Inginkan SUV Keluarga 7 Penumpang? Simak dulu kelebihan dan kekurangan Nissan Terra 2021

Nama Nissan Terra memang sudah tidak asing di kalangan pecinta SUV Tanah Air. Mobil SUV yang satu ini pertama kali diluncurkan secara resmi dalam ajang Gaikindo Indonesia Intenational Auto Show yang digelar pada tahun 2008 lalu.

Nissan Terra sendiri memiliki ketangguhan yang diwarisinya dari dua model mobil Nissan lainnya, yakni Nissan Terrano dan Nissan Patrol. Mobil ini dirakit menggunakan chassis ladder frame yang memiliki dimensi terbesar di kelasnya. Kendati Nissan Terra menonjolkan sisi tangguh dari sebuah SUV, kenyamanan yang ditawarkan SUV yang satu ini tidak perlu diragukan lagi.

Bagi yang belum tahu, nama Nissan Terra berasal dari bahasa latin yang berarti "Bumi". Nissan Terra sendiri dihadirkan oleh Nissan demi memenuhi permintaan pasar otomotif di daerah Asia Tenggara terhadap mobil SUV yang semakin lama semakin meningkat berkat tren mobil SUV.

Nissan Terra bukan hanya andal untuk digunakan pada berbagai medan jalanan berkat ground clearance-nya yang tinggi, tetapi mobil ini juga dinilai cocok sebagai mobil keluarga karena kabinnya yang luas dan interiornya yang nyaman.

Nissan Terra bersaing dengan banyak mobil lain dalam segmen SUV, dan salah satu mobil yang menjadi pesaing terberat dari Nissan Terra adalah Mitsubishi Pajero Sport. Lalu keunggulan apa saja yang dimiliki Nissan Terra dibanding para pesaingnya? Dan kekurangan apa saja yang dimilikinya?

Tentang Nissan Terra

Sebelum masuk ke dalam pembahasan mengenai kelebihan dan kekurangan dari Nissan Terra 2021, mari kita simak sedikit penjelasan singkat tentang sejarah Nissan Terra. Nissan Terra merupakan salah satu model SUV yang diproduksi oleh Nissan dan memiliki basis truk pick-up Nissan Navara D23.

Mobil SUV yang satu ini pertama kali diperkenalkan di Tiongkok pada bulan April tahun 2018 dalam ajang pameran otomotif Auto China yang digelar di Beijing. Di Tiongkok sendiri, Nissan Terra ini dipasarkan oleh Dongfeng Nissan yang merupakan perusahaan joint-venture Dongfeng dan Nissan di negara tersebut.

Nissan Terra harus dengan ketat bersaing dengan banyak mobil SUV lain mengingat pasar SUV semakin lama semakin banyak memiliki peminat. Mobil SUV yang satu ini harus bersaing dengan beberapa nama besar, sebut saja Toyota Fortuner, Mitsubishi Pajero Sport, Ford Everest, Chevrolet Trailblazer dan Isuzu MU-X.

Nissan Terra menggantikan posisi Nissan Paladin di Tiongkok. Bukan itu saja, Nissan Terra juga menggantikan posisi Nissan Pathfinder generasi ketiga yang dipasarkan di antara tahun 2005 hingga tahun 2012.

Sebagai jantung mekanisnya, Nissan Terra sendiri menggendong mesin bensin berkode QR25DE I4 dengan kapasitas 2,5 liter. Mesinnya ini diketahui bisa menghasilkan tenaga sebesar 182 PS pada putaran mesin 6.000 rpm serta torsi 251 Nm pada putaran mesin 4.000 rpm.

Tidak hanya menawarkan mesin bensin, Nissan Terra juga menawarkan pilihan mesin diesel. Mesin diesel yang digendong Nissan Terra ini memiliki kode mesin YD25DDTi I4 dan memiliki kapasitas mesin 2,5 liter. Mesin diesel Nissan Terra diketahui bisa menghasilkan tenaga sebesar 190 PS pada putaran mesin 3.600 rpm dan torsi 450 Nm pada putaran mesin 2.000 rpm.

