Honda Jazz

Rp 249,50 - 292,50 TBC Juta
  • Hatchback Tipe bodi
  • 1.5 L Kapasitas mesin
  • FWD Jenis penggerak
  • 118 PS Tenaga
Cek Specs

Honda Jazz Varian

2020 | 1.5 L | -
MT

Rp 249,50Juta

Rp 5,69Juta/pembayaran

CVT

Rp 259,50Juta

Rp 5,92Juta/pembayaran

RS MT

Rp 282,00Juta

Rp 6,43Juta/pembayaran

RS CVT

Rp 292,50Juta

Rp 6,67Juta/pembayaran

lebih

Specs Utama dari Honda Jazz

Segmen Segmen B
Tipe bodi Hatchback
Jenis penggerak FWD
Kapasitas mesin 1.5 L
Tenaga 118 PS
Tempat Duduk 5
Lihat Specs Honda Jazz

Review Honda Jazz

  • Overview

    PT Honda Prospect Motor meluncurkan Honda Jazz terbaru 2020, hasil pengembangan dari beberapa varian sebelumnya.

    Jazz 2020 telah mendapatkan pembaruan yang cukup signifikan baik bukan hanya pada sisi eksterior tapi Bersaing sengit dengan Toyota Yaris, Honda Jazz menawarkan tampilan yang tak kalah sporty dan menggemaskan sebagai mobil perkotaan. Harga yang terjangkau serta konsumsi bahan bakar yang irit membuat mobil ini menjadi pilihan mobil yang enak sebagai kendaraan harian.

    Harga

    Tipe Harga
    Honda Jazz M/T Rp 250.200.000
    Honda Jazz CVT Rp 260.500.000

    Spesifikasi

    Mesin
    Tipe 1.5L 4-silinder segaris 16 katup + DBW
    Isi Silinder 1.497 cc
    Tenaga Maksimal 118 hp @ 6.600 rpm
    Torsi Maksimal 145 Nm @ 4.600 rpm
    Perbandingan Kompresi 10,3:1
    Sistem Bahan Bakar PGM-FI
    Transmisi 5-percepatan manual dan CVT otomatis dengan Earth Dream Technology
    Sistem Penggerak Front-wheel-drive
    Dimensi
    P x L x T 3.955 x 1.694 x 1.524 mm
    Wheelbase 2.530 mm
    Ground Clearance 165 mm
    Bagasi 363 liter
    Kaki-Kaki dan Suspensi
    Suspensi Depan MacPherson Strut
    Suspensi Belakang H-Shape Torsion Beam
    Rem Depan/Belakang Ventilated Disc/Drum
    Tipe Ban 175/65 R15 dan 175/65 R16
    Velg Alloy wheel 15 inci dan 16 inci

    Sejarah

    Honda Jazz pertama kali diperkenalkan pada tahun 2001 dan saat ini memasuki generasi keempat. Honda menggunakan nama Jazz di Eropa, Oceania, Middle East, Malaysia, dan India. Sedangkan nama Fit digunakan di Jepang, Sri Lanka, China, Taiwan dan Amerika.

    Baru pada tahun 2004, Honda membawa Jazz ke Indonesia dengan generasi pertama dipasarkan selama empat tahun. Generasi kedua diperkenalkan tahun 2007 dan masuk ke Indonesia setahun setelahnya dengan tampilan yang lebih sporty dan modern.

    Saat ini, Honda Jazz yang dipasarkan merupakan facelift generasi ketiga yang diperkenalkan 2017 silam. Desain luarnya yang menawan membuat mobil ini menjadi salah satu hatchback terbaik yang bisa Anda dapatkan saat ini.

    Menggunakan teknologi e:HEV dan Honda Sensing. Generasi keempat Honda Jazz sebelumnya pernah diperkenalkan di Jepang pada ajang Tokyo Motor Show 2019. Tapi masih belum ada kejelasan kapan model ini akan dibawa ke Indonesia.

    Ada dua varian Honda Jazz yang dipasarkan di Indonesia, tipe S dan RS. Sebelumnya, ada varian A yang menjadi terendah. Tapi Honda sudah tak lagi memasarkan varian A, sehingga Jazz S (atau disebut Honda Jazz) sebagai varian terendah.

