Bos Tesla Elon Musk Mulai Was-was akan Mobil-mobil Listrik China

Popularitas mobil listrik buatan Tiongkok yang kini semakin menjamur di berbagai pasar otomotif di dunia diakui CEO Tesla, Elon Musk.

Bahkan, Musk menyatakan, perusahaan kendaraan listrik Tiongkok akan 'menghancurkan' persaingan pasar otomotif bila tidak ada  hambatan perdagangan. Demikian dilansir Reuters

"Perusahaan mobil Tiongkok adalah yang paling kompetitif dan akan meraih kesuksesan signifikan di luar Tiongkok,” kata Musk.

Baca jugaMobil Listrik Xiaomi SU7 Lebih Canggih dan Murah daripada Tesla Model S

Elon Musk sedang mengisin daya baterai mobil listrik 

Musk berpendapat, apa yang dibuat pabrikan otomotif China dalam hal mobil listrik ini akan terus berkembang, selama tidak ada hambatan berarti termasuk kebijakan yang diterapkan di negara tujuan. 

“Jika tidak ada hambatan perdagangan, maka hal ini akan menghancurkan sebagian besar perusahaan mobil lain di dunia. Mereka sangat bagus,” jelas Musk. 

Baca juga: Tesla Berencana Bangun Pabrik Mobil Listrik di Thailand, Bukan di Indonesia

Elon Musk Khawatir Kehadiran Mobil China

Elon Musk dan mobil listrik Tesla

Meski Musk kini memberikan pujian terhadap perkembangan pabrikan mobil China, namun disisi lain hal tersebut menjadi kekhawatiran pemilik media sosial X dalam menjalani bisnis otomotif. 

Bagaimana tidak, di pasar global, Tesla sendiri salah satu perusahaan yang terkena dampak dari krisis global saat ini. 

Lain halnya dengan raksasa otomotif dari China, BYD, yang justru terus berekspansi menjual mobil nyetrum ke berbagai belahan dunia, termasuk Indonesia. 

Baca juga: BYD Resmi Masuk Indonesia, 3 Mobil Listrik Jadi Jagoannya

BYD sudah masuk Indonesia, dengan meluncurkan tiga produknya yaitu Dolphin, Atto 3 dan Seal. 

Ya, BYD diketahui sudah mendapatkan dukungan dari perusahaan Warren Buffett, berupa pembelian saham sebanyak USD 232 juta beberapa tahun lalu, yang membuat mereka terus berinovasi dimana-mana. 

Mereka telah membuka lembaran baru, yang ditandai dengan menawarkan mobil-mobil listrik murah dan lebih bervariasi. 

Disisi lain, bagi warga China yang pasarnya mobil listrik terus berkembang, membeli mobil Tesla ternyata punya kekurangan. Satu diantaranya mobilitas tidak bebas, karena beberapa lokasi di China tidak diperkenankan dilewati pemilik mobil Tesla, karena alasan keamanan. 

Alhasil, saat ini penjualan BYD berhasil menyalip Tesla, sebagai perusahaan EV terlaris di dunia pada kuartal terakhir di tahun 2023. 

Padahal di akhir tahun lalu, Tesla sendiri melakukan banyak promo menarik untuk menggaet konsumen, termasuk potongan harga besar-besaran, namun itu tetap belum sesuai target. 

Perlu diketahui, selama tahun 2023, Tesla berhasil menjual seluruh produknya di dunia hingga 1,8 juta unit. 

Namun jumlah tersebut, belum bisa menyaingi BYD yang berhasil menjual 1,6 juta mobil full listrik dan 1,4 juta unit mobil hybrid.

    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Tesla Model 3

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

Lihat Lebih

Video Pendek Terkait

Merek mobil mewah Porsche kini semakin mengikuti perkembangan zaman, dimana pabrikan asal Jerman ikut meluncurkan Porsche Macan 4 Electric berteknologi full listrik. Generasi Porsche Macan EV terbaru ini diklaim memiliki desain progresif, dengan performa khas Porsche, daya tempuh jauh dan tetap praktis digunakan untuk harian. "Kami membawa Macan ke tingkat yang benar-benar baru, dengan E-Performance yang luar biasa, Driver Experience yang baru, dan desain yang sangat mengesankan," ungkap Chairma
Pasar otomotif Tanah Air tahun ini dipastikan bakal lebih ramai dari tahun-tahun sebelumnya, dengan hadirnya beberapa mobil listrik terbaru dari pabrikan otomotif ternama jenama asal China hingga Vietnam. Bicara mobil listrik, pada tahun 2023 sejumlah pabrikan otomotif berhasil memperkenalkan kendaraan ramah lingkungan yang digadang-gadang akan meluncur secara resmi tahun ini, seperti Chery Omoda 5 EV, Maxus Mifa 9 dan Citroen E-C3. Prediksi Mobil Listrik yang Hadir di Indonesia pada 2024 Sebelu
PT Toyota Astra Motor (TAM) melakukan penarikan kembali atau recall Toyota bZ4X di Indonesia. Toyota bZ4X recall ini berimbas pada mobil dengan tahun produksi antara Maret 2022 sampai Juni 2023. Menurut Vice President Director PT TAM, Henry Tanoto, recall ini bagian dari komitmen untuk menjamin kualitas produk serta menjaga keamanan dan keselamatan perjalanan pemilik Toyota bZ4X. Baca juga: Tembus Rp1 Miliar, Tetap Pilih Toyota bZ4X atau Lebih Baik Lexus UX 300e Aja? "Dengan segala kerendahan ha
Tak sedikit calon konsumen mencari informasi mengenai harga berikut skema kredit Toyota Agya GR Sport. Sebagai small hatchback, Agya GR Sport merupakan pesaing terberat Honda Brio RS. Hadir dalam 2 pilihan transmisi yakni MT dan CVT di mana masing-masing juga memiliki opsi one-tone dan two-tone body color, Agya GR Sport per Januari 2024 ini dibandrol mulai dari Rp237,5 juta sampai dengan Rp256 juta OTR Jakarta. "Berada satu segmen di atas All New Agya, kendaraan sporty ini memiliki berbagai keun
Tak salah memang kalau Toyota Innova Zenix saat ini jadi mobil yang tengah naik daun dalam dua tahun terakhir. Selain penjualannya yang terus melonjak dan mengerek nama Kijang Innova sebagai mobil terlaris di 2023 versi Gaikindo, artikel mengenai Toyota Innova Zenix selalu saja jadi Top 5 di Autofun Indonesia. Misalnya ketika pekan lalu tim redaksi kami membahas mengenai perbedaan Toyota Innova Zenix Hybrid tipe G dan V, sanggup menarik minat banyak pembaca. Walau begitu, bukan cuma artikel tent

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaruPembaruan
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 616,80 Milyar

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil
Tesla Model 3
Lihat