Ternyata Suzuki Carry Pick Up di Jepang Fiturnya Lebih Lengkap dibanding Indonesia, Padahal Harganya Murah

Siapa sangka Suzuki Carry pick up yang menjadi pilihan utama sebagai kendaraan angkutan barang di Indonesia, juga jadi primadona di negara asalnya, Jepang. Bahkan pick up mungil ini akan genap berumur 60 tahun pada Oktober 2021. 

Untuk merayakan keberhasilan dan kesuksesan Carry tersebut, Suzuki mengeluarkan model baru Carry edisi 60 tahun dengan beberapa ubahan pada eksterior dan transmisi. 

Lantas apa saja perbedaan antar kedua model Carry yang dijual di Jepang dan Indonesia? Mengingat keduanya sama-sama menjadi kendaraan komersial ringan di negara masing-masing.

Baca Juga:Review Suzuki Every Indonesia, Keponakan Carry Asal Jepang Cikal Bakal APV

Kelas dan Dimensi Keduanya Berbeda

Masuk ke kelas kei-truck

Soal kelas, ternyata Suzuki Carry pick up di Jepang masuk sebagai kategori Kei-Truck. Yaitu kategori Kei Car namun jenis kendaraan komersial. Karenanya pick up ini berbekal mesin 660 cc saja. Kemudian dimensinya juga dibatasi. Carry pick up di Jeoang punya panjang 3.400 mm, lebar 1.480 mm, dan tingginya 2.000 mm. 

Lebih besar dari Carry Jepang

Ukuran ini jauh lebih kecil dari Suzuki Carry yang dijual oleh SIS di Indonesia. Sebab pick up tersebut berdimensi (PxLxT) 4.415 mm  x 1.675 mm x 2.150 mm. Kalau melihat dimensi ruang kabin memang mirip, tetapi ukuran bed nya lebih panjang sekitar 600 mm daripada yang versi Jepang. Memungkinkan ini memang strategi Suzuki di Indonesia untuk menambah kapasitas angkut barang lebih banyak dalam satu kali perjalanan

Sanggup angkat beban lebih dari 1 ton

Tentunya dengan pembatasan dimensi juga akan berpengaruh kepada beban angkut yang rendah, hanya sekitar 350 kg. Bandingkan dengan Suzuki Carry di Indonesia yang mampu membawa hingga 1 ton lebih.

Desain bagian depan ada kemiripan

Mengenai desain, keduanya masih memiliki ciri khas pick up Suzuki dengan kabin yang depan kecil dan bed belakang yang panjang. Lampu juga masih halogen dan tetap menggunakan pelek kaleng.

Suzuki Carry di Jepang Pakai Mesin Turbo

Mesin K15B-C tangguh dan irit

Berhubung masuk dalam kei car yang dibatasi hanya 660cc, untuk menambah tenaga mobil ini maka pihak Suzuki Jepang menambahkan turbo. 

Tetapi tetap saja tidak bisa mengalahkan mesin Naturally Aspirated K15B-C bertenaga 97 PS pada putaran 5.600 rpm dan torsi maksimum 135 Nm yang dapat dicapai pada 4.400 rpm

Mesin sama seperti kepunyaan Wagon R

Sedangkan mesin R06A milik Carry Jepang harus puas dengan tenaga yang agak kecil yaitu 50 PS di putaran 6.500 rpm dan torsi maksimum 63 Nm pada putaran 3.500 rpm. 

Tenaga ini agaknya cukup untuk mobil dengan berat hanya 700 kilogram. Berat Carry Pick up di Indonesia sendiri tidak berbeda jauh, hanya 800 kilogram.

Baca Juga : Perbandingan Kia Rio 2021 vs Suzuki Baleno, Kuda Hitam di Segmen Hatchback

Transmisi dan Penggerak Carry di Jepang Spesial

Ada transmisi otomatis Carry di Jepang

Ada satu hal yang membuat Carry di Jepang menjadi istimewa, yaitu hadirnya transmisi otomatis 3 percepatan dan manual 5 percepatan. 

Khusus di ulang tahun ke 60 Carry tahun ini, Suzuki memberikan opsi baru berupa transmisi otomatis 4 percepatan. Menurut Suzuki Jepang. Hal ini dilakukan untuk menarik minat konsumen yang ingin pemakaian individu. 

Di Indonesia hanya manual 5 percepatan

Sayangnya untuk pasar Indonesia. PT SIS hanya menawarkan satu pilihan transmsi manual dan belum ada kabar terbaru soal opsi otomatis.

Selain transmisi menggunakan otomatis, perbedaan lainnya Carry di Jepang dengan Indonesia adalah penggerak 4WD yang bisa dibilang sangat jarang untuk kelas pick up angkutan barang.

