Review pengguna Suzuki XL7

PT Suzuki Indomobil Indonesia Sales (SIS) sudah mengonfirmasikan tentang peluncuran model Crossover ini. Diperkirikan Suzuki XL7 akan menghadirkannya di Indonesia pada tahun 2020.

Di bawah ini, kami sajikan beberapa informasi dasar tentang Suzuki XL7 versi Indonesia, dan bagaimana pendapat para pemilik tentang Kelebihan dan Kekurangan mobil XL7. Kalau Anda sama tertariknya dengan kami pada Suzuki XL7, Anda pasti tidak akan mau melewatkannya!

Informasi tentang Suzuki XL7 2020 di Indonesia.

Sebagaimana diketahui, Suzuki XL7 adalah versi XL6 yang bisa memuat 7 penumpang. Dan sesuai namanya, XL7 ini akan hadir dengan konsep 7-seaters. Model tersebut merupakan SUV crossover yang berbasis Suzuki Ertiga. Suzuki sepertinya ingin menembus pasar yang lebih besar lagi ketimbang hanya Low MPV. Maklum, Mitsubishi Xpander sudah mendisrupsi dua kelas ini dengan model kendaraan keluarga berparas SUV.

Mesin mobil Suzuki XL7 diduga kuat akan dipersenjatai dengan K15B yang berkapasitas 1500cc. Dengan kapasitas sebesar itu, mobil ini juga dikabarkan akan membawa teknologi DOHC VVT.

Dari pernyataan itu, bisa diperkirakan kalau harga Suzuki XL7 nanti akan mencapai Rp 200 juta lebih. Ini karena harga LMPV seperti Ertiga dibanderol mulai dari Rp 196 sampai Rp 251,5 juta per unit. Harga tersebut merupakan harga on the road wilayah Jakarta.

Kelebihan Suzuki XL7

Eksterior

Penampilan XL7 2007 kentara sekali perbedaannya dengan model yang digantikannya. Dia tampil beda dengan grille chrome tiga baris dan lampu utama yang wraparound, dan terlihat mirip tipe all-new Edge crossover SUV produksi Ford.

Interior

Bagian interior mobil Suzuki XL7 terdapat kursi berlapis kain yang nyaman, kokoh, dan stylish, dan bisa juga kursi kulit yang opsional. Kursi depan yang bisa diatur manual ke arah belakang sudah standar, dan kursi pengemudinya yang bisa diatur dengan elektrik juga opsional.

Kalau dipadukan dengan headroom depan yang cukup lega, XL7 bisa diduduki dengan mudah oleh pengemudi dan penumpang di kursi depan yang berpostur tinggi.

Untuk penumpang di baris kedua, kursi yang ada dengan rasio 60/40 itu tidak bisa digeser ke depan dan belakang, tapi punya sandaran punggung yang bisa direbahkan. Walaupun posisinya yang bergaya stadion itu tinggi, baris kedua menyediakan headroom yang lega.

Dengan menambahkan tali pengikat yang praktis, Suzuki mempermudah untuk melipat kursi di baris kedua agar penumpang lebih mudah keluar dari baris ketiga.

Fitur

Fitur-fitur opsional yang disediakan antara lain power sunroof dan sistem navigasi. Sistem entertainment DVD di bagian belakang yang dilengkapi dua pasang headphone wireless juga opsional, tapi tidak tersedia di XL7 yang dilengkapi sunroof atau sistem navigasi.

Fitur keselamatan standarnya antara lain rem anti-terkunci yang semuanya cakram, airbag di tirai samping dan sistem stabilitas elektronik. Posisi duduk di baris kedua dilengkapi sepasang tali sabuk pengaman untuk kursi anak yang berkancing dan tali sabuk pengaman yang digantungkan di atas.

Sistem

Setelah mengulas tentang banyak SUV, saya melakukan test drive Hyundai Santa Fe dan Suzuki XL7. Kedua-dua ini bagus tapi mobil Suzuki XL7 rasanya lebih bagus di kondisi jalan yang kurang bagus. Dengan ruang bagasinya yang lebih panjang, mudah menyimpan alat ski cross country dan perangkat lainnya.

Saya sudah mengendarai mobil ini selama 5 bulan dalam kondisi musim hujan terburuk yang pernah saya alami selama bertahun-tahun ini dan semua ekspektasi saya sudah dilewatinya. Kinerja sistem AWD-nya sangat bagus ketika terjadi hujan yang lebat. 

Kontrol Traksi dan Sistem Kontrol Stabilitasnya sanggup menjaga saya tetap terlindungi dan fokus di jalan saat badai es menerjang. Saya memang mematikan kontrol-kontrol itu ketika melewati salju yang sangat tebal agar sistem AWD-nya lebih efektif.

XL7 tidak dilengkapi spion luar yang bisa dipanaskan dan, karena kemampuannya dalam kondisi musim dingin, ini kelalaian dari pihak Suzuki. Tapi kursinya yang 3 baris itu mungkin yang terbaik untuk SUV berukuran sedang.

