window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Konsumsi BBM Toyota Raize dan Rocky Hybrid Mencengangkan, Lebih Irit dari Nissan Kicks e-Power

Prasetyo · 10 Des, 2021 09:03

Konsumsi BBM Toyota Raize dan Rocky Hybrid Mencengangkan, Lebih Irit dari Nissan Kicks e-Power 01

Pada 1 November 2021 lalu, Toyota Raize hybrid dan Daihatsu Rocky hybrid 2022 sudah resmi diluncurkan di Jepang. Ini merupakan tambahan varian dari Raize - Rocky yang sebelumnya telah beredar. Kedua mobil ini pun sudah melenggang di Indonesia. Tapi kapan Toyota Raize dan Daihatsu Rocky hybrid masuk Indonesia?

Sembari menunggu PT Toyota Astra Motor (TAM) maupun PT Astra Daihatsu Motor (ADM) merilis duet kembar Raize-Rocky bermesin hybrid, ada informasi menarik nih dari media lokal di Jepang. Berdasarkan laporan Bestcarweb, mereka sudah melakukan test drive Daihatsu Rocky e-Smart Hybrid maupun Toyota Raize e-Smart Hybrid secara lengkap.

Konsumsi BBM Toyota Raize dan Rocky Hybrid Mencengangkan, Lebih Irit dari Nissan Kicks e-Power 02

Toyota Raize e-Smart Hybrid 2022

Hasilnya, performa berkendara mobil ini sangat memuaskan. Bahkan konsumsi BBM Daihatsu Rocky hybrid juga cukup mencengangkan dibanding varian non hybrid-nya.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Berapa Hemat Konsumsi BBM Toyota Raize dan Daihatsu Rocky Hybrid?

Konsumsi BBM Toyota Raize dan Rocky Hybrid Mencengangkan, Lebih Irit dari Nissan Kicks e-Power 01

Daihatsu Rocky e-Smart Hybrid

Baca juga : Toyota Raize - Daihatsu Rocky Hybrid Sudah Beredar di Jepang, Ini Bedanya dengan Versi Indonesia

Hasil pengujian dilakukan media tersebut menggunakan mode WLTC sesuai standar di negara yang bersangkutan. Hasilnya mencatat jika unit Daihatsu Rocky e-Smart Hybrid mampu meraih 28,0 km/liter.

Kalau dibandingkan dengan Nissan Kicks e-Power, SUV hybrid tersebut mencatat konsumsi BBM 21,6 km/liter. Sementara konsumsi BBM Nissan Note e-Power menjadi yang terbaik dengan 28,4 km/liter.

Catatan konsumsi BBM dengan mode WLTC :

  • Nissan Note e-Power 28,4 km/liter
  • Daihatsu Rocky e-Smart Hybrid : 28.0 km/liter
  • Nissan Kicks e-Power 21,6 km/liter
  • Daihatsu Rocky 1.2L : 20,7 km/liter
  • Daihatsu Rocky 1.0L Turbo 17,4 km/liter

Konsumsi BBM Daihatsu Rocky Hybrid Lebih irit dari Rocky 1.2

Konsumsi BBM Toyota Raize dan Rocky Hybrid Mencengangkan, Lebih Irit dari Nissan Kicks e-Power 02

Teknologi e-Smart Hybrid yang dikembangkan Daihatsu

Saat ini, Daihatsu Rocky maupun Toyota Raize hadir dalam tiga pilihan mesin. Pertama menggunakan mesin 1.0-liter Turbo 3 silinder bertenaga 98 PS dengan torsi 140 Nm. Mesin kedua pakai 1.2-liter 3 silinder berdaya 87 PS dengan torsi 112 Nm.

Namun mulai bulan lalu, Daihatsu meluncurkan pula mesin 1.2L yang ditambahkan teknologi e-Smart Hybrid. Sistem hibridanya mirip dengan e-Power dari Nissan dimana mesin bensin bertugas mengirim daya ke generator motor dan baterai listrik. Barulah nantinya generator ini yang menghasilkan energi untuk mendorong kendaraan.

Konsumsi BBM Toyota Raize dan Rocky Hybrid Mencengangkan, Lebih Irit dari Nissan Kicks e-Power 03

Baterainya ditempatkan di kolong tengah mobil

Selain itu, Toyota Raize e-Smart Hybrid maupun Daihatsu Rocky Hybrid juga dibekali "Smart Pedal". Lagi-lagi fungsinya mirip dengan e-pedal Nissan Kicks e-Power. Jadi ketika pengemudi ingin melakukan deselerasi atau mengerem, cukup angkat kaki dari pedal gas. Sementara ketika ingin berakselerasi, hanya tinggal beri tekanan lebih kuat di bedal gas tersebut.

Dengan total daya mencapai 188 PS dan torsi 275 Nm, ternyata konsumsi BBM Toyota Raize hybrid maupun Daihatsu Rocky hybrid lebih hemat dibanding versi mesin 1.0L turbo serta 1.2L.

Baca juga : Mobil Ramah Lingkungan Suzuki di Indonesia Pakai Mild Hybrid, Harganya Bisa Lebih Murah?

Toyota Raize Hybrid dan Daihatsu Rocky Hybrid Juga Lebih Senyap

Konsumsi BBM Toyota Raize dan Rocky Hybrid Mencengangkan, Lebih Irit dari Nissan Kicks e-Power 04

S-PDL (Smart Pedal) bisa dinonaktifkan

Mengingat daya dan torsinya lebih besar akibat keberadaan motor listrik dan mesin bensin, maka selama test drive Daihatsu Rocky maupun Toyota Raize e-Smart hybrid, media tersebut juga melaporkan akselerasi mobil ini jauh lebih menyenangkan.

Mesin bensinnya baru bekerja manakala indikator baterai sudah di bawah tiga baris. Namun pada keadaan stop and go di jalur dalam kota, hanya motor lsitriknya yang bekerja sehingga mobil terdengar sangat sunyi.

Konsumsi BBM Toyota Raize dan Rocky Hybrid Mencengangkan, Lebih Irit dari Nissan Kicks e-Power 05

Tampilan informasi di panel instrument

Keluhan suara mesin tiga silinder yang kadang mengganggu bagi sebagian orang direvisi oleh pabrikan. Kesenyapan kabin terasa lebih baik dibanding versi mesin bakar murni. Karena ternyata Daihatsu menambahkan insulasi suara peredam mesin, tambahan pelapis peredam di balik dasbor, serta ada tambahan penyerap suara yang ditempel di balik kap mesin. Bahkan bahan peredam getaran mesin juga ditambahkan.

Kesimpulan

Konsumsi BBM Toyota Raize dan Rocky Hybrid Mencengangkan, Lebih Irit dari Nissan Kicks e-Power 06

Sangat menarik untuk ditunggu masuk Indonesia

Adanya tambahan varian Toyota Raize Hybrid dan Daihatsu Rocky Hybrid ternyata bukan hanya soal keberadaan sistem e-Smart Hybrid. Namun Daihatsu meracik banyak perbaikan di model ini yang membuatnya lebih menyenangkan untuk dikendarai.

Jadi kapan Raize - Rocky Hybrid ini masuk Indonesia, Daihatsu?

Baca juga : Pakai Baterai Lebih Kecil, Konsumsi BBM Sedan Hybrid Lexus ES300h 2021 Masih Irit Banget!

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

Daihatsu Rocky hybrid 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil