Harga Bekas Ford Fiesta Anjlok, Berikut Alasan Tepat Kenapa Layak Jadi Incaran

Pasaran harga bekas Ford Fiesta kini ditawarkan mulai dari Rp70 jutaan, jauh lebih murah dibanding harga barunya dulu.

Fiesta pertama kali diperkenalkan Ford Motor Indonesia (FMI) pada 2009 silam sebagai hatchback berpenampilan sporty yang berhadapan langsung dengan Honda Jazz dan Toyota Yaris.

Sebagai informasi, Fiesta yang beredar pertama kali di Tanah Air merupakan generasi ketujuh yang diproduksi global.

Untuk pasar Indonesia, saat diluncurkan pertama kali Fiesta hadir dalam tiga pilihan mesin, yakni 1.400 cc, 1.600 cc dan 1.000 cc turbo (Fiesta Ecoboost).

Berkat kecanggihan, desain menarik, durabilitas tinggi, performa buas serta handling yang stabil, pada tahun 2013 hatchback kompak ini sempat menyabet penghargaan 'Best Small Hatchback of the Year' dalam ajang 'Editor's Pick Awards 2013'.

Tak sedikit orang kepincut Ford Fiesta bekas lantaran memiliki beragam keunggulan.

Lantas alasan apa masyarakat Indonesia lebih memilih Fiesta bekas ketimbang hatchback kompak lain sekelasnya?

Baca juga: Ford Fiesta Tamat Mulai Tahun Depan, Digantikan Oleh Crossover Listrik

1. Ford Fiesta Tampil Sporty

Tampilan depan Ford Fiesta

Ford Fiesta yang masuk pertama kali di Indonesia ini secara bentuk terlihat begitu proper, sporty dan juga aerodinamis.

Memiliki bentuk berbeda dari hatchback pada umumnya, mobil ini disematkannya banyak garis tegas meruncing serta mempunyai atap rendah.

Menampilkan kesan modern sekaligus tingkat kearodinamisan berkendara, di beberapa bagian bodynya mobil ini dibuat sedikit membulat. 

2. Tidak Dimiliki Pesaingnya, Dilengkapi Voice Command

Interior Ford Fiesta

Beranjak ke bagian interior, Ford Fiesta menyuguhkan rasa berkendara yang aman, nyaman dan terasa ergonomis.

Karenanya desain interior yang dimiliki mobil ini dibuat lapang dengan bentuk dashboard lebar dan menurun.

Lainnya kabin mobil ini pun terasa luas dengan dimensi melebar, jok empuk yang dibuat mengikuti lekukan badan serta posisi duduk yang ergonomis.

Ditambah joknya juga memiliki pengaturan tinggi rendah di bagian pengemudi yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan pengendara.

Bahkan mobil ini memiliki fitur unggulan yang tidak dimiliki kompetitornya. Seperti yang bisa dijumpai, Fiesta telah disematkan fitur voice command.

Fitur perintah suara ini dapat dimanfaatkan untuk menjalankan beberapa fitur seperti; mengaktifkan sistem infotaiment, merubah channel radio dan track lagu.

Canggihnya fitur tersebut juga dapat mengkoneksikan ponsel dengan head unit melalui jaringan bluetooth, untuk dapat digunakan menelefon maupun menyetel playlist lagu melalui hand phone.

Selain fitur canggih serta kabin yang luas, untuk material yang digunakan mobil ini juga memiliki build quality jempolan.

3. Punya Kekedapan Kabin yang Baik

Baris pertama Ford Fiesta

Selain menggunakan bahan material berkualitas, kabin luas dan jok yang empuk, kelebihan lainnya yang dimiliki Fiesta yakni ada pada peredam kabinnya.

Disampaikan beberapa pemiliknya melalui foru, mobil ini mempunyai kekedapan kabin yang baik dibandingkan pesaingnya.

4. Kualitas Audio Juara

Head unit Fiesta

Selain mendukung fitur voice command, untuk sistem audionya Fiesta memiliki kualitas yang sangat baik.

Karenanya sistem audionya didukung dengan head unit 2din yang dilengkapi prosesor dengan menghasilkan kejernihan suara tingkat atas.

Baca juga: Lahir dari Rahim yang Sama, Ford Fiesta Lebih Menarik dari Mazda2?