Baik mesin bensin maupun mesin diesel, kedua mesin Nissan Terra ini dikawinkan dengan dua jenis sistem transmisi. Untuk transmisi manualnya, Nissan Terra menggunakan sistem transmisi manual 6 percepatan. Sementara itu, untuk transmisi otomatisnya, Nissan Terra mengandalkan sistem transmisi otomatis 7 percepatan.

Masih pada tahun 2018, tepatnya pada tanggal 28 Mei, Nissan Terra diluncurkan secara resmi di Filipina. Di Filipina sendiri Nissan Terra hanya menghadirkan pilihan mesin diesel 2,5 liter. Jika dibandingkan dengan Nissan Terra yang diluncurkan di Tiongkok, Nissan Terra yang dipasarkan di Filipina ini memiliki dimensi yang lebih lebar 15 mm dan lebih panjang 3 mm.

Lalu untuk pasar otomotif di Indonesia, Nissan Terra secara resmi diluncurkan pada ajang pameran otomotif Gaikindo Indonesia Internasional Auto Show (GIIAS) pada tanggal 2 Agustus 2018. Nissan Terra dihadirkan di Indonesia sebagai pengganti Nissan Terrano generasi pertama yang berhenti diproduksi pada tahun 2006 silam.

Spesifikasi mobil Nissan Terra yang dipasarkan di Indonesia ini sendiri sama persis dengan yang dipasarkan di Filipina. Nissan Terra mulai dipasarkan pada tanggal 22 Oktober 2018. Ketika itu, Nissan Terra dibanderol dengan harga mulai dari Rp464 jutaan.

Kelebihan Nissan Terra 2021

1. Desain Sporty dan Tangguh

Harus diakui, bahwa desain eksterior yang diusung Nissan Terra 2021 ini memancarkan kesan sporty dan gagah, karena Nissan Terra 2021 diketahui mengadopsi gaya yang diusung Nissan Navara. Tampilannya begitu ikonik dan terdapat beberapa garis bodi yang cukup tegas dengan tambahan aksen chrome pada bagian door handle. Bodinya yang besar juga mengingatkan kita pada Nissan Patrol.

Wajah Nissan Terra 2021 tampak mewah berkat V-Motion grille khas Nissan yang terpampang. Head lampnya juga mengandalkan lampu LED yang dilengkapi Daytime Running Lights yang menekankan kesan agresif.

2. Performa Mesin Mumpuni

Sebagai salah satu mobil SUV kenamaan, Nissan Terra 2021 ini ternyata memiliki kelebihan dalam hal performa mesinnya. Seperti yang kita tahu, Nissan Terra 2021 ini dibekali dengan mesin 4 silinder segaris dengan kapasitas mesin 2.488 cc atau setara dengan sekitar 2,5 liter.

Di atas kertas, mesin yang dimiliki Nissan Terra 2021 ini bisa menghasilkan tenaga sebesar 190 PS pada putaran mesin 3.600 rpm. Sementara itu, untuk torsinya sendiri, Nissan Terra 2021 ini bisa menghasilkan torsi yang mencapai 450 Nm pada putaran mesin 2.000 rpm. Tenaga dan torsi yang dihasilkannya ini tentu cukup mumpuni untuk mobil sekelas Nissan Terra 2021.

3. Handling Yang Baik

Tidak hanya memiliki tenaga yang besar, Nissan Terra 2021 juga dibekali dengan berbagai fitur yang dapat mendukung handling, seperti Vehicle Stability Control, Cruise Control, Suspensi belakang independen, sistem pengereman Anti lock Braking System, Electronic Brake Distribution, Brake Assist, dan masih banyak lagi. Berbagai fitur tersebut memungkinkan Nissan Terra 2021 untuk memberikan pengalaman berkendara dengan handling yang lebih mantap.

4. Fitur Canggih

Salah satu kelebihan lain dari Nissan Terra 2021 adalah berbagai fitur canggih yang disematkan pada mobil ini. Bahkan, ada beberapa fitur yang tidak bisa kita temukan pada mobil lain pesaingnya.

Beberapa fitur yang dimiliki Nissan Terra 2021 sebut saja Intelligent Around View Monitor, Intelligent Rear View Mirror, One Touch Tumble pada kursi baris kedua, Multi Information Display TFT, On Board Entertainment SYstem, Sun Visor, dan masih banyak lagi.

