Mobil Listrik Hyundai Ioniq Bakal Disuntik Mati Bulan Depan, Indonesia Juga?

  • Hyundai Ioniq bakal disuntik mati secara global.
  • Pabrikan akan menyetop eksistensi Hyundai Ioniq pada Juli 2022
  • Hal ini menjadi bagian dari strategi Hyundai menghadapi pergeseran tren dunia

Eksistensi mobil listrik Hyundai Ioniq rupanya akan berakhir. Pabrikan memutuskan akan menyuntik mati produk tersebut mulai bulan depan setelah 6 tahun diproduksi di pabrik Ulsan, Korea Selatan. Boleh dibilang Ioniq merupakan pionir mobil listrik yang dikembangkan Hyundai

Mengutip siaran resmi perusahaan, setelah diproduksi terakhir pada Juli 2022, seluruh aktivitas distribusinya di seluruh dunia juga akan dihentikan. Hal ini pun sudah direncanakan matang-matang oleh Hyundai karena perubahan tren. 

Hyundai Ioniq akan disuntik mati bulan depan karena perubahan tren dunia

Baca Juga: 5 Hari, Ada Ribuan Orang Indonesia Pesan Mobil Listrik Hyundai Ioniq 5!

"Penghentian Hyundai Ioniq di seluruh dunia merupakan keputusan yang direncanakan lama oleh Hyundai untuk memenuhi permintaan konsumen yang berubah di sektor otomotif," demikian kutipan pernyataan resmi Hyundai, Selasa (7/6/2022). 

Bagi yang belum tahu, mobil ini pertama kali meluncur pada 2016 lalu. Istimewanya kendaraan ini bisa dikatakan merupakan mobil pertama di dunia yang terbagi dalam 3 jenis sistem penggerak dan dapur pacu: hybrid, plug-in hybrid, dan baterai listrik (BEV). 

Soal jantung mekanisnya untuk tipe hybrid dan plug-in hybrid menggunakan mesin bensin Kappa 1.600 cc 4-silinder dengan teknologi Atkinson-cycle. Keduanya punya perbedaan dari profil baterai dan motor listrik yang disematkan.

Hyundai Ioniq menjadi mobil pertama yang hadir dalam 3 format dapur pacu: hybrid, plug-in hybrid, dan listrik

Hyundai Ioniq Hybrid mengandalkan baterai berkapasitas 1,56 kWh. Adapun versi plug-in hybrid lebih besar lagi karena sesuai tujuannya untuk mengurangi ketergantungan konsumsi bahan bakar. Kapasitas baterainya 8,9 kWh, sehingga dapat melaju dengan tenaga murni dari baterai. 

Sementara itu pada versi listrik murni, awalnya ditenagai oleh baterai dengan kapasitas 28 kWh bertenaga 120 PS dan torsi 285 Nm. Daya jelajahnya 200 kilometer. Hanya saja pada akhir 2019, model ini disegarkan dengan kemampuan yang lebih besar. 

Kapasitas baterainya membengkak menjadi 38,3 kWh. Hal ini juga berpengaruh terhadap outputnya yang menjadi 135 PS dan torsi puncak 295 Nm. Jarak tempuh Hyundai Ioniq listrik versi terbaru juga bisa lebih jauh lagi dalam sekali pengisian penuh hingga mencapai jarak 274 kilometer. 

Hyundai Ioniq memiliki desain liftback

Karena keunggulannya tadi, model ini disebut Hyundai sebagai pemimpin dalam hal pengembangan kendaraan listrik, meskipun sudah tidak diproduks lagi ke depannya. "Namun Ioniq akan tetap menjadi pelopor sejati yang mengguncang industri," lanjut pernyataan Hyundai. 