5. Fitur Keselamatan Komplit

Uji tabrak Fiesta

Keunggulan yang dimiliki Fiesta lainnya terletak pada fitur keselamatan.

Seperti diketahui bahwa mobil ini sudah disematkan hill launch assist, rear parking sensors, dual airbags, dan rem cakram di semua roda.

Ada pula ABS dan EBD jadi fitur keselamatan standar yang dapat mencegah mobil tergelincir saat pengemudi melakukan pengereman secara mendadak.

Lainnya mobil ini juga memperoleh smart keyless entry yang memudahkan pengguna ketika ingin membuka atau mengunci pintu tanpa harus menekan tombol remot atau memutar anak kunci.

Sedangkan untuk fitur unggulannya mobil ini sudah dilengkapi rain sensing wipers, auto lamp,  spion elektrik dengan pelipatan otomatis, dan beberapa lainnya yang tidak bisa kalian jumpai di rivalnya. ?

6. Handling Stabil

Handling Fiesta stabil 

Ford Fiesta kerap digunakan balapan di ajang rally. Dengan digunakannya dalam ajang balapan tersebut membuktikan bahwa mobil ini memiliki performa serta berkendara yang baik.

Tak sedikit pemiliknya pun menuliskan bahwa dari segi berkendara mobil ini terasa lincah, gesit, serta mempunyai handling yang terbilang impresif ketika diajak bermanuver dalam kecepatan tinggi

7. Punya Tiga Pilihan Mesin

Mesin 1.600 cc Fiesta

Disampaikan sebelumnya, generasi pertama Fiesta yang dijual di Indonesia ditawarkan dalam tiga pilihan mesin bensin, yakni 1.400 cc, 1.600 cc dan 1.000 cc turbo (Fiesta Ecoboost).

Dari tiga mesin yang dijajakan, disebutkan bahwa  mesin Fiesta Ecoboost lah yang memiliki performa paling buas.

Menurut spesifikasi, mesin Ecoboost ini merupakan mesin 3 silinder pertama Ford yang dirancang dan dikembangkan di Jerman dan Inggris. 

Meski menggunakan turbocharge dengan ukuran kecil, teknologi yang dimiliki sanggup melecutkan performa tinggi.

Dan menariknya mesin tersebut memiliki split-cooling atau pendinginan mesin menggunakan dua jalur yang memungkinkan mesin dapat mengelola suhu secara baik.

Efek yang dihasilkan mesinnya tersebut mengakibatkan mesin menjadi lebih cepat dingin, hemat bahan bakar, serta menghasilkan emisi yang lebih rendah.

Mengenai performa yang dihasilkan, menurut data mesin 1.000 cc Turbocharger Ecoboost 3-silinder segaris yang digunakan sanggup mengeluarkan daya hingga 124 HP dengan torsi maksimal di putaran 170 Nm yang dipadukan mengguakan transmisi manual dan otomatis DCT.

Sedangkan untuk mesin 1.400 cc yang disematkan mampu meletupkan tenaga 112 HP dengan torsi maksimum 128 Nm.

Kemudian versi mesin 1.600 cc-nya mampu memperileh daya 120 HP dan torsi maksimum 152 Nm.

8. Varian 1.400 Cc Gunakan Transmisi Matic Konvensional

Interior Fiesta 1.400 cc

Berbeda dengan varian 1.000 cc Turbocharger Ecoboost dan 1.600 cc yang versi maticnya menggunakan DCT, pada model 1.400 cc-nya Fiesta dipadukan dengan transmisi otomatis 4-percepatan torque converter.

Seperti diketahui transmisi torque converter atau matic konvensional ini lebih mudah dari segi perawatan serta tangguh dengan masa pakai panjang.

Kebanyakan mobil dengan transmisi torque converter jarang mengalami kendala yang serius meski mobil kerap digunakan untuk membawa beban berat.

9. Konsumsi BBM Terbilang Irit

Tampilan belakang Fiesta

Alasan lain Fiesta menjadi incaran yakni konsumsi BBM yang irit khususnya pada varian 1.000 cc Ecoboost.

Disebutkan bahwa pemakaian dalam kotanya mobil ini sanggup berjalan sejauh 13-14 km/liter dan 19-21 km/liter untuk penggunaan luar kota.

