Rp 462,90 - 481,00TBC Juta

Harga di Indonesia

Spesifikasi Nissan Serena
SegmenSegmen C
Tipe bodiMPV
Jenis penggerakCVT / FWD
Kapasitas mesin2.0L
Tenaga150PS
Tempat Duduk7

Pembaruan Terbaru

Bocoran: Nissan Serena Generasi Ke-6 Akan Debut Oktober 2021, Desainnya Mirip Elgrand

Nissan Serena generasi ke-6 sebagai versi teranyar akan segera hadir pada paruh kedua 2021. Generasi terakhir merupakan Nissan Serena generasi ke-5 yang diluncurkan tahun 2016 dan telah mendapatkan facelift pada 2019. Kehadiran Nissan Serena 2021 ingin memperkuat pasarnya di segmen High MPV melawan ...
Baca Berita
Nissan Serena generasi ke-6 sebagai versi teranyar akan segera hadir pada paruh kedua 2021. Generasi terakhir merupakan Nissan Serena generasi ke-5 yang diluncurkan tahun 2016 dan telah mendapatkan facelift pada 2019. Kehadiran Nissan Serena 2021 ingin memperkuat pasarnya di segmen High MPV melawan ...
Baca Lebih
Lihat Lebih

Daftar Harga Varian Nissan Serena

Wajib Baca

Kelebihan

  • Tampilan desainnya terkesan mewah dan juga sporty

  • Nissan Serena memiliki Kabin yang lebih luas

  • Fitur interior yang tersedia semakin lengkap dan canggih

  • Suspensi empuk dan nyaman

  • Performa mesin cukup tangguh

  • Fitur keamanan dan keselamatan komplit

Kekurangan

  • Ground clearence kurang tinggi

  • Tidak ada transmisi manual

  • Biaya perawatan dan sparepart mahal

  • Belum Menggunakan HID/Proyektor pada Lampu Utama

  • Agak boros BBM

Gambar Nissan Serena

Eksterior

Interior

Ulasan Nissan Serena

  • Overview
  • Interior
  • Eksterior
  • Fitur
  • Mesin dan Performa
  • Kesimpulan
  • Overview

    PT NMI (Nissan Motor Indonesia) mulai memperkenalkan produk barunya, yaitu Nissan Serena pada 19 Januari 2020 lalu di Djakarta Theatre, Jakpus. Namun kita mengakui bahwa Nissan Serena yang diluncurkan di Indonesia secara fitur memang masih tidak selengkap dengan yang diluncurkan di Jepang. 

    All New Nissan Serena merupakan satu-satunya MPV di pasar Indonesia yang memiliki two-tone body color. Bahkan, Serena juga yang memulai era MPV bongsor di tahun 1996. Berpadu dengan desain yang elegan, warna tersebut mencerminkan selera tinggi yang membuat siapa pun yang mengendarainya tampil beda.

    All New Nissan Serena sesuai untuk keluarga yang tinggal di kota besar. Nissan Serena dengan desainnnya yang boxy alias kotak disukai sebagai sebuah mobil keluarga yang menyuguhkan kenyamanan dan kesenangan berkendara.

    Bicara soal mesinnya, Nissan Serena menggunakan mesin empat silinder MR20 CVTC berkapasitas 1.997 cc. Mesin Nissan Serena diklaim mampu menghasilkan tenaga 150 PS dengan torsi 200 Nm. Tenaga tersebut kemudian disalurkan ke roda depan melalui transmisi Xtronic CVT. Sistem transmisi Xtronic CVT pada Nissan Serena juga dilengkapi dengan teknologi Adaptive Shift Control (ASC) yang bisa membaca gaya mengemudi dan secara otomatis menyesuaikannya dengan performa yang dibutuhkan oleh mobil. 

    Untuk fitur keselamatannya sendiri, Nissan Serena sudah dilengkapi dengan fitur keselamatan dasar, seperti Anti-lock Braking System (ABS), Electronic-force Brake Distribution (EBD) dan Brake Assist (BA), Vehicle Dynamic Control, Traction Control System, dan Hill Start Assist. Tetapi pada Nissan Serena belum disematkan teknologi pengenal marka jalan dan teknologi tinggi lainnya seperti yang kita temukan pada Toyota Vellfire

    Handling Nissan Serena terasa sangat ringan karena berat setirnya mengikuti kecepatan mobil. Proses parkir pun menjadi sangat mudah dan nyaman. Dan bicara soal kenyamanan, Nissan Serena juga dilengkapi dengan berbagai fitur hiburan yang akan membuat berkendara tetap nyaman dan menyenangkan. 

