Harga Pasarannya di Bawah Rp150 Jutaan, Pilih Nissan Juke atau X-Trail T31?

Nissan menjadi salah satu merek Jepang yang harga bekasnya cukup terjangkau. Untuk kelas harga bekas di bawah Rp150 juta, terdapat dua pilihan menarik besutan pabrikan asal Yokohama, yaitu Nissan Juke atau Nissan X-Trail T31.

Keduanya hadir mengisi segmen yang agak berbeda, dimana Juke adalah crossover sedangkan Nissan X-Trail T31 masuk kategori medium SUV. Nissan merilis keduanya sebagai mobil yang nyaman dan handal untuk situasi perkotaan dan medan off road ringan.

Penampilannya juga unik dan menarik, dimana X-Trail dengan aksen tegas dan untuk Juke gayanya sedikit ekstrim. Selebihnya, kalian tinggal menyesuaikan gaya dengan selera masing-masing. Kali ini kami akan membandingkan soal kelebihan dari setiap model, untuk referensi para Nissan Lovers yang ingin membelinya.

Berikut ini perbandingan Nissan Juke dan X-Trail T31 yang perlu kalian ketahui.

Nissan X-Trail T31, SUV Monokok yang Komplit Soal Performa dan Kenyamanan

Desainnya T31 ini khas SUV modern yang tegas dan mengkotak, namun guratan garis desainnya membuat mobil ini tidak terlihat kaku. Tak heran, penampilannya yang gagah membuat Nissan X-Trail sering diandalkan oleh pihak kepolisian dan juga pihak Tentara Nasional Indonesia sebagai mobil dinas. 

Salah satu faktor yang membuat X-Trail T31 ini masih layak diburu adalah kenyamanan berkendaranya. Nissan X-Trail merupakan mobil bertipe monocoque (monokok) dengan suspensi MacPherson Strut dengan Stabilizer bar di bagian depan dan di bagian belakang memakai suspensi Multi-Link Stabilizer Bar.

Soal performa pun cukup mantap, dengan dukungan mesin bertenaga besar. Nissan X-Trail T31 dibekali mesin bensin 2.5 liter dan 2.0 liter. 

Untuk opsi 2.5 liter didukung mesin berkode QR25DE dapat menghasilkan tenaga maksimal sebesar 170 Hp/6.000 rpm dan torsi bahan bakar yang dihasilkan mencapai 237 Nm/4.000 rpm.

2017 Nissan X-TRAIL 2.5
Rp 281,30 Juta
Rp 5,09 Juta/bln
Dapatkan
60.652 km
6 tahun
Jakarta
2015 Nissan X-TRAIL 2.5
Rp 212,00 Juta
Rp 4,69 Juta/bln
Dapatkan
67.101 km
8 tahun
Jakarta
2016 Nissan X-TRAIL 2.5
Rp 276,40 Juta
Rp 5,00 Juta/bln
Dapatkan
29.126 km
7 tahun
Banten

Sementara itu untuk opsi mesin yang lebih kecil hadir dengan kapasitas 2.0 liter dengan kode MR20DE yang dapat menghasilkan tenaga maksimal sebesar 139,3 hp/ 6000rpm dan torsi yang dihasilkan mencapai 198 Nm/4000rpm. 

Tenaganya cukup besar dan didistribusikan ke roda depan melalui transmisi CVT atau manual 6-percepatan ke roda depan. Pemakaian transmisi CVT ini bertujuan supaya akselerasinya halus dan tanpa jeda.

Fitur Kenyamanan dan Keselamatan di Nissan X-Trail T31 Cukup Lengkap

Sebagai sebuah SUV medium, tentunya fitur yang dimiliki oleh Nissan X-Trail T31 termasuk komplit. Desain interior kembali proper, dengan panel instrumen kembali berpindah ke depan pengemudi. 

Pada panel instrumen telah terpampang layar Multi Information Display yang diapit speedometer dan takometer. Pengaturan AC mobil terbilang lengkap untuk arah semburannya serta dilengkapi dengan heater. Head unit X-Trail T31 versi facelift telah menggunakan monitor, namun belum layar sentuh yang mendukung CD, radio AM/FM, TV dan SD Card.  

Sebagai SUV medium, Nissan X-Trail T31 juga dilengkapi dengan fitur keselamatan yang mumpuni. Sebut saja ada ABS, EBD, dan BA serta Dual SRS Airbag. Untuk SUV bekas dengan harga di bawah Rp150 jutaan, fitur yang dimiliki T31 sudah sangat oke. 

Nissan Juke, Crossover Dengan Gaya Nyentrik

Untuk ukuran yang lebih mungil, Juke menjadi opsi lain yang cukup menarik. Untuk pasaran harga bekasnya saat ini Juke ditawarkan mulai dari Rp105 juta. Juke juga hadir dalam konfigurasi kursi 5-seater seperti X-Trail T31. 

