Punya Empat Tipe, Ini Perbedaan Hyundai IONIQ 5 di Setiap Modelnya

Enda · 1 Apr, 2022 16:30

Perbedaan tipe Hyundai IONIQ 5

Sebagai mobil listrik pertama buatan Indonesia yang diproduksi di pabrik Hyundai di Cikarang, Jawa Barat, Hyundai IONIQ 5 tidak hanya menawarkan desain futuristik. Mid-size crossover yang dibangun di atas Electric-Global Modular Platform (E-GMP) ini juga memiliki beragam fitur menarik sekaligus modern yang diketahui mampu memberikan kenyamanan serta gaya berkendara saat ini.

Mempunyai empat varian berbeda, yakni; Prime Standard Range, Signature Standard Range, Prime Longe Range dan Signature Long Range, secara tampilan sekilas keduanya terlihat sama. Tampilan IONIQ 5 sendiri dipersembahkan Hyundai Pony fokus pada aura dan impresi tampilan yang kuat dan energik.

Pada eksteriornya IONIQ 5 terlihat begitu berkarakter dengan dilengkapi Parametric Pixel LED Headlamps dan Front Center Garnish Hidden LED. Selain itu, kap mesin tipe clamshell membuat IONIQ 5 dapat mengoptimalkan sisi aerodinamika berkendara.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Article_Middle_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649907777923-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649907777923-0'); });

Baca juga: Siap Gulingkan DFSK Glora E, Mitsubishi Tunggu Respon Pasar untuk Minicab MiEV

Perbedaan tipe Hyundai IONIQ 5

Tampilan samping Hyundai IONIQ 5

Bagian sampingnya, handle pintu daripada IONIQ 5 menggunakan tipe model Flush Door Handles yang terlihat rata dengan body saat mobil dalam posisi terkunci. Flush Door Handles ini berfungsi secara manual pada tipe Prime dan bekerja otomatis pada tipe Signature.

Desain dinamis yang menonjol juga ditunjukkan lewat konsep Parametric Dynamics, yaitu sebuah desain garis yang seakan membuat pintu baris pertama menyatu dengan pintu baris kedua. Untuk velgnya, tipe Signature Longe Range berdiameter 20 inci yang diselimuti ban berprofil 255/45. sedangkan tiga varian dibawahnya memakai velg R19 dengan ban 235/55.

Buritannya, IONIQ 5 menampilkan sebuah kendaraan listrik masa depan bergaya modern dengan Parametric Pixel LED Rear Combination Lamps disertai dengan bentuk spoiler yang aerodinamis.

Penasaran ingin tahu perbedaan apa saja yang ada pada setiap variannya? Simak ulasannya berikut ini.

Perberdaan Fitur Unggulan Keempatnya

Perbedaan tipe Hyundai IONIQ 5

Interior Hyundai IONIQ 5

Bicara mengenai fitur unggulan, varian Signature Standard maupun Long Range telah tersematkan Vision Roof yang diketahui dapat meningkatkan visibilitas serta gaya berkendara.

Dari segi kenyamanannya, power adjustment seat with lumbar tersedia di dua bangku pengemudi dan penumpang depan. Tak hanya itu semua bangkunya sudah dilengkapi memory seat configuration, serta front heated and ventilated seat, rear heated seat dan relaxation comfort seat di baris pertama.

Untuk diketahui, pada varian Prime baik Standard maupun Long Range memperoleh power adjustment seat with lumbar hanya di bagian pengemudinya.

Menyoal fitur hiburan, semua varian dibenamkan head unit 12.3-inch Full TFT LCD Touch Audio Display yang dapat terhubung ke smartphone secara nirkabel lewat fitur Bluetooth, atau disambungkan dengan kabel USB melalui USB multimedia port yang tersedia. Khusus tipe Signature baik Standard maupun Long Range dipadukan BOSE Premium Sound System dengan 8 speakers guna menghasilkan kualitas suara yang baik.

Perbedaan tipe Hyundai IONIQ 5

Head unit dan sistem pusat informasi Hyundai IONIQ 5 terhubung 

Lainnya, mobil ini dilengkapi pusat informasi kendaraan berupa tampilan layar 12.3-inch Full TFT LCD instrument cluster, LED ambient mood lighting, dual zone automatic climate control system, dua power outlet 12V yang terletak di konsol depan dan area bagasi, serta USB power outlets yang tersebar di empat titik di area baris depan hingga baris kedua di semua variannya.

Sebagai informasi tambahan, Signature Standard dan Long Range mendapat tambahan wireless smartphone charging system yang terletak di konsol tengah, sliding center consol, power tailgate, dan Vehicle to Load (V2L). Bagi yang belum tahu, V2L pada IONIQ 5 berfungsi mengirimkan daya listrik yang dimiliki mobil untuk menghidupkan perangkat elektronik seperti microwave dengan daya yang dialirkan mencapai 3.600 watt sehingga sangat cocok digunakan untuk camping atau melakukan kegiatan di luar ruang.

