Sayonara Hyundai Kona Bensin, Ini Keistimewaan Sang Rival Honda HR-V

Enda · 23 Nov, 2021 20:00

Hyundai Kona bensin

Tampilan depan Hyundai Kona bensin

Kemunculan Hyundai Kona bensin di Indonesia hadir pada tahun 2019 melalui ajang GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS). Mengisi segmen SUV kompak, Kona memiliki penampilan agresif sekaligus eyes catching. Sosok Kona sendiri berhadapan langsung dengan Honda HR-V dan juga Mazda CX-3.

Namun sayang, kiprah Kona ICE (Internal Combustion Engine) di Tanah Air terbilang singkat. Pada medio tahun ini, PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) memutuskan untuk menyudahi penjualan Kona bensin lantaran kurang begitu diminati konsumen Tanah Air. Hal ini dibuktikan dengan data penjualan secara wholesales periode penjualan Januari-Juni 2021, pihaknya hanya berhasil mendistribusikan 5 unit dari pabrik ke dealer.

Ingin tahu apa saja keistimewaan Hyunda Kona bensin? Simak terus ulasannya di bawah ini.

Baca juga: Review Hyundai Kona Electric Facelift: Biaya Operasional Mobil Listrik Emang Murah, Tapi Praktis Gak Ya?

1. Hyundai Kona Bensin Penampilannya Lebih Atraktif Dibandingkan Rivalnya

Hyundai Kona bensin

Hyundai Kona bermesin bensin punya tampilan yang berkarakter

Bicara mengenai bentuk atau desain, sebenarnya setiap orang mempunyai seleranya masing-masing. Namun bagi kami, Hyundai Kona bensin ini memiliki tampilan yang lebih proper sekaligus atraktif dibanding rival terdekatnya.

Secara segmentasi, Kona bensin difokuskan untuk menggaet anak muda berkat tampilannya yang stylish dipadukan dengan warna mencolok. Pada fascianya, mobil ini disematkan grill Cascading serta Twin Headlight Design. Untuk sistem pencahayaannya, Kona bensin mengadopsi lampu utama berteknologi LED projector yang dipadukan DRL berbentuk pipih yang menampilkan kesan atraktif sekaligus sporty.

Kesan atraktif sekaligus sporty semakin kuat berkat kombinasi lampu depan yang unik serta penggunaan grill besarnya. Terlebih adanya difusser di bagian depannya membuat mobil ini terlihat lebih atraktif.

Disampingnya, Kona bensin menampilkan kesan sporty sekaligus dinamis berkat adanya side sill yang dilabur dengan warna silver. Agar terlihat semakin sporty, di pintu bagian bawahnya terdapat side moulding dengan aksen krom serta side skirt. Selain itu juga terdapat electric folding mirror dan teknologi LED Side repeater dengan bentuk yang minimalis.

Hyundai Kona bensin

Tampilan samping Hyundai Kona bensin

Untuk lingkar rodanya, Kona bensin menggunakan velg alloy model multi spoke berkelir silver yang diselimuti ban berprofil 215/55 R17 dengan tampilan sporty. Agar lebih mempertegas kesan crossover, di atapnya juga terdapat roof rail yang bisa dimanfaatkan untuk membawa barang dengan mudah.

Menyesuaikan bentuk body secara keseluruhan agar terlihat sporty, di bagian belakang Hyundai Kona bensin terdapat rear spoiler bersama high stop mount lamp berteknologi LED. Kesan stylish juga terpancar pada lampu belakangnya yang dibuat sipit. Melihat pada bumpernya, mobil ini terlihat atraktif berkat lekukan yang diterima terlebih adanya under guard dengan warna silver yang dibuat berkarakter.

Sayonara Hyundai Kona Bensin, Ini Keistimewaan Sang Rival Honda HR-V 03

Oh iya, mempunyai bukaan pintu bagasi yang rendah, pengguna Hyundai Kona bensin akan merasa lebih mudah ketika ingin memasukkan barang ke dalam bagasi.

2. Hyundai Kona Bensin Punya Fitur Menarik

Hyundai Kona bensin

Interior Hyundai Kona bensin

Hyundai Kona bensin menawarkan kesan premium pada tampilan dalamnya. Dimana beberapa bagiannya menawarkan material soft touch serta lapisan kulit. Agar lebih stylish dan disukai kaula muda, mobil ini disematkan aksen garis warna merah dan lime.

