5 Alasan Honda Jazz GD3 VTEC Masih Banyak Dicari, Bukan Cuma Punya Performa Buas!

Honda Jazz GD3 VTEC sampai dengan saat ini masih ramai peminat.

Sebagai generasi pertamanya, Jazz VTEC (Variable Valve Timing & Lift Electronic Control) pertama kali diluncurkan di Indonesia pada 2006.

Bermain di segmen hatchback, saat meluncur pertama kali Jazz GD3 mengusung teknologi i-DSI (Intelligent Dual & Sequential Ignition) yang dihadirkan pada Februari 2004.

Jazz GD3 VTEC ini paling banyak diminati lantaran memiliki beragam keunggulan.

Sekedar informasi saja, Jazz GD3 VTEC untuk harga bekasnya sendiri terbilang sangat stabil.

Di pasaran, harga sekennya berada di kisaran Rp70 jutaan hingga Rp80 jutaan, bahkan ada yang tembus sampai Rp100 juta tergantung bagaimana kondisi.

Untuk mengetahui alasan apa saja yang membuat Honda Jazz GD3 VTEC ramai diminati hingga saat ini, simak terus ulasan berikut.

Baca juga: 3 Penyakit Honda Jazz GD3 yang Harus Diwaspadai, Akibat Cara Pakai yang Sembarangan

1. Honda Jazz GD3 VTEC Punya Tampilan yang Timless dan Sporty

Honda Jazz GD3 VTEC Sporty

Antara Jazz GD3 VTEC dengan i-DSI memiliki perbedaan pada tampilan eksteriornya.

Pada bagian luar varian VTEC tampak lebih sporty sekaligus modern berkat adanya tambahan body kit di bumper depan maupun belakang.

Bukan cuma itu saja, pada sisi samping ketambahan side skirt serta lampu sein pada cover spion.

Di belakang juga Jazz GD3 VTEC berhasil disematkan spoiler yang diletakan tepat di atas pintu bagasi.

Bahkan pada varian faceliftnya untuk reflektor pada lampu utama memiliki warna yang senada dengan body, serta stoplampnya sudah menggunakan teknologi LED.

Tampilan sporty juga terlihat di bagian dalamnya, dimana untuk nuansa interior didominasi dengan warna gelap yang menggabungkan antara hitam dan abu-abu.

2. Fitur Ultra Seat Dapat Disesuaikan dengan Kebutuhan

Jok baris kedua Jazz GD3

Sebagai mobil perkotaan, Jazz GD3 VTEC memiliki utilitas ruang kabin yang dapat disesuaikan dengan menyesuaikan kebutuhan penggunanya.

Hal tersebut terjadi lantaran untuk joknya mobil ini mengusung fitur ultra seat.

Fitur ultra seat pada mobil ini terdiri dari 4 mode, yaitu; Utility Mode, Long Mode, Tall Mode dan Refresh Mode.

Utility Mode: Ketika melipat kedua kursi bagian belakang, pengguna dapat memaksimalkan area kargo agar barang besar seperti sepeda dapat masuk dengan mudah.

Long Mode: Mode ini digunakan untuk melipat kursi penumpang bagian depan dan belakang dan pengguna akan mendapatkan ruang penyimpanan yang lebih panjang. Dalam mode ini, kalian bisa membawa papan selancar, alat musik keyboard, atau benda panjang lainnya.

Tall Mode: Mengangkat dudukan kursi belakang untuk mendapatkan ruang tinggi yang ekstra di bagian belakang, murupakan bagian dari Ultra Seat dengan Tall Mode. Dengan menggunakan mode ini, kalian bisa membawa barang yang memiliki ukuran lebih tinggi seperti tanaman.

Refresh Mode: Dengan melipat kedua kursi depan ke belakang dapat menghasilkan ruang depan yang lebih lapang yang cocok digunakan untuk beristirahat ketika sedang melakukan perjalanan panjang.

Mengenai fitur unggulan lain yang dimiliki, mobil ini berhasil dilengkapi AC termasuk heater, beberapa laci penyimpanan barang yang terasa ergonomis, spion dengan pengaturan elektrik, power window, head unit 2din dengan format MP3 dan CD, pengaturan tinggi-rendahnya jok pengemudi, tilt steering dan Electronic Power Steering (EPS).

