Viral Kecelakaan Karena Alat Peraga Kampanye Tumbang, Sepasang Kakek Nenek Jadi Korban

Bendera partai tumbang membuat pengendara sepeda motor di flyover Mampang Prapatan, Jakarta, terjatuh 
  • Kecelakaan lalu lintas kini sering terjadi karena alat peraga kampanye terjatuh
  • Sepasang suami istri pengendara sepeda motor kecelakaan karena bendera partai jatuh 

Sebuah rekamanan video memperlihatkan sepasang pengendara sepeda motor suami dan istri mengalami luka-luka karena kecelakaan lalu lintas di kawasan Flyover Mampang Prapatan, Jakarta Selatan viral di media sosial. 

Melansir akun Instagram @fakta.jakarta korban bernama Salim (68 tahun/ suami) dan Oon (61 tahun/ istri), kecelakaan karena Alat Peraga Kampanye (APK) yaitu tiang dan bendera Partai Politik jatuh sehingga mengenai pasangan pemotor tersebut.

Sepasang suami istri harus dilarikan ke rumah sakit setelah kecelakaan karena bendera partai terjatuh

Diketahui karena kecelakaan tersebut, Salim mendapatkan 12 jahitan di pipi sebelah kanan, sedangkan istrinya mengalami patah tulang di bagian kaki kirinya.

Kecelakaan karena atribut Parpol juga pernah terjadi di Karanganyar, Kebumen, di mana seorang pelajar berboncengan kecelakaan karena tertimpa baliho calon legislatif. 

Nahasnya, satu orang pelajar tewas di lokasi kejadian, sementara korban lain mengalami luka ringan. 

Baca jugaViral Sepeda Motor Pengawal Ambulans di Stop Polisi, Emang Boleh?

Pemasangan Atribut Parpol di Jalanan Menurut Pengamat 

Kecelakaan lalu lintas yang disebabkan APK membuat Pemerhati Transportasi dan Hukum Budiyanto turut angkat bicara. 

Menurut Budiyanto, apabila kecelakaan disebabkan APK yang dipasang pemasang atau penanggung jawab yang memasang, maka perlu dimintakan pertanggungjawaban karena ada dugaan kelalaian.

"Maka yang memasang atau yang bertanggung jawab atas pemasangan APK tersebut wajib mempertanggungjawabkan secara hukum," ujarnya. 

Lain halnya jika kecelakan diakibatkan oleh ulah sendiri, yaitu pengendara sepeda motor yang ngebut, ugal-ugalan dan lainnya, maka mereka sendiri yang harus bertanggung jawab. 

Seperti diketahui penerapan pasangan APK diatur dalam Peraturan Badan Pengawasan Pemilihan Umum RI Nomor 11 Tahun 2023 Tentang Pengawasan Kampanye Pemilu Pasal 24 Ayat 1 Huruf yang berbunyi:

(f) Alat peraga Kampanye Pemilu tidak dipasang pada tempat umum yang dilarang meliputi:

  1. Tempat ibadah;
  2. Rumah sakit atau tempat pelayanan kesehatan;
  3. Tempat pendidikan, meliputi gedung dan/atau halaman sekolah dan/atau perguruan tinggi;
  4. Gedung milik pemerintah;
  5. Fasilitas tertentu milik pemerintah; dan
  6. Fasilitas lainnya yang dapat mengganggu ketertiban umum, termasuk halaman, pagar, dan/atau tembok pada tempat umum tersebut;

Kata Budiyanto, pemasang atau yang bertanggung jawab atas pemasangan APK tersebut dapat dikenakan pasal 359 atau 360 KUHP karena kelalaiannya yang berbunyi:

Barang siapa karena kesalahannya (kealpaannya) menyebabkan orang lain mati, diancam dengan pidana penjara paling lama lima tahun atau pidana kurungan paling lama satu tahun.

Bunyi Pasal 360 KUHP:

(1) Barang siapa karena kesalahannya (kealpaannya) menyebabkan orang lain mendapat luka-luka berat, diancam dengan pidana penjara paling lama lima tahun atau pidana kurungan paling lama satu tahun.