    Panel MID yang berada di tengah dashboard terlihat futuristik. Pada bagian ini terdapat informasi mengenai on board computer, techometer, pengaturan fitur di Nissan Serena, ECO Indicator, serta informasi lain yang dibutuhkan oleh pengendara. 

    Selain itu, Nissan Serena juga memiliki sistem hiburan Multimedia Display dengan Smartphone Connectivity yang dikawinkan dengan layar Roof Monitor 11 inci. Multimedia Display ini juga sudah terintegrasi dengan Apple CarPlay dan Mirror Link, yang memudahkan kita mengakses navigasi, file audio, dan telepon. Pada semua baris kursi juga tersedia 7 titik USB port, dengan dua USB port yang bisa dihubungkan dengan dilengkapi 7 titik USB Port di semua baris jok, dengan dua USB Port bisa dikoneksikan ke sistem hiburan.   

    Mengenai harga Nissan Serena sendiri di pasaran, Nissan Serena di banderol dengan harga Rp. 457.000.000 untuk model Nissan Serena X-Grade dan Rp. 475.000.000untuk model Nissan Serena Highway Star.

    Spesifikasi Nissan Serena

     Dimensi Nissan Serena
     Panjang 4.690 mm (X-Grade)

    4.770 mm (Highway Star)

     Lebar 1.695 mm (X-Grade)

    1.740 mm (Highway Star)

     Tinggi  1.865 mm
     Jarak Sumbu Roda  2.860 mm
     Ground Clerance  160 mm

    Mesin Nissan Serena
     Tipe Mesin  4 Silinder MR20
     Kapasitas Mesin  1.997 cc
     Tenaga  150 PS / 6.000 rpm
     Torsi  199 kg.m / 4.400 rpm
     Bahan Bakar  Bensin
     Transmisi  CVT with Eco
     Sistem Kemudi  Power Steering + Tilt & Telescopic
     Sistem Penggerak  Penggerak Roda Depan

     Kaki-Kaki Nissan Serena
     Ban Depan  195/60 R16
     Velg  Ring 16 inch
     Suspensi Depan  Independent Strut, Single action, Coil spring with stabilizer
     Suspensi Belakang  Torsion Beam, Single action, Coil spring with stabilizer
     Rem Depan  Ventilated disc
     Rem Belakang  Disc
     Sistem Pengereman  ABS, EBD & Brake Assist



     

  • Interior

    Interior Nissan Serena

    Untuk interior Nissan Serena ini dilengkapi dengan beberapa fitur menarik, fungsional, dan mudah dioperasikan. Pada bagian dashboardnya juga mengusung beberapa fitur canggih lainnya seperti head unit berteknologi Nissan Intelligent Mobility yang dilengkapi Intelligent Around View Monitor (I-AVM). Fitur ini berguna untuk memudahkan pengendara dalam memarkir mobil dan melihat keadaan sekeliling mobil secara menyeluruh. 


    Kemudian juga tersedia 3 baris kursi yang dibalut kulit premium yang akan memberikan kesan yang lembut dan nyaman ketika diduduki dan sudah dilengkapi Power Outlet yang ada 7 buah dan ini hanya tersedia dalam varian Highway Star apabila ingin mendapatkan fitur yang lebih lengkap. Untuk kursi baris kedua Nissan Serena dapat dimundurkan sampai ke belakang sehingga ruang kaki menjadi semakin lapang. 


    Selain itu, Nissan Serena juga ada Moving Object Detection (MOD) untuk memberi tahu saat ada sesuatu yang bergerak di belakang mobil dan juga menawarkan sistem berteknologi 2nd Row Seat Slide + Long Side yang sangat fleksibel dan bisa menjadikan bagian belakangnya menjadi bagasi pada tempat duduk penumpang di baris ke dua dan ke tiga.

  • Eksterior

    Eksterior Nissan Serena

    Mobil Nissan Serena sebagai model MPV premium ini menawarkan desain modern dan mengusung konsep The Ingenious MPV yang didesain dengan gaya Two-One Color. Ini membuat tampilan  Nissan Serena memberikan kesan mewah dan elegan dan pada bagian grille depan yang didesain dengan mengusung konsep V-Shaped yang iconic serta perpaduan warna dual tone yjuga membuatnya terlihat mewah. 

    Pada bagian lampu utama menggunakan Halogen (tipe X) atau LED (tipe Highway Star) dengan pilihan leveling headlamp manual atau auto. Nissan Serena juga menawarkan bagasi ganda (Dual Back Door) untuk memudahkandalam memasukkan barang saat sedang parkir di tempat yang cukup sempit. Tak lupa juga tersedia fitur Touchless Sliding Door pada pintu baris kedua agar dapat terbuka secara otomatis dengan satu ayunan kaki. 

