window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Dipasangi Genset Diesel, Tesla Model S Ini Sanggup Berjalan Hingga 1.609 Kilometer

Enda · 2 Agu, 2023 11:30

Tesla Model S

Salah satu hal yang wajib diperhatikan sebelum mengendarai mobil listrik yaitu mencari tempat pengisian daya listrik ketika melakukan perjalanan jauh. Tanpa harus mencari tempat pengisian daya listrik saat berpergian, channel YouTube bernama Warped Perception melakukan modifikasi yang sangat radikal terhadap Tesla Model S (Spesifikasi | Berita).

Menganut konsep seperti Nissan Kicks (Spesifikasi | Berita) e-Power mengandalkan mesin konvensional untuk menghasilkan daya listrik yang selanjutnya diteruskan ke baterai, Tesla Model S dengan nama Cordless ini disematkan mesin diesel turbocharger sebagai generator.

Dalam kondisi standar pabrikan, Tesla Model S P85D dibekali dua motor listrik yang mana di bagian belakang dapat menghasilkan tenaga 375 kW (509 PS) dan 193 kW (262 PS) untuk motor listrik di depan. Menggunakan baterai berkapasitas 85 kW dengan voltase 346 volt, menurut pengetesan mobil ini sanggup menempuh jarak 407 kilometer dalam sekali pengisian daya.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Baca juga: Waduh, Mobil Listrik Tesla Dilarang Berkeliaran di Tempat Presiden Jokowi Berkunjung di China

Tesla Model S

Mesin diesel turbocharger sebagai generator (foto: Warped Perception)

Kembali ke Tesla Model S Cordless, Channel YouTube Warped Perception mengabadikan mobil listrik ini yang dilengkapi mesin diesel turbocharger sebagai generator, untuk menghasilkan tenaga listrik ke baterai guna memperluas jangkauan berkendara. Tercatat mobil ini berhasil melaju hingga 1.000 mil atau 1.609 Kilometer dalam sekali pengisian solar ke dalam tangki buatan, yang mana juga mampu menyelesaikan perjalanan sejauh 4.025 km.

Menurut tim Warped Perception, terdapat banyak kendala saat memasang mesin diesel yang diletakan di bagasi mobil.

“Suara berisik datang dari belakang. Itu membuat Anda ingin keluar dari mobil untuk tidak mendengar suara itu. Tetapi pada akhirnya mesin itu membuat kami dapat berjalan sangat jauh, ”kata Warped Perception.

Masalah lainnya ada pada sistem pendinginan. Disebutkan mesin diesel cenderung lebih panas sehingga tidak dapat menghasilkan daya listrik lebih cepat.

Baca juga: Tesla Mau Bikin Pabrik Mobil Listrik Murah di India, Lobi Pemerintah Indonesia Kurang Mempan

Warped Perception Akan Gunakan Mesin Rotary pada Tesla Model S 

Tesla Model S

Projek selanjutnya Warped Perception menyebutkan akan memasang mesin rotari di mobil listrik ini sebagai ganti mesin diesel yang dianggap kurang efisien. Tak hanya itu, nantinya mesin tersebut dipadukan sistem udara terkompresi yakni supercharged.

Cara ini nantinya dianggap membuat penggunaan bahan bakar lebih efisien sekaligus ramah lingkungan. Selain itu juga lebih tenang tidak menghasilkan polusi udara sekeras mesin diesel.

Baca juga: Harga Tesla Model Y di Malaysia Bisa Lebih Murah 3 Kali Lipat dari Indonesia

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

Tesla Model S Long Range

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil
Electric Cars Indonesia