Serupa Tapi Tak Sama, Ketahui Perbedaan Antara Suzuki Vitara, Escudo dan Sidekick

Pada dekade 1990-an, Suzuki menjadi salah satu pabrikan Jepang yang populer dengan lini SUV mereka. Tak cuma memiliki Katana, Suzuki juga memasarkan SUV long wheelbase dalam keluarga Escudo. Mungkin kalian bingung mengetahui perbedaan antara Suzuki Vitara, Escudo dan Sidekick karena wujudnya yang mirip.

Secara garis besar, ketiganya ini memang dibangun dari basis yang sama dengan kode body SB416. Awal kehadiran Vitara ataupun Escudo ini karena Suzuki ingin mengisi segmen SUV tradisional yang lebih mewah daripada Jimny/Katana. Diferensiasi model ini dilakukan oleh pihak Suzuki Indomobil dengan tujuan membedakan spesifikasi dan segmen masing-masing model.

Perlu kalian ketahui, mobil ini di luar negeri dijual dengan hanya menggunakan satu nama, entah Escudo (Jepang), Vitara (Eropa, Amerika Latin, Australia) atau Sidekick (Amerika Serikat). Namun cuma di Indonesia, mobil ini dijual dengan 3 nama sekaligus. Ini membuat Indonesia menjadi satu-satunya negara di dunia yang menjual mobil ini dengan semua nama dan tipe.

Lantas apa dan bagaimana asal usul Suzuki Indomobil membedakan segmentasi antara Vitara, Escudo dan Sidekick? Berikut ini ulasannya.

Awal Mula Pemisahan Model Suzuki Vitara, Escudo dan Sidekick di Indonesia

Suzuki Vitara adalah basis utama untuk kedua mobil lainnya yaitu Escudo dan Sidekick. Mobil ini diciptakan dengan konsep penggabungan antara ketangguhan SUV, kepraktisan ala MPV dan kenyamanan Sedan dalam satu mobil.

Vitara mengawali kehadirannya di Indonesia di tahun 1992 sebagai SUV dengan fitur terlengkap, dan memakai penggerak 4x4. Suzuki Indomobil membawa masuk ke Indonesia tanpa penurunan spek, dengan trim JX dan JLX. 

Perbedaannya yaitu tipe JX hanya dilengkapi power steering dan central lock saja. Sedangkan tipe JLX memiliki fitur paling lengkap, misalnya electric mirror, pengatur AC dengan heater, wiper belakang, defogger, body stripe hingga side mould.

Suzuki Vitara didukung mesin G16A karburator 1600cc 4 silinder segaris SOHC 8 katup yang kemudian di update dengan mesin karburator G16B 16 katup pada tahun 1996. Mesin ini turut digunakan untuk Escudo dan Sidekick yang muncul beberapa tahun setelahnya.

Karena memakai penggerak 4x4, maka ground clearance Vitara juga lebih tinggi dan kaki-kaki yang lebih kuat. Sehingga sangat cocok untuk dipasangkan roda dan ban berukuran besar.

Akibat sistem perpajakan mobil 4x4 yang cukup tinggi di era 90-an, maka Suzuki Vitara kurang laku karena harganya yang cukup mahal. Supaya pasarnya semakin luas, Suzuki mengambil inisiatif dengan cara merombak sistem penggerak Vitara menjadi 4x2 lalu diberi nama Escudo, yang diluncurkan pada tahun 1994. 

Suzuki Escudo, Hadir Sebagai Versi 4X2 Dari Vitara yang Lebih Terjangkau

Hadir dalam versi 4x2 tentu membuat harga jual Suzuki Escudo jadi lebih terjangkau ketimbang Vitara. Escudo langsung merajai pasar otomotif nasional dalam penjualan SUV. 

