window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Lahir dari Rahim yang Sama, Ford Fiesta Lebih Menarik dari Mazda2?

Enda · 4 Des, 2021 14:00

Perbedaan Ford Fiesta dengan Mazda2

Ford Fiesta Vs Mazda2

Ford Fiesta dan Mazda2 merupakan mobil kompak berbentuk hatchback yang tak kalah keren dari Yaris maupun Jazz. Generasi ketujuh Ford Fiesta dan facelift pertama Mazda2 ramai dijumpai di tahun 2010.

Keduanya diketahui lahir secara bersamaan di salah satu pabrik di Thailand dengan menggunakan platform yang sama. Meski demikian, keduanya bukan kembar identik seperti produk kolaborasi duo Astra. Secara tampilan, spesifikasi dan fitur, baik Ford Fiesta maupun Mazda2 memiliki ciri khas masing-masing sebagai ikoniknya.

Perlu kalian ketahui, untuk harga bekas di tahun yang sama, Mazda2 ditawarkan lebih mahal dari Ford Fiesta. Dimana Mazda2 kini dibandrol Rp90 jutaan, sedangkan Fiesta diniagakan Rp75 jutaan.

Baca juga: Hatchback Bekas Rp60 Jutaan, Pilih Honda Jazz GD3 atau Toyota Yaris Bakpau?

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Pakai Platform Sama, Struktur dan Tampilan Body Keduanya Berbeda

Perbedaan Ford Fiesta dengan Mazda2

Ford Fiesta terlihat lebih sporty dan atraktif

Meski secara platform keduanya saling berbagi, dari segi dimensi Ford Fiesta terbukti lebih gambot. Hal ini dibuktikan dari data di atas kertas, hatchback jenama Negri Paman Sam tersebut mempunyai panjang 3.950 mm, lebar 1.722 mm serta tinggi 1.481 mm.

Mengetahui dimensi Mazda2, mobil ini memiliki panjang 3.913 mm, lebar 1.695 mm serta tinggi 1.479 mm. Karena Fiesta lebih besar dari segi dimensi, maka bobot mobil tersebut bertambah 55 kg dari Mazda2.

Untuk tampilan luarnya, Ford Fiesta hadir dengan bentuk yang dikemas lebih sporty, atraktif sekaligus modern berkat disematkannya banyak garis tegas meruncing serta memiliki atap rendah. Agar tetap menampilkan kesan modern serta meningkatkan tingkat kearodinamisan, di beberapa bagian bodynya tersebut dibuat sedikit membulat.

Melihat Mazda2, secara bentuk mobil ini terlihat kalem meski juga banyak menerapkan lekukan garis tegas dan melengkung. Sama seperti Fiesta, lampu utamanya dibuat meruncing namun tampak tak segahar saudaranya tersebut.

Perbedaan Ford Fiesta dengan Mazda2

Tampilan luar Mazda2 terkesan dinamis

Di bumpernya, city car Mazda ini juga memiliki air dam cukup besar dengan tampilan dinamis. Berbeda dengan Fiesta, housing foglamp Mazda2 memiliki bentuk yang lebih lebar.

Bicara tampilan, setiap orang memiliki seleranya masing-masing. Namun menurut pandangan kami, Ford Fiesta terkesan jauh lebih atraktif dan sporty ketimbang Mazda2.

Nuansa Interior Lebih Sporty, Ford Fiesta Sudah Dapat Voice Command!

Perbedaan Ford Fiesta dengan Mazda2

Kokpit Ford Fiesta terkesan sporty

Bicara tampilan interior keduanya, Ford Fiesta jauh lebih unggul karena mampu menyuguhkan aura sporty nan modern. Untuk fiturnya sendiri, di zamannya Ford Fiesta telah disematkan fitur voice command. Fitur perintah suara ini dapat dimanfaatkan untuk menjalankan beberapa fitur seperti; mengaktifkan sistem infotaiment, merubah channel radio dan track lagu.

Hebatnya, pada saat itu fitur tersebut juga dapat mengkoneksikan ponsel dengan head unit melalui jaringan bluetooth untuk menghubungi seseorang maupun menyetel playlist lagu melalui hand phone. Tampilan head unitnya sendiri memiliki bentuk mirip keypad ponsel yang mana sudah memiliki konektifitas CD, radio dan AUX.