Baca juga: Bingung Pilih Honda Jazz GD3 i-DSI Vs VTEC? Ini Kelebihan Masing-masing Varian

3. Dilengkapi ABS dan Airbags

Jazz GED3 VTEC dilengkapi airbags di sisi pengemudi

Di zamannya Jazz GD3 VTEC tipe Sporty punya fitur keselamatan komplit di zamannya.

Pertama pada sistem pengeremannya, mobil ini sudah menggunakan rem cakram di semua roda.

Dengan penggunaan rem cakram sendiri mampu memberikan daya cengkram lebih baik ketika melakukan deselerasi.

Untuk remnya juga diaplikasikan fitur ABS (Anti-Lock Braking System), EBD (Electronic Brake Force Distribution) dan BA (Brake Assist), yang diketahui mampu menjaga kestabilan mobil saat pengemudi melakukan pengereman secara mendadak.

Oh iya, pada bagan pengemudi juga berhasil disematkan airbags yang berfungsi untuk memberikan perlindungan ketika mengalami tumbukan cukup keras dari arah depan.

Dari segi keamanan memperoleh alarm system serta immobilizer, yang mampu mencegah mobil dari tindakan pencurian.

4. Mesin 1.5L dengan Hasilkan Performa Buas

Mesin L15A VTEC

Honda Jazz GD3 VTEC dibekali mesin 1.496 cc dengan kode L15A 4-silinder segaris SOHC.

Untuk tenaga yang dihasilkan sebesar 110 PS di angka 5.800 rpm dan torsi maksimal 143 Nm pada 4.800 rpm.

Sekedar infromasi, pada varian i-DSI nya tenaga yang diperoleh 87 PS pada 5.500 rpm dengan torsi 128 Nm di putaran 2.700 rpm.

Dari segi berkendara, karakteristik yang diperoleh mesinnya terasa begitu responsif baik pada putaran bawah maupun atasnya.

Berkat karakter yang dihasilkan, mobil ini terasa fun-to-drive ketika digunakan berpergian ke luar kota maupun saat menembus kemacetan.

5. Transmisi CVT dengan Teknologi 7-Speed Steer Matic

Tuas transmisi CVT Jazz GD3

Jazz GD3 VTEC hadir dengan pilihan transmisi manual 5-percepatan serta otomatis CVT 7-speed steer matic.

Di Tanah Air, Jazz sebagai pionir hatchback dengan transmisi CVT.

Transmisi CVT dengan teknologi CVT 7-speed steer matic yang digunakan dilengkapi tombol tiptronic pada lingkar kemudi, yang bisa digunakan untuk menambah dan menurunkan percepatan.

Transmisi CVT yang digunakan memiliki keunggulan yakni terasa halus setiap melakukan perpindahan gigi, serta responsif.

Tak hanya itu, transmisi CVT juga memberikan efisiensi dari segi penggunaan bahan bakar.

Tidak sedikit pemiliknya menyebutkan bahwa untuk pemakaian dalam kota untuk konsumsi bahan bakarnya berada di angka 10-11 km/liter.

Selanjutnya untuk perjalanan luar kota, pemakaian BBM-nya di angka 13-14 km/liter.

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Honda Jazz GD3, Pionir Hatchback CVT di Indonesia

Kesimpulan

Harga bekas yang cenderung stabil dan tinggi, Honda Jazz GD3 VTEC hingga kini masih ramai diminati lantaran memiliki banyak keunggulan.

Seperti yang disampaikan di atas, secara tampilan mobil ini terlihat timless terlebih pada varian Sporty yang dilengkapi tambahan body kit serta side skirt.

Selanjutnya mobil ini memiliki fitur unggulan terbilang lengkap di zamannya, serta jok dengan fitur Ultra Seat yang memudahkan pengguna ketika ingin menyesuaikan kebutuhan.

Mengenai keselamatan berkendara mobil ini juga mempunyai fitur yang lengkap di zamannya.

Di era 2010 ke bawah, Jazz GD3 VTEC berhasil mendapatkan airbags, ABS, EBD, BA, rem cakram di semua roda, alarm system serta immobilizer.

