Peminat Daihatsu Ayla Bekas Masih Banyak, Ternyata Ini Penyebabnya

Bila dibandingkan generasi pertamanya, Daihatsu Ayla terbaru punya tampilan lebih futuristik, kabin luas, lebih nyaman dan fitur semakin komplit.

Meski punya banyak keunggulan, tak sedikit masyarakat Indonesia lebih menyukai Ayla model lama.

Sebagai informasi, pasaran harga bekas Daihatsu Ayla gen 1 kini berada di angka Rp75 jutaan sampai dengan Rp130 jutaan.

2016 Daihatsu AYLA M SPORTY 1.0
Rp 96,80 Juta
Rp 1,70 Juta/bln
Dapatkan
38.955 km
8 tahun
Java West
2018 Daihatsu AYLA R 1.2
Rp 107,67 Juta
Rp 1,95 Juta/bln
Dapatkan
53.039 km
5,5 tahun
Jakarta
2019 Daihatsu AYLA R 1.2
Rp 113,43 Juta
Rp 2,05 Juta/bln
Dapatkan
16.930 km
3,5 tahun
Jakarta

Daihatsu Ayla Gen 1 Facelif Gunakan Projector Headlamp

Ayla facelift gunakan lampu LED projector

Tidak seperti model barunya yang menggunakan bohlamp halogen dan LED biasa, untuk sistem pencahayaan versi facelift Ayla gen 1 sudah dilengkapi projector headlamp with LED light guide berbentuk trapesium 6 sisi.

Selain terlihat modern, dengan menggunakan LED projector cahaya yang dihasilkan lebih fokus, sehingga pandangan mengemudi saat berkendara di malam hari terlihat lebih jelas.

Sekedar informasi, untuk spion Ayla gen 1 beberapa tipenya sudah dilengkapi pengaturan elektrik serta adanya lampu sein pada cover.

Di bagian dalam untuk panel instrumentnya lengkap dengan tachometer serta layar MID yang menyuguhkan bergam informasi berkendara.

Baca juga: Ribuan Daihatsu Ayla di Indonesia Kena Recall karena Masalah ECU

Ayla Gen 1 Minim Getaran Mesin

Mesin 3NR-VE 4-silinder segaris DOHC dual VVT-i

Meski sama-sama punya pilihan mesin 1.200 cc, antara generasi pertama dan model terbarunya memiliki kode yang berbeda.

Seperti diketahui Ayla gen 1 varian 1.200 cc dibekali jantung pacu berkodekan 3NR-VE 4-silinder segaris DOHC dual VVT-i 1.197 cc yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 88 PS di 6.000 rpm dan torsi puncak 108 Nm pada 4.200 rpm. 

Bicara model terbarunya dengan kapasitas yang sama, Ayla dibenamkan mesin WA-VE 3-silinder segaris DOHC 12 valve dual VVT-i berkubikasi 1.198 cc.

Menurut spesifikasi, mesin tersebut dapat memeras tenaga sebesar 88 PS di 6.000 rpm dan torsi sebesar 113 Nm pada putaran 4.500 rpm

Meski model anyarnya unggul di torsi, untuk getaran yang dihasilkan lebih besar ketimbang model sebelumnya yang memiliki jumlah piston genap.

Karenanya jumlah silinder ganjil tidak memiliki pasangan untuk mengimbangi gerak naik turunnya dua piston.

Bukan hanya menghasilkan getaran lebih besar, mesin 3 silinder di Ayla baru menghasilkan suara lebih besar yang dapat terdengar dengan jelas di dalam kabin meski dalam kondisi idle.

Transmisi Matic Konvensional Lebih Mudah Perawatannya

Tuas matic Daihatsu Ayla gen 1

Baik gen 1 maupun gen 2, Daihatsu Ayla memiliki opsi transmisi manual dan matic.

Bedanya, pada generasi awal menggunakan transmisi matic 4-percepatan torque converter atau yang biasa disebut matic konvensional.

Sedangkan di generasi terbarunya sudah mengusung CVT dengan teknologi D-CVT dengan rentang rasio gigi lebih lebar setara dengan transmisi otomatis torque converter 8-percepatan.

Meski terkesan jadul, transmisi matic konvensional yang disematkan pada model lama mempunyai beragam keunggulan, seperti; mudah dan murah dari segi perawatan, serta lebih tangguh.

Beda dengan transmisi D-CVT, walaupun memiliki akselerasi halus, responsif dan efisien dalam penggunaan bahan bakar, untuk perawatannya cenderung lebih mahal baik itu setiap penggantian pelumas maupun perbaikan.

Untuk diketahui, konsumsi Ayla gen 1 sanggup menempuh jarak 18 km/liter untuk penggunaan dalam kota.

Sedangkan pemakaian luar kota yang notabennya acap kali melaju pada kecepatan konstan, tercatat konsumsi BBM yang diperoleh mencapai 20 km/liter.

Salah satu faktor pendukung yang membuat Ayla menjadi irit yakni disematkannya fitur ECO yang bekerja mengimbangi antara konsumsi bahan bakar dengan menghasilkan tenaga yang optimal.

