Review Isuzu Traga 2020: Pikap Lapang dengan Mesin Bertenaga Khas Isuzu

Bent Aulia · 12 Okt, 2020 19:00

Review Isuzu Traga 2020: Pikap Lapang dengan Mesin Bertenaga Khas Isuzu 01

Isuzu memang baru meluncurkan pikap terbarunya Isuzu Traga pada tahun 2018. Tapi mobil ini langsung menghadirkan berbagai keunggulan bagi kendaraan komersial: mesin yang bandel dan bertenaga, bodi yang kokoh, serta bak belakang dengan kapasitas penyimpanan yang lega.

Harga

Model Harga
Isuzu Traga Pick Up FD (Flat Deck) Rp205.800.000
Isuzu Traga Box Rp232.300.000

Spesifikasi

Mesin
Tipe Mesin 4JA1L 4-silinder Direct Injection with Turbocharged
Kapasitas Silinder 2.499 cc
Tenaga Maksimal 80 PS/ 2.600 rpm
Torsi Maksimal 191 Nm/ 1.800 rpm
Transmisi Manual 5-percepatan
Sistem Penggerak Rear-wheel drive
Dimensi
P x L x T 4.650 x 1.705 x 1.985 mm
Jarak Pijak Depan 1.460 mm
Jarak Pijak Belakang 2.250 mm
Ground Clearance 200 mm
Radius Putar 4.5 m
Kaki-Kaki dan Suspensi
Suspensi Depan Double wishbone with coil spring
Suspensi Belakang Leaf spring type
Rem Depan Ventilated Disc
Rem Belakang Drum, leading & trailing
Ban 195R14-8PR
Velg 6 Stud 14 x 5.5

Sejarah

Isuzu Traga merupakan truk pikap menengah yang diproduksi oleh Isuzu sejak tahun 2018. Dikembangkan untuk bersaing dengan Mitsubishi L300 di pasar truk pikap dan menggantikan pikap Bison dan Panther yang berbasis L300.

Review Isuzu Traga 2020: Pikap Lapang dengan Mesin Bertenaga Khas Isuzu 02

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Article_Middle_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649907777923-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649907777923-0'); });

Nama Traga berasal dari fasa “X-Tra Lega”. Isuzu memproduksi Traga di Indonesia dan mengekspor mobil ini ke negara-negara Asia Tenggara lainnya sejak 2019 lalu. Dengan Filipina sebagai tujuan ekspor pertama, dimana mobil ini dijual dengan nama Isuzu Traviz.

Pihak Isuzu sendiri mengungkapkan bahwa Isuzu Traga seharusnya diperkenalkan 3 atau 4 tahun lebih dulu dibandingkan aslinya. Namun, pengembangan yang terus menerus serta memperhitungkan kebutuhan konsumen di Indonsia membuat mobil ini semakin memikat.

Review Isuzu Traga 2020: Pikap Lapang dengan Mesin Bertenaga Khas Isuzu 01

Pasalnya Isuzu mengembangkan Traga dari berbagai komponen kendaraan lain. Contohnya saja mesin 4JA1-L berkapasitas 2.5L dengan teknologi Diesel Direct Injection yang diambil dari Isuzu Panther. Sedangkan komponen lainnya seperti transmisi dan suspensi diambil dari D-max.

Traga yang diperkenalkan pertama kali pada gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018. Ditawarkan dalam dua varian, yaitu Flat Deck dan Box. Varian Flat Deck memiliki dimensi bak belakang 2.810 x 1.620 x 300 mm, diklaim sebagai yang terbesar di kelasnya.

Review Isuzu Traga 2020: Pikap Lapang dengan Mesin Bertenaga Khas Isuzu 02

Bersaing dengan nama-nama besar di segmen mobil pikap yang sudah melegenda, ada banyak kelebihan Isuzu Traga yang bisa didapatkan. Tertarik mendapatkan mobil ini? Simak review Isuzu Traga 2020 terbaru dari kami di bawah ini.

