Sejarah Ketangguhan Mesin Isuzu, Mulai Dari Elf yang Disiksa di Antartika Hingga Panther Melegenda di Indonesia

Nama Isuzu sudah melegenda sebagai pabrikan spesialis mobil bermesin diesel. Bahkan, ketangguhan mesin Isuzu sudah tidak diragukan lagi soal durabilitas dan kemudahan perawatannya. Bisa dilihat dari sosok Isuzu Panther yang jadi favorit masyarakat, hingga Isuzu elf yang jadi andalan sebagai mobil travel.

Walaupun sudah banyak pabrikan kendaraan lain yang memproduksi mesin diesel, namun tidak ada yang se-expert Isuzu. Kenapa begitu? Karena Isuzu ini juga dipercaya oleh perusahaan lain seperti General Motors yang memintanya merancang mesin untuk pick up Chevrolet Colorado dan beberapa model lain.

Sejarah awal mesin diesel di dunia memang bukanlah Isuzu yang memulai, tetapi Daimler di tahun 1923 dengan mesin 5K3 untuk truk pertama bermesin diesel. Namun di luar benua biru, produk kendaraan bermesin diesel buatan Daimler malah tidak begitu banyak.

Hanya sedikit yang tahu bahwa Isuzu adalah pembuat mobil tertua di Jepang, yaitu sejak 1916. Bahkan lebih sedikit yang tahu bahwa Isuzu, sebagai produsen mesin diesel terbesar di dunia. 

Isuzu telah membuat hampir 30 juta mesin diesel untuk kendaraan di darat dan di laut. Dimulai sejak 1936, Isuzu membangun mesin diesel berpendingin udara pertama di Jepang.

Baca juga:

Tangguh di Segala Kondisi, Isuzu Panther Generasi Pertama Andalan Masyarakat Pedesaan

Review Isuzu Traga 2020: Pikap Lapang dengan Mesin Bertenaga Khas Isuzu

Rahasia Ketangguhan Mesin Isuzu Panther, Kini Diwariskan ke Traga

Hingga 2019, Isuzu rata-rata membuat hampir 850.000 unit semua jenis mesin diesel setiap tahunnya. Tidak hanya untuk truk tetapi juga untuk kapal dan generator listrik. 

Jumlahnya lebih besar dari mesin yang masuk ke truk Isuzu sebanyak 660.000, dan belum termasuk mesin Duramax yang dibuat oleh Isuzu untuk General Motors.

Isuzu Elf, Kuat Disiksa Puluhan Tahun di Antartika

Bicara soal ketangguhan, jelas butuh bukti otentik dan bukan katanya belaka. Isuzu telah membuktikan soal kemampuan mesinnya melalui Isuzu Elf yang ikut serta dalam ekspedisi ke Antartika.

Sejak 1956, kendaraan Isuzu dan generator listrik bertenaga diesel telah digunakan oleh kru Japanese Antarctic Research Expedition (JARE) di Kutub Selatan. Kondisi medannya sangat ekstrim dengan suhu turun hingga -80 derajat Celcius, telekomunikasi terbatas dan ribuan kilometer jauhnya dari toko serba ada atau fasilitas medis terdekat. Mesin dan kendaraan diesel Isuzu ini berfungsi sebagai penunjang hidup para peneliti.

Saat itu mesin-mesin tersebut harus mulai di engkol bila akan digunakan, dan dapat bekerja dengan sempurna dengan perawatan minimum. Sebab di Antartika, kita tidak bisa leluasa berjalan keluar untuk melakukan penggantian oli.

Pada tahun 1983, sebuah film Jepang berjudul South Pole Story dibuat untuk melihat bagaimana kerasnya kondisi Antartika. Dari film tersebut menceritakan bila hanya Isuzu sendirian yang berani mengambil tanggung jawab menyediakan kendaraan operasional.

Ekspedisi JARE terakhir dilakukan pada tahun 2017 dan menariknya, seperti yang Anda lihat dari foto, tidak menggunakan model Isuzu terbaru tetapi Isuzu Elf tua yang sama dan telah digunakan di Antartika selama beberapa dekade!

Basis pangkalan JARE ini ada kalanya dibiarkan kosong untuk waktu yang lama, karena tim peneliti balik ke Jepang. Saat ditinggalkan, kendaraan dan mesin generator dibiarkan begitu saja. Namun ketika tim berikutnya tiba, mesin ini harus dapat dihidupkan dengan perbaikan yang minim.

