Rp 145,60 - 154,10TBC Juta

Harga di Indonesia

Suzuki Carry Spesifikasi
SegmenPickup
Tipe bodiPickup
Jenis penggerakFWD
Kapasitas mesin1.5L
Tenaga97PS
Tempat Duduk3

Suzuki Carry Daftar Harga Varian Mobil

Wajib Baca

Kelebihan

  • Eksterior Modern

  • Interior Luas

  • Daya Angkut Besar, Hingga 1 Ton

  • Bak Angkut Luas

Kekurangan

  • Belum Memiliki Headrest

  • Fitur Hiburan Kurang Mumpuni

  • Jok Kurang Nyaman

Suzuki Carry Gambar

Eksterior

Interior

Suzuki Carry Ulasan

  • Overview
  • Eksterior
  • Interior
  • Fitur
  • Mesin dan Performa
  • Kesimpulan
  • Overview

    Hingga saat ini, Suzuki Carry dikenal sebagai pilihan pikap yang menghadirkan tenaga yang tangguh dan kuat di tanjakan serta menawarkan rangka yang kuat untuk mengangkat barang. Bahkan Carry dipasarkan dengan berbagai varian. Harga Suzui Carry 2020 dimulai dari Rp143 jutaan untuk varian entry level Suzuki Carry Flat Deck dan Rp158 jutaan bagi varian tertinggi Suzuki Carry Luxury Wide Deck AC/PS.

    Legenda Suzuki Carry sebagai pikap kompak di Indonesia sudah meluncur sejak generasi keenam dirakit di Indonesia pada tahun 1977. Hingga saat ini, pikap Segmen A ini memasuki generasi ke-11 dan dirakit di pabrik Suzuki Indomobil Motor di Bekasi, Jawa Barat. Suzuki masih yakin dengan ketangguhan mesin Carry dan hanya membawa satu model mesin saja, yaitu mesin K15B 1.5L 4-silinder serta transmisi manual 5-percepatan.

    Suzuki Carry awalnya berupa minivan, tetapi sekarang juga telah hadir dalam bentuk mobil pick up. Suzuki Carry Pick Up merupakan kendaraan komersial yang banyak mendukung bisnis angkutan barang dan jasa di Indonesia.

    Seiring berjalannya waktu, desain Suzuki Carry juga mengalami berbagai peningkatan. Suzuki Carry Pick Up sejak dulu telah dikenal berkat keandalannya sebagai kendaraan angkutan barang. Mobil ini juga sangat tangguh, sehingga memiliki cukup banyak peminat. 

    Kali ini, kita akan mengulas tentang mobil Suzuki Carry. Daripada penasaran, langsung saja kita simak review Suzuki Carry berikut ini. 

    Mobil Suzuki Carry

    Varian Harga
    Suzuki Carry Pick Up CH Rp109.600.000
    Suzuki Carry Pick Up CH PS Rp118.100.000
    Suzuki Carry Pick Up Flat Deck Rp143.600.000
    Suzuki Carry Luxury Pick Up Flat Deck AC/PS Rp152.100.000
    Suzuki Carry Pick Up Wide Deck  Rp144.600.000
    Suzuki Carry Luxury Pick Up Wide Deck AC/PS  Rp153.100.000

    Spesifikasi Suzuki Carry

    Dimensi Suzuki Carry
    Panjang 4.195 mm
    Lebar  1.675 mm
    Wheelbase 2.205 mm
    Mesin Suzuki Carry
    Tipe Mesin K15B DOHC 16 Valve
    Kapasitas 1.462 cc
    Power Output  97 PS @ 5.600 rpm
    Transmisi  Manual 5 Percepatan
    Kaki-kaki Suzuki Carry
    Ukuran Ban 165/80 R13
    Rem Depan/Belakang Disc Brake / Drum

    Semua tipe Suzuki Carry masih memiliki konsumen yang cukup banyak hingga saat ini. Data penjualan wholesales Gabungan Industri Kendaran Bermotor Indonesia (Gaikindo) mencatat sepanjang tahun 2018 saja, Suzuki Carry telah terjual hingga 39.723 unit atau berkisar 5.000 unit setiap bulannya. Adapun varian Carry PU Flat deck menjadi varian yang diminati dengan penjualan 33.878 unit.

    Suzuki Carry merupakan salah satu mobil pick up paling ikonik di Indonesia. Mobil ini telah populer sejak era 1970-an, dan masih terus eksis di pasar otomotif nasional. Seperti yang disebutkan sebelumnya, Suzuki Carry terdiri dari tipe mobil penumpang dan tipe mobil komersial atau niaga. Tampilannya yang menampilkan kesan sederhana juga tidak banyak berubah sejak tahun 1990-an silam. 

