Kurang Begitu Diminati, Berikut Kelebihan dan Kekurangan Nissan March

Mobil jenis City Car dengan bentuk Hatchback besutan pabrikan otomotif Nissan, secara resmi dihadirkan pertama kali oleh PT. Nissan Motor Indonesia pada 2010. Selang empat tahun kemudian, City Car pesaing dari Honda Brio, Toyota Agya, bahkan Daihatsu Sirion ini mendapatkan penyegaran yang membuat Nissan March terlihat lebih Eyes-Catching.

Mobil Nissan March tersedia dalam 5 varian. Harga Nissan March berkisar dari Rp 186 juta hingga Rp 226 jutaan. Ini merupakan harga mobil Nissan March 2020. Tentu saja dengan harga mobil March tersebut, banyak yang mengincarnya. Ini dikarenakan spesifikasi Nissan March yang terbilang unggul. Untuk harga Nissan March bekas beragam dikarenakan bergantung pada kondisi mobil tersebut.

Tidak hanya terlihat anyar baik di sektor eksterior maupun interior, Nissan March Facelift juga ditawarkan pilihan mesin terbaru dengan volume kubikasi mencapai 1.498 cc.

Namun sayang, Nissan March harus menerima pil pahit. City Car yang dibandrol mulai dari Rp185.5 juta, kini sudah Discontinued karena memiliki catatan penjualan yang kurang baik di Tanah Air. Padahal secara kualitas, Nissan March dibuat dari bahan produksi yang baik.

Lalu apa kelebihan dan kekurangan Nissan March?

Kelebihan

Kabin luas

Beranjak masuk kedalam kabin Nissan March, kalian akan langsung menemukan adanya kenyamanan. Walaupun terlihat kecil karena hanya memiliki dimensi panjang 3.780 mm, lebar 1.666 mm, dan tinggi 1.514 mm, nyatanya bersinggah di kabin City Car ini terasa lega.

Terlebih dengan adanya ruang bagasi yang cukup luas, dengan kapasitas 251 liter, kalian bisa membawa barang dengan jumlah cukup banyak.

Sistem keselamatan dan keamanan jempolan

Bicara soal keselamatan dan keamanan, Nissan March tengah dilengkapi fitur dengan tingkat jempolan. Mobil mungil yang dapat melenggang bebas menembus kemacetan di jalan kota besar ini, ditanami fitur keselamatan berupa Anti Lock Breaking System(ABS), Electronic Brake-force Distribution(EBD) dan Brake Assist (BA). Selain itu terdapat Vehicle Dynamic Control(VDC) yang berguna memberi kemudahan pengemudi dalam berkendara.

Pada kabin, Nissan March dipersenjatai fitur keselamatan berupa Dual SRS AirBag di bagian depan. Lalu sabuk pengaman tiga titik, serta sensor parkir 4 titik sebagai informasi kepada pengemudi agar menyisihkan jarak terhadap objek tertentu.

Fitur keamanan, Nissan March juga sudah dilengkapi Keyless Entry, Immobilizer, serta tombol Start/Stop Engine.

Ditawarkan dua varian mesin

Nissan March generasi sebelumnya hanya ditawarkan satu varian mesin saja, berkodekan HR12DE, 1.198 cc 3-silinder yang mampu menyemburkan tenaga sebesar 76 PS @6.000 Rpm di angka torsi 10.6 Kgm @4.000 Rpm.

Sedangkan generasi terbaru Nissan March ditawarkan dengan mesin baru yang mana mesin tersebut sama ditanamkan pada Nissan Grand Livina. Menurut data di atas kertas, varian Nissan March 1.5L, memiliki kode mesin HR15DE dengan kapasitas mencapai 1.498 cc. Menyoal tenaga, mesin ini mampu memuntahkan tenaga maksimal hingga 102 PS @6.000 Rpm, yang torsinya maksimalnya tembus hingga 10.4 Kgm @4.400 Rpm.

Keduanya ditawarkan dengan dua pilihan transmisi manual 5-percepatan dan otomatik 4-percepatan.