Namun kalian perlu menyadari kalau interior Juke tak seluas X-Trail terutama di baris kedua. Bisa dibilang Juke ini lebih driver oriented karena layout ruang kokpit yang ergonomis. 

2014 Nissan JUKE RX RED EDITION 1.5
Rp 157,63 Juta
Rp 2,85 Juta/bln
Dapatkan
59.336 km
9 tahun
Jakarta
2012 Nissan JUKE RX 1.5
Rp 130,90 Juta
Rp 2,37 Juta/bln
Dapatkan
92.387 km
11,5 tahun
Jawa Barat
2013 Nissan JUKE RX 1.5
Rp 153,20 Juta
Rp 2,77 Juta/bln
Dapatkan
52.779 km
10 tahun
Jakarta

Lantas apa saja hal menarik dari Nissan Juke ini? 

Pakai Mesin 1.5 Liter Serupa Grand Livina, Perawatan Nissan Juke Relatif Mudah

Keistimewaan yang dimiliki mobil ini ada pada jantung pacunya. Menurut spesifikasi, Nissan Juke menggendong mesin 1.500 cc yang sama persis digunakan oleh Livina dan Evalia.

Di atas kertas, mesin bensin injeksi dengan kode HR15DE Dual CVTV DOHC 4-silinder segaris berkubikasi 1.498 cc dapat meletupkan tenaga hingga 114 PS di angka 6.000 rpm serta torsi 150 Nm di putaran 4.000 rpm. Adapun tenaga yang dihasilkan ditranslasi ke penggerak roda depan, dan untuk tingkat percepatannya hanya ditawarkan dengan transmisi Xtronic CVT.

Sama-sama memakai transmisi CVT, tentu membuat sensasi berkendara cukup halus saat akselerasi. Jeda perpindahan gigi seperti pada transmisi otomatis konvensional tak muncul pada transmisi CVT. 

Fitur Kenyamanan dan Keselamatan Tak Kalah Komplit Daripada X-Trail T31

Sistem hiburan di Nissan Juke menggunakan 2 DIN layar sentuh berukuran 7 inci yang mendukung konektifitas Wi-Fi, MP3 Function, USB Connection, AUX serta Bluetooth Connection. Guna memudahkan pengemudi disaat melakukan penyetelan, pada lingkar kemudinya dilengkapi dengan control switch steering.

Perlu diketahui, untuk sistem pendingin udaranya Nissan Juke telah mengaplikasikan climate control. Dan untuk menyesuaikan keingininan pengemudi, maka Nissan sendiri telah memberikan tiga mode berkendara, meliputi NORMAL, SPORT dan ECO.

Menyoal faktor keselamatan, Nissan Juke dibekali dengan fitur yang terbilang lengkap di zamannya. Seperti yang terlihat, untuk fitur keselamatan aktifnya dilengkapi dengan Anti-lock Braking System (ABS) serta Electronic Brake Distribution.

Lain dari itu, Juke juga dilengkapi dengan rear parking sensor dan rear view camera yang terintergrasi dengan head unit layar sentuh berukuran 7 inci untuk memudahkan pengguna ketika memakirkan kendaraan. Untuk keselamatan pasifnya terdapat SRS airbag, ISOFIX dan seat belt yang tersedia disemua kursinya.

Kesimpulan

Dengan kisaran harga dan konfigurasi yang mirip, keduanya hadir untuk memenuhi kebutuhan yang berbeda. Juke mengandalkan tampang yang modis tapi interiornya serba sempit sedangkan X-Trail kabinnya proper untuk kendaraan keluarga.

Jadi, segmentasi Juke ini cenderung cocok untuk mobilnya anak muda atau mobil pelengkap. Nissan X-Trail dengan segala kepraktisannya ini menyasar pengguna yang usianya lebih dewasa. 

Oops... Something broke.
    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Au...

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Nissan X Trail

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

2021 Wuling ALMAZ LT LUX CVT 1.5

Rp 280,00 Juta
Rp 5,71 Juta/bln

18.872 km

2,5 tahun

Java East

Cek Tawaran Juli

2021 Wuling ALMAZ RS LT LUX + SC CVT 1.5

Rp 295,00 Juta
Rp 6,01 Juta/bln

38.223 km

2 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2021 Wuling ALMAZ RS LT LUX + SC CVT 1.5

Rp 295,00 Juta
Rp 6,01 Juta/bln

49.476 km

2 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli

2021 Honda HR-V E 1.5

Rp 304,00 Juta
Rp 6,19 Juta/bln

38.935 km

2,5 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2021 Wuling ALMAZ LT LUX + SC CVT 1.5

Rp 295,00 Juta
Rp 6,01 Juta/bln

29.075 km

2,5 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli
Lihat Lebih

Video Tiktok

Related Videos

Review Produk New Nissan X-Trail

SUV Kota Nissan X-Trail Yang Serba Baru

New 2021 Nissan Juke Enigma special edition—a classier, sleeker version

New 2021 Nissan Juke with a Bold Stylish Design

The Nissan Juke is a fun little car!!

Berita Terbaru

Hyundai Stargazer Essential Resmi Diluncurkan dengan Harga Menarik, Ini yang Berubah

PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) menghadirkan Hyundai Stargazer Essential yang menjadi varian baru dari Stargazer, Senin (17/7/2023). Kehadiran Hyundai Stargazer Essential ini ternyata menggantikan tipe Trend. Alhasil, varian Stargazer saat ini untuk urutan termurah sampai termahal adalah Active, Essential, Style dan Prime. Baca juga: Hyundai Stargazer Essential Segera Diluncurkan, Fiturnya Lebih Lengkap Menurut President Director PT Hyundai Motors Indonesia, Woojune Cham kehadiran Stargazer E

Terungkap, MG Cyberster 2023 Bisa Sprint Lebih Cepat dari Ferrari dan Lamborghini

Mobil listrik pertama MG berjeniskan roadster soft top, MG Cyberster 2023 diperkenalkan pertama kali pada April lalu. Pabrikan China berdarah Inggris, MG, hadirkan Cyberster 2023 bukan cuma membawa desain yang agresif sekaligus atraktif, namun juga dengan performa tinggi. Baru-baru ini diungkapkan bahwa mobil listrik ini bahkan lebih cepat dan lebih bertenaga daripada banyak supercar terkemuka dunia. Wang Jian, director of electric propulsion development SAIC Motor, mengatakan Cyberster merupaka

6 Catatan Penting Wuling Air ev Selama di Indonesia

Tepat 11 Agustus 2022, mobil listrik Wuling Air ev memasuki satu tahun kehadirannya di pasar otomotif Indonesia. Nah, bersamaan dengan kehadiran Wuling Motors di Indonesia sejak Juli 2017, merek mobil asal China ini menggelar acara Green Drive Festival dengan mengundang konsumen Air ev serta komunitas Wuling Electric Vehicle Indonesia (WEVI). Dalam acara tersebut, Wuling Motors menghadirkan berbagai aktivitas seru serta penampilan dari stand up comedian, Mongol, dan hingga mendatangkan penyanyi

Review Pemilik: Honda City Hatchback RS 2021, Cocok Buat Dimodif

**Artikel ini adalah pengalaman pribadi dari pemilik Honda City Hatchback RS 2021 Honda City Hatchback RS dihadirkan sebagai penerus Jazz GK5 di Tanah Air. Mewarisi berbagai keunggulan yang menjadi ikonik hatchback Honda, City Hatchback RS terlihat stylish, sporty, canggih, serta memiliki performa besar, yang mempunyai karakter 11-12 dengan Jazz. Pada review pemilik kali ini, kami akan mengulas City Hatchback RS manual lansiran April 2021. Menurut cerita dari pemilik, ia membeli mobil ini dalam

Top 5 Artikel Pekan Ini, Harga Bekas Innova Reborn Diesel yang Stabil Sampai Carry Bagong Pakai Turbo

Kepopuleran Toyota Innova Reborn diesel rupanya belum luntur oleh waktu. Bahkan kemunculan Innova Zenix dengan teknologi hybrid tidak menghapus kecintaan masyarakat Indonesia akan MPV bermesin diesel tersebut. Tak heran harga jual Toyota Innova Reborn diesel saat ini masih sangat bertahan dan masih banyak peminatnya. Hal itu pula yang menjadikan artikel Autofun khususnya mengenai Toyota Innova Reborn Diesel masih tinggi pembacanya. Berikut 5 artikel paling populer di Autofun periode 10 - 15 Apri

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaru
Hot
Toyota

Toyota Raize

Rp 229,80 - 299,20 Juta

Lihat Mobil
Hot
Daihatsu

Daihatsu Rocky

Rp 214,20 - 265,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Brio

Rp 156,90 - 227,10 Juta

Lihat Mobil
Tidak Dijual
Honda

Honda Jazz

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Hot
Hyundai

Hyundai Palisade

Rp 842,00 - 1,11 Milyar

Lihat Mobil
Hot
Wuling

Wuling Almaz

Rp 279,50 - 470,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda City Hatchback

Rp 333,60 - 362,60 Juta

Lihat Mobil
Hot
Kia

Kia Sonet

Rp 193,00 - 296,00 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX

Rp 849,50 - 949,50 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX Wagon

Rp 975,50 - 1,03 Milyar

Lihat Mobil
Wuling

Wuling Alvez

Rp 209,00 - 295,00 Juta

Lihat Mobil
Daihatsu

Daihatsu Ayla

Rp 103,30 - 161,05 Juta

Lihat Mobil
Varian Baru
Toyota

Toyota Agya

Rp 175,40 - 253,50 Milyar

Lihat Mobil
Land Rover

Land Rover Range Rover Sport

Rp 4,52 Milyar

Lihat Mobil

Perbandingan Mobil Terkait

Nissan X Trail
Lihat