Dibekali mesin 1.500 cc dengan performa buas, mobil ini sangat cocok digunakan para kaula muda, namun juga terasa nyaman berkat penggunaan transmisi CVT 7-speed steer matic.

Teknologi ini dapat difungsikan untuk menaikan ataupun menurunkan gigi secara manual melalui tombol pada setir.

    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia...

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Honda Jazz

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

Lihat Lebih

Video Pendek Terkait

Related Videos

Honda City Hatchback RS CVT: Apa bedanya sama Honda Jazz?? | Test Drive

ALL NEW 2020 HONDA JAZZ Crosstar Hybrid HATCHBACK

PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) rupanya cukup bangga dengan produk mobil listrik Mitsubishi eK X EV. Hal ini terlihat dari kehadiran mobil listrik berbentuk mungil tersebut, yang dibawa saat ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023 lalu. Jika melihat wujudnya yang cukup mungil, Mitsubishi eK X EV bisa saja menjadi penantang Wuling Air ev atau Seres E1 di dalam negeri. Baca juga: Banyak yang Penasaran, Kapan Mobil Listrik Mitsubishi eK X EV Dijual? La
PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (PT MMKSI) siap menemani konsumennya yang ingin mudik Lebaran dengan membuka program Bengkel Siaga dan Posko Mudik Mitsubishi 2024. Melalui program bertajuk "Mitsubishi Motors Adventure Points" perusahaan dengan logo tiga berlian ini menghadirkan Bengkel Siaga dan Posko Mudik di 50 titik lokasi strategis rute mudik di Pulau Jawa dan Sumatera yang berlangsung pada periode 4-15 April 2024. Menurut Director of After Sales Division PT MMKSI, Kazuto Az
Honda HR-V bekas saat ini masih menjadi satu dari beberapa model mobil Honda yang banyak dicari. Permintaan akan SUV Crossover asal pabrikan Jepang berlogo H tegak itu juga tetap saja banyak, meski model terbarunya sudah lama diluncurkan di Indonesia. Melihat usianya, mobil ini diluncurkan pertama kali di Indonesia pada September 2014 lewat ajang Indonesia International Motor Show (IIMS), dan mulai dipasarkan Januari 2015. Sebagai catatan, mobil yang punya nama lain Honda Vezel di Jepang itu sej
Oli mobil untuk mesin adalah komponen yang wajib rutin diganti pada periode tertentu. Pihak produsen otomotif atau bengkel, umumnya menyarankan oli mesin wajib diganti setiap 6 bulan sekali atau 10.000 kilometer, mana yang tercapai lebih dulu. Penggantian pelumas secara berkala ini penting untuk menjaga kinerja antar komponen pada ruang mesin tetap optimal tanpa muncul gesekan yang berlebihan. Jika oli yang ada di dalam mesin sudah terlalu kotor dan mengental, maka pergerakan komponen-komponen i
Pada awal bulan kemarin PT NETA Auto Indonesia (NETA) menawarkan harga Neta V melalui program Ramadan Special Price dari awalnya Rp379 juta menjadi Rp317 juta OTR Jakarta. Diskon mencapai Rp62 juta, sebelumnya harga spesial ini berlaku hingga 31 Maret 2024. Namun melalui acara Media Iftar Feast yang diselenggarakan baru-baru ini, NETA mengumumkan untuk memperpanjang periode harga Neta V tersebut hingga akhir April 2024. "Sebelumnya harga spesial melalui program Ramadan Special Price berlangsung

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaruPembaruan
Hot
Toyota

Toyota Calya

Rp 161,50 - 181,10 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
MG

MG VS HEV

Rp 389,00 Juta

Lihat Mobil
Mitsubishi

Mitsubishi L100 EV

Rp 320,00 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Tiggo 5X 2024

Rp 269,00 - 299,00 Juta

Lihat Mobil
Mendatang
Vinfast

VinFast e34

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Mendatang
MG

MG Maxus 9

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Mendatang
MG

MG ES

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Jimny 5-door 2024

Rp 462,00 - 475,60 Juta

Lihat Mobil
Mendatang
Vinfast

VF5

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda E5

Rp 488,80 Juta

Lihat Mobil
Honda Jazz
Lihat