Bukan Cuma Malaysia, Indonesia juga Buka 7 Jalan Tol Gratis Selama Musim Mudik Lebaran 2024

Beberapa waktu lalu, media di Indonesia heboh membahas tarif tol gratis jelang lebaran yang diberikan oleh pemerintah Malaysia. 

Namun yang harus Anda ketahui, di Indonesia ternyata ada juga tujuh ruas jalan bebas hambatan yang digratiskan, yaitu tiga di pulau Jawa dan empat di pulau Sumatera.

Ya, ketujuh ruas jalan tol gratis tersebut merupakan jalan tol fungsional yang dikelola oleh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT).

Baca juga: Pemerintah Malaysia Gratiskan Tarif Tol Jelang Lebaran, di Indonesia Malah Naik

Jalan Tol Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat Seksi 2 Kuala Tanjung-Indrapura sepanjang 9,47 km

Menurut Anggota BPJT Unsur Masyarakat Tulus Abadi, jalan tol fungsional merupakan jalan bebas hambatan yang berpotensi digunakan secara darurat. 

"Tetapi dapat dilalui para pengendara untuk sampai wilayah tertentu dengan waktu tempuh yang lumayan memangkas waktu perjalanan," ungkap Tulus, dilansir situs BPJT. 

Lebih lanjut Tulus menyatakan, saat melintasi jalan tol fungsional ketika musim mudik lebaran, pemudik tidak dikenai tarif alias gratis saat memasuki dan keluar tol tersebut.

Akan tetapi, saat masuk dan keluar gerbang tol, pengemudi wajib melakukan tapping pembayaran di gerbang tol dengan kartu uang elektronik (jika disiapkan gerbang tol).

Meski sudah melakukan tapping, namun saldo kartu uang elektronik tidak akan berkurang seperti pada umumnya. 

Baca juga: Hore! Ada Diskon Tarif Tol Saat Musim Mudik dan Balik Lebaran 2024, Berikut Jadwalnya

Daftar Jalan Tol Gratis Selama Lebaran 2024

Jalan Tol Indrapura-Kisaran Seksi 2 Lima Puluh-Kisaran sepanjang 32,15 Km

Nah, Anda yang ingin mengetahui mana saja jalan tol fungsional yang digratiskan BUJT, maka berikut daftarnya:

Pulau Jawa 

  • Jalan Tol Cimanggis-Cibitung Seksi 2B Cikeas-Cibitung sepanjang 19,65 Km
  • Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan Paket 3 Kutanegara-Sadang sepanjang 8,5 Km 
  • Jalan Tol Solo-Yogyakarta-YIA Kulonprogo Seksi Colomadu-Klaten sepanjang 22,3 Km

Pulau Sumatera

  • Jalan Tol Bangkinang-Koto Kampar sepanjang 24,7 Km
  • Jalan Tol Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat Seksi 2 Kuala Tanjung-Indrapura sepanjang 9,47 Km dan Seksi 3-4 Tebing Tinggi-Sinaksak sepanjang 47,15 Km.
  • Jalan Tol Indrapura-Kisaran Seksi 2 Lima Puluh-Kisaran sepanjang 32,15 Km,
  • Jalan Tol Kayuagung-Palembang-Betung Seksi 3 sebagian dari IC Musilandas-Desa Sukamulya sepanjang 21,2 Km.

Baca juga: Catat, Tarif Tol Jakarta Cikampek Naik Lagi, Mudik Lebaran Budget Bertambah

Jalan Tol Fungsional Minim Fasilitas

Jalan Tol Solo-Yogyakarta-YIA Kulonprogo Seksi Colomadu-Klaten sepanjang 22,3 Km

Perlu Anda ketahui juga, jika melewati jalan tol fungsional, maka jangan berharap mendapatkan fasilitas maksimal. 

Pasalnya, jalan tol fungsional sejatinya belum 100 persen layak digunakan, bahkan tak jarang, rambu-rambu lalu lintas tidak secara lengkap menempel di sepanjang jalan. 

Demikian juga dengan kondisi jalan yang belum mulus seperti jalan tol biasanya. 

Maka dari itu, saat mengemudi di jalan tol fungsional, kecepatan yang wajib ditempuh pengemudi biasanya dibatasi hanya maksimal 40 Km/jam. 