Fokus ke Mesin Diesel, Insinyur Isuzu Bisa Rancang Hasil Terbaik

Tidak seperti pabrikan lain, Isuzu tidak disibukkan oleh hal lain selain truk dan mesin diesel. Inovasi memang tetap dilakukan, namun tidak se-intensif merancang kendaraan komersial yang tangguh dan kuat. 

Truk dan mesin diesel adalah alasan keberadaan Isuzu, atau orang Jepang menyebutnya, 'Ikigai' mereka. Dengan latar belakang seperti itu, mereka tidak punya banyak pilihan selain menjadi lebih baik dari merek lain. Semua jam kerja para insinyur Isuzu dihabiskan untuk menyempurnakan mesin diesel dan membangun truk yang lebih baik.

Hal ini terjadi juga di Indonesia, dimana Isuzu Panther kalah inovasi dibandingkan Toyota Kijang. Namun urusan ketahanan, Isuzu Panther keluaran 90-an masih lebih mudah kita jumpai di jalanan kota kecil dibandingkan Kijang Super.

Isuzu Panther memang terkenal badak atau bandel. Khusus untuk generasi pertama, populasinya masih begitu banyak di kota-kota kecil. Banyak pengguna Panther yang bangga karena mobil mereka yang jarang rusak.

Faktor bandel inilah yang membuat Isuzu Panther masih banyak berkeliaran di jalanan. Padahal, banyak dari mobil tersebut sudah masuk kategori motuba alias mobil tua bangka.

Generasi terakhir Isuzu Panther mungkin kalah pamor dibandingkan Kijang Innova Diesel, bahkan terpaksa harus dipensiunkan. Isuzu Panther terakhir dijual dalam 4 pilihan trim. 

Trim terbawah yaitu Smart, kemudian disusul trim LV, LS, dan varian tertinggi yaitu Isuzu Panther Grand Touring. Interiornya terdiri dari tiga baris kursi yang bisa memuat hingga delapan penumpang (2-3-3). 

Fitur hiburannya juga belum memakai head unit model layar sentuh. Panther walaupun tergolong tahun muda sekalipun masih setia dengan head unit single DIN. Sudah begitu, pengaturan AC juga masih memakai tuas model geser seperti mobil era 1990-an.

Mesin Tangguh Isuzu Panther, Diwariskan ke Traga 

Panther generasi terakhir menggunakan mesin berkode 4JA1-L berkapasitas 2.499 cc yang sudah dilengkapi teknologi Turbocharger Direct Injection. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga maksimum 80 PS pada 3.500 rpm dengan tosi puncak hingga 192 Nm di 1.800 rpm.

Walau Panther harus pensiun, Namun tidak dengan mesinnya. Dapur pacu ini terus dipakai oleh Isuzu Traga. Inilah bukti bila mesin Isuzu walaupun lawas tetap disukai karena kekuatan dan kemudahan perawatannya. 

    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Au...

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Isuzu Panther

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

2021 Suzuki ERTIGA GL 1.5

Rp 192,00 Juta
Rp 3,91 Juta/bln

5.727 km

1,5 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2022 Toyota AVANZA G 1.5

Rp 219,00 Juta
Rp 4,46 Juta/bln

7.835 km

1,5 tahun

Java East

Cek Tawaran Juli

2020 Toyota AVANZA VELOZ 1.5

Rp 214,00 Juta
Rp 4,36 Juta/bln

15.086 km

3,5 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli

2021 Toyota AVANZA VELOZ 1.5

Rp 222,00 Juta
Rp 4,52 Juta/bln

17.091 km

2,5 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli

2022 Suzuki ERTIGA GL 1.5

Rp 197,00 Juta
Rp 4,01 Juta/bln

178 km

0,5 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli
Lihat Lebih

Related Videos

Lima Hal Menarik dari Isuzu Panther!

Isuzu Panther Bekas, Layak Jadi Alternatif Calya-Sigra?