Disisi lain, pada interiornya Ford Fiesta juga dilapisi dengan bahan material berkualitas, peredam kabin tebal, jok yang dibuat mengikuti lekukan badan, serta posisi duduk yang ergonomis. Dengan posisi duduk menyesuaikan bentuk badan, tentunya pengguna akan merasa nyaman meksipun berkendara dalam waktu yang cukup lama.

Baca juga: Perbandingan Biaya Perawatan Mazda 2 dan Honda Jazz

Perbedaan Ford Fiesta dengan Mazda2

Dashboard Mazda2 terlihat modern

Menengok bagian dalam Mazda2, city car andalan Mazda ini menerima banyak lekukan di area kokpit yang membuatnya terkesan dinamis dan tetap modern. Mengenai sistem hiburannya sendiri, mobil ini sudah tersematkan head unit layar sentuh dengan format Bluetooth, USB, CD, dan AUX. Namun sayang, sistem infotaimentya tersebut belum dilengkapi format voice command.

Walau begitu, head unitnya terasa ergonomis berkat adanya switch control yang melekah di sebelah kiri setirnya. Untuk kenyamanannya, Mazda2 turut dilapisi jok dengan bahan material berkualitas yang mengikuti bentuk badan, dan peredam kabin tebal sehingga suara bising dari luar dapat diminimalisir.

Fitur Keselamatan Mazda2 Paling Lengkap?

Perbedaan Ford Fiesta dengan Mazda2

Menyoal fitur keselamatan, Ford Fiesta berhasil disematkan hill launch assist, rear parking sensors, dual airbags, ABS + EBD, dan rem cakram di semua roda. Disisi lain, mobil ini juga memperoleh smart keyless entry dan rain sensing wipers.

Di Mazda2, mobil ini memperoleh fitur keselamatan berupa ABS + EBD, BA, dual airbag, dan sabuk pengaman tiga titik. Selain itu, Mazda2 juga dilengkapi Neck Injury Mitigation Front Seat, Speed Sensitive Auto Door Lock System, power door lock dan Immobilizer. Selain itu juga terdapat remote keyless entry, start engine knob, dan internet browser yang secara khusus hadir di varian RZ.

Selain Pilihan Mesin Banyak, Ford Fiesta Juga Lebih Bertenaga

Perbedaan Ford Fiesta dengan Mazda2

Mesin 1.6L Ford Fiesta menghasilkan tenaga besar

Ford Fiesta mengusung mesin bensin 1.4L dan 1.6L empat silinder segaris dengan teknologi Duratec Ti-VCT 16 valve DOHC. Menurut spesifik, varian 1.388 cc mampu menghasilkan tenaga 95 PS @5.750 rpm dengan puncak torsi 128 Nm @4.200 rpm yang dikawinkan transmisi manual manual 5-percepatan dan otomatis 4-percepatan tiptronic. Mengetahui varian lain yang menggunakan mesin 1.596 cc, jantung pacu tersebut dapat memeras tenaga sebesar 122 PS @6.000 rpm serta torsi 152 Nm @4.050 rpm. Untuk membuatnya dapat berjalan, mesin tersebut dikawinkan dengan transmisi otomatis dual clutch powershift 6-percepatan.

Melihat saudara satu rahimnya, Mazda2 mengandalkan mesin MZR 1.5L DOHC 16-Valve 4 silinder segaris dengan teknologi Sequential Valve Timing (S-VT), yang mampu menghasilkan tenaga 103 PS @6.000 rpm dan torsi 135 Nm @1.400 rpm. Mazda2 sendiri ditawarkan pilihan transmisi manual 5-percepatan dan otomatis 4-percepatan.

Kesimpulan

Dari segi harga bekas, tampilan, jantung pacu serta fitur, dapat disimpulkan Ford Fiesta lebih baik dari Mazda2. Mengenai akselerasi serta manuvernya, hatchback ini juga lebih unggul, meksipun tingkat kenyamanan yang dihasilkan tak sebaik Mazda2.

Jika dihadapkan dengan keduanya, kalian tertarik pilih yang mana?

Baca juga: Kepincut Ford Fiesta Bekas? Ketahui Kelebihan dan Kekurangan Sebelum Membelinya

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Mazda 2 GT AT 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil