Daihatsu Rocky 1.2 Liter vs 1.0 Turbo, Kemampuan Mesin Tak Kalah Dari Versi Turbonya

Peluncuran Daihatsu Rocky dengan memakai mesin 3-silinder 1.0 turbo dan 1.2 liter naturally aspirated menjadi buah bibir di masyarakat. Sempat jadi kontroversi, apa sih hebatnya mesin dengan jumlah silinder ganjil?

Tren mesin kecil tiga silinder ini sebenarnya sudah ada sejak zaman LCGC Daihatsu Ayla dan Sigra 1.000 cc. Kini, mesin dengan silinder ganjil bahkan semakin tren dengan kombinasi turbo pada Rocky 1.0 supaya menekan konsumsi BBM tanpa mengorbankan tenaga. 

Bahkan, PT Astra Daihatsu Motor lantas berinovasi dengan meluncurkan Rocky bermesin 1.2 liter 3 silinder dengan kode WA-VE.

Secara segmen, Daihatsu Rocky 1.0 Turbo menjadi varian flagship, sehingga menyasar konsumen mapan. Sementara itu, ADM menyiapkan Rocky 1.2 liter untuk segmen konsumen yang mencari mobil dengan harga lebih terjangkau.

Baca juga:

10 Indikator Fitur di Meter Cluster Daihatsu Rocky yang Wajib Diketahui, Kalau Nyala Berarti Ada Masalah

Sekarang Lebih Baik Beli Daihatsu Rocky Daripada Toyota Raize! Ini Alasannya

Berapa Sih Harga Kredit Daihatsu Rocky? Berikut Skema Cicilan Untuk Semua Variannya

Mesin 1.0L turbo yang dibenamkan pada mobil ini berkode 1KR-VET 3-silinder, Turbocharger, VVT-i berkubikasi 996 cc. Melihat data di atas kertas, mesin yang digunakan dapat meletupkan tenaga 98 PS @6.000 rpm serta angka torsi mencapai 140 Nm @2.400 - 4.000 rpm.

Sementara itu Rocky 1.2L menggunakan mesin baru bertipe 1.2L WA-VE 3 silinder yang bertenaga dan tetap irit bahan bakar. mesin Daihatsu Rocky 1.200 cc tenaganya mencapai 88 PS, setara dengan output mesin Daihatsu Sigra walau jumlah silindernya lebih sedikit. 

Kelebihan dari mobil-mobil dengan mesin tiga silinder yaitu harganya bisa lebih murah dari mobil dengan mesin empat silinder. Itu baru sekilas soal keunggulan mesin 3-silinder modern. 

Dalam tulisan ini kami akan menjelaskan lebih detil bagaimana perbandingan kemampuan Rocky antara versi turbo dan versi naturally aspirated. Penasaran? Mari simak penjelasannya. 

Mesin 3-Silinder Non Turbo di Daihatsu Rocky, Irit dan Sederhana

Pihak Daihatsu saat peluncuran Rocky 1.2 beberapa waktu lalu mengklaim, bila secara bobot mesin terbaru Daihatsu 1.2 liter 3-silinder ini lebih ringan daripada Sigra yang 4 silinder. Sedangkan secara kemampuan mesin baru tanpa turbo ini juga jauh lebih baik, efisien, responsif, dan bertenaga.

Mesin tersebut cukup irit dan punya kemampuan handal melewati tanjakan dengan sudut kemiringan cukup ekstrim. Rocky 1.2 liter ini telah melewati pengujian langsung tanjakan curam yang cukup terkenal di beberapa kota.

"Kita sudah melakukan pengujian dengan konsumsi BBM Rocky 1.2 di angka 18-19 km/liter. Selain responsif juga bertenaga di tanjakan, seperti di Dago Pakar Bandung dan Cangar Malang, terbukti bertenaga di kondisi jalan tersebut," beber Anjar Rosjadi, Marketing Product Planning Division Head Astra Daihatsu Motor.

Penjelasannya kurang lebih begini, mesin dengan jumlah silinder yang sedikit, juga berefek ke ruang pembakaran yang berkurang. Ini membuat kebutuhan bahan bakar bisa dioptimalkan untuk bisa memicu terjadinya pembakaran. 

Dengan kondisi demikian, maka mesin 3-silinder sangat cocok untuk dipakai perkotaan. Namun tidak menutup kemungkinan perjalanan luar kota juga menyenangkan. 

Masalah Klasik Mesin 3 Silinder Teratasi di Daihatsu Rocky 1.2 Liter

Konfigurasi tiga silinder yang ganjil seperti ini membuat mesin bakal menghasilkan vibrasi lebih kuat dibanding yang punya silinder genap (empat silinder). Secara sederhana, getaran ini muncul karena jumlah silinder yang tidak seimbang (2-1).

Tertulis di Wikipedia, kebanyakan mesin 3 silinder segaris memakai sudut putaran sebesar 120° supaya putarannya seimbang. Persoalannya yaitu pada pembakarannya yang tetap menimbulkan getaran karena tidak ada silinder lawan untuk mengimbangi seperti pada mesin 6 silinder segaris. 

