5 Hal yang Perlu Diketahui Sebelum Membeli Ford Ecosport Bekas

Didatangkan secara utuh dari Thailand, usia Ford EcoSport dalam ikut serta meramaikan kancah otomotif Tanah Air terbilang singkat.

Baru saja dua tahun diluncurkan, PT Ford Motor Indonesia (FMI) selaku apm Ford di Tanah Air saat itu memutuskan untuk memberhentikan penjualan EcoSport.

Penjualan EcoSport yang terhenti waktu itu berbarengan dengan berhentinya kegiatan bisnis FMI di Indonesia.

Sebagai SUV kompak, pasaran harga bekas Ford EcoSport relatif terjangkau.

Seperti diketahui untuk harga bekas Ford EcoSport kini ditawarkan mulai dari Rp120 jutaan.

Bagi kalian yang saat ini sedang mencari Ford EcoSport bekas untuk digunakan sehari-hari atau diajak berpetulang saat sedang liburan, simak beberapa hal yang wajib diketahui dari mobil ini.

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Ford EcoSport Bekas, SUV Kompak Rp120 Jutaan

1. Ford EcoSport Bekas Sering Getar Ditarikan Awal

Mesin Sigma Ti-VCT 1.5L

EcoSport menggunakan mesin Sigma Ti-VCT 4-silinder segaris DOHC berkapasitas 1.499 cc dengan menghasilkan tenaga 112 PS di 6.300 rpm dan torsi sebesar 140 Nm pada 4.400 rpm.

Mesin dengan menghasilkan karakter yang cukup responsif di putaran bawah dan atasnya tersebut mendapat pilihan transmisi otomatis 6-percepatan, yang mengusung teknologi dual clutch atau disingkat DCT.

Sama seperti Ford Fiesta yang juga menggunakan transmisi DCT, tak sedikit pemilik EcoSport mengeluhkan soal munculnya getaran saat pada tarikan awal.

Bahkan tak sedikit juga mengatakan getaran tersebut terus berlanjut dan semakin terasa saat puataran mesin bertambah.

Untuk mengurangi getaran salah satunya caranya melakukan perbaikan pada Transmission Control Modul (TCM) yang tentunya menghabiskan biaya tak sedikit.  

Sekedar informasi saja, dikatakan beberapa pemiliknya bahwa untuk penggunaan dalam kota EcoSport sanggup menempuh jarak 11-12 km/liter, dan 13-15 km/liter untuk pemakaian luar kota.

2. Bantingan Suspensi Keras, Tapi Punya Kaki-kaki yang Tangguh

Tampilan belakang Ford EcoSport (foto: Garnet Auto)

EcoSport menggunakan suspensi berjensikan MacPherson Strut dengan Coil Spring di depan dan Semi-Independent dengan Coil Spring pada roda belakangnya.

Untuk bantingan yang dihasilkan dari penggunaan suspensinya tersebut terasa stiff ketika melewati jalan yang berkontur, namun masih terbilang nyaman untuk penggunaan sehari-hari.

Meski memiliki bantingan suspensi yang keras, untuk kaki-kakinya mobil ini sangat tangguh khususnya pada bagian depan.

Jarang pemilik mobil ini melakukan perbaikan pada kaki-kaki depan meskipun seringkali melewati jalan yang berkontur.

Baca juga: Nggak Cuma Harga Murah, Ini 5 Alasan Ford Ecosport Bekas Lebih Menggoda Daripada Toyota Agya Baru

3. Pelipatan Jok Baris Kedua Tidak Sejajar dengan Lantai

Peipatan jok baris kedua tidak sejajar dengan lantai kabin 

Tidak hanya mengandalkan ruang bagasi, saat membawa barang banyak kalian juga bisa memanfaatkan baris keduanya.

Untuk jok baris keduanya tersebut dapat dilipat ke depan, namun sayang tidak bisa sejajar dengan lantai kabin yang mana sedikit menyulitkan penggunanya ketika membawa barang dengan jumlah banyak.

4. Punya Fitur Modern

Ford Ecosport dilengkapi sunroof

Pada varian teratas, Ford EcoSport sudah dilengkapi sunroof yang sangat cocok ketika digunakan berpetualang di alam terbuka. 

Untuk fitur lainnya, mobil ini dilengikapi layar kecil pada center cluster yang dapat menampilkan informasi atau status berkendara.

