Toyota Kijang Innova Zenix dikabarkan segera rilis di Indonesia. Selain secara fisik alami perubahan cukup banyak, kabarnya Toyota Innova generasi terbaru ini pun akan hadir dengan varian hybrid. Bakan tipe bermesin hybrid ini menggantikan tipe mesin diesel yang selama ini jadi model populer bagi Kijang Innova.
Kalau Toyota bakal punya satu lagi model hybrid, lantas kapan saudara kembarnya Daihatsu juga punya model hybrid? Pasalnya saat ini sebagian besar mobil Toyota yang dijual di Indonesia menggunakan platform buatan Daihatsu yakni DNGA. Misalnya Rocky-Raize, Avanza-Xenia, bahkan All New Vios yang baru saja diluncurkan.
Baca juga: Pamerkan Rocky Hybrid di GIIAS 2022, Begini Cara Kerja Motor Elektriknya
Sebenarnya kalau bicara mobil hybrid Daihatsu, sosoknya sudah muncul di Indonesia. Yakni pada hajatan GAIKINDO Indonesia International Motor Show (GIIAS) 2022 di ICE BSD, Agustus lalu. Tapi apakah Daihatsu Rocky e-Smart Hybrid juga bakal dijual di Indonesia?
"Kalau ngomongin hybrid sih sebenarnya kita punya Rocky Hybrid. Tapi kayanya belum dalam waktu dekat ini," ucap satu Tenaga Penjual dealer Daihatsu di kawasan Jakarta kepada Autofun. Lebih lanjut ia menuturkan, sampai saat ini ADM masih melakukan studi untuk Rocky hybrid itu.
Masih menurut sumber tersebut, satu dari beberapa faktor yang masih jadi pertimbangan Daihatsu adalah soal harga. "Kalau model hybrid dijual trus kita impor utuh dari Jepang, mau dijual harga berapa nantinya," kata dia.
Pertimbangan soal harga Daihatsu Rocky Hybrid ini, ucap sumber tadi, mempertimbangkan jika Daihatsu Indonesia selama ini terkenal menyediakan mobil-mobil dengan harga terjangkau. "Kalau jadinya Rocky Hybrid sampai Rp500 juta ya bisa gak laku," jelasnya.
Baca juga: Soal Rocky Hybrid Buat Indonesia, Daihatsu Ngekor Toyota
Di Jepang, Daihatsu Rocky e-Smart Hybrid tersedia dalam 2 varian, yakni X HEV, dan Premium G HEV. Adapun varian yang ditampilkan pada GIIAS 2022 adalah varian X HEV 2 WD. Rocky e-Smart Hybrid ini memakai sistem serial, yang berarti tenaga mesin digunakan untuk menghasilkan listrik, dan diteruskan untuk menggerakkan motor utama.
Mesin 1.200 cc dengan 3 cylinder WA-VEX didesain khusus untuk teknologi Hybrid, serta memiliki struktur ringkas (compact). Sementara Transaxle terdiri dari motor generator sebagai daya penggerak, gigi reduksi, dan mekanisme diferensial, serta memposisikan dua motor secara paralel.
Baca juga: Konsumsi BBM Toyota Raize dan Rocky Hybrid Mencengangkan, Lebih Irit dari Nissan Kicks e-Power
Jaminan Kualitas Mobil
Garansi Satu Tahun
Jaminan 5 Hari Uang Kembali
Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi
2019 Daihatsu TERIOS X 1.5
19.652 km
4,5 tahun
Jakarta
2021 Toyota RAIZE S 1.0
15.274 km
2 tahun
Jawa Barat
2021 Kia SONET DYNAMIC 1.5
12.742 km
2 tahun
Java East
2021 Daihatsu TERIOS X 1.5
19.465 km
2,5 tahun
Banten
2021 Toyota RAIZE GR SPORT TSS 1.0
14.811 km
2 tahun
Banten