Bicara mengenai fitur hiburannya, Kona bensin memperoleh head unit layar sentuh 7 inci Navi x Screen bergaya floating yang mendukung format radio, Aux, USB, monitor kamera belakang, Android Auto serta Apple CarPlay.

Untuk memudahkan pengemudi dalam melakukan pengaturan, pada lingkar kemudi dengan kemampuan tilt & telescopic tersebut mendapatkan tombol switch control di kedua sisinya yang terkoneksi dengan sistem hiburan, serta panel instrument dengan layar 3.5 inci TFT LCD pada bagian tengah yang berfungsi menampilkan informasi penting seputar status kendaraan pada pengemudi.

Pada center clusternya, kalian bisa menjumpai keberadaan full auto air conditioner yang memberikan kemudahan dan kenyamanan kepada penggunananya. Selain itu, disebelahnya terdapat tombol Smart key with push-button start yang mana untuk menyalakan dan mematikan mobil hanya cukup dengan sekali tekan.

Baca juga: Sedan Listrik Genesis Electrified G80 Jadi Mobil Resmi KTT G20 2022, Spesifikasinya Lebih Mewah dari S-Class

3. Fitur Keselamatan Hyundai Kona Bensin dengan Kualitas Jempolan

Hyundai Kona bensin

Fitur keselamatan Hyundai Kona bensin

Bicara fitur keselamatan, Hyundai Kona bensin mendapatkan Anti-lock Braking System (ABS) with Electronic Brakeforce Distribution (EBD), sensor parkir, kamera belakang, 6 airbags (2 di depan untuk pengemudi & penumpang, 2 di samping (thorax) kiri & kanan, 2 di samping (curtain) kiri & kanan), Tire Pressure Monitoring System (TPMS) dan struktur rangka baja yang mampu menyerap energy ketika terjadi tabarakan sehingga melindungi setiap penggunannya.

Tak hanya itu, Hyundai Kona bensin juga disematkan fitur keselamatan berupa Electronic Stability Control (ESC) yang memerikan kestabilan ketika melaju di jalan bergelombang, Hill-start Assist Control (HAC) memudahkan pengendara saat berkendara di jalan menanjak tanpa khawatir kendaraan akan tergelincir, serta Downhill Brake Control (DBC) yang menjaga laju kendaraan saat melalui jalan menurun yang curam sekalipun.

Oh iya, sebagai informasi tambahan sistem pengereman Hyundai Kona bensin menggunakan ventilated disc di roda depan dan solid disc pada roda belakangnya.

4. Menggunakan Mesin 2.000 Cc, Hyundai Kona Bensin Tetap Hemat Bahan Bakar

Hyundai Kona bensin

Mesin Nu 2.0 MPI Atkinson yang tersematkan pada Hyundai Kona

Keistimewaan lain yang ada pada Hyundai Kona bensin adalah jantung pacunya. Seperti yang diketahui, mobil ini dibenamkan mesin berteknologi Atkinson cycle yang dikenal ramah lingkungan. Untuk tenaganya, mesin NU berkapasitas 1.999 cc 4-silinder segaris DOHC, Multi Point Injection (MPI), 16-valve (HLA) yang tersematkan secara melintang mampu memeras tenaga hingga 149 PS @6.200 rpm serta torsi maksimal 180 Nm @4.500 rpm.

Dengan emisi gas buang standar Euro4, tenaga yang dihasilkan kemudian ditranslasi ke penggerak roda depan (FWD) menggunakan transmisi 6-percepatan shiftronic. Untuk menyesuaikan keinginan gaya berkendara, Kona bensin hadir dalam tiga pilihan mode berkendara, yakni; Comfort, Eco, dan Sport.

Hyundai Kona bensin

Instrument cluster Hyundai Kona bensin

Dalam pengetesannya, mesin 2.0L yang disematkan pada Hyundai Kona bensin hanya membutuhkan waktu 9,3 detik dari 0-100 km/jam. Untuk kecepatan maksimalnya berada di angka 200 km/jam.

Bicara mengenai konsumsi BBM-nya, beberapa pengujian yang pernah dilakukan teman media, penggunaan dalam kotanya mampu mencatatkan angka 10 km/liter. Sedangkan untuk luar kota, mobil ini mampu menempuh jarak 15 km/liter.

Baca juga: Toyota BZ4X 2023, SUV Compact yang Lebih Tangguh dari Hyundai Kona Electric

 

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

Hyundai Kona 2.0L

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru