Tangguh di Segala Kondisi, Isuzu Panther Generasi Pertama Andalan Masyarakat Pedesaan

Yongki Sanjaya · 17 Feb, 2021 07:00

Isuzu Panther memang terkenal badak atau bandel. Khusus untuk generasi pertama, populasinya masih begitu banyak di kota-kota kecil. Banyak pengguna Panther yang bangga karena mobil mereka yang jarang rusak.

Faktor bandel inilah yang membuat Isuzu Panther masih banyak berkeliaran di jalanan. Padahal, banyak dari mobil tersebut sudah masuk kategori motuba alias mobil tua bangka.

Isuzu Panther generasi pertama keluar pada 1991. Selain bandel, Isuzu Panther generasi pertama punya keunggulan lain yang membuatnya masih terus eksis hingga kini, yakni anti banjir.

Menggendong mesin berkode TBR 52 2300cc dengan sistem pembakaran karburator, Panther generasi pertama ini spesifikasinya cocok kondisi jalanan dan cuaca di tanah air. Maklum, Isuzu memang secara khusus mengembangkan Panther di Indonesia. 

Kelebihan yang dicari dari sosok Isuzu Panther yaitu: muatan banyak, mesin diesel yang tangguh, irit BBM, suspensinya empuk, tahan banjir, AC dingin, dan mudah perawatannya. Karakter mesin diesel dengan torsi melimpah membuat Isuzu Panther enteng saat melalui jalan menanjak. 

Postur Tinggi Besar Isuzu Panther Generasi Pertama, Cocok dengan Medan Pedesaan 

Kelebihan Isuzu Panther generasi pertama adalah kemampuannya melahap banjir. Ini, antara lain, karena ground clearance Panther yang lumayan tinggi.

Tak mengejutkan jika mobil satu ini tetap awet meski diajak naik turun gunung dan melibas jalan jalan berkerikil hingga jalan tanah pedesaan. 

Mesin Irit dan Tangguh Melahap Tanjakan 

Si kucing besar digemari karena  mengusung mesin diesel yang terbukti sangat tangguh dan juga irit. Isuzu Panther yang diproduksi di bawah tahun 2000 dengan kapasitas mesin 2.300 atau 2.500cc jadi primadona mobil bekas.

Keunggulan utama mobil ini adalah mesinnya yang memang terkenal sangat irit. Selain itu mobil satu ini juga tak menuntut solar yang berkualitas tinggi. Jadi, kita cukup isi biosolar saja, mobil sudah bisa diajak jalan jauh. 

Keuntungan memakai mesin diesel adalah torsi besar. Mesin diesel Panther mampu menyemburkan torsi yang lumayan besar di putaran bawah. Dengan begini, pengemudi tak perlu usaha ekstra menginjak gas dalam-dalam untuk melewati tanjakan.

Tak hanya menawarkan torsi besar yang dapat diandalkan di tanjakan terjal, mesinnya ini juga dikenal bandel. 

Kabin Jadul Isuzu Panther, Muat Banyak Penumpang 

Isuzu Panther kotak, alias generasi pertama punya kabin yang sederhana. Susunan kursi paling belakangnya saling berhadapan. Konfigurasi ini membuat Panther jadi mobil keluarga yang siap muat banyak penumpang. 

Dengan Isuzu Panther, kamu bisa mengangkut 8 orang sekaligus. Memang sih kurang nyaman, terutama pada kursi belakang yang berdesakan empat orang. Karena saling berhadapan maka rasanya seperti naik angkot. 

Mudahnya Perawatan Isuzu Panther, Bisa Dilakukan Sendiri di Rumah 

Keunggulan lain Isuzu Panther adalah sparepartnya yang murah dan ada di mana-mana. Kamu bisa melakukan perawatan teknis sendiri di rumah dengan bantuan tutorial dari YouTube atau forum-forum otomotif.

Apabila misalnya sewaktu-waktu mogok di jalan, kamu juga bisa melipir ke bengkel di pinggir jalan. Alasan inilah yang membuat banyak pengguna Panther enggan menjual mobil mereka.

