Logo KTM
Pada tahun 1934, seorang insinyur Austria Johann (Hans) Trunkenpolz mendirikan bengkel mobil di Mattighofen. Pada tahun 1937, ia mulai menjual sepeda motor DKW, dan mobil Opel pada tahun berikutnya. Tokonya dikenal sebagai Kraftfahrzeug Trunkenpolz Mattighofen, tetapi namanya tidak terdaftar. Selama Perang Dunia Kedua, istrinya mengurus bisnis yang berkembang pesat terutama karena perbaikan mesin diesel. Setelah perang, permintaan untuk perbaikan menurun tajam dan Trunkenpolz mulai berpikir untuk memproduksi sepeda motornya sendiri. Prototipe sepeda motor pertamanya, R100, dibuat pada tahun 1951. Komponen sepeda motor itu diproduksi sendiri, kecuali mesin Rotax yang dibuat oleh Fichtel & Sachs. Produksi serial R100 dimulai pada tahun 1953. Dengan hanya 20 karyawan, sepeda motor dibuat dengan kecepatan tiga per hari. Pada tahun 1953, pengusaha Ernst Kronreif menjadi pemegang saham perusahaan yang cukup besar yang diubah namanya dan terdaftar sebagai Kronreif & Trunkenpolz Mattighofen. Pada tahun 1954, R125 Tourist diperkenalkan, diikuti oleh Grand Tourist dan skuter Mirabell pada tahun 1955. Perusahaan mendapatkan gelar balap pertamanya di kejuaraan nasional 125cc Austria tahun 1954. Pada tahun 1956, KTM tampil di International Six Days Trials di mana Egon Dornauer memenangkan medali emas menggunakan mesin KTM. Pada tahun 1957, KTM membangun sepeda motor sport pertama Trophy 125cc. Motor bebek pertama KTM, disebut Mecky, diluncurkan pada tahun 1957, diikuti oleh Ponny I pada tahun 1960 dan Ponny II pada tahun 1962 dan Komet pada tahun 1963. Tahun 1960-an juga menjadi awal dari produksi sepeda di Mattighofen. Ernst Kronreif meninggal pada tahun 1960. Dua tahun kemudian pada tahun 1962, Hans Trunkenpolz juga meninggal karena serangan jantung. Putranya Erich Trunkenpolz mengambil alih manajemen perusahaan. Karena perusahaan terus berkembang, tenaga kerja mencapai 400 pada tahun 1971, dan empat puluh tahun setelah didirikan, KTM menawarkan 42 model berbeda. Selain itu, KTM mampu memproduksi sepeda motor untuk industri balap. Selama tahun 1970-an dan 80-an, KTM juga mulai mengembangkan dan memproduksi motor dan radiator. Radiator yang dijual ke produsen mobil Eropa merupakan bagian yang cukup besar dari bisnis perusahaan di tahun 1980-an. Pada tahun 1978, anak perusahaan AS KTM North America Inc. didirikan di Lorain, Ohio. Pada tahun 1980, perusahaan berganti nama menjadi KTM Motor-Fahrzeugbau KG. Satu tahun kemudian, KTM memiliki sekitar 700 karyawan dan omset 750m. Schilling (sekitar 54,5 juta euro). Bisnis internasional kemudian mencapai 76% dari omset perusahaan. Namun, perputaran skuter dan moped merosot dengan cepat, dan produksi harus dihentikan pada tahun 1988. Erich Trunkenpolz meninggal pada tahun 1989. Pengambilalihan 51% saham di perusahaan oleh kepercayaan investasi Austria GIT Trust Holding yang dikendalikan oleh politisi Austria Josef Taus pada tahun 1989 adalah diikuti oleh upaya yang gagal untuk membalikkan perusahaan yang berhutang, dan pada tahun 1991, manajemen KTM dipindahkan ke konsorsium bank kreditur. Pada tahun 1992, perusahaan ini dibagi menjadi empat entitas baru: KTM Sportmotorcycle GmbH (divisi sepeda motor), KTM Fahrrad GmbH (divisi sepeda), KTM Kühler GmbH (divisi radiator) dan KTM Werkzeugbau GmbH (divisi perkakas). Sekarang dimiliki oleh KTM Motorradholding GmbH, yang dibentuk oleh Cross Holding (putri Cross Industries), dan investor lainnya, KTM Sportmotorcycle GmbH mulai beroperasi pada tahun 1992 dan kemudian mengambil alih divisi perkakas saudara kandung KTM Werkzeugbau. Pada tahun-tahun berikutnya, sambil terus meningkatkan produksi dan omset, berinvestasi dalam produksi baru dan fasilitas R&D, memperkenalkan model-model baru dan berhasil mensponsori dan mengambil bagian dalam berbagai acara olahraga balapan, perusahaan mengalami serangkaian restrukturisasi dan perubahan pemangku kepentingan yang dipandu oleh KTM. Direktur pelaksana dan pemilik Cross Industries Stefan Pierer. Pada tahun 1994, KTM mulai memproduksi seri Duke dari sepeda motor jalan raya, pada tahun 1996, mesin motorcross KTM pertama kali dihias dengan warna oranye khas KTM, dan pada tahun 1997 diperkenalkan sepeda motor Supermoto dan Adventure dua silinder berpendingin cairan. Pada tahun 2007, perusahaan meluncurkan mobil sport KTM X-Bow. Pada tahun 1995, KTM Motorradholding GmbH mengakuisisi pembuat sepeda motor Swedia Husaberg AB dan mengambil alih perusahaan Belanda White Power Suspension. Pada tahun 2007, pabrikan sepeda motor India Bajaj Auto membeli 14,5% saham KTM Power Sports AG. Pada 2013, Bajaj Auto memiliki 47,97% saham di perusahaan tersebut. Pada 2013, KTM mengakuisisi pembuat sepeda motor Swedia Husqvarna Motorcycles dari pemilik sebelumnya BMW Motorrad AG. Pada tahun yang sama, KTM mengintegrasikan kembali merek Husaberg ke dalam Sepeda Motor Husqvarna yang telah dipisahkan pada tahun 1990-an ketika Husqvarna dijual ke perusahaan Italia, Cagiva. Sebagai hasil akhir dari proses restrukturisasi, KTM Motorradholding GmbH telah menjadi KTM AG pada tahun 2012. Pada tahun 2015, KTM menghasilkan omset lebih dari 1 miliar Euro dan mempekerjakan 2.515 orang pada akhir tahun itu. Dari empat perusahaan terpisah yang tersisa setelah perpecahan tahun 1992, tiga kini kembali menjadi bagian dari Grup KTM: KTM Sportmotorcycle GmbH, KTM Werkzeugbau GmbH dan KTM.

Daftar Harga KTM

Daftar Mobil KTMHarga
Harga KTM 390 Adventure
Rp 119,00TBC Juta
Harga KTM 450 EXC-F Six Days
Rp 197,00TBC Juta
Harga KTM Duke 200
Rp 38,00TBC Juta

Motor KTM di Indonesia

VS