Selain itu, ketika kendaraan dipacu lebih dari 50 km/jam, jalanan tersebut akan dipenuhi debu maupun kondisi licin saat musim hujan, sehingga mengganggu jarak pandang hingga dapat membahayakan pengemudi lain di belakang.

Perlu dicatata, saat mengendarai tol fungsional maka disarankan hanya jenis kendaraan kecil, seperti sedan, jeep dan minibus. 

Jalan tol fungsional ini berlaku pada periode arus mudik mulai 4-11 April 2024, dan arus balik pada 12-16 April 2024. 

Oops... Something broke.
    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Toyota Rush

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

Lihat Lebih

Video Pendek Terkait

Harga VinFast VF e34 rupanya sudah diumumkan dan penjualannya di Indonesia telah dimulai sejak akhir Maret 2024. Mobil listrik asal Vietnam ini diniagakan Rp315.000.000 dengan delapan pilihan warna, yaitu Brahminy White, Crimson Red, Deep Ocean, DeSat Silver, Jet Black, Neptune Grey, Sunset Orange, dan Vinfast Blue. Harga tersebut lebih murah dibanding dengan banderol dari Wuling BinguoEV Long Range AC atau Neta V yang sudah pakai harga promosi. Harga VinFast VF e34 yang cukup terjangkau ini ter
Beberapa waktu lalu, media di Indonesia heboh membahas tarif tol gratis jelang lebaran yang diberikan oleh pemerintah Malaysia. Namun yang harus Anda ketahui, di Indonesia ternyata ada juga tujuh ruas jalan bebas hambatan yang digratiskan, yaitu tiga di pulau Jawa dan empat di pulau Sumatera. Ya, ketujuh ruas jalan tol gratis tersebut merupakan jalan tol fungsional yang dikelola oleh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT). Baca juga: Pemerintah Malaysia Gratiskan Tarif Tol Jelang Lebaran, di Indonesia Mal
Isuzu Panther Grand Touring merupakan satu dari sekian banyak pilihan varian dari Isuzu Panther. Sempat berjaya di masanya, kini Panther Grand Touring ini tak lagi dijual dalam kondisi baru, dan kalian hanya bisa membeli unit bekasnya. Sedikit kilas balik kehadirannya, tipe Grand Touring ini masuk pada generasi kedua dari Isuzu Panther yang sudah mengalami facelift. Tipe Grand Touring diperkenalkan pertama kali pada tahun 2004 bersamaan dengan diperkenalkannya tipe LV Adventure dan facelift tipe
Honda Jazz GD3 VTEC sampai dengan saat ini masih ramai peminat. Sebagai generasi pertamanya, Jazz VTEC (Variable Valve Timing & Lift Electronic Control) pertama kali diluncurkan di Indonesia pada 2006. Bermain di segmen hatchback, saat meluncur pertama kali Jazz GD3 mengusung teknologi i-DSI (Intelligent Dual & Sequential Ignition) yang dihadirkan pada Februari 2004. Jazz GD3 VTEC ini paling banyak diminati lantaran memiliki beragam keunggulan. Sekedar informasi saja, Jazz GD3 VTEC untuk harga b
Memilih mobil untuk mudik Lebaran memang perlu mempertimbangkan beberapa faktor. Diantaranya kendaraan itu harus tangguh, nyaman, dan juga hemat dalam pemakaian bahan bakar. Dari beberapa opsi kendaraan yang ada, tiga hal tadi sebenarnya sudah menjadi keunggulan Toyota Yaris Cross Hybrid. Ya, sejak diluncurkan Mei 2023 lalu, beberapa keunggulan Toyota Yaris Cross Hybrid sanggup membuatnya menjadi bintang baru di segmen SUV Compact Indonesia. Meski diisi persaingan yang cukup ketat dari berbagai

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaruPembaruan
Hot
Toyota

Toyota Calya

Rp 161,50 - 181,10 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
MG

MG VS HEV

Rp 389,00 Juta

Lihat Mobil
Mitsubishi

Mitsubishi L100 EV

Rp 320,00 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Tiggo 5X 2024

Rp 269,00 - 299,00 Juta

Lihat Mobil
Mendatang
Vinfast

VinFast e34

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Mendatang
MG

MG Maxus 9

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Mendatang
MG

MG ES

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Jimny 5-door 2024

Rp 462,00 - 475,60 Juta

Lihat Mobil
Mendatang
Vinfast

VF5

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda E5

Rp 488,80 Juta

Lihat Mobil