Rp 122,00 - 152,50 Juta
Spesifikasi Suzuki Karimun Wagon R
  • Segmen Segmen A
  • Tipe bodi MPV
  • Jenis penggerak MT
  • Kapasitas mesin 1.0 L
  • Tenaga 67 - 68 PS
  • Tempat Duduk 5 - 7
Suzuki Karimun Wagon R 2021 - 2022 ditawarkan dalam 9 varian - mulai Rp 122,00Juta hingga Rp 152,50Juta , varian entry levelnya yaitu Suzuki Karimun Wagon R GA Airbag Rp 122,00Juta dan varian tertingi Suzuki Karimun Wagon R yaitu Suzuki Karimun Wagon R GS AGS ditawarkan dengan harga Rp 152,50Juta.
window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Model_Middle_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649908038623-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649908038623-0'); });
  • Overview
  • Eksterior
  • Interior
  • Fitur
  • Mesin dan Performa
  • Kesimpulan
  • Overview

    Suzuki Karimun Wagon R diproduksi di Jepang pertama kali pada 1993. Kode R yang digunakan adalah singkatan dari Recreation. Mobil ini adalah salah satu tipe mobil Suzuki pertama yang menggunakan desain "tall wagon" atau "tall boy".

    Di Indonesia, mobil ini dijual dengan nama Karimun. Pada 2013, produksi Suzuki Karimun Wagon R dimulai sejak 2013 yang merupakan rebadge dari Suzuki Wagon R.

    Mobil yang termasuk kelas city car ini sesuai dengan kebijakan Low Cost Green Car (LCGC) yang dicanangkan oleh pemerintah. Suzuki Karimun Wagon R memiliki beberapa kompetitor, seperti Daihatsu Ayla, Toyota Agya, Datsun Go, dan lainnya.

    Di balik kap mesinnya, Suzuki membekali mobil ini dengan mesin bensin 3-silinder segaris, DOHC, 12 katup, dan berkapasitas 998 cc. Mesinnya dipadukan dengan sistem transmisi manual 5 percepatan dan sistem transmisi otomatis 5 percepatan.

  • Eksterior

    Desain Suzuki Karimun Wagon R

    Suzuki Karimun Wagon R jelas terlihat lebih modern dibandingkan model pendahulunya. Sekilas penampakannya mirip dengan Suzuki Ignis yang mempunyai desain grille yang tajam. Suzuki menyebut desain griller tersebut dengan Modern Architechtural Grille. Lalu, bumper depan juga berubah menjadi berbentuk trapezoidal yang dilapisi warna hitam. Sehingga, penampilannya jadi terlihat lebih agresif dan sporty.

    Desain lampu depan yang mengusung konsep Unique Dual Split Headlamps juga meningkatkan kesan agresif. Meskipun belum mengaplikasi teknologi LED, tapi cahaya yang dihasilkan cukup terang. Pada bagian belakang, bentuk lampu belakang dibuat vertikal.

    Dilihat dari samping, tampilannya kurang atraktif. Sebab, ukuran roda yang digunakan kecil, yakni 14 inci, dan menjadi ciri khas bawaan LCGC. Tapi, spionnya sudah lebih canggih, karena dapat melipat secara otomatis.

    Suzuki Karimun Wagon R dirakit di pabrik Suzuki di Bekasi. Mobil yang masuk jenis city car ini cukup unik, karena memiliki bodi yang tinggi, kap mesin yang rendah, dan hatchback hampir vertikal.

  • Interior

    Interior Suzuki Karimun Wagon R

    Desain interior Suzuki Karimun Wagon R terlihat lebih elegan dan modern. Dasbornya cukup tinggi dan didominasi warna hitam dengan sedikit aksen silver pada beberapa bagian. Seluruh materialnya masih menggunakan plastik tentunya untuk menekan harga agar tetap terjangkau.

    Di bagian tengah dasbor, disematkan head unit model double DIN biasa, tanpa layar sentuh. Kekedapan kabinnya biasa saja, bahkan getaran mesin dan suara dari luar masih cukup terdengar jelas.

    Suzuki Karimun Wagon R  dapat menampung hingga 5 penumpang dan tetap menawarkan ruang yang lapang, baik pada ruang kepala dan ruang kakinya. Tempat duduknya dilapisi material fabric yang terkesan murah dan agak keras saat diduduki.

    Tempat duduknya cukup unik, khususnya tempat duduk penumpang depan. Sebab, terdapat fitur yang dinamakan under seat tray. Jika dudukan jok penumpang depan diangkat, akan ada laci yang dapat digunakan untuk menyimpan barang-barang.

    Setirnya menggunakan model palang tiga dan tidak dilengkapi dengan tombol multifungsi apapun. Begitu pula dengan pengaturan posisinya, tidak dapat diatur naik dan turun, begitu pula dengan maju dan mundur (tilt and telescopic). Namun, lingkar setirnya cukup nyaman untuk digenggam. Panel instrumennya kombinasi analog dan digital, cukup modern dan mudah dibaca.