Baca Juga: Jokowi Luncurkan Hyundai Ioniq 5, Mobil Listrik Pertama Buatan Indonesia

Hyundai Ioniq di Indonesia

Pada 2018, populasi Hyundai Ioniq telah mencapai 106 ribu unit di seluruh dunia. Komposisinya terdiri dari 73.800 hybrid, 25 ribu unit listrik, dan 5.500 unit merupakan kontribusi dari plug-in hybrid. Penjualannya bukan cuma di negara asal dan Eropa, tapi juga meluas hingga Indonesia. 

Peluncurannya dibarengi dengan Hyundai Kona listrik pada akhir 2020 lalu. Tapi Ioniq yang dijual di dalam negeri cuma versi listrik murni dalam varian Prime dan Signature. Sebelum resmi dirilis, mobil listrik ini dijadikan armada transportasi daring dari Bandara Soekarno Hatta. 

Hyundai Ioniq di Indonesia didatangkan langsung dari Korea Selatan

Gayung bersambut, Hyundai Ioniq maupun Kona listrik di Indonesia disambut baik oleh pasar. Ya meskipun tidak besar penjualannya, tapi terbilang moncer. Bahkan keduanya sempat merajai penjualan mobil listrik pada 2021 lalu. 

Sepanjang tahun lalu berdasarkan data wholesales (distribusi dari pabrik ke diler) Gaikindo, ada 685 mobil listrik yang terjual di Indonesia, khusus Kona EV terserap pasar sebanyak 360 unit, sementara Ioniq listrik sukses terjual 228 unit. 

Setelah itu, Hyundai Ioniq 5 meluncur di Tanah Air pada awal 2022. Ini menjadi mobil listrik pertama yang diproduksi di Indonesia lewat pabrik yang berlokasi di Cikarang. Selain untuk dalam negeri, juga untuk memenuhi permintaan ekspor. Selebihnya Hyundai Indonesia belum bersedia berkomentar mengenai kelanjutan Ioniq. Model ini terakhir diimpor pada Maret lalu.

Baca Juga: Test Drive Singkat Hyundai IONIQ Electric, Lebih Tajam dari Peluru

    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Hyundai Ioniq

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

2015 Honda CIVIC 1.8

Rp 219,00 Juta
Rp 4,46 Juta/bln

40.865 km

7,5 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2021 Toyota COROLLA ALTIS V 1.8

Rp 408,00 Juta
Rp 8,31 Juta/bln

12.662 km

2,5 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2017 Toyota VIOS G 1.5

Rp 170,00 Juta
Rp 3,46 Juta/bln

88.383 km

6 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli

2014 Mercedes-Benz E 250 AMG 2.0

Rp 413,00 Juta
Rp 8,41 Juta/bln

53.402 km

9 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli

2019 BMW 3 20I (CKD) 2.0

Rp 551,00 Juta
Rp 11,23 Juta/bln

47.554 km

3,5 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli
Lihat Lebih

Video Tiktok

Related Videos

Mobil Listrik Berkandungan Jagung dan Tebu | Hyundai IONIQ 6

Tingkatkan Masa Depan dengan Hyundai IONIQ 5

Hyudai IONIQ Electric tercipta untuk menemani mobilitas keseharian Anda

Berita Terbaru

Hyundai Stargazer Essential Resmi Diluncurkan dengan Harga Menarik, Ini yang Berubah

PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) menghadirkan Hyundai Stargazer Essential yang menjadi varian baru dari Stargazer, Senin (17/7/2023). Kehadiran Hyundai Stargazer Essential ini ternyata menggantikan tipe Trend. Alhasil, varian Stargazer saat ini untuk urutan termurah sampai termahal adalah Active, Essential, Style dan Prime. Baca juga: Hyundai Stargazer Essential Segera Diluncurkan, Fiturnya Lebih Lengkap Menurut President Director PT Hyundai Motors Indonesia, Woojune Cham kehadiran Stargazer E

Terungkap, MG Cyberster 2023 Bisa Sprint Lebih Cepat dari Ferrari dan Lamborghini

