Mazda CX-30 menggabungkan proporsi desain yang tegas dari sebuah SUV dengan gaya elegan yang menampilkan bahasa desain KODO khas Mazda. CX-30 generasi baru, termasuk dalam “Mazda Generasi ke-tujuh" (7th Generation) yang diperkenalkan bagi konsumen di Indonesia. Mobil ini hadir sebagai sebuah compact crossover yang mengadopsi sosok SUV dengan gaya elegan khas Mazda.
Program Manager CX-30, Naohito Saga menyebut bila SUV ini disasarkan ke konsumen yang masih lajang atau baru menikah dan memulai kehidupan baru. CX-30 memang dirancang agar mudah dikendarai dan dimensi tubuhnya yang kompak menjadikan mobil ini lebih mudah untuk bermanuver dalam menghadapi berbagai kondisi jalan dan Ialu-Iintas.
CX-30 terinspirasi oleh nilai-nilai estetika Jepang. Bahasa desain ini berasal dari garis sapuan kuas yang digunakan dalam kaligrafi Jepang dari tiga faktor kunci tema desain KODO terbaru, yaitu Yohaku, keindahan ruang kosong; Sori, kurva yang menggambarkan ketenangan dan keseimbangan; serta Utsuroi, permainan cahaya dan bayangan.
Desain khas Mazda CX-30 memiliki aksen tajam dengan kontur pada bumper depan yang lebih solid dengan lekukan yang membuatnya terlihat dinamis. Kemudian, aksen hitam pada bumper belakang yang besar membuatnya terlihat kokoh sebagaimana SUV tangguh.
CX-30 memakai mesin yang sama dengan Mazda CX-3, yaitu SkyActiv-G 2.0L 4-silinder segaris berteknologi DOHC. Kerennya, mobil ini memiliki tenaga dan torsi lebih besar dibanding saudaranya versi hatchback. CX-30 tenaganya mencapai 153 hp atau lebih besar 6 hp dibandingkan CX-3, torsi maksimal tercatat 200 Nm, atau 5 Nm lebih besar.
Tenaga yang lebih besar tentunya cukup bermanfaat bila mobil diajak berpetualang ke luar kota. Mobil punya cukup tenaga dan torsi untuk melahap tanjakan di jalur pegunungan yang berliku, atau ground clearance tinggi yang memudahkan saat lewat jalan berbatu khas pedesaan.
Untuk versi Indonesia, kita patut bersukacita karena pada varian GT telah terdapat fitur Sunroof. Tak kalah menarik, head unit layar sentuh 8,8 inci tipe floating berteknologi Mazda Connect menjadi pusat hiburan dan informasi selama perjalanan.
Masuk ke kabin, kita bisa merasakan suasana berkendara yang memiliki rasa yang menyatu antara mobil dengan sang pengendara (Jinba Ittai). Pengaturan posisi mengemudi diatur lebih tinggi untuk membeirkan ruang pandang yang jelas dan memberikan pengemudi fokus pada jalan.
Bicara soal harga, kita akan melihat sosok CX-30 bukan sebagai crossover biasa. Kelas mobil ini masuk kategori setengah mewah karena harganya hampir setengah miliar.
Bahkan, harga CX-30 tak berbeda jauh dengan CX-5 yang berada di atasnya. Lawan sepadan untuk crossover dengan harga seperti Mazda CX-30 hanyalah Toyota C-HR.
Harga Mazda CX-30 OTR DKI Jakarta:
Mazda CX-30 Touring Rp478.800.000
Mazda CX-30 Touring (Soul Red Crystal/Machine Grey) Rp482.800.000
Mazda CX-30 GT Rp518.800.000
Mazda CX-30 GT (Soul Red Crystal/Machine Grey) Rp522.800.000
PT EMI memperkenalkan tiga tipe New Mazda CX-5 yakni :
Mazda CX-5 Elite : Rp 588.800.000,-
Mazda CX-5 GT : Rp 548.800.000,-
Mazda CX-5 Touring : Rp 508.800.000,-
Kursi baris kedua pada CX-30 terasa terlalu tegak untuk perjalanan jauh dan ruang kaki ternyata tidak cukup lapang. Tidak begitu mengherankan karena memang basisnya memakai hatchback Mazda3. Namun demikian, kabinnya masih proporsional untuk menunjang mobilitas berlibur di akhir pekan.
Sebab, CX-30 ditujukan bagi konsumen yang masih lajang atau baru menikah dan memulai kehidupan baru. Artinya, mobil ini ideal untuk keluarga kecil dimana anak-anak biasanya duduk di kursi belakang.
Crossover diciptakan bagi pengguna mobil yang ingin memiliki kendaraan modis namun juga bisa diajak berpetualang ringan. Artinya, mobil seperti Mazda CX-30 jelas tidak bisa melakukan penjelajahan berat seperti Land Rover atau Jeep Wrangler.
Kemampuan crossover hanya bisa melewati medan off road ringan seperti jalanan berbatu dan tanah khas pedesaan. Dukungan sistem penggerak all wheel drive lebih ditujukan supaya roda dan ban mendapat cengkraman optimal. Jadi, memiliki crossover mewah seperti Mazda CX-30 paling pas diajak jalan-jalan berlibur akhir pekan ke kawasan pegunungan seperti Puncak, Tretes atau Songgoriti yang mayoritas jalannya masih aspal.
Hadirnya Mazda CX-30 mengisi celah kosong antara Mazda CX-3 dan Mazda CX-5. Ukurannya sedikit lebih bongsor dari CX-3 dan punya banyak keunggulan yang diturunkan dari Mazda CX-5.
Sebagai crossover mewah, Mazda mengedepankan sisi kenyamanan dan kenikmatan berkendara. Dengan ground clearance yang cukup tinggi, CX-30 bisa diajak jalan-jalan ke kawasan pedesaan di akhir pekan untuk berlibur.
Namun, karena harganya cukup mahal jadinya kami lebih merekomendasikan CX-5 yang secara ukuran dan fitur lebih lengkap. Dengan harga beda sedikit, kalian yang membeli CX-30 harus menerima kenyataan bahwa ukuran kabinnya masih kalah lega dibandingkan CX-5.
Jaminan Kualitas Mobil
Garansi Satu Tahun
Jaminan 5 Hari Uang Kembali
Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi
2019 Mazda CX-5 ELITE 2.5
45.271 km
4 tahun
Jakarta
2021 Toyota FORTUNER VRZ 4X2 2.4
28.559 km
2,5 tahun
Jawa Barat
2019 Mazda CX-5 ELITE 2.5
28.043 km
4 tahun
Java East
2018 Mazda CX-9 2.5
53.282 km
5 tahun
Jakarta
2021 Toyota RAIZE S 1.0
15.274 km
2 tahun
Jawa Barat