Rp 143,80 - 158,60TBC Juta

Harga di Indonesia

Toyota Agya Spesifikasi
SegmenSegmen A
Tipe bodiHatchback
Jenis penggerakFWD
Kapasitas mesin1.0 - 1.2L
Tenaga67 - 88PS
Tempat Duduk5

Toyota Agya Daftar Harga Varian Mobil

Wajib Baca

Kelebihan

  • Harga Terjangkau

  • Memiliki 6 Varian Berbeda

  • Lebih Praktis Mengoperasikan Mesin Dengan Engine Start/Stop Button

  • Eksterior Baru Dengan Kesan Sporty

Kekurangan

  • Engine Start/Stop Button Hanya Dimiliki Varian G TRD

  • Mesin Kurang Bertenaga

  • Transmisi Otomatis Belum CVT Sehingga Pengendaraan Kurang Halus

  • Fitur Keselamatan Terbatas

Toyota Agya Gambar

Eksterior

Interior

Toyota Agya Kompetitor

Toyota Agya Ulasan

  • Overview
  • Eksterior
  • Interior
  • Fitur Keselamatan
  • Mesin dan Performa
  • Kesimpulan
  • Overview

    Toyota Agya masuk ke dalam pasar mobil perkotaan dengan dimensinya yang kompak. Harga Toyota Agya 2020 saat ini dimulai dari Rp143 jutaan untuk model entry level Toyota Ayla 1.0 G M/T bermesin 1.0L serta Rp169 jutaan untuk Toyota Agya 1.2L TRD bertransmisi otomatis. Dari segi konsumsi bbm, mesin tiga silinder tentu saja menghadirkan mesin yang lebih efisien dibandingkan mesin 4-silinder.

    Toyota Agya dikembangkan bersamaan dengan Daihatsu Ayla dalam hatchback Segmen A yang mungil. Sehingga Agya diproduksi di pabrik Daihatsu di Indonesia. Meluncur mulai dari September 2012 sebagai bagian dari Kerjasama Toyota dan Daihatsu, facelift kedua Ayla menghasilkan dua pilihan mesin, 1.0L 3-silinder serta mesin 1.2L 4-silinder.

    PT Toyota-Astra Motor (TAM) menghadirkan penyegaran Toyota Agya dengan berbagai fitur baru. Menggunakan tagline “Start to Never Stop”, ubahan baru ini menghadirkan desain yang lebih sporty dari hatchback murah Toyota di Indonesia.

    Harga

    Tipe Harga
    Toyota Agya 1.2 G M/T TRD S Rp153.445.000
    Toyota Agya 1.2 G A/T TRD S Rp169.290.000

     Spesifikasi

    Mesin
    Tipe Mesin  
    Isi Silinder 1.197 cc
    Tenaga Maksimal 86.5 hp @ 6.000 rpm
    Torsi Maksimal 108 Nm @ 4.200 rpm
    Rasio Kompresi 10.3:1
    Transmisi Manual 5-percepatan dan otomatis 4-percepatan
    Dimensi
    P x L x T 3.660 x 1.600 x 1.520 mm
    Wheelbase 2.450 mm
    Ground Clearance 180 mm
    Kaki-Kaki dan Suspensi
    Suspensi Depan MacPherson Strut dengan Coil Spring
    Suspensi Belakang Semi-independent torsion axle beam
    Rem Depan/Belakang Ventilated Disc dan Drum
    Velg Alloy 14 inci
    Tipe Ban 175/65 R14

    Sejarah

    Toyota Agya bisa dibilang sebagai salah satu cara Toyota mengambil hati konsumen di Indonesia. City car (atau hatchback) ini dikembangkan oleh Daihatsu berdasarkan platform Daihatsu Mira dan dipasarkan dengan nama Daihatsu Ayla dan Toyota Agya.

    Diproduksi di pabrik Toyota di Karawang, Agya pertama kali diperkenalkan di Indonesia International Motor Show 2012. Nama “Agya” sendiri berasa dari bahasa Sanskerta yang berarti “cepat”. Agya mulai dipasarkan setahun kemudian pada September 2013.

    Tak hanya di Indonesia, Toyota Filipina mulai mengimpor Toyota Agya untuk bersaing dengan Mitsubishi Mirage di Negeri Gajah Putih tersebut. Dipasarkan pada tahun 2014, Agya di Filipina menggunakan nama Wigo.