(2) Barang siapa karena kesalahannya (kealpaannya) menyebabkan orang lain luka-luka sedemikian rupa sehingga timbul penyakit atau halangan menjalankan pekerjaan jabatan atau pencarian selama waktu tertentu, diancam dengan pidana penjara paling lama sembilan bulan atau pidana kurungan paling lama enam bulan atau pidana denda paling tinggi empat ribu lima ratus rupiah.

Karena APK dipasang di jalananan, maka bisa juga dikenai pasal 28 Undang-undang Nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas Angkutan Jalan yang berbunyi:

(1) Setiap orang dilarang melakukan perbuatan yang mengakibatkan kerusakan dan/atau gangguan fungsi jalan.
(2) Setiap orang dilarang melakukan perbuatan yang mengakibatkan gangguan pada fungsi perlengkapan jalan.

Nah, jika mereka yang melanggar pasal 28 maka bisa dikenai sanksi pasal 274 ayat 1, dimana setiap orang yang melakukan perbuatan yang mengakibatkan kerusakan dan/atau gangguan fungsi jalan bisa dipidana dengan pidana penjara paling lama satu tahun atau denda paling banyak Rp 24 juta. 

Oops... Something broke.
    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Video Pendek Terkait

Yamaha Lexi terbaru menggunakan kapasitas mesin serupa Yamaha Aerox dan Yamaha NMax Perancangannya identik dengan mesin NMax Yamaha Lexi LX 155 memiliki power to weight ratio lebih baik Sempat dianak tirikan, motor ini sekarang bertransformasi dengan sederet perubahan. Satu diantaranya adalah mesin baru yang kini digendong oleh Yamaha Lexi LX 155. Bukan lagi 125 cc, mesin yang digunakan Lexi LX sekarang berkapasitas 155 cc. Tentunya pula sudah berteknologi Bluecore dan Variable Valve Actuation (
Mesin bakal dioprek. Bagasi berisi komponen tambahan. Tampilan retro bergaya 80's-90's naik daun. Selain sebagai alat transportasi, Vespa juga kerap menjadi motor yang menunjang gaya hidup pemiliknya. Jarang terlihat standar, pemilik skuter merek Italia itu kerap memberikan sentuhan modifikasi. Dari modifikasi ringan hingga berat yang sampai merubah part internal mesin serta mengganti warna motor kerap dilakukan. Dennil Sagita, pendiri Scooter VIP menyebut jika gaya balap dengan konsep 80's-90's
Harga paling murah dikelasnya. Fiturnya pas. Performa mesin memuaskan. Tak disangka-sangka, Suzuki V-Strom 250 SX 2024 mendapatkan respon positif dari konsumen Indonesia. Padahal motor ini berstatus CBU dari India, yang biasanya konsumen sini langsung merasa desainnya tak cocok. Tapi beda cerita kala motor ini muncul pertama kalinya tahun 2022 lalu, responnya positif lho. Yup, sebagai motor sport touring adventure Suzuki V-Strom 250 SX ini punya desain yang gagah. Apalagi harganya bersahabat, cu
Kredit Yamaha Gear 125 bisa sangat terjangkau Yamaha Gear 125 dijual mulai Rp 18.205.000 Dikenal kuat nanjak dan irit. Seberapa besar cicilan juga uang muka Yamaha Gear 125 2024, jadi yang sering dipertanyakan masyarakat saat membeli skuter matik tersebut secara kredit. Maklum, lebih dari 70 persen konsumen yang membeli kendaraan, khususnya sepeda motor, memang dominan kredit. Terlebih Yamaha Gear 125 termasuk skuter matik yang cukup digemari karena desain dan performanya yang bandel. Belum lagi
Dimensi dan kapasitas top box disesuaikan dengan dimensi EM1 e:. Handlebar bag bisa juga digunakan untuk tas selempang. PT Astra Honda Motor (AHM) akhir tahun 2023 telah secara resmi menjual motor listriknya dengan nama Honda EM1 e:. Motor ini hadir dalam tipe standar dengan harga subsidi Rp 33 juta dan tipe Plus seharga Rp 33,5 juta. Pada tipe Plus bedanya sudah dilengkapi dengan rear carrier atau bracket box karena memang AHM menyediakan top box yang dijual secara terpisah. Pasalnya memang rua

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor