Rp 233,00 - 245,50TBC Juta

Harga di Indonesia

Suzuki Baleno Spesifikasi
Segmen
Tipe bodiHatchback
Jenis penggerakFWD
Kapasitas mesin1L
Tenaga92PS
Tempat Duduk1 - 5

Suzuki Baleno Daftar Harga Varian Mobil

Wajib Baca

Kelebihan

  • Harga Lebih Terjangkau

  • Desain Eksterior Semakin Sporty

  • Fitur Eksterior Lengkap

  • Desain Interior Modern dan Nyaman

  • Legroom Lebih Leluasa

  • Jok Baris Belakang Lebih Tinggi, Visibilitas Penumpang Belakang Lebih Baik

  • Hemat Bahan Bakar

Kekurangan

  • Foglamp dan Lampu Sein Masih Halogen

  • Material Interior Berbahan Plastik, Mengurangi Kesan Mewah

  • Fitur Infotainment Kurang Mumpuni

  • Performa Mesin Kurang Responsif

Suzuki Baleno Gambar

Eksterior

Interior

Suzuki Baleno Ulasan

  • Overview
  • Eksterior
  • Interior
  • Fitur
  • Mesin dan Performa
  • Kesimpulan
  • Overview


    Suzuki Baleno bisa dibilang sebagai salah satu model hatchback dengan kapasitas kabin yang cukup lapang serta mesin yang irit ketika digunakan untuk jalanan perkotaan. Meski menjadi salah satu model hatchback populer Suzuki, hanya ada satu pilihan varian yang ditawarkan bagi Baleno. Harga Suzuki Baleno 2020 pun terhitung mulai dari Rp230 jutaan untuk Suzuki Baleno MT dan Rp242 jutaan bagi Suzuki Baleno AT.

    Hatchback subkompak Suzuki Baleno meluncur di Indonesia pada 10 Agustus 2017. Diimpor langsung dari India, Baleno yang berada di kategori hatchback Segment B ini mendapatkan facelift pada 20 Desember 2019 berdasarkan Baleno RS di Indonesia. Hanya ada satu varian yang dipasarkan dengan menggunakan mesin K14B 1.4L 4-silinder berbahan bakar bensin.

    Meskipun rupanya telah berubah dari sedan menjadi hatchback, tetapi Suzuki Baleno tetap memberikan kabin yang cukup luas bagi para konsumennya. Di segmen hatchback sendiri, Suzuki Baleno harus bersaing menghadapi Honda Jazz, Toyota Yaris, Kia Rio, serta Hyundai i20.

    Lalu bagaimana rupanya Suzuki Baleno generasi terbaru ini? Daripada penasaran, langsung saja kita simak informasinya berikut ini.

    Di Indonesia, Suzuki Baleno tersedia dalam dua varian, yakni Suzuki Baleno M/T dan Suzuki Baleno A/T. Untuk rincian harganya sendiri, mari kita lihat pada tabel berikut ini.

    Harga Suzuki Baleno : 

    Varian Harga
    Suzuki Baleno M/T Rp 230.000.000 
    Suzuki Baleno A/T Rp 242.500.000

    Spesifikasi Suzuki Baleno :

    Mesin Suzuki Baleno 2020
    Tipe Mesin K14B, DOHC, 4-silinder inline, 16 katup VVT
    Kapasitas Silinder 1.373 cc
    Tenaga Maksimal 90 Hp@ 6.000 rpm
    Torsi Maksimal 130 Nm @ 4.200 rpm
    Transmisi

    Manual 5 percepatan

    Otomatis 4 percepatan

    Kapasitas Tangki 42 L
    Bahan Bakar Bensin
    Dimensi Suzuki Baleno 2020
    Panjang 3.995 mm
    Lebar 1.745 mm
    Tinggi 1.510 mm
    Wheelbase 2.520 mm
    Kaki-Kaki dan Suspensi Suzuki Baleno 2020
    Pelek/Ukuran Ban 195/55 R16
    Material Alloy Wheels

    Beberapa tahun yang lalu, Suzuki Baleno memang lebih dikenal sebagai model mobil sedan. Tetapi kemudian pihak Suzuki membuat sebuah gebrakan dengan mengubah mobil ini menjadi mobil hatchback. Suzuki Baleno Hatchback pertama kali diperkenalkan dalam ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) tahun 2017.


    Hadirnya Suzuki Baleno dengan model hatchback ternyata mendapatkan respons yang cukup positif dari para pecinta mobil di Tanah Air. Desainnya yang semakin compact dan bergaya membuat mobil ini banyak memiliki peminat. Selain itu, mobil ini juga menawarkan berbagai fitur menarik yang belum pernah ditawarkan sebelumnya.

  • Eksterior

    Bagian eksterior Suzuki Baleno menggunakan bahasa desain liquid flow yang mengalir dengan sentuhan elegan. Dengan desain ini, Suzuki Baleno berhasil tampil lebih mewah dan atraktif.


    Platform Heartect yang digunakan membuat bobot Suzuki Baleno lebih ringan, tetapi tetap kokoh. Pada bagian depannya, Suzuki Baleno dilengkapi dengan lampu LED DRL (Daystime Running Light) untuk pemakaian siang hari. Lampu ini berukuran besar dengan tipe proyektor dan bohlam HID.

    Pada bagian grille-nya disematkan logo Suzuki dan aksen warna chrome sehingga terlihat semakin menarik. Di bagian bawah bumper depan juga terdapat lampu kabut dan lips untuk menonjolkan kesan sporty.

    Untuk bagian sampingnya, bisa dilihat Suzuki Baleno cukup rapi karena tidak memiliki garis yang terlalu tegas, hanya dilengkapi side skirt. Yang menarik, spion mobil ini disematkan pada pintu, bukan pada pilar. Selain meningkatkan sisi aerodinamis, hal ini juga dilakukan untuk meminimalkan suara angin berisik ketika berkendara di kecepatan tinggi.


    Beralih ke bagian belakangnya, pada Suzuki Baleno disematkan lampu berukuran besar, serta wiper belakang untuk meningkatkan visibilitas saat terjadi hujan. Pintu belakangnya sendiri agak kecil, sehingga kapasitas bagasinya pun tidak terlalu besar.

    Sebagai pilihan warnanya, Suzuki Baleno menawarkan enam warna berbeda. Keenam warna tersebut antara lain Solid Fire Red, Stargaze Blue, Pearl Midnight Black, Granite Gray Metallic, Metallic Premium Silver, dan Prime Arctic Blue.

  • Interior

    Desain interior Suzuki Baleno sebenarnya cukup leluasa. Bagian interiornya terlihat sporty karena didominasi dengan warna hitam. Dashboardnya sendiri menggunakan desain yang agak kaku, tetapi dipercantik dengan aksen silver di bagian pengaturan AC dan juga panel bawah head unit. Panel instrumen yang tertata rapi membuat dashboard ini tampak semakin modern.

    Untuk kapasitas penumpangnya sendiri, Suzuki Baleno bisa mengangkut hingga 5 orang penumpang. Kursi di barisan belakangnya juga bisa dilipat jika konsumen membutuhkan ruang bagasi yang lebih.  


    Suzuki Baleno memiliki leg room dan head room yang cukup leluasa, baik untuk bagian depan maupun bagian belakang. Joknya juga didesain sedemikian rupa demi kenyamanan penggunanya. Meskipun jok Suzuki Baleno ini belum menggunakan bahan kulit, tetapi bahan fabric yang digunakannya sudah cukup nyaman.

    Tidak hanya itu, interior Suzuki Baleno ini juga dilengkapi dengan berbagai fitur canggi, di antaranya audio steering switch di bagian setir, fitur start stop engine, dan juga fitur AC dengan penghangat ruang kabin.

  • Fitur

    Untuk kemudahan penggunanya, Suzuki Baleno dilengkapi dengan fitur tombol push Start/Stop Engine untuk menyalakan dan mematikan mesinnya. Mobil hatchback ini juga memiliki fitur Keyless Entry yang memungkinkan pemilik kendaraan untuk tidak menggunakan kunci untuk masuk mobil atau menyalakan mesin kendaraan.

    Suzuki Baleno memiliki fitur pengaturan Auto Climate A/C dengan pemanas, setir tilt & telescopic yang bisa disesuaikan ketinggiannya, dan dilengkapi dengan tombol switch audio control dan bluetooth phone connection.

    Untuk fitur hiburannya sendiri, mobil ini memiliki perangkat audio 2DIN atau head unit double DIN dengan layar sentuh 7 inci yang mendukung berbagai format musik seperti MP3 dan CD player. Head unit ini juga mendukung konektivitas Eksternal Device Connectivity melalui AppleCar Play, Bluetooth, dan radio, serta mendukung sitem navigasi satelit dan live traffic updates.

    Untuk fitur keselamatannya, Suzuki Baleno mengandalkan dual SRS Airbags untuk penumpang di baris depan. Ada pula fitur child safety lock untuk melindungi keamanan penumpang anak-anak. Keamanan ini ditunjang dengan fitur pengereman Anti lock Braking System (ABS) yag dipadukan dengan fitur Electronic Brakeforce Distribution (EBD, dan juga Brake Assist (BA) untuk mengoptimalkan pengereman.

  • Mesin dan Performa

    Suzuki Baleno mengandalkan suspensi MacPherson Strut with coil string di bagian depan dan suspensi Torsion Beam dengan coil spring di bagian belakangnya. Penggunaan suspensi ini dinilai bisa memberikan kenyamanan lebih ketika berkendara.

    Sekarang kita beralih ke sektor jantung mekanisnya. Generasi terbaru dari Suzuki Baleno mengandalkan mesin K14B, DOHC, 4-silinder inline, 16 katup VVT dengan kapasitas mesin 1.373 cc atau setara dengan 1,3 liter. Tenaga yang dihasilkan mesin ini mencapai 90 HP pada putaran 6.000 rpm dan torsi mencapai 130 Nm pada putaran 4.200 rpm.

    Tenaga yang dihasilkan oleh mesin Suzuki Baleno kemudian disalurkan ke penggerak roda depan melalui dua pilihan transmisi, yakni transmisi manual 5 percepatan dan transmisi otomatis 4 percepatan. Meskipun belum memiliki sistem transmisi CVT seperti kebanyakan mobil yang ada di pasaran saat ini, performa Suzuki Baleno cukup andal.

    Tidak hanya cukup andal ketika berkendara dan memiliki lontaran tenaga yang cukup responsif, Suzuki Baleno juga memiliki satu keunggulan lainnya. Suzuki Baleno memang diketahui memiliki efisiensi bahan bakar yang cukup tinggi.

    Dengan satu liter bensin, Suzuki Baleno dengan transmisi manual bisa menempuh jarak sejauh 22,17 km. Sedangkan untuk varian transmisi otomatisnya, Suzuki Baleno bisa menempuh jarak 20,65 km dengan satu liter bensinnya.

    Angka konsumsi bahan bakar yang sangat hemat ini disebut menjadi salah satu keunggulan yang membuat Suzuki Baleno menjadi diminati. Tidak heran jika kemudan mobil ini dinilai cocok untuk digunakan di daerah perkotaan.

  • Kesimpulan

    Meskipun sudah sangat dikenal sebagai mobil sedan, nyatanya versi hatchback dari Suzuki Baleno ini tidak mengecewakan. Selain dibekali dengan berbagai fitur canggih, mobil ini juga memiliki desain yang atraktif dan sporty.

    Selain itu, meskipun tenaga yang dihasilkannya tidak terlalu besar, tetapi Suzuki Baleno memiliki mesin yang cukup responsif. Dan yang paling penting, mobil ini sangat cocok digunakan sebagai alat transportasi harian, terlebih di daerah perkotaan karena memiliki efisiensi bahan bakar yang sangat baik.

Suzuki Baleno FAQ

  • Apakah Suzuki Baleno tersedia di Pengatur Moda Berkendara?

    • BasangGede

      BasangGede

      Tidak, Suzuki Baleno tidak tersedia di Pengatur Moda Berkendara.

  • Apakah Suzuki Baleno memiliki Headlight height adjustment?

    • DTrainTravel...

      DTrainTravel...

      Tidak, Suzuki Baleno tidak memiliki Headlight height adjustment.

  • Apakah Suzuki Baleno tersedia di Fitur pengatur kursi penumpang depan?

    • CathyMay12

      CathyMay12

      Tidak, Suzuki Baleno tidak tersedia di Fitur pengatur kursi penumpang depan.

Model Populer

VS