Harga Suzuki Jimny 5 Pintu di Indonesia Bisa Lebih Murah, Begini Caranya

Harga Suzuki Jimny 5 pintu masih menjadi perbincangan hangat, khususnya bagi pecinta otomotif di Indonesia.

Salah satu yang menarik perhatian dari Suzuki Jimny 5 pintu yaitu karena mobil ini didatangkan dari India secara utuh dan jumlah sangat terbatas, alhasil indennya jadi mengular dan lama.

Kondisi ini kemudian menjadi kesempatan bagi sejumlah oknum tenaga penjual dealer resmi Suzuki untuk melakukan markup harga Suzuki Jimny 5 pintu.

Banderol SUV offroad tersebut bisa lebih mahal puluhan juta dari harga resmi yang diumumkan pihak PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) saat hari pertama pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024.

Padahal untuk mengatasi masa inden Jimny yang terus menerusmeningkat, Suzuki bisa saja melakukan perakitan di dalam negeri.

Mengingat saat ini SIS memiliki empat pabrik produksi Indonesia mulai dari Cakung Plant, Tambun I Plant, Tambun II Plant, dan Cikarang Plant.

Baca juga: Test Drive Suzuki Jimny 5 Pintu, di Jalur Offroad Masih Tetap Tangguh?

Suzuki Jimny 5 Pintu 

Mengapa dengan adanya empat pabrik tersebut, Suzuki belum bisa melakukan produksi Suzuki Jimny di Tanah Air agar lebih cepat terdistribusi ke konsumen dan harganya juga bisa jadi lebih murah?

Menurut Dept Head Strategic Planning PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) Joshi Prasetya, secara garis besar, meski peminat Jimny 5 pintu cukup tinggi, namun tidak serta merta bisa langsung dibuat secara lokal. 

"Jimny 5 pintu ini usianya masih masuk 3-4 bulan, kita masih melihat titik minat dari masyarakat. Biasanya secara umum mungkin setelah launching dalam beberapa bulan pertama, permintaan naik karena memang ya saat launching euforia tinggi," ungkap Joshi.

Namun Joshi tak menampik, untuk sebuah produk akan ada titik dimana muncul moment realistis angka penjualan.

Baca juga: Pesanan Suzuki Jimny 5 Pintu dan 3 Pintu Selalu Membludak, Akankah Diproduksi Lokal?

Suzuki Jimny 5 Pintu 

"Semua itu kembali lagi kepada permintaannya ya, biasanya kalau berhitung secara umum (angka realistis) itu ada kisaran 4.000-5.000 unit kapasitas untuk bisa masuk breakeven," jelas Joshi. 

Joshi juga menuturkan, bahwa pabrik produksi Suzuki di Indonesia, telah ditunjuk untuk membuat mobil keluarga tiga baris penumpang. 

"Itu sudah didesain (ditunjuk principal) seperti itu, dan walaupun secara model itu bukan seperti Jimny, tapi kita punya produk andalan lain yang kita ekspor, jadi tidak hanya jual di indonesia," ucapnya. 

Baca juga: Ungkap Perbedaan Suzuki Jimny 5 Pintu dan 3 Pintu Mulai dari Dimensi Sampai Harga

Selain Jimny, Ini Mobil-Mobil Suzuki yang di Ekspor dan Impor

Suzuki Jimnya 5 Pintu diimpor dari India 

Seperti diketahui, mobil Suzuki yang Anda lihat di jalan di Indonesia sejatinya banyak dibuat oleh PT Suzuki Indomobil Motor. 

Beberapa mobil yang diproduksi secara lokal ini tidak hanya untuk pasar domestik, melainkan ekspor.

Nah, sejumlah mobil yang diekspor diantaranya adalah Suzuki Ertiga, Suzuki XL7, hingga Suzuki Carry.

Untuk negara tujuan ekspor Suzuki juga sangat beragam, mulai dari sejumlah negara di kawasan Asia Tenggara, Jepang, Timur Tengah, hingga Amerika Selatan. 

Pada tahun 2023, mobil Suzuki yang di ekspor ke sejumlah negara mencapai 38.557 unit. 

Proses perakitan mobil Maruti Suzuki di India  

Sementara itu, mobil Suzuki yang diimpor untuk dipasarkan di Indonesia, diantaranya adalah Suzuki Ignis, Suzuki S-Presso, Suzuki Baleno, Suzuki Grand Vitara dan Suzuki 5 pintu.