Kekurangan Suzuki XL7

Eksterior

Dari sisi samping dan belakang, mobil Suzuki XL7 kelihatan agak berat di bagian atas dan kurang cocok dengan bagian depannya. SUV ini ditawarkan dengan roda alloy berukuran 16 atau 17 inci, tapi velg-nya yang 16 inci jelas terlihat kecil dibandingkan ukuran body-nya yang besar.

Interior

Di model yang saya tes, tercium bau menyengat mobil baru, sampai-sampai terkadang saya merasa enggan memegang setirnya, tapi mungkin bau ini akan menghilang seiring waktu berjalan. Sebagian besar bagian di dasbornya terpasang kuat, dan sisipan di dasbor berwarna perak itu tidak terlihat jelek sedikit pun. bagian kayu imitasinya opsional.

Baris ketiga di XL7’s agak sempit; orang dewasa yang bertubuh kecil dan anak-anak tentu tidak akan kesulitan, tapi cuma mereka yang tidak akan mengalami masalah. Satu lagi keluhan saya adalah sandaran punggung di kursi tengahnya tidak nyaman.

Mesin

Saya membeli mobil Suzuki tahun 2008 ketika umurnya hampir setahun. Jarak yang ditempuh mobil itu sudah mencapai sekitar 25,000 mil. Saya harus memiliki mobil itu, karena tampilannya keren habis, dengan harga terjangkau. Mobil ini harganya lumayan mahal untuk saya! Semua serba salah. Timing chain-nya diganti- setidaknya, toh jaminannya masih berlaku.

Penutup katup di ban yang mencantumkan tekanan ban itu rusak, biaya mengganti keempat ban tersebut mencapai Rp 20 juta. Pegangan pintu belakangnya selalu patah. Berkali-kali diganti. Sekarang pintu belakang itu malah tidak bisa dibuka. Kadang-kadang, ketika saya menyetir, pintunya terbuka sendiri. Terpaksa harus turun mesin 1,5 tahun lalu, saya bawa ke dealer Suzuki- yang paling dekat jaraknya sekitar satu jam perjalanan. Mereka butuh waktu lebih dari dua bulan untuk memperbaikinya. Saya hanya memasang transmisi bekas- biayanya Rp 32 jutaan.

Saya sudah berencana untuk melepasnya kalau sudah penggantinya sudah ada, tapi dia rusak lagi. Sekarang kedengaran suara yang berisik sekali, terus semua lampu berkedip-kedip, lalu mati. Ada masalah dengan kontrol traksinya. Semua lampu di dasbor menyala.

Keseluruhan

Bahkan untuk pengemudi yang tidak akan pernah membeli mobil van kecil, XL7 bersaing ketat di segmen SUV. Tapi, kalau mobil ini disesuaikan dengan kondisi jalanan di Indonesia, pasti akan lebih cocok di pasar Indonesia daripada pendahulunya.

Akan menarik untuk menunggu respons pasar Indonesia terhadap Suzuki XL7ini kalau sudah hadir di tahun 2020.

Oops... Something broke.
    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Suzuki XL7

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

2021 Toyota RAIZE S 1.0

Rp 235,00 Juta
Rp 4,79 Juta/bln

15.274 km

2 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli

2021 Kia SONET DYNAMIC 1.5

Rp 251,00 Juta
Rp 5,11 Juta/bln

12.742 km

2 tahun

Java East

Cek Tawaran Juli

2021 Toyota RAIZE GR SPORT TSS 1.0

Rp 243,00 Juta
Rp 4,95 Juta/bln

14.811 km

2 tahun

Banten

Cek Tawaran Juli

2021 Toyota RAIZE GR 1.0

Rp 234,00 Juta
Rp 4,77 Juta/bln

16.422 km

2 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2022 Toyota RUSH S GR SPORT 1.5

Rp 253,00 Juta
Rp 5,15 Juta/bln

14.366 km

1,5 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli
Lihat Lebih

Video Tiktok

Related Videos

Suzuki XL7 Pesaing Xpander Cross yang Sekarang Jadi Hybrid!

Is the SUZUKI XL7 just a muscular ERTIGA? Full REVIEW and DRIVE IMPRESSIONS!!