Berita Terbaru

Terungkap, MG Cyberster 2023 Bisa Sprint Lebih Cepat dari Ferrari dan Lamborghini

Mobil listrik pertama MG berjeniskan roadster soft top, MG Cyberster 2023 diperkenalkan pertama kali pada April lalu. Pabrikan China berdarah Inggris, MG, hadirkan Cyberster 2023 bukan cuma membawa desain yang agresif sekaligus atraktif, namun juga dengan performa tinggi. Baru-baru ini diungkapkan bahwa mobil listrik ini bahkan lebih cepat dan lebih bertenaga daripada banyak supercar terkemuka dunia. Wang Jian, director of electric propulsion development SAIC Motor, mengatakan Cyberster merupaka

6 Catatan Penting Wuling Air ev Selama di Indonesia

Tepat 11 Agustus 2022, mobil listrik Wuling Air ev memasuki satu tahun kehadirannya di pasar otomotif Indonesia. Nah, bersamaan dengan kehadiran Wuling Motors di Indonesia sejak Juli 2017, merek mobil asal China ini menggelar acara Green Drive Festival dengan mengundang konsumen Air ev serta komunitas Wuling Electric Vehicle Indonesia (WEVI). Dalam acara tersebut, Wuling Motors menghadirkan berbagai aktivitas seru serta penampilan dari stand up comedian, Mongol, dan hingga mendatangkan penyanyi

Review Pemilik: Honda City Hatchback RS 2021, Cocok Buat Dimodif

**Artikel ini adalah pengalaman pribadi dari pemilik Honda City Hatchback RS 2021 Honda City Hatchback RS dihadirkan sebagai penerus Jazz GK5 di Tanah Air. Mewarisi berbagai keunggulan yang menjadi ikonik hatchback Honda, City Hatchback RS terlihat stylish, sporty, canggih, serta memiliki performa besar, yang mempunyai karakter 11-12 dengan Jazz. Pada review pemilik kali ini, kami akan mengulas City Hatchback RS manual lansiran April 2021. Menurut cerita dari pemilik, ia membeli mobil ini dalam

Top 5 Artikel Pekan Ini, Harga Bekas Innova Reborn Diesel yang Stabil Sampai Carry Bagong Pakai Turbo

Kepopuleran Toyota Innova Reborn diesel rupanya belum luntur oleh waktu. Bahkan kemunculan Innova Zenix dengan teknologi hybrid tidak menghapus kecintaan masyarakat Indonesia akan MPV bermesin diesel tersebut. Tak heran harga jual Toyota Innova Reborn diesel saat ini masih sangat bertahan dan masih banyak peminatnya. Hal itu pula yang menjadikan artikel Autofun khususnya mengenai Toyota Innova Reborn Diesel masih tinggi pembacanya. Berikut 5 artikel paling populer di Autofun periode 10 - 15 Apri

Asyik, Jalan Tol Puncak - Cianjur Segera Dibangun

Pemerintah terus menggeber akses jalan tol di Indonesia, termasuk mempersiapkan pembangunan jalan tol Puncak - Cianjur dengan rute Bogor-Sukabumi-Cianjur-Bandung (Bosuciba). Langkah ini direncanakan langsung oleh Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kota atau Kabupaten, untuk mengurai kemacetan belasan tahun dan meningkatkan ekonomi di wilayah yang menjadi favorit pariwisata. Baca juga: Begini Caranya Biar Lewati Gerbang Tol Tanpa Berhenti Menurut Gubernur Jawa Barat, jalan tol P

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaru
Hot
Toyota

Toyota Raize

Rp 229,80 - 299,20 Juta

Lihat Mobil
Hot
Daihatsu

Daihatsu Rocky

Rp 214,20 - 265,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Brio

Rp 156,90 - 227,10 Juta

Lihat Mobil
Tidak Dijual
Honda

Honda Jazz

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Hot
Hyundai

Hyundai Palisade

Rp 842,00 - 1,11 Milyar

Lihat Mobil
Hot
Wuling

Wuling Almaz

Rp 279,50 - 470,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda City Hatchback

Rp 333,60 - 362,60 Juta

Lihat Mobil
Hot
Kia

Kia Sonet

Rp 193,00 - 296,00 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX

Rp 849,50 - 949,50 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX Wagon

Rp 975,50 - 1,03 Milyar

Lihat Mobil
Wuling

Wuling Alvez

Rp 209,00 - 295,00 Juta

Lihat Mobil
Daihatsu

Daihatsu Ayla

Rp 103,30 - 161,05 Juta

Lihat Mobil
Varian Baru
Toyota

Toyota Agya

Rp 175,40 - 253,50 Milyar

Lihat Mobil
Land Rover

Land Rover Range Rover Sport

Rp 4,52 Milyar

Lihat Mobil

Perbandingan Mobil Terkait

Isuzu Panther
Lihat