Semua mobil Suzuki yang disebutkan di atas diimpor utuh dari India, sedangkan untuk Jimny 3 pintu didatangkan langsung dari Jepang.

Nah, di tahun 2023, Impor mobil Suzuki Jimny mencapai 11.195 unit. 

Oops... Something broke.
    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Suzuki Jimny 5-door 2024

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

Lihat Lebih

Video Pendek Terkait

PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk atau yang dikenal dengan nama Adira Finance baru saja mengumumkan telah selesai melaksanakan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) untuk tahun buku 2023. Ada beberapa keputusan yang ikut ditetapkan dalam RUPST perusahaan lembaga pembiayaan tersebut, termasuk pengumuman laba bersih perusahaan untuk tahun buku 2023. Sepanjang tahun lalu, anak perusahaan dari Bank Danamon ini ternyata sanggup mengumpulkan laba bersih perusahaan senilai Rp1,94 triliun. Sebagai
Niat hati ingin membeli mobil bekas karena mau memiliki kendaraan dengan harga lebih murah, namun ternyata bisa saja kalian malah merasa seperti menyesal. Ya, membeli mobil dalam keadaan bekas pakai memang tak seperti beli mobil baru. Kita tidak mengetahui bagaimana tabiat pemilik kendaraan itu sebelumnya dalam memelihara mobil tersebut. Sehingga bisa saja walau terlihat dari eksterior dan interior rapih serta istimewa, namun ternyata ada banyak biaya tambahan yang harus dikeluarkan lagi untuk m
Menyusul Daihatsu Terios, PT Toyota Astra Motor (TAM) menghadirkan New Toyota Rush GR Sport 2024 dengan mendapatkan penyegaran secara minor change pada Senin, 1 April 2024. Seperti saudara kembarnya yang sudah lebih dulu memperoleh improvement pada Juni 2023, penyegaran pada New Rush dilakukan pada sektor desain eksterior dan interior, serta penyematan beberapa fitur terbaru. Sebagai varian teratas, Daihatsu Terios R Custom AT saat ini dibandrol Rp306.750.000 atau lebih murah Rp3,7 juta dari New
Merek mobil China GAC Aion secara resmi mengumumkan untuk masuk ke pasar otomotif Indonesia setelah menandatangani perjanjian kerjasama dengan Indomobil Group. Nantinya di bawah payung PT Indomobil Energi Baru akan menjadi Agen Pemegang Merek (APM) untuk GAC di Indonesia yang bertugas menangani distribusi, penjualan, dan layanan purna jual. "Sudah sejak tahun lalu, kami dengan beberapa tim sudah beberapa kali bolak balik ke China untuk mencari brand otomotif China apa yang tepat untuk Indonesia.
Ganjil Genap Jakarta atau yang biasa disebut Gage dan diterapkan pada 26 ruas jalan di Ibu Kota, akan ditiadakan selama musim libur Lebaran 2024. Setidaknya, kebijakan peniadaan ganji genap Jakarta akan dimulai pada 6-15 April 2024. Dalam akun @tmcpoldametro disebutkan, biasanya, moment lebaran merupakan waktu di mana sebagian jalanan Jakarta akan cukup lengang. Baca juga: Mau Mudik Lebaran? Ingat Jadwal Sistem One Way, Contra Flow dan Ganjil Genap "Share info ini ke teman-temanmu yang nggak bis

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaruPembaruan
Hot
Toyota

Toyota Calya

Rp 161,50 - 181,10 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
MG

MG VS HEV

Rp 389,00 Juta

Lihat Mobil
Mitsubishi

Mitsubishi L100 EV

Rp 320,00 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Tiggo 5X 2024

Rp 269,00 - 299,00 Juta

Lihat Mobil
Mendatang
Vinfast

VinFast e34

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Mendatang
MG

MG Maxus 9

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Mendatang
MG

MG ES

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Jimny 5-door 2024

Rp 462,00 - 475,60 Juta

Lihat Mobil
Mendatang
Vinfast

VF5

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda E5

Rp 488,80 Juta

Lihat Mobil

Perbandingan Mobil Terkait

Suzuki Jimny 5-door 2024
Lihat