Wajar saja, karena Escudo memiliki fitur lengkap jika dibandingkan dengan kompetitornya yaitu Daihatsu Feroza pada masa itu. Larisnya Escudo karena memiliki spesifikasi nyaris sama seperti Vitara namun tidak memiliki penggerak 4x4 dan hanya menggunakan mesin karburator.

Tipe dan kelengkapan yang tersedia di Escudo juga sama seperti di Vitara yaitu JX dan JLX. Kemudian pada pertengahan 1995, Suzuki Escudo mengalami facelift dengan perbedaan ada pada dashboard dan bentuk setir. 

Untuk tampilan eksteriornya hampir sama seperti versi sebelum facelift, kecuali grill depan yang berubah menjadi 6 kotak. Pada tahun 1995 akhir muncul Suzuki Escudo Nomade yang merupakan facelift sebenarnya dari Suzuki Escudo. 

Versi Nomade ini lebih sporty dengan penambahan side mould dan spoiler di sekeliling bodi. Selain itu pada pilihan warnanya juga sudah disediakan warna two tone.

Suzuki Sidekick, Tipe Terbawah dan Termurah di Keluarga Vitara

Bila kedua model dari seri SB416 ini mengisi kasta menengah atas, tidak demikian dengan Suzuki Sidekick. Tahun 1996 Suzuki Sidekick hadir dengan tampilan yang sepintas sama persis dengan  Escudo. Mobil ini menjadi versi spec down yang memiliki fitur yang jauh lebih sedikit dibandingkan Suzuki Vitara dan Escudo. 

Demi menekan harga, Suzuki Sidekick ini tidak dilengkapi dengan power window, electric mirror, radio tape, center console, heater, wiper belakang, defoger, side mould dan body stripe. Eksteriornya juga tidak istimewa, karena pada bumper pakai warna hitam doff, tidak dicat sewarna body, door trim rata, velg kaleng dan konon materialnya sedikit dibawah Suzuki Escudo dan Vitara. 

 

Oops... Something broke.
    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Au...

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Suzuki Vitara Brezza

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

2021 Toyota RAIZE S 1.0

Rp 235,00 Juta
Rp 4,79 Juta/bln

15.274 km

2 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli

2021 Kia SONET DYNAMIC 1.5

Rp 251,00 Juta
Rp 5,11 Juta/bln

12.742 km

2 tahun

Java East

Cek Tawaran Juli

2021 Daihatsu TERIOS X 1.5

Rp 205,00 Juta
Rp 4,18 Juta/bln

19.465 km

2,5 tahun

Banten

Cek Tawaran Juli

2021 Toyota RAIZE GR SPORT TSS 1.0

Rp 243,00 Juta
Rp 4,95 Juta/bln

14.811 km

2 tahun

Banten

Cek Tawaran Juli

2021 Daihatsu ROCKY X 1.2

Rp 197,00 Juta
Rp 4,01 Juta/bln

13.726 km

1,5 tahun

Banten

Cek Tawaran Juli
Lihat Lebih

Video Tiktok

Related Videos

Next-gen 2021 Maruti Suzuki Vitara Brezza | A Bold New Design Language

Berita Terbaru

Hyundai Stargazer Essential Resmi Diluncurkan dengan Harga Menarik, Ini yang Berubah

PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) menghadirkan Hyundai Stargazer Essential yang menjadi varian baru dari Stargazer, Senin (17/7/2023). Kehadiran Hyundai Stargazer Essential ini ternyata menggantikan tipe Trend. Alhasil, varian Stargazer saat ini untuk urutan termurah sampai termahal adalah Active, Essential, Style dan Prime. Baca juga: Hyundai Stargazer Essential Segera Diluncurkan, Fiturnya Lebih Lengkap Menurut President Director PT Hyundai Motors Indonesia, Woojune Cham kehadiran Stargazer E

Terungkap, MG Cyberster 2023 Bisa Sprint Lebih Cepat dari Ferrari dan Lamborghini

