Duel Tata Ace EX2 Vs Daihatsu Hi-Max, Mana Pick Up Mungil yang Serba Bisa?

Tata Ace EX2 dan Daihatsu Hi-Max merupakan pick up mini yang dihadirkan guna mendukung segala kebutuhan usaha mikro menggantikan motor roda tiga yang dianggap kurang dari segi keselamatan serta daya angkut barang.

Sebagai kendaraan transportasi barang dan bisnis yang efisien serta berbiaya rendah, untuk harga bekasnya baik Tata Ace EX2 maupun Daihatsu Hi-Max lansiran 2017 dibandrol dengan harga yang sepadan. Di pasaran, untuk harga seken keduanya berada di angaka Rp80 jutaan.

Punya harga bekas yang bersaing, mampukah Tata Ace EX2 mengungguli Daihatsu Hi-Max dari segi spesifikasi, atau justru sebaliknya? Berikut adalah perbandingan keduanya.

Baca juga: Jadi Pick Up Diesel Termurah, Tata Ace EX2 Punya Banyak Kelebihan Unik Dibanding Model Lain

Kapasitas Daya Angkut Tata Ace EX2 Lebih Besar dari Daihatsu Hi-Max

Dimensi bak Tata Ace EX2 lebih besar

Sama-sama memiliki bentuk yang mungil, untuk kapasitas daya angkut keduanya berbeda. Melihat pada data, untuk dimensi kargonya Tata Ace EX2 memiliki panjang 2.140 mm, lebar 1.420 mm serta tinggi 300 mm. 

Lalu bagaimana Daihatsu Hi-Max? Dengan utilitas komersialnya, adik dari Gran Max ini untuk panjang baknya berada di angka 1.935 mm, lebar 1.395 mm, dan tinggi 285 mm.

Melihat daripada keduanya, secara konklusi pick up muatan ringan berpenggerak roda belakang jenama Negeri Bollywood lebih panjang 205 mm, lebih lebar 25 mm, dan lebih tinggi 15 mm.

Punya bak yang lebih besar tentunya Tata Ace EX2 mampu mengakomodir muatan barang lebih banyak sehingga juga dapat memberikan keuntungan lebih terhadap penggunanya.

Sebagai informasi, untuk beban angkut maksimalnya Tata Ace EX2 mampu dimuati barang seberat 1 ton, sedangkan Daihatsu Hi-Max di angka 750 kg.

Dimensi Kargo Tata Ace EX2 Vs Daihatsu Hi-Max
Keterangan Tata Ace EX2 Daihatsu Hi-Max
Panjang 2.140 mm 1.935 mm
Lebar 1.420 mm 1.395 mm
Tinggi 300 mm 285 mm

Fitur Tata Ace EX2 Kalah Oke dari Daihatsu Hi-Max

Fitur Daihatsu Hi-Max lebih komplit

Sebagai kendaraan niaga, untuk fitur unggulan yang dimiliki Daihatsu Hi-Max terbilang lengkap. Seperti yang bisa dilihat, mobil ini telah dibekali dengan head unit single din yang cocok digunakan untuk menyalakan radio, atau menyetel lagu dari playlist yang ada pada flashdisk. Bukan cuma itu saja, pada bagian pengemudi juga dilengkapi dengan speedometer dengan tampilan indikator bensin berbasis digital.

Guna memberikan kenyamanan kepada penggunanya, Hi-Max pun berhasil disematkan sistem pendingin udara atau AC serta Electric Power Steering (EPS) yang dapat memudahkan setiap penggunanya ketika bermanuver di jalan sempit serta mermarkirkan kendaraan. Tidak berhenti sampai disitu, fitur berupa sliding seat juga dijajakan supaya pengemudi bisa mengatur jarak posisi berkendara dengan lingkar kemudi agar berkendara semakin nyaman dan tidak mudah lelah.

Soal fitur, Tata Ace EX2 terbilang sangat sederhana. Seperti yang bisa dilihat mobil ini belum mendapatkan sistem hiburan yang bisanya diletakan di center cluster. Tak hanya itu, pabrikan juga belum menyematkan sistem pendingin udara serta power steering, sehingga pengemudi membutuhkan tenaga lebih saat memutar roda kemudi.

Meski begitu, mobil ini telah dilengkapi dengan pengatur ketinggian sorot lampu, jam digital serta lighter 12 volt yang bisa digunakan untuk menambahkan daya pada gawai.

Baca juga: Daihatsu Hijet 2022 Pakai DNGA dan Transmisi CVT, Fiturnya Mirip MPV Mewah

Radius Putar Tata Ace EX2 Lebih Besar, Bikin Pengemudi Sedikit Kelimpungan

Radius putar Daihatsu Hi-Max hanya 4 m

Melihat pada spesifikasinya, Tata Ace EX2 berada di angka 8.6 m. Dengan radius putar yang besar, tentu sedikit menyulitkan penggunanya saat melakukan U turn, bermanuver atau saat melewati jalan yang sempit. Padahal dari segi dimensinya mobil ini terbilang kecil.