Arus listrik V2L dapat diperoleh dari dua sumber yang dapat dipakai bersamaan, yaitu dari port pengisian daya di bagian luar yang dapat difungsikan saat mobil dalam kondisi berhenti atau mati.

Baca juga: Suzuki Mulai Pamer Teknologi Smart Hybrid di IIMS 2022, Tanda Ertiga dan XL7 Terbaru Segera Lahir!

Fitur Keselamatan Hyundai IONIQ 5

Perbedaan tipe Hyundai IONIQ 5

Fitur keselamatan Hyundai IONIQ 5

Sebagai fitur keselamatan standar, semua varian dibekali dengan Anti-lock Braking System (ABS), Brake Assist System (BAS), Electronic Stability Control (ESC), Hill-start Assist Control (HAC), Vehicle Stability Management (VSM), Emergency Stop Signal (ESS), Rear Occupant Alert (ROA) dan Virtual Engine Sound System (VESS) Electric Parking Brake (EPB) with Auto Hold, Tire Pressure Monitor System (TPMS), Parking Distance Warning (PDW), view monitor dan 6 airbags.

Khusus varian Signature Standard dan Long Range telah tersematkan fitur keselamatan pintar berupa Hyundai SmartSense dengan meliputi; Forward Collision-Avoidance Assist (FCA), High Beam Assist (HBA), Driver Attention Warning (DAW), Smart Cruise Control, Lane Keeping & Lane Following Assist (LKA & LFA), Blind-Spot View Monitor (BVM), Blind-Spot Collision-Avoidance Assist (BCA), Rear Cross-Traffic Collision-Avoidance Assist (RCCA) dan Surround View Monitor (SVM).

Prime dan Signature Long Range Menghasilkan Tenaga 217 PS!

Perbedaan tipe Hyundai IONIQ 5

Hyundai IONIQ 5 mampu menghasilkan tenaga 217 PS

Semua Hyundai IONIQ 5 menggunakan motor listrik Permanent Magnet Synchronus Motor (PMSM) dengan mengandalkan penggerak roda belakang. Khusus varian Prime dan Signature Long Range, tenaga yang dihasilkan mencapai 217 PS atau 160 kW. Beda halnya dengan Prime dan Signature Standard, keduanya secara data mampu memeras tenaga 170 PS atau setara dengan 125 kW. Menggunakan baterai jenis Liquid Cooled Lithium-ion, untuk kapasitasnya tipe standard sebesar 58 kW dan 72,6 kW untuk Longe Range

0 - 100 Km/jam Hyundai IONIQ 5 Hanya Butuh 7,4 Detik

Perbedaan tipe Hyundai IONIQ 5

Hyundai IONIQ 5 hanya membutuhkan waktu 7,4 detik untuk 0 - 100 km/jam

Dari segi performa, tipe Prime Standard dan Signature Standard untuk 0 - 100 km/jam hanya butuh waktu 8,5 detik, sedangkan tipe Prime Long Range dan Signature Long Range mampu membuat mobil berakselerasi  dari 0 - 100 km/jam dalam kurun waktu 7,4 detik.

Mengenai jarak tempuhnya IONIQ 5 tipe Prime Standard dan Signature Standard dapat dikendarai sejauh 384 KM dalam kondisi baterai terisi penuh. Bukan cuma itu, tipe Prime Long Range juga memiliki kemampuan jarak tempuh yang lebih panjang dimana bisa dikendarai sejauh 481 KM dan tipe Signature Long Range nya hingga 451 KM berdasarkan WLTP (Worldwide Harmonised Light Vehicle Test Procedure).

Pengisian dayanya, tipe Prime Standard dan Signature Standard membutuhkan waktu 5 jam, sedangkan varian Prime Long Range dan Signature Long Range lebih lama 1 jam untuk mendapatai baterai terisi penuh menggunakan fasilitas wall charger atau AC Charger.

Lebih singkatnya, model Prime Standard dan Signature Standard membutuhkan 46 menit dan 57 menit untuk tipe Prime Long range dan Signature Long Range dengan memanfaatkan pengisian daya fast-charging atau DC Charger berkapasitas daya 50kW untuk mencapai kapasitas 80%.

Berbeda jika menggunakan fasilitas pengisian ultra-fast charger dengan kapasitas daya 350 kW, IONIQ 5 hanya membutuhkan 18 menit untuk mencapai pengisian baterai hingga 80%.

Baca juga: Chery Akan Jual 5 Model di Indonesia Termasuk Mobil Listrik Mungil, Harganya Murah?

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Article_Bottom_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649907953835-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649907953835-0'); });

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Komentar

Mobil Terbaru