  • Fitur

    Fitur Suzuki Karimun Wagon R

    Suzuki Karimun Wagon R tidak mendapatkan tambahan fitur dari model pendahulunya. Untuk meningkatkan keamanan dari risiko pencurian mobil, Suzuki sudah menyematkan immobilizer key. Pada anak kunci sudah ditanam chip. Jika ada orang yang berniat jahat menggunakan anak kunci lain untuk menghidupkan mesin, maka ECU tidak akan memerintahkan mesin untuk menyala. Sebab, chip pada anak kunci tidak sama dengan chip yang ada di rumah kunci.

    Salah satu fitur unggulannya adalah sistem transmisi Auto Gear Shift (AGS). Sistem transmisi ini merupakan gabungan dua tipe transmisi, yakni manual dan otomatis. Fitur ini biasanya dapat dijumpai pada mobil-mobil premium.

    Untuk keamanan bagi pengemudi dan penumpang dari bahaya kecelakaan, Suzuki Karimun Wagon R telah dilengkapi dengan sabuk pengaman 3 point ELR (Emergency Locking Retractor) yang akan mengunci secara otomatis dan menahan penupang saat terjadi tabrakan secara tiba-tiba.

    Sistem audionya tidak ada yang spesial. Mobil ini hanya dilengkapi dengan empat speaker tanpa adanya tweeter. Jadi, kualitas suara yang dihasilkan juga biasa saja.

  • Mesin dan Performa

    Performa Mesin Suzuki Karimun Wagon R

    Suzuki Karimun Wagon R dibekali dengan mesin DOHC, 3 silinder segaris, 12 katup, dan berkapasitas 998 cc. Mesinnya menggunakan sistem pengabutan bahan bakar Multi Point Injection. Mesinnya dipadukan dengan sistem transmisi manual 5 percepatan dan sistem transmisi otomatis 5 percepatan AGS.

    Mesinnya mampu hasilkan tenaga maksimum hingga 68 PS pada putaran mesin 6.300 rpm dan torsi maksimumnya mencapai 90 Nm pada putaran mesin 3.500 rpm.


    Kenyamanan Berkendara Suzuki Karimun Wagon R

    Suzuki Karimun Wagon R tidak menawarkan banyak kenyamanan yang mewah. Namun, untuk ukuran LCGC dengan dimensi yang bisa dikatakan cukup kecil, mobil ini memiliki ruang kabin yang cukup lapang. Selain itu, kapasitas bagasinya juga cukup luas. Sehingga, walaupun tempat duduknya terisi penuh oleh penumpang, tapi barang bawaan bisa diletakkan di bagasi sehingga lebih nyaman.

    Konsumsi Bahan Bakar Suzuki Karimun Wagon R

    Suzuki Karimun Wagon R mengandalkan mesin yang sangat efisien dalam konsumsi bahan bakar. Mobil ini diklaim dapat mencapai 18 km/liter untuk berkendara di jalan bebas hambatan. Sementara untuk berkendara di perkotaan, konsumsi bahan bakarnya 14 km/liter. Untuk diketahui, mobil ini memiliki kapasitas tangki bahan bakar 35 liter.

  • Kesimpulan

    Mobil ini sangat terjangkau, mesinnya cukup bertenaga untuk ukuran city car. Selain itu, ruang kabinnya juga cukup lapang dengan konsumsi bahan bakar yang juga irit. Sehingga, mobil ini cukup direkomendasikan untuk penggunaan harian.

Suzuki Karimun Wagon R 2022 memiliki total 6 pilihan warna di Indonesia: Pearl White, Cool Black, Graphite Grey, Burgundy Red, Radiant Red, Silky Silver

Pearl White

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Model_Bottom_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649908138193-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649908138193-0'); });
  • Jl Pondok No. 25 Lebak Bulus

  • Jl.Duri Selatan I No.51

  • Jalan Batu Ceper & No. 15 & 15 A, RT.6/RW.3, Kb. Klp., Gambir, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10120, Indonesia

  • Jl. Bungur Besar Raya No.34E, RT.3/RW.1, Gn. Sahari Sel., Kemayoran, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10610, Indonesia

Lihat Lebih
  • Apakah Suzuki Karimun Wagon R tersedia di Fitur Memori pengaturan kursi?

    Tidak, Suzuki Karimun Wagon R tidak tersedia di Fitur Memori pengaturan kursi.

  • Apa Jenis rem belakang dari Suzuki Karimun Wagon R?

    Berikut adalah Jenis rem belakang dan varian Suzuki Karimun Wagon R:

    VarianSuzuki Karimun Wagon R GA AirbagSuzuki Karimun Wagon R GL AirbagSuzuki Karimun Wagon R GS Airbag
    Jenis rem belakangDrumsDrumsDrums
  • Apakah Suzuki Karimun Wagon R tersedia di Daytime Running Lights?

    Tidak, Suzuki Karimun Wagon R tidak tersedia di Daytime Running Lights.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Model_Mrec1', [ 300, 250 ], 'div-gpt-ad-1649908222246-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649908222246-0'); });
Toyota Calya
Rp 161,50 - 181,10 Juta
Daihatsu Sigra
Rp 129,50 - 170,90 Juta
Suzuki APV Arena
Rp 160,50 - 215,00 Juta
Suzuki Karimun Wagon R GS
Rp 144,50 - 152,50 Juta
Wuling Formo
Rp 140,80 - 141,80 Juta
VS