Kekurangan Nissan Terra 2021

1. Material Interior Terasa Kurang Berkualitas

Meskipun bagian eksteriornya memiliki desain yang menawan dan dilengkapi berbagai fitur canggih, ternyata ada kekurangan yang ditemukan pada bagian interior dari Nissan Terra 2021 ini. Material yang digunakan pada bagian interior ini kurang berkualitas untuk mobil SUV sekelas Nissan Terra 2021 seperti material plastik yang digunakannya. Hal ini tentu mengurangi kesan mewah yang diusung oleh mobil yang satu ini.

2. Kabin Belakang Sempit

Meskipun memiliki kabin dengan kapasitas penumpang yang cukup banyak, sayangnya kabin barisan paling belakang yang dimiliki Nissan Terra 2021 ini memiliki ruang yang cukup sempit. Hal ini tentu akan mengurangi kenyamanan bagi para penumpang di baris ketiga, terlebih ketika harus berkendara dalam jangka waktu yang lama.

3. Belum Ada Pengaturan Setir Telescopic

Meskipun setir Nissan Terra 2021 sudah dilengkapi dengan fitur Tilt yang membuat setir bisa diatur posisinya ke atas dan ke bawah, tetapi sayangnya belum ada fitur telescopic pada mobil ini. Padahal, jika fitur ini dimiliki oleh Nissan Terra 2021, tentu pengemudi akan dapat dengan mudah mengatur posisi setir sesuai dengan postur tubuhnya.

Kesimpulan

Secara keseluruhan, Nissan Terra 2021 ini memang memiliki keunggulan dan kelemahannya sendiri. Mobil ini memiliki desain yang sporty dan tangguh khas mobil SUV. Selain itu, performa mesinnya juga mumpuni. Handling yang diberikannya cukup baik dan berkendara pun lebih nyaman berkat suspensinya yang andal. Tidak hanya itu, para penumpang juga dimanjakan dengan ada banyak fitur canggih.

Tetapi sayangnya, masih ada beberapa kekurangan dan kelemahan yang ditemukan pada mobil ini. Material yang digunakan pada bagian interiornya bisa dibilang kurang berkualitas, sehingga menurunkan kesan mewah pada mobil ini. Kabin di baris belakangnya terasa sempit, sehingga kurang memberikan kenyamanan bagi penumpang yang harus menempuh perjalanan jauh. Bukan itu saja, meskipun setirnya sudah dilengkapi dengan fitur pengaturan tilt, tetapi belum ada fitur telescopic sehingga kurang fleksibel.

Oops... Something broke.
    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Baik mobil maupun kebudayaan, perkembangan keduanya bergantung pada hal yang sama: pemikiran manusia....

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Nissan Terra

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

2019 Mazda CX-5 ELITE 2.5

Rp 442,00 Juta
Rp 9,01 Juta/bln

45.271 km

4 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2021 Toyota FORTUNER VRZ 4X2 2.4

Rp 521,00 Juta
Rp 10,62 Juta/bln

28.559 km

2,5 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli

2019 Mazda CX-5 ELITE 2.5

Rp 436,00 Juta
Rp 8,88 Juta/bln

28.043 km

4 tahun

Java East

Cek Tawaran Juli

2020 BMW X1 SDRIVE18I XLINE 1.5

Rp 653,00 Juta
Rp 13,30 Juta/bln

35.681 km

3 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2018 Mazda CX-9 2.5

Rp 550,00 Juta
Rp 11,21 Juta/bln

53.282 km

5 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli
Lihat Lebih

Video Tiktok

Related Videos

Nissan Terra balik lagi, makin mewah dan makin gagah

Nissan Terra Balik Lagi, Pajero Sport dan Fortuner Mesti Hati-hati! | First Look

Berita Terbaru

Terungkap, MG Cyberster 2023 Bisa Sprint Lebih Cepat dari Ferrari dan Lamborghini

Mobil listrik pertama MG berjeniskan roadster soft top, MG Cyberster 2023 diperkenalkan pertama kali pada April lalu. Pabrikan China berdarah Inggris, MG, hadirkan Cyberster 2023 bukan cuma membawa desain yang agresif sekaligus atraktif, namun juga dengan performa tinggi. Baru-baru ini diungkapkan bahwa mobil listrik ini bahkan lebih cepat dan lebih bertenaga daripada banyak supercar terkemuka dunia. Wang Jian, director of electric propulsion development SAIC Motor, mengatakan Cyberster merupaka