Berbeda dengan Tata Ace EX2, untuk radius putar Daihatsu Hi-Max hanya 4 m yang memungkinkan kendaraan ini apat memutar langsung di U turn, tanpa harus maju-mundur lagi. Terlebih Hi-Max dibekali dengan EPS sehingga lebih memberikan kemudahan kepada pengemudi saat memutar setir.

Kaki-Kaki Daihatsu Hi-Max Kalah Tangguh dari Tata Ace EX2

Tata Ace EX2 memiliki kaki-kaki yang tangguh

Tata Ace EX2 memiliki kaki-kaki yang tangguh dan jarang mengalami masalah. Untuk suspensinya sendiri bagian depan maupun belakangnya menggunakan Parabolic Leaf Spring. Seperti yang diketahui, per daun ini banyak digunakan kendaraan komersil karena kuat dan tahan lama meski sering membawa beban berat.

Untuk sistem suspensinya yang digunakan Daohatsu Hi-Max, mobil niaga ini diaplikasikan dengan suspensi jenis MacPherson Strut di bagian roda depan mobil, serta figid axle dengan per daun pada bagian belakangnya. 

Mengenai sistem pengereman yang digunakan, keduanya terdiri atas cakram berventilasi dengan booster di bagian depan serta rem tromol pada roda belakangnya yang mampu memberikan daya cengkram baik saat membawa barang.

Tenaga dan Torsi Daihatsu Hi Max Lebih Besar

Mesin 1KR-DE Daihatsu Hi-Max

Dari segi tenaga maupun torsi Daihatsu Hi-Max lebih besar ketimbang Tata Ace EX2. Hal ini dibuktikan dari data, dimana pick up berlogokan ‘D’ ini  deibenamkan jantung pacu 1KR-DE, DOHC 3-silinder segaris 12 valve, Electronic Fuel Injection dengan kubikasi 998 cc yang mampu memuntahkan tenaga hingga 57 PS @5.000 rpm, serta daya puntir maksimum 85 Nm @4.000 rpm.

Berbeda dengan Daihatsu Hi-Max yang menggunakan mesin bensin, Tata Ace EX2 dibekali mesin diesel Indirect Injection 275 IDI, 2 Silinder Segaris berkapasitas 702 cc. Di atas kertas, jantung pacunya mampu memeras tenaga hingga 16 PS @3.200 rpm dengan torsi 38 Nm @2.000 rpm.

Agar membuatnya dapat berjalan, keduanya dikawinkan dengan transmisi manual 5-percepatan yang selanjutnya diarahkan ke roda belakang.

Kesimpulan

Memiliki harga bekas yang sedapan, untuk daya angkut barang pick up mini asal India lebih besar sehingga lebih bisa diandalkan ketika membawa barang banyak. Namun jika melihat fitur serta performa dari keduanya, Daihatsu Hi-Max lebih lengkap sehingga mampu memberikan kenyamanan lebih kepada penggunanya.

Setelah mengetahui perbandingan spesifikasi keduanya, kalian lebih tertarik pilih yang mana untuk memenuhi kegiatan bisnis sehari-hari?

Baca juga: Suzuki dan Daihatsu Sepakat Join Sama Toyota, Isuzu, dan Hino Bikin Mobil Listrik Komersial Berukuran Mini

 

Oops... Something broke.
    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia...

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Daihatsu Hi Max

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

2019 Toyota CALYA G 1.2

Rp 130,00 Juta
Rp 2,65 Juta/bln

16.171 km

4 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli

2019 Toyota CALYA G 1.2

Rp 130,00 Juta
Rp 2,65 Juta/bln

12.488 km

3,5 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2018 Daihatsu SIGRA R STD 1.2

Rp 117,00 Juta
Rp 2,38 Juta/bln

9.834 km

5 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli

2019 Suzuki CARRY PICK UP 1.5

Rp 100,00 Juta
Rp 2,04 Juta/bln

17.670 km

4 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli

2019 Toyota AGYA G TRD 1.2

Rp 126,00 Juta
Rp 2,57 Juta/bln

16.097 km

4,5 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli
Lihat Lebih

Video Tiktok

Related Videos

Daihatsu Hi Max Kecil Gesit Bisa Jemput Cewe

Daihatsu Hi Max Jagoan Jalan Sempit

Berita Terbaru

Hyundai Stargazer Essential Resmi Diluncurkan dengan Harga Menarik, Ini yang Berubah

PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) menghadirkan Hyundai Stargazer Essential yang menjadi varian baru dari Stargazer, Senin (17/7/2023). Kehadiran Hyundai Stargazer Essential ini ternyata menggantikan tipe Trend. Alhasil, varian Stargazer saat ini untuk urutan termurah sampai termahal adalah Active, Essential, Style dan Prime. Baca juga: Hyundai Stargazer Essential Segera Diluncurkan, Fiturnya Lebih Lengkap Menurut President Director PT Hyundai Motors Indonesia, Woojune Cham kehadiran Stargazer E

Terungkap, MG Cyberster 2023 Bisa Sprint Lebih Cepat dari Ferrari dan Lamborghini

Mobil listrik pertama MG berjeniskan roadster soft top, MG Cyberster 2023 diperkenalkan pertama kali pada April lalu. Pabrikan China berdarah Inggris, MG, hadirkan Cyberster 2023 bukan cuma membawa desain yang agresif sekaligus atraktif, namun juga dengan performa tinggi. Baru-baru ini diungkapkan bahwa mobil listrik ini bahkan lebih cepat dan lebih bertenaga daripada banyak supercar terkemuka dunia. Wang Jian, director of electric propulsion development SAIC Motor, mengatakan Cyberster merupaka

6 Catatan Penting Wuling Air ev Selama di Indonesia

Tepat 11 Agustus 2022, mobil listrik Wuling Air ev memasuki satu tahun kehadirannya di pasar otomotif Indonesia. Nah, bersamaan dengan kehadiran Wuling Motors di Indonesia sejak Juli 2017, merek mobil asal China ini menggelar acara Green Drive Festival dengan mengundang konsumen Air ev serta komunitas Wuling Electric Vehicle Indonesia (WEVI). Dalam acara tersebut, Wuling Motors menghadirkan berbagai aktivitas seru serta penampilan dari stand up comedian, Mongol, dan hingga mendatangkan penyanyi

Review Pemilik: Honda City Hatchback RS 2021, Cocok Buat Dimodif

**Artikel ini adalah pengalaman pribadi dari pemilik Honda City Hatchback RS 2021 Honda City Hatchback RS dihadirkan sebagai penerus Jazz GK5 di Tanah Air. Mewarisi berbagai keunggulan yang menjadi ikonik hatchback Honda, City Hatchback RS terlihat stylish, sporty, canggih, serta memiliki performa besar, yang mempunyai karakter 11-12 dengan Jazz. Pada review pemilik kali ini, kami akan mengulas City Hatchback RS manual lansiran April 2021. Menurut cerita dari pemilik, ia membeli mobil ini dalam

Top 5 Artikel Pekan Ini, Harga Bekas Innova Reborn Diesel yang Stabil Sampai Carry Bagong Pakai Turbo

Kepopuleran Toyota Innova Reborn diesel rupanya belum luntur oleh waktu. Bahkan kemunculan Innova Zenix dengan teknologi hybrid tidak menghapus kecintaan masyarakat Indonesia akan MPV bermesin diesel tersebut. Tak heran harga jual Toyota Innova Reborn diesel saat ini masih sangat bertahan dan masih banyak peminatnya. Hal itu pula yang menjadikan artikel Autofun khususnya mengenai Toyota Innova Reborn Diesel masih tinggi pembacanya. Berikut 5 artikel paling populer di Autofun periode 10 - 15 Apri

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaru
Hot
Toyota

Toyota Raize

Rp 229,80 - 299,20 Juta

Lihat Mobil
Hot
Daihatsu

Daihatsu Rocky

Rp 214,20 - 265,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Brio

Rp 156,90 - 227,10 Juta

Lihat Mobil
Tidak Dijual
Honda

Honda Jazz

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Hot
Hyundai

Hyundai Palisade

Rp 842,00 - 1,11 Milyar

Lihat Mobil
Hot
Wuling

Wuling Almaz

Rp 279,50 - 470,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda City Hatchback

Rp 333,60 - 362,60 Juta

Lihat Mobil
Hot
Kia

Kia Sonet

Rp 193,00 - 296,00 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX

Rp 849,50 - 949,50 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX Wagon

Rp 975,50 - 1,03 Milyar

Lihat Mobil
Wuling

Wuling Alvez

Rp 209,00 - 295,00 Juta

Lihat Mobil
Daihatsu

Daihatsu Ayla

Rp 103,30 - 161,05 Juta

Lihat Mobil
Varian Baru
Toyota

Toyota Agya

Rp 175,40 - 253,50 Milyar

Lihat Mobil
Land Rover

Land Rover Range Rover Sport

Rp 4,52 Milyar

Lihat Mobil

Perbandingan Mobil Terkait

Daihatsu Hi Max
Lihat