Eksterior

Traga memang dibuat berdasarkan model Isuzu lainnya. Maka tak jarang mobil ini disebut sebagai Isuzu Panther tanpa hidung. Desainnya yang minimalis masih terasa mewah mengingat mobil ini disematkan beberapa aksen chrome.

Review Isuzu Traga 2020: Pikap Lapang dengan Mesin Bertenaga Khas Isuzu 03

Kaca depan yang lebar tentu saja memberikan visibilitas yang baik bagi pengendara. Sedangkan kesan khas Panther terasa pada desain depan yang cukup menarik dengan lampu depan multi reflektor serta dilengkapi pemanis grille berwarna abu-abu gelap.

Review Isuzu Traga 2020: Pikap Lapang dengan Mesin Bertenaga Khas Isuzu 04

Sama seperti mobil niaga lainnya, Isuzu Traga dipasarkan tanpa bonnet. Mesinnya ditanamkan di bawah kursi. Memberikan keuntungan tersendiri dengan radius putar yang cukup pendek, 4,5 meter. Memudahkan pengemudi ketika harus bermanuver di jalanan yang sempit.

Review Isuzu Traga 2020: Pikap Lapang dengan Mesin Bertenaga Khas Isuzu 05

Ketangguhannya melewati semua kondisi jalan juga terlihat dari ground clearance yang mencapai 200 mm. Bisa dibilang tinggi untuk model kendaraan niaga. Traga juga dilengkapi dengan ban berukuran 195R14-8PR dengan velg 14 inci.

Review Isuzu Traga 2020: Pikap Lapang dengan Mesin Bertenaga Khas Isuzu 06

Alasan membeli Isuzu Traga terbaru terdapat pada ukuran bak yang disebut terluas dibandingkan pesaingnya. Bak Isuzu Traga mencatatkan panjang 2.810 mm, lebar 1.620 mm, ditambah tinggi 300 mm menghadirkan luas 4.6 meter persegi. Dengan klaim mampu menampung hingga 60 galon air.

Review Isuzu Traga 2020: Pikap Lapang dengan Mesin Bertenaga Khas Isuzu 07

Begitu juga dengan pengaturan open cargo yang diberikan. Sehingga semua sisi bak bisa dibuka dan memberikan kepraktisan serta kemudahan memasukkan barang-barang ke dalam bak belakang. Membuatnya cocok sebagai jasa pengangkutan barang.

Interior

Menggantikan Isuzu Bison yang sudah lebih dulu melayani konsumen Tanah Air, keunggulan Isuzu Traga terlihat dari desain modern yang ditampilkan pada kabin. Interior dengan konsep ergonomis menawarkan kemudahan dan ruang yang lega bagi pengemudi dan dua penumpang.

Review Isuzu Traga 2020: Pikap Lapang dengan Mesin Bertenaga Khas Isuzu 08

Memang pengaturan di dalam interior Isuzu Traga tak sebaik kendaraan penumpang lainnya. Apalagi jika dibandingkan dengan pesaingnya yang sudah mendapatkan head unit bergaya modern. Tapi Traga masih mempertahankan sistem audio single DIN yang terkesan jadul.

Satu hal yang menarik adalah tuas transmisi yang dibuat agak tinggi, menyesuaikan dengan tangan pengemudi. Walaupun memang kehadirannya tanpa cupholder yang mengurangi kepraktisan berkendara di dalam kabin.

Review Isuzu Traga 2020: Pikap Lapang dengan Mesin Bertenaga Khas Isuzu 09

Tapi penghuni mobil sudah mendapatkan cupholder yang terpasang pada kedua sisi dashboard. Walaupun belum ditemukan kompartemen terbuka lainnya di dalam kabin. Hanya ada glovebox yang bisa digunakan untuk menyimpan barang keperluan dan kompartemen kecil di bawah head unit.

Review Isuzu Traga 2020: Pikap Lapang dengan Mesin Bertenaga Khas Isuzu 10

Setir palang dua yang digunakan pada mobil ini termasuk polos. Tak ada tombol pengaturan seperti yang digunakan pada mobil terkini. Tanpa fitur tilt maupun teleskopik, tapi rasa berkendara Isuzu Traga masih menarik mengingat sistem rack & pinion yang diberikan membantu pengemudian.

Sayang seribu sayang, Traga masih kalah dalam hal kenyamanan. Jika beberapa pesaingnya sudah mendapatkan fitur AC untuk menemani pengemudi dan penumpang di kabin depan, Traga hanya menyediakan blower beserta pengaturannya.

Review Isuzu Traga 2020: Pikap Lapang dengan Mesin Bertenaga Khas Isuzu 11

Untuk menemani sepanjang perjalanan jauh, mobil ini sudah memiliki head unit yang bisa digunakan untuk memutar lagu melalui USB, AUX, CD, maupun radio agar tidak mengantuk. Terlebih ketika melewati jalanan yang sepi di malam hari maupun siang hari yang terik.

Kabinnya memang lapang, bahkan mampu menampung hingga dua penumpang dan seorang sopir. Pengaturan jok Isuzu Traga hanya sebatas maju dan mundur. Tetapi cukup baik untuk memberikan posisi berkendara paling nyaman bagi pengemudi.

Review Isuzu Traga 2020: Pikap Lapang dengan Mesin Bertenaga Khas Isuzu 12

Memang bukan tanpa balutan kulit yang mewah. Kursi Isuzu Traga hanya dipasangkan pelapis berbahan kain. Tapi cukup nyaman untuk sekelas kendaraan komersial dengan ruang kaki serta ruang kepala yang lapang.

Fitur Keselamatan Aktif

Memang tak ada fitur canggih maupun teknologi terbaru yang ditawarkan pada mobil ini. Mengingat Isuzu mengkhususkan mobil ini sebagai kendaraan niaga, sistem keselamatan yang ditawarkan tak selengkap kendaraan penumpang pada umumnya.

Review Isuzu Traga 2020: Pikap Lapang dengan Mesin Bertenaga Khas Isuzu 13

Isuzu Traga tidak ada sistem pengereman Anti-lock Braking System (ABS) dan sejenisnya, apalagi sistem Vehicle Stability Assist yang lebih baru. Tapi semua kursi sudah mendapatkan fitur seatbelt sebagai fitur paling minimal untuk keselamatan di dalam mobil.

Review Isuzu Traga 2020: Pikap Lapang dengan Mesin Bertenaga Khas Isuzu 14

Salah satu fitur keselamatan yang kadang dilupakan oleh model kendaraan komersial lainnya adalah kehadiran head rest pada kursi. Traga menyediakan dua head rest untuk pengemudi dan penumpang, memberikan rasa aman ketika mobil sewaktu-waktu mengalami benturan.

Mesin

Isuzu memang masih percaya dengan kehebatan mesin 4JA1-L yang sedari dulu menemani pengguna Isuzu Panther di Indonesia. Mesin diesel yang bandel serta tangguh khas Isuzu merupakan tulang punggung dari kehebatan Isuzu Traga di jalanan perkotaan maupun ketika diajak mendaki.

Review Isuzu Traga 2020: Pikap Lapang dengan Mesin Bertenaga Khas Isuzu 15

Tenaganya memang tak bisa dibilang besar. Mesin Isuzu Traga hanya memproduksi 80 PS pada putaran 3.500 rpm, namun Traga menawarkan torsi besar jika dibandingkan pesaingnya. Torsi 191 Nm yang diterima Traga sudah bisa didapatkan dari putaran 1.800 rpm.

Catatan spesifikasinya tak kalah mengagumkan. Meski Isuzu hanya menawarkan transmisi manual 5-percepatan untuk mobil ini, perpindahan transmisi yang dihasilkan terkesan mulus dan efektif untuk menghadirkan efisiensi bahan bakar yang irit pada mobil ini.