    Berumur 8 tahun, Agya yang dipasarkan saat ini merupakan bagian dari generasi pertama tapi dengan dua kali penyegaran. Facelift pertama meluncurkan April 2017 dengan menawarkan mesin 1.0L 1KR-VE dan 1.2L 3NR-VE berteknologi Dual VVT-i.

    Maret 2020, Toyota memperkenalkan facelift kedua dengan bumper depan baru, ubahan pada desain lampu belakang dan berbagai penambahan fitur lainnya. Tampilannya dibuat lebih sporty untuk menyaingi model lain di segmen hatchback Low Cost Green Car (LCGC).

  • Eksterior

    Di luar, facelift Toyota Agya kedua yang diberikan PT TAM menawarkan beberapa perubahan kosmetik untuk menyegarkan tampilannya. Ada lebih banyak aksen berwarna gelap yang disematkan.
    Ubahan baru pada tampilan depan bersanding dengan lekukan-lekukan tegas dengan desain lampu depan yang tajam. Ada aksen merah baru pada bumper depan untuk memperkuat kesan sporty. Kesan baru membuat tampilan grille-nya lebih lebar.

    Grille baru Agya TRD menggunakan aksen black chrome menghadirkan tampilan yang semakin agresif. Sayang teknologi yang digunakan pada lampu depan serta fog lamp masih berupa lampu halogen bisa.
    Beralih ke sisi samping velg yang baru langsung memikat dari tampilan baru Agya. Ukurannya masih sama, yaitu velg 14 inci dengan Pitch Circle Diameter 4 x 100 tapi dengan desain yang berbeda. Agya TRD memiliki velg berkelir two tone dengan tampilan layaknya New Calya.

    Senada dengan ubahan desain depan, side skirt tak ketinggalan mendapatkan desain baru yang lebih menawan dibandingkan sebelum facelift. Kesan sisi samping menawarkan lekukan yang lebih tegas dan spion berkesan aerodinamis.

    Tipe G dan TRD mendapatkan fitur retractable mirror. Selain itu, Agya juga dilengkapi dengan keyless entry, tapi masih belum mendapatkan fitur smart entry. Jadi Anda harus menekan tombol pada gagang pintu untuk membuka dan menutup kunci pintu.

    Tapi tak ada banyak perubahan ketika melihat tampilan belakang New Agya ini. Tapi mika lampu belakang menggunakan model transparan dengan bohlam LED untuk stoplamp. Selain itu ada spoiler belakang dengan cat hitam untuk mendapatkan kesan sporty.

  • Interior


    Ubahan berlanjut pada bagian dalam. Selain penyegaran pada varian 1.0 E dan 1.0 G, Agya TRD juga mendapatkan sedikit perubahan pada interior. Mulai dari penambahan fitur hiburan dengan head unit baru serta desain trim pintu baru.

    Head unit layar sentuh serta sistem audio 2DIN yang bersahaja disandingkan sentuhan aksen merah pada panel instrument menegaskan tampilan sporty-nya. Jika varian terendah masih menggunakan kenop AC, Agya TRD mendapatkan tampilan modern dengan pengaturan AC digital.
    Perlu hiburan selama berkendara? Agya menawarkan konektivitas Bluetooth untuk menambah pilihan musik selain radio AM/FM. Cukup menyenangkan, meski kualitas suara yang dihasilkan terasa biasa saja hanya memiliki 4-speaker mid-range.

    Kemudi palang tiga multi fungsi dengan tombol kontrol audio, meski posisi setir hanya bisa diatur melalui fungsi tilt steering. Belum dilapisi kulit, tapi material campuran plastik dan polyurethane membuat setir tidak terlalu licin ketika digenggam.

    Dimensi Agya memang terbilang kompak. Tapi desain dan pengaturan kursi memberikan kesan lapang bagi penumpang di belakang. Belum lagi pelapis tempat duduk baru yang menambah kenyamanan selama berkendara

    Sayangnya seperti model LCGC lainnya, ruang bagasi berasa standar, jika tak bisa dibilang kecil. Mengingat bodinya yang kompak serta sebagian kabin sudah digunakan untuk memberikan ruang kaki yang lapang bagi penumpang di belakang.

  • Fitur Keselamatan


    Seperti layaknya model Toyota lainnya, semuanya memiliki berbagai sistem keselamatan terbaru. Bahkan tak terkecuali bagi Toyota Agya. Mulai dari Agya tipe G hingga TRD, Agya sudah dilengkapi dengan teknologi pengereman Anti-lock Braking System (ABS) dan Electronic Brake-force Distribution (EBD).