Mobil listrik pertama MG berjeniskan roadster soft top, MG Cyberster 2023 diperkenalkan pertama kali pada April lalu. Pabrikan China berdarah Inggris, MG, hadirkan Cyberster 2023 bukan cuma membawa desain yang agresif sekaligus atraktif, namun juga dengan performa tinggi. Baru-baru ini diungkapkan bahwa mobil listrik ini bahkan lebih cepat dan lebih bertenaga daripada banyak supercar terkemuka dunia. Wang Jian, director of electric propulsion development SAIC Motor, mengatakan Cyberster merupaka

6 Catatan Penting Wuling Air ev Selama di Indonesia

Tepat 11 Agustus 2022, mobil listrik Wuling Air ev memasuki satu tahun kehadirannya di pasar otomotif Indonesia. Nah, bersamaan dengan kehadiran Wuling Motors di Indonesia sejak Juli 2017, merek mobil asal China ini menggelar acara Green Drive Festival dengan mengundang konsumen Air ev serta komunitas Wuling Electric Vehicle Indonesia (WEVI). Dalam acara tersebut, Wuling Motors menghadirkan berbagai aktivitas seru serta penampilan dari stand up comedian, Mongol, dan hingga mendatangkan penyanyi

Review Pemilik: Honda City Hatchback RS 2021, Cocok Buat Dimodif

**Artikel ini adalah pengalaman pribadi dari pemilik Honda City Hatchback RS 2021 Honda City Hatchback RS dihadirkan sebagai penerus Jazz GK5 di Tanah Air. Mewarisi berbagai keunggulan yang menjadi ikonik hatchback Honda, City Hatchback RS terlihat stylish, sporty, canggih, serta memiliki performa besar, yang mempunyai karakter 11-12 dengan Jazz. Pada review pemilik kali ini, kami akan mengulas City Hatchback RS manual lansiran April 2021. Menurut cerita dari pemilik, ia membeli mobil ini dalam

Top 5 Artikel Pekan Ini, Harga Bekas Innova Reborn Diesel yang Stabil Sampai Carry Bagong Pakai Turbo

Kepopuleran Toyota Innova Reborn diesel rupanya belum luntur oleh waktu. Bahkan kemunculan Innova Zenix dengan teknologi hybrid tidak menghapus kecintaan masyarakat Indonesia akan MPV bermesin diesel tersebut. Tak heran harga jual Toyota Innova Reborn diesel saat ini masih sangat bertahan dan masih banyak peminatnya. Hal itu pula yang menjadikan artikel Autofun khususnya mengenai Toyota Innova Reborn Diesel masih tinggi pembacanya. Berikut 5 artikel paling populer di Autofun periode 10 - 15 Apri

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaru
Hot
Toyota

Toyota Raize

Rp 229,80 - 299,20 Juta

Lihat Mobil
Hot
Daihatsu

Daihatsu Rocky

Rp 214,20 - 265,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Brio

Rp 156,90 - 227,10 Juta

Lihat Mobil
Tidak Dijual
Honda

Honda Jazz

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Hot
Hyundai

Hyundai Palisade

Rp 842,00 - 1,11 Milyar

Lihat Mobil
Hot
Wuling

Wuling Almaz

Rp 279,50 - 470,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda City Hatchback

Rp 333,60 - 362,60 Juta

Lihat Mobil
Hot
Kia

Kia Sonet

Rp 193,00 - 296,00 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX

Rp 849,50 - 949,50 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX Wagon

Rp 975,50 - 1,03 Milyar

Lihat Mobil
Wuling

Wuling Alvez

Rp 209,00 - 295,00 Juta

Lihat Mobil
Daihatsu

Daihatsu Ayla

Rp 103,30 - 161,05 Juta

Lihat Mobil
Varian Baru
Toyota

Toyota Agya

Rp 175,40 - 253,50 Milyar

Lihat Mobil
Land Rover

Land Rover Range Rover Sport

Rp 4,52 Milyar

Lihat Mobil
Suzuki Vitara Brezza
Lihat