  • Eksterior

    Tampak Depan Bawah Suzuki Carry

    Perubahan secara keseluruhan diberikan oleh Suzuki untuk mobil pick up ikoniknya ini. Perubahan tersebut bisa dilihat pada desain depan yang terlihat lebih modern dan tangguh, yang terlihat dari warna grill dan bumper yang senada. Grill dan bumper berwarna hitam ini menggunakan material plastik yang mudah dibersihkan. Material dan warna ini umumnya digunakan pada fender mobil SUV atau off-road.

    Lampu utama berukuran besar dipasang sejajar dengan grill sehingga membuat mobil terlihat lebih lebar. Pada pilar A bagian kanan mobil di sisi pengemudi ada sebuah antena kuno yang harus ditarik keluar untuk mendapatkan sinyal radio. Meski terkesan kuno, tetapi hal ini merupakan salah satu hal yang menjadi ciri khas sebuah mobil niaga. Kaca depannya juga cukup lebar dan tinggi sehingga memiliki tingkat visibilitas yang cukup baik. 

    Lalu di bagian sampingnya bisa kita lihat bahwa Suzuki Carry Pick Up generasi terbaru ini menggunakan platform baru. Dimensinya sendiri memang diketahui berubah total. Jika pada generasi sebelumnya Suzuki Carry memiliki panjang 3.720 mm, lebar 1.560 mm, dan tinggi 1.825 mm, maka pada generasi terbarunya ini, Suzuki Carry Pick Up 2019 memiliki panjang 4.195 mm, lebar 1.675 mm dan tinggi 1.870 mm.

    Wheelbase atau jarak poros rodanya juga meningkat, dari 1.970 mm menjadi 2.205 mm. Peningkatan ini memberi memberi dampak positif pada ruang kabin serta kapasitas bak muatan. Karena mobil ini adalah mobil niaga, maka Suzuki menyematkan velg kaleng dengan ukuran 165/80 R13. Sebagai identitas mobil, stiker Suzuki Carry juga disematkan pada pintu depan.

    Beralih ke bagian belakang, Suzuki Carry Pick, memiliki desain yang sangat sederhana. Hal ini paling terlihat dari tulisan Suzuki yang begitu besar dengan motif timbul pada pintu akses untuk meletakkan barang ke bak muatan. Di bagian bawahnya terdapat lampu mundur, rem dan sein yang menjadi satu.

    Berkat platform baru yang digunakan, Suzuki Carry generasi baru ini memiliki bak muatan yang lebih luas. Dalam data spesifikasi yang dirilis Suzuki, dimensi bak muatan ini mempunyai panjang 2.505 mm, lebar 1.665 mm dan tinggi 350 mm. Bak muatan ini mampu mengangkut barang hingga 1 ton.

  • Interior

    Dashboard Carry

    Pada generasi barunya, interior Suzuki Carry Pick Up ini memang mengalami banyak perubahan. Desain dashboard-nya cukup unik karena ada tiga kotak yang sejajar dari bagian setir hingga ke penumpang samping. Kotak pertama adalah tampilan speedometer dengan tambahan layar kecil digital di bagian bawah. Kotak kedua diisi dengan head unit single DIN yang bisa digunakan oleh pengendara untuk mendengarkan musik melalui radio atau lagu agar berkendara menjadi lebih menyenangkan. Sedangkan kotak terakhir terletak bagian kiri atau di depan penumpang samping.

    Untuk Suzuki Carry generasi sebelumnya, hanya mampu menampung 2 penumpang saja dengan ketersediaan sabuk pengaman untuk 2 orang. Tetapi sekarang Suzuki telah menambah 1 sabuk pengaman tambahan di tengah sehingga mobil Suzuki Carry Pick Up ini mampu menampung 3 orang termasuk pengemudi. 

    Material joknya sendiri menggunakan bahan fabric dan sayangnya, joknya ini belum memiliki head rest. Jok ini bisa dibilang kurang nyaman, karena ada celah antara sandaran punggung dengan kepala yang langsung menyentuh bodi mobil yang berbahan besi.

  • Fitur

    Soal fiturnya, kita memang tidak bisa berharap banyak dari sebuah mobil pick up. Mobil Suzuki Carry ini memang memiliki radio dan pemutar musik, tetapi fitur hiburannya hanya itu saja.