Kini dengan hadirnya Rocky 1.2 liter non turbo, Daihatsu mengungkapkan kalau permasalahan klasik mesin 3-silinder bisa teratasi. Daihatsu memakai internal balance untuk meminimalisir getaran. 

"Ini benar-benar baru dan pertama kali dikenalkan di Indonesia. Untuk getarannya sudah banyak berubah dengan pengembangan. Mesinnya sudah pakai internal balance dengan getaran yang minim," sebut Anjar. 

Lantas bagaimana plus minus antara mesin 1.0 Turbo dan 1.2 liter non turbo?

Plus Minus Mesin 1.0L Turbo vs 1.2 Liter Non Turbo di Daihatsu Rocky

Bila melihat tenaga yang dihasilkan, jelas Rocky 1.0 Turbo lebih unggul karena dengan kapasitas kecil outputnya lebih besar dari versi 1.2 liter. Selisih tenaganya sekitar 10 ps, dan bila dikonversikan sedikit lebih besar dari output Daihatsu Sirion berkapasitas 1.300 cc. 

Turbo ini pun bisa mengail tenaga mesinnya yang setara dengan upgrade 300 cc. Namun demikian, ada harga yang perlu dibayar lebih mahal di mesin turbo. 

Sudah jamak diketahui kalau mesin turbo walaupun tangguh tapi butuh perawatan yang lebih telaten. Kualitas bahan bakar harus selalu sesuai spesifikasi pabrikan dan jangan terlambat ganti oli, dengan spesifikasi oli juga tidak bisa asal tuang. Salah-salah, turbonya jadi ikut bermasalah sehingga membuat biaya perbaikan membengkak. 

Bagi kamu yang ingin cari biaya operasional yang ekonomis, Daihatsu Rocky bermesin 1.2 liter bisa lebih bersahabat. Dalam kondisi darurat, kita masih bisa mengisi bahan bakar dengan oktan dibawahnya sesekali. Spesifikasi oli pun cukup merujuk SAE sesuai buku panduan, boleh pakai merek lain atau mungkin jenis oli yang beda. 

Misalnya tertera SAE 0W-30 atau 10W-30, kita tak harus terpaku dengan standar tertentu yang spesifik seperti di mesin turbo. Bila kita sedang ada keperluan di kota kecil, bisa lebih fleksibel memakai oli mineral atau semi sintetik selama SAE dan tingkat API setara rekomendasi pabrikan. 

Kesimpulan

Hadirnya Daihatsu Rocky 1.2 liter ini menjadi alternatif menarik bagi masyarakat yang ingin tampil gaya dengan lebih ekonomis. Secara tenaga, mesin naturally aspirated 3-silinder WA-VE ini kalah dari mesin 1KR-VET, tapi lebih mudah dari sisi perawatan dan pemakaian. 

Kamu yang tinggal di kota kecil pun tidak kesulitan dalam hal perawatan, Masih banyak mekanik yang cukup paham dan bisa menangani mesin konvensional ketimbang mesin turbo. 

Aspek non spesifikasi, terutama soal perawatan atau kemudahan pemakaian yang membuat Rocky 1.2 liter cenderung lebih unggul ketimbang Rocky 1.0 Turbo. Kalau kamu pilih yang mana? 

    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Au...

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Daihatsu Rocky

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

2021 Toyota RAIZE S 1.0

Rp 235,00 Juta
Rp 4,79 Juta/bln

15.274 km

2 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli

2021 Kia SONET DYNAMIC 1.5

Rp 251,00 Juta
Rp 5,11 Juta/bln

12.742 km

2 tahun

Java East

Cek Tawaran Juli

2021 Daihatsu TERIOS X 1.5

Rp 205,00 Juta
Rp 4,18 Juta/bln

19.465 km

2,5 tahun

Banten

Cek Tawaran Juli

2021 Toyota RAIZE GR SPORT TSS 1.0

Rp 243,00 Juta
Rp 4,95 Juta/bln

14.811 km

2 tahun

Banten

Cek Tawaran Juli

2021 Daihatsu ROCKY X 1.2

Rp 197,00 Juta
Rp 4,01 Juta/bln

13.726 km

1,5 tahun

Banten

Cek Tawaran Juli
Lihat Lebih

Video Tiktok

Related Videos

Daihatsu Rocky Sahabat Eksis, Tunjukkan Sisi Lain dari Dirimu

New Advanced Safety Assist dari Daihatsu Rocky

Berita Terbaru

Hyundai Stargazer Essential Resmi Diluncurkan dengan Harga Menarik, Ini yang Berubah

PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) menghadirkan Hyundai Stargazer Essential yang menjadi varian baru dari Stargazer, Senin (17/7/2023). Kehadiran Hyundai Stargazer Essential ini ternyata menggantikan tipe Trend. Alhasil, varian Stargazer saat ini untuk urutan termurah sampai termahal adalah Active, Essential, Style dan Prime. Baca juga: Hyundai Stargazer Essential Segera Diluncurkan, Fiturnya Lebih Lengkap Menurut President Director PT Hyundai Motors Indonesia, Woojune Cham kehadiran Stargazer E

