5 Alasan Isuzu Panther Grand Touring Kalah Pamor dari Kijang Innova Reborn Diesel, Padahal Harganya Lebih Murah

Isuzu Panther Grand Touring merupakan satu dari sekian banyak pilihan varian dari Isuzu Panther.

Sempat berjaya di masanya, kini Panther Grand Touring ini tak lagi dijual dalam kondisi baru, dan kalian hanya bisa membeli unit bekasnya.

Sedikit kilas balik kehadirannya, tipe Grand Touring ini masuk pada generasi kedua dari Isuzu Panther yang sudah mengalami facelift.

Tipe Grand Touring diperkenalkan pertama kali pada tahun 2004 bersamaan dengan diperkenalkannya tipe LV Adventure dan facelift tipe Touring sebelumnya.

Meskipun Isuzu memposisikan model Grand Touring ini sebagai varian SUV dari Panther, tetapi melihat dimensinya, Isuzu Panther Grand Touring juga masuk kategori MPV medium, sepadan dengan Toyota Kijang Innova.

Perbandingan Dimensi
  Isuzu Panther Grand Touring Toyota Kijang Innova Reborn
Panjang 4.535 mm 4.735 mm
Lebar 1.770 mm 1.830 mm
Tinggi 1.920 mm 1.795 mm
Jarak sumbu roda 2.685 mm 2.750 mm

Selain soal dimensi tubuh, bila membandingkan kondisi di pasaran mobil bekas, harga Isuzu Panther Grand Touring kini lebih murah dari Kijang Innova Reborn diesel.

Sebagai perbandingan, Isuzu Panther Grand Touring bekas tahun 2019 di CARSOME dijual seharga Rp276.000.000 untuk pembelian cash.

Sementara itu, harga Toyota Kijang Innova Reborn Diesel bekas tipe V 2.4 mencapai Rp383.000.000.

Lantas, kenapa pamor si kucing diesel ini kalah mengesankan dibandingkan rival dari sesama grup Astra?

Tentu banyak dari kalian penasaran mengapa umumnya konsumen berusia 35-45 tahunan tidak suka dengan Panther Grand Touring.

Tren yang ada, masyarakat cenderung mengidolakan Kijang Innova diesel bila mencari mobil keluarga bekas berbahan bakar solar.

Dengan harga bekas lebih terjangkau, konsekuensinya ada di kelengkapan fitur pada Panther yang tak sebaik Kijang Innova Reborn.

Padahal, Panther juga memiliki konfigurasi 7 penumpang, mesin diesel yang juga tangguh dan sparepart yang mudah didapat serta terjangkau.

Lantas, apa saja alasan orang enggan melirik Isuzu Panther? Berikut ini ulasannya.

Desain Panther tak banyak berubah bahkan sampai akhirnya discontinue

Isuzu Panther kurang disukai karena jarang mendapat major upgrade saat facelift, sejak edisi perdananya di 1991, hanya tiga kali facelift mayor.

Tampangnya yang itu-itu saja bikin orang bosan, terutama konsumen yang datang dari kalangan millenial.

Meskipun ada sedikit lekukan di tiap sudutnya ketika facelift di era Panther Kapsul, namun minim kesan elegan dan mewah sama sekali.

Bandingkan dengan rival abadinya yaitu Kijang Innova, yang sudah berganti generasi dengan desain baru yang gagah dan semakin terlihat mewah.

Selain tampilan luar, kondisi interior Panther Grand Touring juga dirasa kurang memikat konsumen generasi muda.

Layout dashboard yang sederhana, instrument cluster yang masih didominasi analog, serta sistem headunit yang belum pakai monitor berlayar besar juga dianggap ketinggalan tren.

Belum lagi desain joknya juga terlihat biasa saja, meskipun sebenarnya seluruh penumpang di mobil ini mendpaatkan jokl yang empuk dan nyaman.

Kondisi tersebut berbeda dengan kabin Innova Reborn yang telah mendpaat banyak pembaruan dibanding Innova generasi sebelumnya.

Buat masyarakat yang mau mencari LMPV naik kelas setelah menggunakan LMPV, jelas Innova Reborn menawarkan lebih banyak alasan untuk dipinang ketimbang Panther.

2. Teknologi Mesin Kalah Modern, Tenaga Kalah Besar

Hingga produksi terakhir, Isuzu Panther bahkan belum memakai teknologi commonrail pada mesin dieselnya yang terkenal badak.

Mesin berkode 4JA1 tersebut hanya dibekali turbo yang sebatas untuk menekan emisi dan meningkatkan efisiensi mesin.

Bandingkan dengan Innova diesel yang sudah menggunakan teknologi common rail Variable Nozzle Turbo (VNT) with Intercooler sehingga menghasilkan tenaga yang cukup jumawa, dan torsinya juga perkasa.