Baca juga: Rp130 Jutaan, Daihatsu Ayla X 2022 Lebih Worth It Ketimbang Ayla M 2023?

    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia...

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Daihatsu Ayla

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

Lihat Lebih

Video Pendek Terkait

Related Videos

Menimbang Toyota Agya G dan Daihatsu Ayla R, Lebih Pas Mana?

5 Hal Menarik di Daihatsu Ayla X ADS Buat Lawan Honda Brio

Jadi Mending Agya Baru, Brio Satya, atau Cukup Ayla? | Komparasi Mobil di Bawah Rp 200 juta!

New Astra Daihatsu Ayla, Tampil Lebih Keren Dengan Desain Sporty dan Lebih Bergaya

Berita Terbaru

5 Keunggulan Wuling Almaz RS Pro Hybrid, Gabungkan Kemewahan dan Kinerja Ramah Lingkungan

Keunggulan Wuling Almaz RS Pro Hybrid adalah hal yang wajib Anda perhatikan ketika hendak membeli SUV hibrida yang satu ini Kendaraan elektrifikasi semakin populer di seluruh dunia karena kontribusi mereka untuk menjaga lingkungan yang lebih bersih dan menekan konsumsi bahan bakar minyak. Wuling selaku produsen yang juga sukses dengan kendaraan elektrifikasi juga tak mau hanya mengandalkan Air ev sebagai kendaraan full electric. Demi menuju mobilitas berkelanjutan dan pelebaran segmen kendaraan

Waspadai 5 Kekurangan Honda Mobilio, Mobil Keluarga Murah Meriah

Kekurangan Honda Mobilio wajib diketahui ketika hendak membeli mobil ini dalam kondisi bekas, pasalnya harga LMPV berlogo H tegak tersebut sudah sangat menarik. PT Honda Prospect Motor (HPM) pertama kali diperkenalkan Mobilio di Indonesia melalui ajang IIMS 2013. Pada Januari 2014, Honda menjual secara resmi Low MPV pesaing dari Toyota Avanza, Daihatsu Xenia dan Suzuki Ertiga tersebut. Untuk diketahui saat ini Mobilio hanya ditawarkan satu varian saja, yakni S MT dengan menyasar segmen konsumen

Honda WR-V Terus Buktikan Lebih Menarik dari Toyota Raize

Honda WR-V sempat dicibir saaat awal kemunculannya November 2022, apalagi saat itu PT Honda Prospect Motor (HPM) mematok harga yang lebih tinggi dari rivalnya, Toyota Raize. Namun sebagai produk pertama Honda Indonesia di segmen Small SUV yang kompetisinya cukup ketat, HPM tentu punya beberapa strategi saat memasarkan mobil ini. Honda WR-V dikembangkan dari Honda SUV RS Concept yang merupakan sebuah SUV Compact dengan karakter yang lebih sporty khas varian RS dari Honda seperti Brio RS, HR-V RS,

Canggihnya Pabrik Chery, Setiap Semenit Lahir Mobil ke Dunia

Chery, nama brand otomotif yang satu ini memang tengah berusaha kembali menarik kepercayaan konsumen di Indonesia. Maklum, brand mobil asal China ini sempat hadir di Indonesia beberapa tahun lalu, namun mereka menghilang begitu saja. Tapi, Chery yang dulu bukan seperti sekarang. Mereka banyak mengalami perubahan termasuk, berkomitmen di pasar otomotif nasional. Baca juga: Chery Ajak Konsumen Indonesia Kunjungi Pabrik di Wuhu Nah, jika Anda mendengar merek mobil Chery, meski di pasar otomotif nas

Ada Diskon Gila-gilaan Pasang Kaca Film Wincos selama GIIAS Semarang 2023

Kaca film Wincos ikut menjadi peserta pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023 series di Marina Convention Center, 18-22 Oktober 2023. Pameran otomotif terbesar di Jawa Tengah ini diselenggarakan untuk kali kedua pada tahun ini dan akan menghadirkan total 30 merek dari industri kendaraan bermotor dan juga industri otomotif lainnya. Wincos sebagai salah satu merek terkemuka dalam industri kaca film otomotif, hadir menjadi salah satu peserta pameran GIIAS Semarang 2

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaruPembaruan
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil

Perbandingan Mobil Terkait

  • Daihatsu Ayla
    Rp 103,30 Juta
    VS
    Daihatsu Sigra
    Rp 129,50 Juta
    Ayla vs Sigra
  • Daihatsu Ayla
    Rp 103,30 Juta
    VS
    Honda Brio
    Rp 156,90 Juta
    Ayla vs Brio
  • Daihatsu Ayla
    Rp 103,30 Juta
    VS
    Toyota Agya
    Rp 175,40 Juta
    Ayla vs Agya
  • Daihatsu Ayla
    Rp 103,30 Juta
    VS
    Nissan March
    Rp 185,80 Juta
    Ayla vs March
  • Daihatsu Ayla
    Rp 103,30 Juta
    VS
    Suzuki Ignis
    Rp 175,50 Juta
    Ayla vs Ignis
Daihatsu Ayla
Lihat