Mengenai sistem hiburannya, mobil ini disematkan head unit 2din dengan beragam konektifitas modern meski tidak dilengkapi layar sentuh.

Bicara mengenai sistem pendingin udara atau AC, mobil ini dilengkapi beberapa pengaturan arah semburan serta heater yang dapat digunakan ketika berkendara di dataran tinggi.  

Di bagian pengemudi untuk joknya mendapatkan pengaturan tinggi serta rendah, setir dengan fitur tilt dan telescopic, arm rest, terakhir layar MID dengan tampilan informatif.

5. Fitur Keselamatan Cukup Komplit

Bicara keselamatan berkendara, Ford EcoSport memperoleh ABS (Anti-lock Braking System), EBD (Electronic Brake-force Distribution), dan Brake Assist (BA).

Tak hanya itu, mobil ini memperoleh dual SRS airbags, Hill Launch Assist, Stability Control, Traction Control, auto wiper dan sensor parkir guna memberikan perlindungan secara lebih. 

Lainnya mobil ini juga dilengkapi dengan immobilizer, alarm system, dan keyless entry yang berguna untuk meminimalisir dari tindakan pencurian.

Baca juga: Harga Bekas Setara Daihatsu Ayla Baru, Ketahui 4 Hal Menarik Ford EcoSport

    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia...

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Ford Everest

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

Lihat Lebih

Video Pendek Terkait

CARSOME Academy kembali mengembangkan potensi para teknisi terampil dengan menyelenggarakan kuliah umum bersama mahasiswa Universitas Tarumanagara (UNTAR). Menjadi institusi lembaga pelatihan tenaga kerja pertama yang terverfikasi sebagai Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) resmi di bawah naungan Kementrian Ketenagakerjaan (Kemnaker) CARSOME Academy memang terus aktif membuka kesempatan pada generasi muda untuk meniti karir di bidang otomotif. Mengusung tema "Inspector Specialist : Karir baru di indus
Subaru Indonesia kembali melebarkan jaringan dealer teranyarnya, dengan meresmikan Plaza Subaru Tebet dengan fasilitas Sales, Service, dan Spare part (3S), di Jalan Dr Saharjo, Tebet, Jakarta, Kamis (23/11/2023). Berada di atas lahan seluas 1.900 meter persegi, dengan luas bangunan 2.450 meter persegi, dealer Subaru yang ke lima di Indonesia merupakan kerjasama antara Subaru Corporation Japan dengan PT Plaza Auto Mega. Baca juga: Buka Dealer di Kota Pahlawan, Berikut Harga Mobil Baru Subaru di S
Baru diluncurkan dua bulan yang lalu, harga Chery Omoda 5 GT naik 1 persen atau sekitar Rp5 jutaan mulai 5 Desember mendatang. Pengumuman ini pun disampaikan oleh PT Chery Sales Indonesia (CSI) melalui keterangan resminya, Kamis, 23 November 2023. Naiknya harga Chery Omoda 5 GT lantaran kenaikan harga bahan baku dan suku cadang di pasar global yang mempengaruhi biaya produksi. "Di luar perkiraan kami, permintaan Omoda 5 GT saat ini meningkat dan karenanya PT CSI harus mempercepat produksi. Namun
Dibandingkan kompetitor terdekatnya yakni Avanza-Xenia, konsumsi BBM Suzuki Ertiga 2012 lebih irit yang membuatnya banyak disukai hingga saat ini. Ertiga diluncurkan pertama kali pada September 2012 yang saat itu memiliki status CKD. Didasarkan pada Suzuki Swift, generasi pertama Ertiga untuk pasar Tanah Air ditawarkan dalam tiga varian, yakni GA, GL dan GX. Secara tampilan luar, tipe GL dan GX terlihat sama seperti tidak ada ubahan yang berarti. Supaya tidak salah pilih, ketahui perbedaan kedua
Toyota Rangga Concept sepertinya sudah tinggal menunggu waktu saja untuk diperkenalkan versi produksinya. Jika beberapa waktu lalu tertangkap kamera sosok mobil ini yang masih tertutup stiker kamuflase di area Bekasi, Jawa Barat, maka sekarang wujudnya terungkap utuh tanpa ada yang ditutupi. Ya, sosok Toyota Rangga Concept namun dengan wujud yang seperti sudah tahap produksi massal terlihat ada di booth Toyota pada pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) Bandung 2023. Berbalut

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaruPembaruan
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil
Ford Everest
Lihat