6 Catatan Penting Wuling Air ev Selama di Indonesia

Tepat 11 Agustus 2022, mobil listrik Wuling Air ev memasuki satu tahun kehadirannya di pasar otomotif Indonesia. Nah, bersamaan dengan kehadiran Wuling Motors di Indonesia sejak Juli 2017, merek mobil asal China ini menggelar acara Green Drive Festival dengan mengundang konsumen Air ev serta komunitas Wuling Electric Vehicle Indonesia (WEVI). Dalam acara tersebut, Wuling Motors menghadirkan berbagai aktivitas seru serta penampilan dari stand up comedian, Mongol, dan hingga mendatangkan penyanyi

Review Pemilik: Honda City Hatchback RS 2021, Cocok Buat Dimodif

**Artikel ini adalah pengalaman pribadi dari pemilik Honda City Hatchback RS 2021 Honda City Hatchback RS dihadirkan sebagai penerus Jazz GK5 di Tanah Air. Mewarisi berbagai keunggulan yang menjadi ikonik hatchback Honda, City Hatchback RS terlihat stylish, sporty, canggih, serta memiliki performa besar, yang mempunyai karakter 11-12 dengan Jazz. Pada review pemilik kali ini, kami akan mengulas City Hatchback RS manual lansiran April 2021. Menurut cerita dari pemilik, ia membeli mobil ini dalam

Top 5 Artikel Pekan Ini, Harga Bekas Innova Reborn Diesel yang Stabil Sampai Carry Bagong Pakai Turbo

Kepopuleran Toyota Innova Reborn diesel rupanya belum luntur oleh waktu. Bahkan kemunculan Innova Zenix dengan teknologi hybrid tidak menghapus kecintaan masyarakat Indonesia akan MPV bermesin diesel tersebut. Tak heran harga jual Toyota Innova Reborn diesel saat ini masih sangat bertahan dan masih banyak peminatnya. Hal itu pula yang menjadikan artikel Autofun khususnya mengenai Toyota Innova Reborn Diesel masih tinggi pembacanya. Berikut 5 artikel paling populer di Autofun periode 10 - 15 Apri

Asyik, Jalan Tol Puncak - Cianjur Segera Dibangun

Pemerintah terus menggeber akses jalan tol di Indonesia, termasuk mempersiapkan pembangunan jalan tol Puncak - Cianjur dengan rute Bogor-Sukabumi-Cianjur-Bandung (Bosuciba). Langkah ini direncanakan langsung oleh Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kota atau Kabupaten, untuk mengurai kemacetan belasan tahun dan meningkatkan ekonomi di wilayah yang menjadi favorit pariwisata. Baca juga: Begini Caranya Biar Lewati Gerbang Tol Tanpa Berhenti Menurut Gubernur Jawa Barat, jalan tol P

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaru
Hot
Toyota

Toyota Raize

Rp 229,80 - 299,20 Juta

Lihat Mobil
Hot
Daihatsu

Daihatsu Rocky

Rp 214,20 - 265,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Brio

Rp 156,90 - 227,10 Juta

Lihat Mobil
Tidak Dijual
Honda

Honda Jazz

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Hot
Hyundai

Hyundai Palisade

Rp 842,00 - 1,11 Milyar

Lihat Mobil
Hot
Wuling

Wuling Almaz

Rp 279,50 - 470,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda City Hatchback

Rp 333,60 - 362,60 Juta

Lihat Mobil
Hot
Kia

Kia Sonet

Rp 193,00 - 296,00 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX

Rp 849,50 - 949,50 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX Wagon

Rp 975,50 - 1,03 Milyar

Lihat Mobil
Wuling

Wuling Alvez

Rp 209,00 - 295,00 Juta

Lihat Mobil
Daihatsu

Daihatsu Ayla

Rp 103,30 - 161,05 Juta

Lihat Mobil
Varian Baru
Toyota

Toyota Agya

Rp 175,40 - 253,50 Milyar

Lihat Mobil
Land Rover

Land Rover Range Rover Sport

Rp 4,52 Milyar

Lihat Mobil

Perbandingan Mobil Terkait

Nissan Terra
Lihat