Tombol 4WD praktis

Untuk mengganti 2WD ke 4WD menggunakan tuas khusus di belakang tuas transmisi. Ada 4 pilihan mode transmisi yang bisa dipilih yaitu 2H, 4H, N, dan 4L dan semuanya serba otomatis, hanya perlu menekan tombol bertuliskan 4WD.

Banyak pemilik Carry 4WD di Jepang yang menggunakan mobilnya untuk kegiatan offroad, tidak hanya untuk mengangkut barang.

Baca Juga:Suzuki XL7 2021 Pakai Mesin 1.5 L Bertenaga 104 PS, Harganya Mulai Rp224 jutaan!

Suzuki Carry Jepang Dilengkapi Airbag

Desain dasbor khas mobil pick up

Soal urusan kabin bisa dibilang cukup mirip. Mulai dari desain yang khas pick up dan material plastik keras di semua bagian mobil termasuk dashboard dan pintu. Naik turun kaca juga masih model engkol serta sudah ada power steering sebagai standar.

Hanya model tuas transmisi pada varian Carry Jepang penempatannya lebih seperti mobil umum, berbeda dari Carry Indonesia yang berada di dashboard

Selain itu perbedaan juga dari jumlah penumpang, dimana Carry yang dijual disini mampu menampung hingga dua penumpang sedangkan versi Jepangnya hanya satu orang 

Airbag sebagai standar

Kalau menyangkut soal fitur keselamatan, Carry Jepang baru bisa unjuk gigi. Lihat saja dua airbag di bagian setir dan dashboard penumpang, hadir untuk membantu mengurangi cedera kepala akibat tabrakan keras. Sesuatu hal yang sepertinya sangat sulit dihadirkan PT SIS untuk Carry yang dijual di Indonesia.

Selain itu keduanya masih sama soal fitur, seperti adanya AC, speedometer dengan MID, dan Radio.

Masing-Masing Carry Hadir Lewat Dua Varian

Varian Super Carry, bed lebih panjang dan lega

Di Jepang mobil ini hadir dengan dua tipe, yaitu Carry Kei-Truck sebagai standar dan diatasnya ada Super Carry Kei-Truck. Bedanya hanya kelengkapan fitur tambahan dan bed yang lebih panjang.

Soal harga Carry paling murah yaitu Carry Kei-Truck 2WD dibanderol dengan harga 885.000 Yen atau sekitar Rp114 Juta dan termahal Rp148 Juta untuk tipe Super Carry

Carry Wide Bed, muat banyak

Sedangkan untuk pasar Indonesia, Carrry juga hadir dalam dua tipe yaitu Flat Bed dan Wide Bed. masing-masing bisa ditambahkan AC dan Power Steering dengan harga Rp8,5 juta. 

Untuk harga Carry Flat bed adalah Rp152,5 juta dan Wide Bed Rp153,5 juta. Harga keduanya sudah OTR wilayah Jabodetabek.

Suzuki Carry pick up yang dijual di Jepang memang lebih murah karena sudah mendapat potongan pajak pemerintah Jepang terkait Kei-truck.

Kesimpulan

Carry 4WD pakai ban MT untuk offroad, boleh juga

Ternyata walaupun hanya sekedar kendaraan angkutan, tetapi Carry di Jepang lebih banyak fitur keselamatan dan opsi transmisi, belum lagi soal 4WDnya.

Memang penggunaan mobil ini juga berbeda di kedua negara, dengan Indonesia lebih kearah angkutan dan usaha. Sedangkan di Jepang lebih kearah pemakaian pribadi, dan sedikit untuk bisnis.

Baca Juga:Mempromosikan tenaga Hybrid dengan ekstrim,Suzuki swift 2021 juga full hybrid

    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Suzuki Carry

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

2018 Suzuki ERTIGA GX 1.4

Rp 164,00 Juta
Rp 3,34 Juta/bln

17.724 km

5,5 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2019 Honda MOBILIO E 1.5

Rp 171,00 Juta
Rp 3,48 Juta/bln

18.533 km

4,5 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli

2021 Toyota CALYA G 1.2

Rp 150,00 Juta
Rp 3,06 Juta/bln

12.503 km

2 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2022 Honda BRIO SATYA E 1.2

Rp 178,00 Juta
Rp 3,63 Juta/bln

5.503 km

0,5 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli

2022 Toyota AGYA GR SPORT 1.2

Rp 149,00 Juta
Rp 3,04 Juta/bln

5.751 km

1 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli
Lihat Lebih

Video Tiktok

Related Videos

Akhir Perjalanan Tour ILMU Suzuki New Carry Pick Up

Berita Terbaru

Hyundai Stargazer Essential Resmi Diluncurkan dengan Harga Menarik, Ini yang Berubah

PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) menghadirkan Hyundai Stargazer Essential yang menjadi varian baru dari Stargazer, Senin (17/7/2023). Kehadiran Hyundai Stargazer Essential ini ternyata menggantikan tipe Trend. Alhasil, varian Stargazer saat ini untuk urutan termurah sampai termahal adalah Active, Essential, Style dan Prime. Baca juga: Hyundai Stargazer Essential Segera Diluncurkan, Fiturnya Lebih Lengkap Menurut President Director PT Hyundai Motors Indonesia, Woojune Cham kehadiran Stargazer E

Terungkap, MG Cyberster 2023 Bisa Sprint Lebih Cepat dari Ferrari dan Lamborghini

Mobil listrik pertama MG berjeniskan roadster soft top, MG Cyberster 2023 diperkenalkan pertama kali pada April lalu. Pabrikan China berdarah Inggris, MG, hadirkan Cyberster 2023 bukan cuma membawa desain yang agresif sekaligus atraktif, namun juga dengan performa tinggi. Baru-baru ini diungkapkan bahwa mobil listrik ini bahkan lebih cepat dan lebih bertenaga daripada banyak supercar terkemuka dunia. Wang Jian, director of electric propulsion development SAIC Motor, mengatakan Cyberster merupaka

6 Catatan Penting Wuling Air ev Selama di Indonesia

Tepat 11 Agustus 2022, mobil listrik Wuling Air ev memasuki satu tahun kehadirannya di pasar otomotif Indonesia. Nah, bersamaan dengan kehadiran Wuling Motors di Indonesia sejak Juli 2017, merek mobil asal China ini menggelar acara Green Drive Festival dengan mengundang konsumen Air ev serta komunitas Wuling Electric Vehicle Indonesia (WEVI). Dalam acara tersebut, Wuling Motors menghadirkan berbagai aktivitas seru serta penampilan dari stand up comedian, Mongol, dan hingga mendatangkan penyanyi

Review Pemilik: Honda City Hatchback RS 2021, Cocok Buat Dimodif

**Artikel ini adalah pengalaman pribadi dari pemilik Honda City Hatchback RS 2021 Honda City Hatchback RS dihadirkan sebagai penerus Jazz GK5 di Tanah Air. Mewarisi berbagai keunggulan yang menjadi ikonik hatchback Honda, City Hatchback RS terlihat stylish, sporty, canggih, serta memiliki performa besar, yang mempunyai karakter 11-12 dengan Jazz. Pada review pemilik kali ini, kami akan mengulas City Hatchback RS manual lansiran April 2021. Menurut cerita dari pemilik, ia membeli mobil ini dalam

Top 5 Artikel Pekan Ini, Harga Bekas Innova Reborn Diesel yang Stabil Sampai Carry Bagong Pakai Turbo

Kepopuleran Toyota Innova Reborn diesel rupanya belum luntur oleh waktu. Bahkan kemunculan Innova Zenix dengan teknologi hybrid tidak menghapus kecintaan masyarakat Indonesia akan MPV bermesin diesel tersebut. Tak heran harga jual Toyota Innova Reborn diesel saat ini masih sangat bertahan dan masih banyak peminatnya. Hal itu pula yang menjadikan artikel Autofun khususnya mengenai Toyota Innova Reborn Diesel masih tinggi pembacanya. Berikut 5 artikel paling populer di Autofun periode 10 - 15 Apri

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaru
Hot
Toyota

Toyota Raize

Rp 229,80 - 299,20 Juta

Lihat Mobil
Hot
Daihatsu

Daihatsu Rocky

Rp 214,20 - 265,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Brio

Rp 156,90 - 227,10 Juta

Lihat Mobil
Tidak Dijual
Honda

Honda Jazz

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Hot
Hyundai

Hyundai Palisade

Rp 842,00 - 1,11 Milyar

Lihat Mobil
Hot
Wuling

Wuling Almaz

Rp 279,50 - 470,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda City Hatchback

Rp 333,60 - 362,60 Juta

Lihat Mobil
Hot
Kia

Kia Sonet

Rp 193,00 - 296,00 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX

Rp 849,50 - 949,50 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX Wagon

Rp 975,50 - 1,03 Milyar

Lihat Mobil
Wuling

Wuling Alvez

Rp 209,00 - 295,00 Juta

Lihat Mobil
Daihatsu

Daihatsu Ayla

Rp 103,30 - 161,05 Juta

Lihat Mobil
Varian Baru
Toyota

Toyota Agya

Rp 175,40 - 253,50 Milyar

Lihat Mobil
Land Rover

Land Rover Range Rover Sport

Rp 4,52 Milyar

Lihat Mobil

Perbandingan Mobil Terkait

Suzuki Carry
Lihat