Usai menjalani debutnya di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023 lalu, Wuling Alvez mendapat respon positif dari konsumen. Bila Anda berencana membeli Compact SUV ini, perhatikan kelebihan dan kekurangan Wuling Alvez yang bisa menjadi pertimbangan.
Pesaing dari Hyundai Creta, Honda HR-V dan Kia Sonet ini di atas kertas punya banyak keunggulan. Salah satunya adalah harga yang lebih terjangkau, dimana tipe tertinggi dibawah Rp 300 juta untuk wilayah Jakarta.
Selain itu fitur yang ditawarkan juga lebih canggih dari para kompetitornya. Meski begitu jagoan baru Wuling Motors Indonesia ini bukan tanpa celah. Ada beberapa kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh Wuling Alvez.
Tidak bisa dipungkiri bahwa keunggulan utama dari Wuling Alvez adalah harganya yang terjangkau dibandingkan para kompetitornya.
Baca juga : Perbedaan Setiap Varian Wuling Alvez 2023, SUV Murah dengan Fitur Lengkap
Banderol harga dibawah Rp 300 juta, Anda mendapatkan sebuah Compact SUV dengan kenyamanan dan fitur yang lengkap.
Dalam hal kualitas pun Wuling Alvez cukup baik di eksterior dan interior. Performa mesinnya juga tidak terlalu buruk dengan konsumsi BBM tergolong irit.
Selain harga, awalnya kami tidak berekspektasi lebih untuk rasa mengemudinya. Ketika dibalik kemudi, kami mendapatkan posisi yang ergonomis dan menariknya rasa mengemudinya cukup menyenangkan.
Setir terasa cukup presisi, bantingan suspensi tergolong empuk, meskipun belum telescopic. Kekedapan kabin juga terdengar apik, road noise tergolong minim dan suara bising dari luar juga masih dalam tahap wajar. Terlebih baris kedua bisa dibuat agak rebah karena bisa reclining.
Baca juga : Selain Karena Harga Murah, Ini Alasan Orang Beli Wuling Alvez
Bila Anda membeli varian tertingginya, Wuling Alvez EX maka mendapatkan fitur yang lebih lengkap dan canggih.
Salah satunya adalah fitur ADAS (Advanced Driver Assistance System) yang membantu pengemudi selama perjalanan.
Fitur WIND (Wuling Indonesian Command) juga menjadi pembeda dari para rivalnya. Kemudahan dalam mengoperasikan sistem hiburan dan fitur-fitur di mobil menjadi nilai tambah.
Meski baris depan punya kenyamanan yang bagus, tidak demikian dengan baris kedua. Jok pada bangku penumpang belakang ini terasa kurang empuk.
Selain itu, kisi AC hanya satu di tengah, sehingga menjadi rebutan ketika cuaca sedang panas. Pun arah kisi AC hanya bisa ke kiri atau tengah, saat diarahkan ke kanan justru menutup ventilasi AC.
Baca juga : Impresi Test Drive Wuling Alvez Dari Solo ke Yogyakarta, Seberapa Menyenangkan di Jalur Berliku?
Hal ini bisa menjadi PR Wuling Motors Indonesia ketika meluncurkan versi facelift kedepannya agar semakin sempurna.
Mesin 1.500 cc DVVT DOHC yang digunakan oleh Wuling Alvez memang satu basis dengan Formo Max, tetapi ada tuning berbeda.
Dari pengalaman kami saat mencoba, mesin ini cukup irit dengan konsumsi rata-rata 12 km/liter setelah menempuh jarak 117 km dalam kondisi medan jalan cukup berat.
Tetapi kami cukup merasakan ada jeda yang cukup jauh ketika injak pedal gas dan mobil melaju, seperti kurang responsif.
Transmisi CVT memang punya karakter injak gas secara perlahan karena fokus pada kenyamanan.
Namun bukan tidak mungkin kedepannya, ada ubahan di sektor mesin atau transmisi agar mesin lebih responsif saat diajak berakselerasi.
Baca juga : Harga Wuling Alvez SE Beda Tipis dari Daihatsu Rocky Tipe Terendah, Dapat Apa Saja?
Jaminan Kualitas Mobil
Garansi Satu Tahun
Jaminan 5 Hari Uang Kembali
Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi
2019 Daihatsu TERIOS X 1.5
19.652 km
4,5 tahun
Jakarta
2021 Toyota RAIZE S 1.0
15.274 km
2 tahun
Jawa Barat
2021 Kia SONET DYNAMIC 1.5
12.742 km
2 tahun
Java East
2021 Daihatsu TERIOS X 1.5
19.465 km
2,5 tahun
Banten
2021 Toyota RAIZE GR SPORT TSS 1.0
14.811 km
2 tahun
Banten