Suspensi tergolong empuk

Menganut suspensi model Macpherson Strut with Coil Springs di bagian depan dan Torsion Beam pada bagian belakang, nyatanya Nissan March terasa nyaman meskipun dikendarai di medan dengan kontur jalan yang tidak rata sedikitpun.

Kekurangan

Varian mesin 1.2L terasa sangat bergetar

Mesin 1.2L 3-silinder yang sama persis digunakan di semua varian Datsun Go ini, menimbulkan getaran mesin lebih terasa. Hal ini dikarenakan karakteristik mesin 3-silinder memang tidak bisa sehalus mesin 4-silinder.

Body Roll akibat suspensi yang terlalu empuk

Salah satu kekurangan Nissan March akibat suspensi yang terlalu empuk, yakni saat mobil melintas di jalan menikung pada kecepatan tinggi. Mobil akan terasa limbung karena suspensi yang digunakan terlalu empuk. Untuk mengakalinya, kalian bisa mengganti Shockbreaker dengan menggunakan tekanan gas.

Tampilan yang kurang macho

Dibandingkan dengan rivalnya, Nissan March terlihat sangat feminim. Hal ini menjadi salah satu alasan bagi sebagian laki-laki enggan memilih Nissan March sebagai mobilitas sehari-hari.

Tidak adanya Cup Holder di baris kedua

Salah satu pertimbangan untuk meminang kendaraan adalah ketersedianya kepraktisan. Di baris kedua pada Nissan March, tidak tersedianya Cup Holder pada dinding Door Trim. Hal ini cukup disayangkan, mengingat betapa pentingnya fitur ini terlebih jika orang tersebut senang berpergian jauh menggunakan mobil.

Transmisi otomatik belum menggunakan teknologi CVT

Cukup disayangkan Nissan March dengan transmisi otomatik belum menggunakan teknologi CVT. Padahal Datsun Go terbaru dengan mesin yang sama, telah menggunakan transmisi otomatik CVT. Selain itu Nissan Grand Livina yang mesinnya juga ditanam pada Nissan March, juga menggunakan teknologi CVT pada varian otomatik.

Kesimpulan

City Car yang dibandrol mulai dari Rp185.5-Rp225.6 juta ini dirasa pantas untuk dimiliki. Mengingat, kenyaman dan keamanan yang ditawarkan memiliki tingkat jempolan. Soal dimensi di dalam kabin juga tidak seburuk yang dikira. Pada kenyataannya kabin Nissan March terasa lega.

Namun kalian tidak disarankan untuk memilih varian mesin 1.2L. Karena mesin ini menghasilkan getaran lebih besar, sehingga mengurangi kenyamanan dalam berkendara.

Oops... Something broke.
    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia...

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Nissan March

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

2020 Honda BRIO RS 1.2

Rp 189,00 Juta
Rp 3,85 Juta/bln

18.587 km

3 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2022 Honda BRIO SATYA E 1.2

Rp 178,00 Juta
Rp 3,63 Juta/bln

5.503 km

0,5 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli

2021 Honda BRIO RS 1.2

Rp 192,00 Juta
Rp 3,91 Juta/bln

17.289 km

2,5 tahun

Banten

Cek Tawaran Juli

2020 Honda BRIO RS 1.2

Rp 188,00 Juta
Rp 3,83 Juta/bln

3.226 km

3,5 tahun

Banten

Cek Tawaran Juli

2020 Honda BRIO RS 1.2

Rp 187,00 Juta
Rp 3,81 Juta/bln

16.906 km

3,5 tahun

Banten

Cek Tawaran Juli
Lihat Lebih

Video Tiktok

Related Videos

New Nissan March - Review Produk

Berita Terbaru

6 Catatan Penting Wuling Air ev Selama di Indonesia

Tepat 11 Agustus 2022, mobil listrik Wuling Air ev memasuki satu tahun kehadirannya di pasar otomotif Indonesia. Nah, bersamaan dengan kehadiran Wuling Motors di Indonesia sejak Juli 2017, merek mobil asal China ini menggelar acara Green Drive Festival dengan mengundang konsumen Air ev serta komunitas Wuling Electric Vehicle Indonesia (WEVI). Dalam acara tersebut, Wuling Motors menghadirkan berbagai aktivitas seru serta penampilan dari stand up comedian, Mongol, dan hingga mendatangkan penyanyi

Review Pemilik: Honda City Hatchback RS 2021, Cocok Buat Dimodif

**Artikel ini adalah pengalaman pribadi dari pemilik Honda City Hatchback RS 2021 Honda City Hatchback RS dihadirkan sebagai penerus Jazz GK5 di Tanah Air. Mewarisi berbagai keunggulan yang menjadi ikonik hatchback Honda, City Hatchback RS terlihat stylish, sporty, canggih, serta memiliki performa besar, yang mempunyai karakter 11-12 dengan Jazz. Pada review pemilik kali ini, kami akan mengulas City Hatchback RS manual lansiran April 2021. Menurut cerita dari pemilik, ia membeli mobil ini dalam

Top 5 Artikel Pekan Ini, Harga Bekas Innova Reborn Diesel yang Stabil Sampai Carry Bagong Pakai Turbo

Kepopuleran Toyota Innova Reborn diesel rupanya belum luntur oleh waktu. Bahkan kemunculan Innova Zenix dengan teknologi hybrid tidak menghapus kecintaan masyarakat Indonesia akan MPV bermesin diesel tersebut. Tak heran harga jual Toyota Innova Reborn diesel saat ini masih sangat bertahan dan masih banyak peminatnya. Hal itu pula yang menjadikan artikel Autofun khususnya mengenai Toyota Innova Reborn Diesel masih tinggi pembacanya. Berikut 5 artikel paling populer di Autofun periode 10 - 15 Apri

Asyik, Jalan Tol Puncak - Cianjur Segera Dibangun

Pemerintah terus menggeber akses jalan tol di Indonesia, termasuk mempersiapkan pembangunan jalan tol Puncak - Cianjur dengan rute Bogor-Sukabumi-Cianjur-Bandung (Bosuciba). Langkah ini direncanakan langsung oleh Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kota atau Kabupaten, untuk mengurai kemacetan belasan tahun dan meningkatkan ekonomi di wilayah yang menjadi favorit pariwisata. Baca juga: Begini Caranya Biar Lewati Gerbang Tol Tanpa Berhenti Menurut Gubernur Jawa Barat, jalan tol P

Bukan LMPV, Ini Mobil-mobil Honda Terlaris di Indonesia

Penjualan mobil Honda mengalami peningkatan secara nasional hingga 26 persen di semester pertama tahun 2023. Menurut catatan, penjualan retail (dealer ke konsumen) Honda sejak Januari sampai Juni 2023 tercatat 67.797 unit, sedangkan di periode yang sama tahun lalu hanya terjual 53.910 unit. Sales & Marketing and After Sales Director PT Honda Prospect Motor Yusak Billy mengatakan, alasan peningkatan penjualan Honda di semester pertama tak lepas dari penyegaran produk-produk Honda yang diterima ba

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaru
Hot
Toyota

Toyota Raize

Rp 229,80 - 299,20 Juta

Lihat Mobil
Hot
Daihatsu

Daihatsu Rocky

Rp 214,20 - 265,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Brio

Rp 156,90 - 227,10 Juta

Lihat Mobil
Tidak Dijual
Honda

Honda Jazz

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Hot
Hyundai

Hyundai Palisade

Rp 842,00 - 1,11 Milyar

Lihat Mobil
Hot
Wuling

Wuling Almaz

Rp 279,50 - 470,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda City Hatchback

Rp 333,60 - 362,60 Juta

Lihat Mobil
Hot
Kia

Kia Sonet

Rp 193,00 - 296,00 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX

Rp 849,50 - 949,50 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX Wagon

Rp 975,50 - 1,03 Milyar

Lihat Mobil
Wuling

Wuling Alvez

Rp 209,00 - 295,00 Juta

Lihat Mobil
Daihatsu

Daihatsu Ayla

Rp 103,30 - 161,05 Juta

Lihat Mobil
Varian Baru
Toyota

Toyota Agya

Rp 175,40 - 253,50 Milyar

Lihat Mobil
Land Rover

Land Rover Range Rover Sport

Rp 4,52 Milyar

Lihat Mobil

Perbandingan Mobil Terkait

Nissan March
Lihat