Sedangkan versi 1.400 cc dan 1.600 cc rata-rata pemakaian bahan bakarnya di angka 9-11 km/liter dan 14-16 km/liter ketika mobil dibawa berpergian ke luar kota.

10. Spare Part Masih Gampang Dijumpai

Filter oli Fiesta

Tak sedikit orang beranggapan bahwa ketersedian spare part Fiesta langka di pasaran.

Hal ini lah yang menjadikan alasan mengapa jarang orang minat terhadap mobil ini dan lebih memilih Jazz maupun Yaris.

Padahal jika kalian tahu untuk suku cadang jenis fast moving di pasaran mobil ini masih mudah dijumpai seperti filter oli, filter udara, kampas rem dan beberapa lainnya.

Bahkan dari segi harga pun tegolong masih terjangkau meski sedikit lebih mahal dari mobil Jepangan sekelasnya.

Baca juga: Kepincut Ford Fiesta Bekas? Ketahui Kelebihan dan Kekurangan Sebelum Membelinya

    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia...

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Ford Everest

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

Lihat Lebih

Video Pendek Terkait

Empat perusahaan otomotif ternama asal Jepang dikabarkan memilih berinvestasi mobil listrik di Thailand, mereka yaitu Toyota, Honda, Isuzu dan Mitsubishi. Bahkan empat brand yang saat ini punya pabrik di Indonesia tersebut akan mengucurkan dana hingga USD4,34 miliar atau sekitar 150 miliar Baht (setara Rp67 triliun) di negeri Gajah Putih selama lima tahun ke depan. Informasi cukup penting bagi Thailand dan mengejutkan untuk Indonesia ini disampaikan langsung Juru Bicara Pemerintah Thailand, Char
Masih banyak yang belum mengetahui apa perbedaan Nissan Livina VE dan VL. Sebagai informasi, Livina merupakan produk rebadge dari Mitsubishi Xpander. Meluncur pertama kali pada 2019 atau dua tahun setelah kemunculan Xpander, Livina hingga kini masih dijual oleh PT Nissan Motor Distributor Indonesia. Mengenai harganya, per Desember 2023 tipe VE dibandrol Rp309,5 juta dan Rp320 juta OTR Jakarta pada varian teratasnya VL. Selisih harga baru mencapai Rp10,5 juta, berikut ini perbedaan antara kedua v
Chery Omoda E5 rencananya akan diluncurkan secara resmi oleh PT Chery Sales Indonesia (CSI) pada awal tahun 2024. Bercokol di segmen SUV listrik menempati posisi middle class, Omoda E5 mendapat sambutan hangat dari pecinta otomotif Tanah Air. Bagaimana tidak, sejak diperkenalkan pertama kali pada GIIAS 2023 Agustus lalu, mobil listrik yang awalnya pakai nama Omoda EV ini mencatatkan angka inden sebanyak 400 unit sampai dengan Desember 2023. Berstatuskan CKD (Completely Knock Down) dirakit di pab
Pemerintah Kota (Pemkot) Provinsi DKI Jakarta dan Jawa Barat bekerja sama dengan pihak kepolisian setempat akan menyelenggarakan Car Free Night Tahun Baru 2024 di wilayah Ibukota dan Puncak, Bogor. Ya, Kawasan Puncak, diprediksi akan kembali menjadi lokasi yang banyak dituju masyarakat untuk merayakan malam pergantian tahun baru. Hanya saja, malam tahun baru 2024 dipastikan akan berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Termasuk tak akan ada kemacetan di sepanjang Jalan Raya Puncak. Pasalnya, melansi
Berikut ini adalah review dan spesifikasi serta harga lengkap dari Honda City terbaru 2023 yang dipasarkan oleh PT Honda Prospect Motor (HPM) di Indonesia. Honda City terbaru tercatat resmi diperkenalkan di Tanah Air pada awal Oktober 2023 sebagai model facelift dari City sedan yang dirilis dua tahun sebelumnya yaitu Oktober 2021. Kalau melihat sejarah Honda City di Indonesia, ini adalah facelift dari Honda City generasi kelima yang ada di dalam negeri. Sementara secara global, Honda City terbar

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaruPembaruan
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil
Ford Everest
Lihat