    Sedangkan untuk fitur keselamatan atau keamanannya, Suzuki Carry menjadi mobil pick up pertama yang menggunakan fitur immobilizer. Fitur ini dinilai bisa membuat mobil menjadi lebih aman dari pencurian. Ruang penyimpanan barangnya juga bertambah pada generasi terbaruSuzuki Carry Pick Up ini. Varian dengan AC memiliki enam ruang penyimpanan, sedangkan untuk varian non AC ada sepuluh ruang penyimpanan. 

  • Mesin dan Performa

    Mesin

    Suzuki Carry Pick menggunakan mesin berkode K15B-C, mesin yang sama dengan Suzuki Ertiga yang berkode K15B. Mesin ini merupakan mesin 4 silinder DOHC 16 katup berkapasitas 1.462 cc.

    Kendati berbasis mesin yang sama, kedua mesin ini memiliki perbedaan dalam hal performa karena fungsi mobilnya memang berbeda. Sebagai kendaraan pengangkut penumpang, Suzuki Ertiga punya performa lebih tinggi, sementara Suzuki Carry yang merupakan pengangkut barang lebih mengutamakan durabilitas. 

    Suzuki Carry Pick Up dan Suzuki Ertiga memang menghasilkan tenaga yang berbeda. Suzuki Ertiga memiliki keluaran tenaga sebesar 104,7 PS pada putaran 6.000 rpm dengan torsi 138 Nm pada putaran 4.400 rpm. Sementara Suzuki Carry Pick Up hanya menghasilkan tenaga sebesar dangkan keluaran tenaga New Carry Pick Up hanya 97 PS pada putaran 5.600 rpm dan torsinya 135 Nm pada putaran 4.400 rpm.

    Tenaga Suzuki Carry memang 10 ps lebih kecil tetapi didapatkan pada putaran mesin yang lebih rendah. Hasilnya, pengemudi tak perlu menekan pedal gas terlalu dalam untuk meraih tenaga maksimalnya. Karakter seperti ini dinilai sesuai dengan yang dibutuhkan kendaraan angkut barang.

    Performa Berkendara

    Demi menekan harga jual agar tidak terlalu tinggi, mobil niaga seperti Suzuki Carry Pick Up ini memang tidak bisa memiliki banyak fitur yang canggih. Untuk mendukung pengalaman berkendaranya sendiri, mobil ini menyematkan fitur power steering yang membuat setir lebih nyaman ketika mobil hendak berbelok. 

    Radius putar dari mobil ini mencapai 4,4 meter, sehingga jangkauan momen berbelok lebih luas. Posisi tuas persneling yang terletak di dasbor juga dinilai bisa mempermudah pengemudi ketika melakukan perpindahan gigi. Pengemudi juga bisa dengan mudah mengatur posisi duduk mereka senyaman mungkin dengan hadirnya sliding seat.

    Untuk mobil niaga seperti Suzuki Carry Pick Up ini, memang agak sulit untuk mengukur efisiensi bahan bakarnya. Cara pemakaian mobil jenis ini memang berbeda-beda, sehingga konsumsi BBM-nya juga sangat variatif. Kendati demikian, pihak Suzuki bisa menyampaikan bahwa Suzuki Carry Pick Up generasi terbaru lebih hemat bahan bakar sebanyak 15 persen dibandingkan dengan versi sebelumnya. 

  • Kesimpulan

    Suzuki Carry Pick Up memang merupakan salah satu mobil pick up paling ikonik di Indonesia. Harganya yang relatif murah juga membuat mobil ini banyak diminati. Generasi terbarunya juga menghadirkan ruang yang lebih luas, serta efisiensi bahan bakar yang lebih banyak dibandingkan dengan generasi sebelumnya. 

    Tentu dengan harganya yang murah, kita tidak akan bisa mengharapkan banyak fitur canggih pada mobil ini. Tetapi untuk ukuran mobil pick up, mobil ini memang memiliki semua yang dibutuhkan.

Suzuki Carry FAQ

  • Apakah Suzuki Carry memiliki Tire Pressure Monitoring System (TPMS)?

    • BasangGede

      BasangGede

      Tidak, Suzuki Carry tidak memiliki Tire Pressure Monitoring System (TPMS).

  • Apakah Suzuki Carry memiliki Ukuran Layar Head unit(inch)?

    • Caroline...

      Caroline...

      Tidak, Suzuki Carry tidak memiliki Ukuran Layar Head unit(inch).

  • Apakah Suzuki Carry tersedia di Security alert?

    • Brendan248

      Brendan248

      Tidak, Suzuki Carry tidak tersedia di Security alert.

Model Populer

VS