Mobil listrik pertama MG berjeniskan roadster soft top, MG Cyberster 2023 diperkenalkan pertama kali pada April lalu. Pabrikan China berdarah Inggris, MG, hadirkan Cyberster 2023 bukan cuma membawa desain yang agresif sekaligus atraktif, namun juga dengan performa tinggi. Baru-baru ini diungkapkan bahwa mobil listrik ini bahkan lebih cepat dan lebih bertenaga daripada banyak supercar terkemuka dunia. Wang Jian, director of electric propulsion development SAIC Motor, mengatakan Cyberster merupaka

6 Catatan Penting Wuling Air ev Selama di Indonesia

Tepat 11 Agustus 2022, mobil listrik Wuling Air ev memasuki satu tahun kehadirannya di pasar otomotif Indonesia. Nah, bersamaan dengan kehadiran Wuling Motors di Indonesia sejak Juli 2017, merek mobil asal China ini menggelar acara Green Drive Festival dengan mengundang konsumen Air ev serta komunitas Wuling Electric Vehicle Indonesia (WEVI). Dalam acara tersebut, Wuling Motors menghadirkan berbagai aktivitas seru serta penampilan dari stand up comedian, Mongol, dan hingga mendatangkan penyanyi

Review Pemilik: Honda City Hatchback RS 2021, Cocok Buat Dimodif

**Artikel ini adalah pengalaman pribadi dari pemilik Honda City Hatchback RS 2021 Honda City Hatchback RS dihadirkan sebagai penerus Jazz GK5 di Tanah Air. Mewarisi berbagai keunggulan yang menjadi ikonik hatchback Honda, City Hatchback RS terlihat stylish, sporty, canggih, serta memiliki performa besar, yang mempunyai karakter 11-12 dengan Jazz. Pada review pemilik kali ini, kami akan mengulas City Hatchback RS manual lansiran April 2021. Menurut cerita dari pemilik, ia membeli mobil ini dalam

Top 5 Artikel Pekan Ini, Harga Bekas Innova Reborn Diesel yang Stabil Sampai Carry Bagong Pakai Turbo

Kepopuleran Toyota Innova Reborn diesel rupanya belum luntur oleh waktu. Bahkan kemunculan Innova Zenix dengan teknologi hybrid tidak menghapus kecintaan masyarakat Indonesia akan MPV bermesin diesel tersebut. Tak heran harga jual Toyota Innova Reborn diesel saat ini masih sangat bertahan dan masih banyak peminatnya. Hal itu pula yang menjadikan artikel Autofun khususnya mengenai Toyota Innova Reborn Diesel masih tinggi pembacanya. Berikut 5 artikel paling populer di Autofun periode 10 - 15 Apri

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaru
Hot
Toyota

Toyota Raize

Rp 229,80 - 299,20 Juta

Lihat Mobil
Hot
Daihatsu

Daihatsu Rocky

Rp 214,20 - 265,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Brio

Rp 156,90 - 227,10 Juta

Lihat Mobil
Tidak Dijual
Honda

Honda Jazz

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Hot
Hyundai

Hyundai Palisade

Rp 842,00 - 1,11 Milyar

Lihat Mobil
Hot
Wuling

Wuling Almaz

Rp 279,50 - 470,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda City Hatchback

Rp 333,60 - 362,60 Juta

Lihat Mobil
Hot
Kia

Kia Sonet

Rp 193,00 - 296,00 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX

Rp 849,50 - 949,50 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX Wagon

Rp 975,50 - 1,03 Milyar

Lihat Mobil
Wuling

Wuling Alvez

Rp 209,00 - 295,00 Juta

Lihat Mobil
Daihatsu

Daihatsu Ayla

Rp 103,30 - 161,05 Juta

Lihat Mobil
Varian Baru
Toyota

Toyota Agya

Rp 175,40 - 253,50 Milyar

Lihat Mobil
Land Rover

Land Rover Range Rover Sport

Rp 4,52 Milyar

Lihat Mobil

Perbandingan Mobil Terkait

Hyundai Ioniq
Lihat