Saat kamu menjatuhkan pilihan membeli Panther, konsekuensi yang kamu akan hadapi yaitu akan memelihara mobil rasa truk. Ini karena Panther generasi pertama bermesin diesel konvensional.

Perawatannya juga sama saja seperti truk, perlu memeriksa beberapa bagian secara rutin agar kondisinya prima. Beberapa bagian perlu dicek secara detail karena kerja mesin diesel yang cukup berat.

Perawatan rutin Isuzu Panther mencakup penggantian dan penambahan oli lalu mengganti filter solar. Bila tetap dibiarkan tidak diganti dalam waktu lama, berdampak pada performa kurang bertenaga. 

Sebaiknya luangkan waktu anda untuk rutin memeriksa ketinggian oli mesin mobil tiap 2 minggu atau 1 bulan sekali. Pasalnya, kompresi mesin diesel Isuzu Panther ini tinggi dan oli sedikit demi sedikit ikut terbakar dan volumenya berkurang.

Bila berkurang sedikit tambahkan oli mesin secukupnya. Tapi bila berkurangnya cukup banyak dalam waktu singkat, ini jadi sinyal kamu harus ke bengkel untuk memeriksa kebocoran bagian piston dan head. Biasanya piston dan ring piston hingga linernya sudah mengalami kerusakan sehingga oli naik dan ikut terbakar.

Pemeriksaan Baut Sambungan, Rentan Kendor Karena Efek Getaran

Karakter dari mobil bermesin diesel adalah tingginya getaran saat mesin hidup. Getaran terus menerus bisa membuat baut-baut jadi kendor. Apalagi ini makin sering terjadi kalau mobil sering digeber dalam putaran tinggi. 

Oleh sebab itu, lakukan pemeriksaan rutin sendiri dirumah terhadap baut-baut mobil. Periksa terutama di bagian panel berbahan plastik yang memang rentan kendor setidaknya tiap 2 bulan sekali. 

Bila ada yang kendor, kencangkan kembali demi kenyamanan anda dalam berkendara. Jangan lupa, periksa dan kencangkan pula baut dashboard karena posisinya yang dekat dengan mesin.

Kaki-kaki 'Keseleo', Penyakit Khas Isuzu Panther

Penyakit yang sampai saat ini sering menjangkiti Isuzu Panther adalah kerusakan pada bagian kaki-kaki. Rancangan kaki-kaki yang bantingannya empuk tak jarang membuat usia pakainya kurang awet. 

Kerusakan biasanya terjadi pada bearing, bushing strutbar, shockbreaker, ball joint, tierod dan long tierod, hingga bushing per daun. Sebenarnya, kerusakan ini juga karena tabiat mengemudi yang kurang hati-hati. 

Salah satu komponen yang seringkali mengalami kerusakan yang pertama adalah bearing roda baik bagian depan maupun bagian belakang. Selanjutnya yaitu shockabsorber, dengan gejala seringkali mengalami kebocoran.

Kebocoran pada shock absorber ini biasanya terjadi karena faktor usia seal yang sudah getas karena usia. Bisa juga akibat kebiasaan mengemudi yang sering main hajar jalanan yang tidak mulus sehingga seal shockbreaker jebol. 

Bicara gaya mengemudi yang asal-asalan, bagian Bushing fullcrumb atau upper arm juga bisa jadi korban. Ciri yang dirasakan bila bagian ini rusak yaitu setir kemudi menjadi liar dan mobil narik ke kiri atau kanan.

Kondisi ini akibat bushing yang jebol tidak mampu menahan beban. Untuk menghindari perawatan kaki-kaki yang biayanya cukup tinggi, perilaku berkendara santun sebaiknya kamu terapkan saat di balik kemudi.

Kesimpulan

Walaupun ketinggalan zaman, namun Isuzu Panther punya penggemar fanatik yang setia di kota-kota kecil. Fanatisme ini tak lepas karena si kucing besar yang irit, bandel, nyaman, dan perawatannya gampang.

Pengguna Panther cukup realistis bila mereka akan kesulitan untuk perawatan rutin bila mencari mobil yang teknologinya cukup canggih. Panther sudah memberi semua kebutuhan dasar dari sebuah mobil.  

Komentar