Berita Terbaru

Review Pemilik: Honda City Hatchback RS 2021, Cocok Buat Dimodif

**Artikel ini adalah pengalaman pribadi dari pemilik Honda City Hatchback RS 2021 Honda City Hatchback RS dihadirkan sebagai penerus Jazz GK5 di Tanah Air. Mewarisi berbagai keunggulan yang menjadi ikonik hatchback Honda, City Hatchback RS terlihat stylish, sporty, canggih, serta memiliki performa besar, yang mempunyai karakter 11-12 dengan Jazz. Pada review pemilik kali ini, kami akan mengulas City Hatchback RS manual lansiran April 2021. Menurut cerita dari pemilik, ia membeli mobil ini dalam

Top 5 Artikel Pekan Ini, Harga Bekas Innova Reborn Diesel yang Stabil Sampai Carry Bagong Pakai Turbo

Kepopuleran Toyota Innova Reborn diesel rupanya belum luntur oleh waktu. Bahkan kemunculan Innova Zenix dengan teknologi hybrid tidak menghapus kecintaan masyarakat Indonesia akan MPV bermesin diesel tersebut. Tak heran harga jual Toyota Innova Reborn diesel saat ini masih sangat bertahan dan masih banyak peminatnya. Hal itu pula yang menjadikan artikel Autofun khususnya mengenai Toyota Innova Reborn Diesel masih tinggi pembacanya. Berikut 5 artikel paling populer di Autofun periode 10 - 15 Apri

Asyik, Jalan Tol Puncak - Cianjur Segera Dibangun

Pemerintah terus menggeber akses jalan tol di Indonesia, termasuk mempersiapkan pembangunan jalan tol Puncak - Cianjur dengan rute Bogor-Sukabumi-Cianjur-Bandung (Bosuciba). Langkah ini direncanakan langsung oleh Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kota atau Kabupaten, untuk mengurai kemacetan belasan tahun dan meningkatkan ekonomi di wilayah yang menjadi favorit pariwisata. Baca juga: Begini Caranya Biar Lewati Gerbang Tol Tanpa Berhenti Menurut Gubernur Jawa Barat, jalan tol P

Bukan LMPV, Ini Mobil-mobil Honda Terlaris di Indonesia

Penjualan mobil Honda mengalami peningkatan secara nasional hingga 26 persen di semester pertama tahun 2023. Menurut catatan, penjualan retail (dealer ke konsumen) Honda sejak Januari sampai Juni 2023 tercatat 67.797 unit, sedangkan di periode yang sama tahun lalu hanya terjual 53.910 unit. Sales & Marketing and After Sales Director PT Honda Prospect Motor Yusak Billy mengatakan, alasan peningkatan penjualan Honda di semester pertama tak lepas dari penyegaran produk-produk Honda yang diterima ba

Cari Mobil Daihatsu, Ini Model Paling Laris Semester Pertama 2023

Penjualan mobil Daihatsu selama semester pertama tahun 2023 tembus 102.515 unit atau naik 12,9 persen dibanding periode yang sama di tahun lalu yang hanya sekitar 90.765 unit. Ya, penjualan retail ini membuat perusahaan otomotif yang bermarkas di Ikeda, Osaka, Jepang tersebut menyumbangkan market share ritel otomotif nasional mencapai 20,4 persen. Peningkatan penjualan Daihatsu juga terjadi di wholesales, dimana pabrik Daihatsu mampu menjual mobilnya ke dealer selama Januari-Juni 2023 mencapai 9

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaru
Hot
Toyota

Toyota Raize

Rp 229,80 - 299,20 Juta

Lihat Mobil
Hot
Daihatsu

Daihatsu Rocky

Rp 214,20 - 265,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Brio

Rp 156,90 - 227,10 Juta

Lihat Mobil
Tidak Dijual
Honda

Honda Jazz

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Hot
Hyundai

Hyundai Palisade

Rp 842,00 - 1,11 Milyar

Lihat Mobil
Hot
Wuling

Wuling Almaz

Rp 279,50 - 470,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda City Hatchback

Rp 333,60 - 362,60 Juta

Lihat Mobil
Hot
Kia

Kia Sonet

Rp 193,00 - 296,00 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX

Rp 849,50 - 949,50 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX Wagon

Rp 975,50 - 1,03 Milyar

Lihat Mobil
Wuling

Wuling Alvez

Rp 209,00 - 295,00 Juta

Lihat Mobil
Daihatsu

Daihatsu Ayla

Rp 103,30 - 161,05 Juta

Lihat Mobil
Varian Baru
Toyota

Toyota Agya

Rp 175,40 - 253,50 Milyar

Lihat Mobil
Land Rover

Land Rover Range Rover Sport

Rp 4,52 Milyar

Lihat Mobil

Perbandingan Mobil Terkait

  • Suzuki XL7
    Rp 251,80 Juta
    VS
    Toyota Rush
    Rp 278,80 Juta
    XL7 vs Rush
  • Suzuki XL7
    Rp 251,80 Juta
    VS
    Toyota Raize
    Rp 229,80 Juta
    XL7 vs Raize
  • Suzuki XL7
    Rp 251,80 Juta
    VS
    Wuling Almaz
    Rp 279,50 Juta
    XL7 vs Almaz
  • Suzuki XL7
    Rp 251,80 Juta
    VS
    Daihatsu Terios
    Rp 214,45 Juta
    XL7 vs Terios
  • Suzuki XL7
    Rp 251,80 Juta
    VS
    Daihatsu Rocky
    Rp 214,20 Juta
    XL7 vs Rocky
Suzuki XL7
Lihat