Sebagai perbandingan dengan Kijang Innova diesel yang sama-sama bermesin 2.500 cc, tenaga Isuzu Panter Grand Touring hanya 80 PS pada 3.900 rpm dengan torsi 198 Nm di 1.800 rpm.

Sementara itu, Kijang Innova diesel outputnya 106 PS di 3.600 rpm dengan torsi 260 Nm pada rentang 1.600-2.400 rpm. 

Adanya teknologi commonrail dan turbo membuat Kijang Innova diesel lebih bertenaga, dan torsi diesel engine 2.500cc dibawah 200 Nm seperti pada Panther termasuk kecil untuk zaman sekarang.

Perbandingan Spesifikasi Mesin
  Isuzu Panther Grand Touring Toyota Kijang Innova Reborn Diesel
Tipe mesin 4JA1L Turbocharger Direct Injection  2GD-FTV Commonrail VNT Intercooler
Kapasitas silinder 2.499 cc 2.393 cc
Jumlah silinder 4 4
Daya maksimum 80 PS @3.500 rpm 106 PS @3.600 rpm
Torsi makisimum 198 Nm @1.800 rpm 260 Nm @1.600-2.400 rpm
Transmisi Manual 5-percepatan Manual 5-percepatan
  Otomatis 4-percepatan Otomatis 6-percepatan

Baca juga: Mitsubishi L300 Vs Isuzu Panther, Mana yang Paling Cocok untuk Usaha Sehari-hari?

3. Karakter Transmisi Otomatisnya Lemot

Sama seperti Innova Reborn, Isuzu Panther juga menghadirkan opsi transmisi otomatis.

Meskipun memakai mesin diesel, ternyata paduan dengan transmisi otomatis 4-percepatan yang digunakan ini kurang fun to drive.

Pasalnya, akselerasi Panther jadi lemot atau lamban karena kurang torsi di putaran bawah.

Kondisi yang berbeda terjadi pada Innova Rebon, karena baik transmisi manual maupun otomatisnya sama-sama memberikan pasokan tenaga yang tak jauh berbeda.

Bahkan dengan transmisi matic, pengendaraan jadi lebih menyenangkan sebab tak perlu lagi injak pedal kopling terutama saat menemui kemacetan yang bisa membiarkan kaki kiri istirahat.

4. Isuzu Panther Grand Touring Kikir Fitur

Headunit pun masih Single Din

Hal lain yang membuat banyak konsumen berusia muda enggan melirik Isuzu Panther meskipun sudah memakai transmisi matic, ialah karena mobil ini termasuk pelit fitur.

Kelengkapan teknologi yang ada di dalam mobil ini begitu sederhana, mulai dari konsol head unit yang masih pakai model Single Din monochrome, pengaturan AC yang masih sederhana, meter cluster yang masih analog, hingga fitur keselamatan yang juga tak terlalu lengkap.

Bahkan untuk edisi penutup Panther kapsul 2020 sekalipun, masih tetap mempertahankan head unit single DIN ketika kompetitor lainnya telah berinovasi memakai 2DIN dengan layar sentuh.

Fitur hiburannya saat itu hanya sebatas radio dan kaset.

AC di mobil ini juga masih sederhana, belum ada pengaturan dual zone dan sejenisnya. 

Aspek kikir lainnya di mobil ini ialah fitur keselamatan yang cuma ada seatbelt di kursi depan saja.

Hal ini jelas sangat riskan karena umumnya mobil keluaran 2010 hingga kini minimal telah menyediakan dual SRS Airbag dan seatbelt untuk seluruh penumpang.

Fitur standar seperti rem ABS (Anti-lock Braking System) juga ia tak punya.

Coba bandingkan dengan Innova Reborn yang di tipe tertinggi bahkan telah dilengkapi rear seat entertainment berupa monitor yang tergantung di balik sandaran jok baris depan, sehingga pengguna bisa memutar video di mobilnya selama berkendara agar tidak bosan.

Kemudian pengaturan AC juga sudah menggunakan format digital serta terkoneksi dengan automatic climate control di bagian depan yang memberi kesan modern.

Baca juga: Mitsubishi Kuda Diesel vs Isuzu Panther, Mana Raja Diesel Sesungguhnya?

5. Mesin Diesel Turbo di Isuzu Panther Cukup Bising di Interior

Hal yang membuat sebagian orang enggan memilih Panther karena kurang nyaman.

Sudah jadi rahasia umum kalau Panther hanya menawarkan reliability dan durability.

Karena mengesampingkan kenyamanan jadi terkesan dipaksakan sebagai mobil keluarga.

Facelift yang dihadirkan pun luput meningkatkan aspek kenyamanan secara signifikan.

