepergian tentu ada baiknya mempersiapkan kuda besi kesayangan, untuk meminimalisir kejadian yang tak mengenakkan. Mulai dari melakukan servis rutin, mengganti oli mesin, memeriksa kondisi ban, CVT, rantai sampai tekanan ban. Dan untuk mengantisipasi kejadian di jalan yang t

Honda Pamer CBR Rp 1 Miliar di GIIAS 2023, Tampangnya Agresif Banget!

Banderol Honda CBR1000RR-R lebih dari Rp 1 miliar. Hanya ada satu opsi warna dan tipe. PT Astra Honda Motor (AHM) bukan hanya menghadirkan motor-motor produksi lokal di GIIAS 2023. Sejumlah motor besar atau moge dan produk CBU juga ditampilkan. Salah satunya Honda CBR1000RR-R. Sosok Honda CBR1000RR-R bisa Anda temui di booth Pre Function Hall 10 di ICE BSD, lokasi GIIAS 2023 berlangsung. Tampilan agresif dan sporty Honda CBR1000RR-R menyolok mata saat disandingkan bersama display lainnya. Dianta

Haruki Noguchi, Pembalap Jepang yang Kecelakaan di Mandalika Meninggal Dunia

Haruki Noguchi turun di kelas ASB1000 ARRC 2023. Sempat finish ke-4 di race pertama. Pekan ini kabar duka hadir dari dunia balap internasional. Pasalnya setelah beberapa hari dirawat setelah insiden di Mandalika pada Minggu (13/8/2023), Haruki Noguchi dinyatakan meninggal dunia. Kabar meninggalnya Noguchi diumumkan di akun Instagram Asia Road Racing Championship (ARRC) pada Kamis (17/8/2023). Sesuai permintaan keluarga, informasi tersebut disebar sehari setelah Noguchi dinyatakan meninggal. Pemb

Ragam Kegiatan Maxi Yamaha di Awal Agustus, Dari Camping Sampai Touring

Maxi Yamaha Day berlanjut di Kalimantan. Pengguna XMax touring ke Bukit Tinggi. Ratusan bikers ramaikan kedua acara tersebut. Pengguna Maxi Yamaha menggelar beragam aktivitas belum lama ini, ada yang camping, ada pula yang touring. Untuk yang camping, mereka mengikuti rangkaian Maxi Yamaha Day 2023 yang berlangsung di Pantai Panrita Lopi Beach, Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur (Kaltim). Giat yang berlangsung 12-13 Agustus 2023 itu jadi acara kedua, setelah sebelumnya di

Awas Bocor, Ini Efek Negatif Radiator Motor Diisi Pakai Air Kran

Air kran bisa timbulkan karat. Pendinginan mesin bisa terganggu. Untuk darurat pakai air AC atau aki. Sistem pendinginan motor kini sudah banyak yang menggunakan radiator, tapi bagaimana jika cairan yang dipakai adalah air kran? Meski kini sudah banyak tersedia radiator coolant, namun tetap ada saja yang mengisi radiatornya dengan air biasa. Bisa jadi karena darurat atau memang malas untuk membeli radiator coolant, sehingga mengisinya dengan air kran biasa. Untuk sesaat mungkin tak masalah, tapi

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor
Ducati DesertX
Lihat