Performa dan Handling

Memang tak salah jika Isuzu dikenal sebagai ‘Rajanya Diesel”. Mengingat mesin diesel yang dikembangkan pada Panther dan sekarang digunakan untuk kendaraan niaga pengangkut barang-barang kebutuhan sehari-hari ini masih tetap mengesankan di jalanan.

Review Isuzu Traga 2020: Pikap Lapang dengan Mesin Bertenaga Khas Isuzu 16

Torsi mobil Isuzu Traga ini termasuk tinggi. Memang bukan untuk diajak berlari kencang, tetapi sangat membantu ketika berkendara dengan muatan yang terisi penuh. Apalagi Traga menawarkan ruang belakang yang luas. Sehingga harus dibarengi dengan tenaga yang kuat diajak mendaki.

Kemampuannya dalam bermanuver siap menjadi daya tarik mobil ini. Radius putar mobil ini hanya 4.5 meter, membuat Traga bisa diajak berputar di gang yang sempit atau dibawa melewati tikungan berbelok yang tajam.

Review Isuzu Traga 2020: Pikap Lapang dengan Mesin Bertenaga Khas Isuzu 17

Kelebihan mobil Isuzu terdapat pada suspensi yang nyaman. Begitu juga sistem suspensi yang empuk dan kaku pada Traga. Ada penaturan suspensi double wishbone serta coil spring pada roda depan, memberikan kenyamanan tersendiri ketika harus melewati jalanan bergelombang.

Konsumsi BBM

Tak hanya mesin yang bertenaga, Isuzu Traga juga diklaim sebagai pikap paling hemat bahan bakar di kelasnya. Kombinasi mesin yang efisien serta penggunaan transmisi manual 5-percepatan dengan rasio gigi yang pas memberikan konsumsi bbm yang terbilang irit.

Review Isuzu Traga 2020: Pikap Lapang dengan Mesin Bertenaga Khas Isuzu 18

Memang keunggulan dari mesin diesel adalan mesin yang lebih efisien dibandingkan dengan mesin bensin, namun tetap dengan tenaga yang cukup untuk membawa penumpang dan barang bawaan pada bak belakang.

Isuzu sendiri mengklaim konsumsi bbm Isuzu Traga rata-rata sebesar 13 km/L. Namun ternyata hasil ini cukup berbeda dibandingkan dengan percobaan yang dilakukan media. Dari berbagai sumber, Traga mencatatkan 11-12 km/L, termasuk baik dibandingkan pesaingnya di segmen yang sama.

Video

Isuzu memperkenalkan Isuzu Traga 2018 sebagai bagian dari pilihan pikap bermesin diesel terbaru di Indonesia. Intip video Isuzu Traga yang menghadirkan berbagai kelebihan yang bisa ditemukan pada mobil ini.

Kesimpulan

Isuzu Traga langsung masuk sebagai pilihan pikap untuk kendaraan komersial yang mengesankan. Mesinnya tangguh layaknya slogan Isuzu sebagai “Rajanya Diesel”. Ditambah dengan bak yang luas dan lapang untuk semua kebutuhan membuat Isuzu Traga bekas masih diminati.

Layaknya kendaraan niaga pada umumnya, kenyamanan masih menjadi salah satu kekurangan Isuzu Traga. Bagi pengemudi yang berada di kabin depan, tanpa adanya AC serta sistem hiburan yang pas-pasan tentu cukup mengesalkan ketika harus membawa mobil ini dalam perjalanan jauh.

Mungkin tak tepat disebut sebagai alternatif, tapi sebagai pilihan yang patut dipertimbangkan. Isuzu Traga merupakan satu diantara sedikit mobil bagi sang pengusaha: bermesin bandel, siap dibawa berkendara ke mana saja, serta kokoh dan tangguh di semua medan.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Article_Bottom_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649907953835-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649907953835-0'); });

Bent Aulia

Penyuka sejarah dan film, di belakang laptop sebagai penulis baru di ranah otomotif.

Komentar

Mobil Terbaru