Salah satu hal yang cukup mengganggu ialah suara mesin diesel yang lebih berisik dibandingkan Kijang Innova bahkan dibanding mesin diesel Innova generasi pertama.

Getaran dan suara yang dihasilkan mesinnya sangat keras dan cukup mengganggu kenyamanan penghuni kabinnya.

Kekedapan kabin semestinya turut ditingkatkan, sekaligus kinerja mesin diesel agar lebih halus sehingga tidak seperti naik truk.

Kesimpulan

Walaupun dikenal sebagai Rajanya Diesel, namun rupanya banyak konsumen enggan melirik Isuzu Panther Grand Touring.

Dibanding Innova Reborn varian mesin diesel, Panther rasanya hanya menawarkan durabiltas mesin dan harga jual kembali yang stabil.

Sementara soal kenyamanan dan kelengkapan fitur, Innova Reborn jauh lebih baik.

 

    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Au...

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Isuzu Panther

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

Lihat Lebih

Video Pendek Terkait

Related Videos

Lima Hal Menarik dari Isuzu Panther!

Isuzu Panther Bekas, Layak Jadi Alternatif Calya-Sigra?

Oli mobil untuk mesin adalah komponen yang wajib rutin diganti pada periode tertentu. Pihak produsen otomotif atau bengkel, umumnya menyarankan oli mesin wajib diganti setiap 6 bulan sekali atau 10.000 kilometer, mana yang tercapai lebih dulu. Penggantian pelumas secara berkala ini penting untuk menjaga kinerja antar komponen pada ruang mesin tetap optimal tanpa muncul gesekan yang berlebihan. Jika oli yang ada di dalam mesin sudah terlalu kotor dan mengental, maka pergerakan komponen-komponen i
Pada awal bulan kemarin PT NETA Auto Indonesia (NETA) menawarkan harga Neta V melalui program Ramadan Special Price dari awalnya Rp379 juta menjadi Rp317 juta OTR Jakarta. Diskon mencapai Rp62 juta, sebelumnya harga spesial ini berlaku hingga 31 Maret 2024. Namun melalui acara Media Iftar Feast yang diselenggarakan baru-baru ini, NETA mengumumkan untuk memperpanjang periode harga Neta V tersebut hingga akhir April 2024. "Sebelumnya harga spesial melalui program Ramadan Special Price berlangsung
All New Mitsubishi Triton 2024 meluncur secara world premiere di Thailand pada Juli 2023. Sebagai produk terbaru Mitsubishi Motors Corporation jenis pick up single cab dan double cab yang dibangun berdasarkan XRT Concept, generasi keenam Triton ini dikabarkan akan diperkenalkan di Indonesia pada Juli mendatang di pameran GIIAS 2024. "Tahun kemarin sudah diluncurkan di Thailand. Kita sudah mengimport beberapa untuk sample unit. Setelah Lebaran kita akan melakukan spesial tes market seperti di min
Mudik dengan mobil pribadi adalah salah satu tradisi yang sangat dihargai bagi banyak orang, terutama saat menjelang perayaan hari besar seperti Idul Fitri. Namun, persiapan yang matang diperlukan untuk memastikan perjalanan berlangsung lancar, aman, dan nyaman. Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda mempersiapkan perjalanan mudik dengan mobil pribadi: 1. Perawatan Kendaraan Sebelum memulai perjalanan mudik, pastikan mobil dalam kondisi prima. Lakukan pengecekan rutin seperti peri
Baru-baru ini PT Toyota Astra Motor (TAM) meluncurkan New Toyota Rush GR Sport 2024 yang merupakan versi penyegaran kedua dari Rush yang sudah diluncurkan sejak 2017. Bila dibandingkan dengan model sebelumnya, khusus tipe Rush GR Sport jadi terlihat sedikit lebih mewah berkat improvement yang dilakukan. Sementara untuk Rush tipe G, ternyata cukup berbeda dengan apa yang ada di tipe GR Sport. Mengetahui lebih detil tentang perbedaan New Toyota Rush GR Sport 2024 dengan yang tipe G, simak ulasan b

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaruPembaruan
Hot
Toyota

Toyota Calya

Rp 161,50 - 181,10 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
MG

MG VS HEV

Rp 389,00 Juta

Lihat Mobil
Mitsubishi

Mitsubishi L100 EV

Rp 320,00 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Tiggo 5X 2024

Rp 269,00 - 299,00 Juta

Lihat Mobil
Mendatang
Vinfast

VinFast e34

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Mendatang
MG

MG Maxus 9

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Mendatang
MG

MG ES

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Jimny 5-door 2024

Rp 462,00 - 475,60 Juta

Lihat Mobil
Mendatang
Vinfast

VF5

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda E5

Rp 488,80 Juta

Lihat Mobil
Isuzu Panther
Lihat