    Pada bagian belakang Nissan Serena, mengusung desain Fascia yang seimbang dengan kelengkapan wiper pada bagian kaca belakang dalam menjaga kaca tetap bersih dan untuk lampu belakangnya juga sudah mengusung teknologi LED untuk memaksimalkan pencahayaa di malam hari.

  • Fitur


    Fitur Nissan Serena

    Nissan Serena sendiri memiliki sejumlah fitur menarik dan canggih lainnya untuk mendukung performa berkendera yang lebih baik. Menurut pernyataan dari pihak PT NMI, mobil premium pesaing Toyota Voxy ini sudah dibekali dengan beberapa fitur modern yang mumpuni.Diantaranya adalah fitur pengereman berteknologi ABS-, EBD, dan BA yang sangat pakem dalam mengendalikan laju mobil secara maksimal dan juga tersedia fitur dalam paket Nissan.

    Intelligent Mobility Nissan Serena yang dapat menunjang mobilitas aktivitas penumpang saat berkendara, yaitu monitor tengah berupa layar sentuh 7 inci dengan Smart Connectivity dan monitor di plafon berukuran 11 inci, tujuh soket cas USB, delapan sensor parkir, dan safety brake assist. 

    Selain itu juga dilengkapi fitur Traction Control System (TCS), Hill Start Assist, Side Impact Beam, Vehicle Dynamic Control (VDC) dan layar MID panel TFT 7 inci dengan sistem digital untuk memudahkan pengendara dalam memahami kondisi mobil saat dikendarai. Kemudian Nissan Serena juga menawarkan pintu baris ke dua bersistem Touchless Sliding Door yang dilengkapi dengan foot sensor untuk membantu penumpang membuka pintu hanya dengan satu ayunan kaki.

  • Mesin dan Performa


    Mesin Nissan Serena

    Untuk urusan dapur pacunya, mobil Nissan Serena ini mengusung mesin yang tak berbeda dengan varian sebelumnya tetapi mesin yang diusung sekarang jauh lebih efisien dan efektif dengan keluaran tenaga yang cukup mumpuni, yang mana Nissan Serena mengusung tipe mesin MR20DD 4 silinder DOHC dengan kapasitas kubikasi yang mencapai 1997 cc. 

    Kemudian mesin Nissan Serena dikombinasikan dengan transmisi CVT with ECO dalam menyalurkan tenaga. Dengan transmisi CVT ini akan menjadikan mobil ini terasa semakin nyaman dikendarai dan diklaim mampu menmuntahkan torsi yang mampu dicapai MPV ini yaitu 199 Nm pada 4400 rpm dan mampu menyemburkan tenaga hingga 150 Ps per 6000 rpm. 

    Dengan begitu performa mesin Nissan Serena menjadi cukup responsif dan didukung suspensi berkualitas yang mengandalkan suspensi depan Independent Strut, Single action, Coil spring dengan stabilizer dan suspensi Torsion Beam, Coil Spring yang dilengkapi stabilizer pada bagian belakang Nissan Serena.

  • Kesimpulan

    Nissan Serena ini merupakan MPV premium dengan status “All New” sebagaimana dengan model Livina yang mengusung platform Xpander yang dipastikan sanggup bersaing kuat dengan para kompetitornya di segmen elite. Dengan berbagai kelebihan yang ditawarkannya, baik itu dalam segi performa mesin, fitur canggih, handling yang nyaman dan sistem pengendaraan lainnya yang mumpuni membuat para pengendara tertarik untuk mencoba merasakan dalam mengendarai Nissan Serena. 

    Untuk fitur keselamatan dan kenyamanan yang lengkap juga tak lupa disematkan untuk menyempurnakan kehebatan All New Nissan Serena ini. Oleh karena itu tidak ada salahnya untuk memiliki Nissan Serena karena mobil ini sangat cocok bagi masyarakat Indonesia yang mencari mobil keluarga terbaik meskipun dari segi harga di pasaran dibanderol dengan cukup mahal.

FAQ Nissan Serena

  • Apakah Nissan Serena memiliki Start/Stop engine button?

    • AlexieLovely

      AlexieLovely

      Ya, Nissan Serena memiliki Start/Stop engine button, yaitu: Nissan Serena Highway Star, Nissan Serena X.

  • Apa Suspensi depan dari Nissan Serena?

    • Calla2005

      Calla2005

      Berikut adalah Suspensi depan dan varian Nissan Serena:

      VarianNissan Serena Highway StarNissan Serena X
      Suspensi depanIndependent StrutIndependent Strut
  • Apakah Nissan Serena memiliki Telescopic steering?

    • Climber23089...

      Climber23089...

      Tidak, Nissan Serena tidak memiliki Telescopic steering.

Model Populer

VS