    Bahkan dengan harganya yang lumayan terjangkau, Agya sudah dilengkapi dengan sensor parkir untuk menjaga pengendaraan Anda bersama mobil ini. Bagi keluarga muda, Agya menawarkan dudukan ISOFIX untuk child seat di bangku baris kedua.

  • Mesin dan Performa


    Mesin

    Sudah mendapatkan dua kali facelift, tapi Toyota Agya tetap menggunakan mesin 3NR-VE 4-silinder segaris DOHC dengan teknologi Dual VVT-i. Tenaga maksimal yang dikeluarkan mencapai 86.5 daya kuda pada 6.000 rpm serta torsi maksimal 108 Nm pada 4.200 rpm.

    Jika pesaingnya sudah banyak yang menggunakan transmisi CVT yang lebih baru, tapi Toyota tetap percaya diri dengan pilihan transmisi otomatis 4-percepatan maupun manual 5-percepatan.

    Performa dan Handling.

    Mesin 1.2L milik Agya TRD masih tetap nyaman ketika dibawa berkendara di jalanan perkotaan. Ketika dibawa dalam kecepatan stabil, getaran mesin selama perjalanan terasa halus dibandingkan mobil lain di segmen ini. Tapi ketika dibawa agak kencang, getaran mesin mulai terasa.

    Memberikan kenyamanan selama di belakang kemudi ada sistem power steering. Transmisi otomatis maupun manual menghadirkan pengendaraan yang menyenangkan. Bahkan transmisi 4-percepatan otomatis tetap menawan meskipun menghadapi jalanan menanjak.

    Hanya saja masalah terbesar yang dimiliki Agya yaitu kualitas material yang masih standar. Akibatnya peredam kabin tak terlalu baik. Mengingat harga yang ditawarkan, masalah ini sepertinya harus diterima peminat Agya.

    Agya memang baru mendapatkan ubahan pada facelift kedua. Namun tak menutup kemungkinan Toyota akan menghadirkan generasi kedua dengan transmisi CVT atau komposisi suspensi baru beberapa tahun ke depan.

    Konsumsi BBM

    Menggunakan teknologi Dual VVT-I, Agya TRD S dengan mesin 1.5L memiliki konsumsi bahan bakar dengan angka 15-16 km/liter di dalam kota serta 20-21 km/liter di jalan tol dengan kondisi berkendara yang stabil.

    Sedangkan tipe tertinggi Agya ini sudah memiliki fitur keyless entry serta start/stop engine button. Anda tinggal menginjak pedal rem dan menekan tombol start/stop pada sebelah kanan dashboard. Teknologi ini juga mampu menghemat konsumsi bahan bakar.

    Tapi Agya memiliki pantanga. Dengan teknologi terbarunya, Agya disarankan menggunakan bahan bakar dengan Research Octane Number (RON) 92 atau setara Pertamax. Menggunakan BBM di bawah RON 92, setara Pertalite atau Premium, akan membuat pembakaran kurang maksimal sehingga terjadi knocking pada mesin.

  • Kesimpulan

    Sebagai salah satu pilihan hatchback LCGC yang ada di Indonesia, Toyota Agya memiliki desain yang menawan untuk dimiliki. Ubahan terbaru membuat tampilannya lebih segar ditambah fitur yang lebih banyak disematkan untuk menambah kesan ‘fun to drive’ Agya.

    Dimensinya yang kompak membuat mobil ini cocok untuk digunakan di jalanan perkotaan. Memang kapasitas bagasi Toyota Agya terkesan lebih kecil dibandingkan model lainnya, namun dengan ruang kabin yang lega dan nyaman untuk ditempati.

    Untuk Agya TRD sendiri, fitur hiburan dan keselamaannya termasuk yang terlengkap, Mobil ini sangat cocok bagi masyarakat perkotaan yang membutuhkan pengendaraan yang dinamis yang ramah lingkungan dan irit bahan bakar.

Toyota Agya FAQ

  • Apakah Toyota Agya memiliki Vehicle Stability Control (VSC)?

    • Alysha R

      Alysha R

      Tidak, Toyota Agya tidak memiliki Vehicle Stability Control (VSC).

  • Apakah Toyota Agya tersedia di Fitur kursi belakang?

    • Baileybum

      Baileybum

      Tidak, Toyota Agya tidak tersedia di Fitur kursi belakang.

  • Apakah Toyota Agya tersedia di Anti-lock Braking System (ABS)?

    • CG74

      CG74

      Tidak, Toyota Agya tidak tersedia di Anti-lock Braking System (ABS).

Kompetitor

Model Populer

VS