window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Tesla Mau Bikin Pabrik Mobil Listrik Murah di India, Lobi Pemerintah Indonesia Kurang Mempan

Herdi · 26 Jul, 2023 15:00

Tesla Mau Bikin Pabrik Mobil Listrik Murah di India, Lobi Pemerintah Indonesia Kurang Mempan 01

Pabrikan otomotif ternama Tesla dikabarkan ingin membangun pabrik mobil listrik murah dengan harga USD24.000 atau sekitar Rp360 jutaan di kawasan Asia.

Wah, apakah ini jadi sinyal, bahwa pabrik mobil listrik Tesla ini akan dibangun di Indonesia?

Ehm, hal tersebut rupanya belum terlihat hilalnya hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Baca juga: 4 Rencana Tesla di Malaysia, Ternyata Bukan Sekedar Jualan Mobil

Proses Produksi Tesla di Shanghai

Proses Produksi Tesla di Shanghai

Namun, melansir Reuters, seorang sumber Tesla menyatakan jika pabrikan telah berminat untuk membangun pabrik di India yang nantinya akan memproduksi mobil listrik (EV) harga murah, yang akan dijual untuk pasar lokal maupun ekspor.

Menurut sumber tersebut, pihak Tesla ingin bertemu dengan Menteri Perdagangan India, Piyush Goyal.

Pertemuan ini merupakan bagian dari kelanjutan diskusi antar petinggi Tesla yaitu sang CEO Elon Musk dengan Perdana Menteri India Narendra Modi pada Juni 2023 lalu. 

Baca juga: Harga Tesla Model Y di Malaysia Bisa Lebih Murah 3 Kali Lipat dari Indonesia

Elon Musk yakin Tesla di India 

Elon Musk CEO Tesla

Elon Musk CEO Tesla bertemu Perdana Menteri Narendra Modi saat berkunjung ke New York. () 

Pada pertemuan tersebut, pihak Tesla memiliki ketertarikan untuk melakukan investasi yang signifikan di negeri Bollywood. 

Selain itu, disebutkan juga jika diskusi yang akan dilakukan tersebut, merupakan bagian dari lanjutan pertemuan tahun lalu, dimana Tesla gagal untuk meminta mengurangi pajak impor kendaraan listrik yang masuk ke India. 

Bahkan disebutkan, banyak pejabat pemerintah India menolaknya, dan keukeuh menginginkan Tesla untuk membuat pabrik secara lokal. 

Baca juga: Tesla Akhirnya Pilih Investasi di Malaysia, Rayuan Luhut Ambyar

Proses Produksi Tesla di

Proses Produksi Tesla

Seperti diketahui juga, Elon Musk menyatakan bahwa dirinya telah melakukan percakapan yang sangat baik dengan Narendra Modi saat berkunjung ke New York. 

"Saya yakin Tesla akan berada di India dan akan melakukannya secepat mungkin," kata Musk.

Pabrik Tesla di India akan Produksi Mobil Listrik Murah

Peluang Tesla menancapkan kuku bisnisnya di India memang terbuka lebar, apalagi Elon Musk telah mengeluarkan statement tersebut. 

Tesla Model 3

Model 3 merupakan mobil termurah saat ini yang dijual Tesla (Foto: Tesla)

Sumber itu juga menyebutkan, bahwa dengan adanya pabrik Tesla di India, bukan tak mungkin harga mobil listrik disana 25 persen jadi lebih murah dibandingkan mobil Tesla termurah saat ini.

Seperti diketahui, di China sendiri mobil listrik paling Tesla paling murah saat ini adalah Model 3 yang harganya dibanderol USD32.000 atau sekitar Rp480 jutaan.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Tesla Model 3 Standard Plus

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil
Electric Cars Indonesia