Terungkap, MG Cyberster 2023 Bisa Sprint Lebih Cepat dari Ferrari dan Lamborghini

Mobil listrik pertama MG berjeniskan roadster soft top, MG Cyberster 2023 diperkenalkan pertama kali pada April lalu. Pabrikan China berdarah Inggris, MG, hadirkan Cyberster 2023 bukan cuma membawa desain yang agresif sekaligus atraktif, namun juga dengan performa tinggi. Baru-baru ini diungkapkan bahwa mobil listrik ini bahkan lebih cepat dan lebih bertenaga daripada banyak supercar terkemuka dunia. Wang Jian, director of electric propulsion development SAIC Motor, mengatakan Cyberster merupaka

6 Catatan Penting Wuling Air ev Selama di Indonesia

Tepat 11 Agustus 2022, mobil listrik Wuling Air ev memasuki satu tahun kehadirannya di pasar otomotif Indonesia. Nah, bersamaan dengan kehadiran Wuling Motors di Indonesia sejak Juli 2017, merek mobil asal China ini menggelar acara Green Drive Festival dengan mengundang konsumen Air ev serta komunitas Wuling Electric Vehicle Indonesia (WEVI). Dalam acara tersebut, Wuling Motors menghadirkan berbagai aktivitas seru serta penampilan dari stand up comedian, Mongol, dan hingga mendatangkan penyanyi

Review Pemilik: Honda City Hatchback RS 2021, Cocok Buat Dimodif

**Artikel ini adalah pengalaman pribadi dari pemilik Honda City Hatchback RS 2021 Honda City Hatchback RS dihadirkan sebagai penerus Jazz GK5 di Tanah Air. Mewarisi berbagai keunggulan yang menjadi ikonik hatchback Honda, City Hatchback RS terlihat stylish, sporty, canggih, serta memiliki performa besar, yang mempunyai karakter 11-12 dengan Jazz. Pada review pemilik kali ini, kami akan mengulas City Hatchback RS manual lansiran April 2021. Menurut cerita dari pemilik, ia membeli mobil ini dalam

Top 5 Artikel Pekan Ini, Harga Bekas Innova Reborn Diesel yang Stabil Sampai Carry Bagong Pakai Turbo

Kepopuleran Toyota Innova Reborn diesel rupanya belum luntur oleh waktu. Bahkan kemunculan Innova Zenix dengan teknologi hybrid tidak menghapus kecintaan masyarakat Indonesia akan MPV bermesin diesel tersebut. Tak heran harga jual Toyota Innova Reborn diesel saat ini masih sangat bertahan dan masih banyak peminatnya. Hal itu pula yang menjadikan artikel Autofun khususnya mengenai Toyota Innova Reborn Diesel masih tinggi pembacanya. Berikut 5 artikel paling populer di Autofun periode 10 - 15 Apri

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaru
Hot
Toyota

Toyota Raize

Rp 229,80 - 299,20 Juta

Lihat Mobil
Hot
Daihatsu

Daihatsu Rocky

Rp 214,20 - 265,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Brio

Rp 156,90 - 227,10 Juta

Lihat Mobil
Tidak Dijual
Honda

Honda Jazz

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Hot
Hyundai

Hyundai Palisade

Rp 842,00 - 1,11 Milyar

Lihat Mobil
Hot
Wuling

Wuling Almaz

Rp 279,50 - 470,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda City Hatchback

Rp 333,60 - 362,60 Juta

Lihat Mobil
Hot
Kia

Kia Sonet

Rp 193,00 - 296,00 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX

Rp 849,50 - 949,50 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX Wagon

Rp 975,50 - 1,03 Milyar

Lihat Mobil
Wuling

Wuling Alvez

Rp 209,00 - 295,00 Juta

Lihat Mobil
Daihatsu

Daihatsu Ayla

Rp 103,30 - 161,05 Juta

Lihat Mobil
Varian Baru
Toyota

Toyota Agya

Rp 175,40 - 253,50 Milyar

Lihat Mobil
Land Rover

Land Rover Range Rover Sport

Rp 4,52 Milyar

Lihat Mobil

Perbandingan Mobil Terkait

  • Daihatsu Rocky
    Rp 214,20 Juta
    VS
    Toyota Rush
    Rp 278,80 Juta
    Rocky vs Rush
  • Daihatsu Rocky
    Rp 214,20 Juta
    VS
    Suzuki XL7
    Rp 251,80 Juta
    Rocky vs XL7
  • Daihatsu Rocky
    Rp 214,20 Juta
    VS
    Wuling Almaz
    Rp 279,50 Juta
    Rocky vs Almaz
  • Daihatsu Rocky
    Rp 214,20 Juta
    VS
    Toyota Raize
    Rp 229,80 Juta
    Rocky vs Raize
  • Daihatsu Rocky
    Rp 214,20 Juta
    VS
    Daihatsu Terios
    Rp 214,45 Juta
    Rocky vs Terios
Daihatsu Rocky
Lihat