  • Eksterior


    Dibandingkan varian RS yang menjadi varian tertinggi, eksterior Honda Jazz memang lebih sedikit aksesoris dan terkesan polos. Tampilannya pun sederhana, cocok bagi Anda yang menginginkan desain luar yang mulus atau akan dimodifikasi lagi nantinya.

    Lampu depan dibuat sipit untuk menegaskan tampilan sporty Jazz bersama grille dengan konsep Intake Trapezodial-Shaped yang tak terlalu lebar. Lampu depan Honda Jazz tetap menggunakan teknologi halogen dan belum mendapatkan DRL.

    Tampilannya depannya cukup polos tanpa ada aksen chrome seperti yang ditemukan pada grille Jazz RS. Namun untuk membantu ketika berkendara di malam hari atau cuaca buruk, semua varian sudah mendapatkan foglamp.

    Dimensinya cukup kompak, mengingat mobil ini dipasarkan sebagai hatchback perkotaan. Radius putarnya cukup rendah, yaitu 5.3 meter. Sayangnya ground clearance Jazz terbilang rendah, yaitu 165 mm.

    Dari sisi samping, kedua mobil sama-sama menggunakan ban 175/65. Ada perbedaan antara pelek yang digunakan. Honda Jazz M/T menggunakan pelek alloy 15 inci sedangkan Jazz CVT memiliki pelek alloy 16 inci.

    Lampu belakang vertikal masih menjadi bagian penting dalam tampilannya yang menawan. Di belakang tak ketinggalan terdapat LED High Mount Stop Lamp serta embel Honda Jazz pada bagian kanan pintu belakang.

  • Interior


    Tampilan modern gaya anak muda menjadi kesan pertama ketika masuk ke dalam kabin. Gabungan material plastik, soft touch serta aksen chrome memberikan kesan stylish meskipun sudah lama tanpa penyegaran.

    Desainnya yang modern didukung oleh sistem audio video layar sentuh 6.2 inci yang sudah kompatibel dengan berbagai format, seperti radio AM/FM, MP3/WMA, Bluetooth, HDMI Port, serta AUX/USB dan koneksi langsung ke smartphone.

    Sayangnya tambahan fitur baru hanya diberikan pada tipe RS. Yaitu Auto AC dengan Smart Touch menghadirkan kesejukan di sepanjang perjalanan. Jazz biasa hanya mendapatkan tombol pengaturan AC konvensional.

    Tentu saja, karena varian entry level, setirnya juga masih polos tanpa tombol audio dan paddle shift. Di belakang setir terdapat MID LED yang memberikan informasi real time mengenai konsumsi bahan bakar rata-rata, jarak tempuh, serta sisa bahan bakar yang tersedia.

    Kursi depan bisa diatur dengan cara reclining dan pengaturan tinggi. Meskipun dimensinya kompak, tetapi ruang kaki yang diberikan tak membuat posisi duduk meringkuk berkat fitur Ultra Seat fleksibilitas tinggi dan ruang yang lapang di dalam mobil.

    Fitur yang menjadi andalan Honda Jazz dari generasi sebelumnya memudahkan penumpang untuk memaju-mundurkan kursi agar mendapatkan ruang kaki yang mereka inginkan. Meskipun memang tidak selapang model MPV atau SUV yang lebih besar.

    Meski dimensinya yang mungil, tetapi bagasi yang diberikan cukup luas untuk membawa koper atau barang kebutuhan sehari-hari. Bagasi Honda Jazz disebut mencatatkan kapasitas penyimpanan 363 liter.

  • Fitur Keselamatan


    Beberapa fitur keselamatan disematkan untuk memberikan keamanan dan mencegah resiko benturan. Bangku depan sudah mendapatkan dual front SRS Airbag dan seat belt pretensioner with load limiter seat.

    Honda melengkapi Jazz dengan pedestrian protection dan brake override system lengkap dengan sistem pengereman ABS + EBD. Sayangnya fitur cruise control dan Brake Assist hanya bisa Anda temukan pada tipe tertinggi RS.

    Untuk fitur keamanan, semua varian sudah dilengkapi kunci dengan teknologi Wave Key, sistem alarm, Auto Door Lock, Immobilizer dan Smart Key untuk menjaga mobil Anda ketika sedang diparkir.

  • Mesin dan Performa


    Mesin 

    Mesin Honda Jazz menggunakan 1.5L 4-silinder segaris 16 katup dengan teknologi Drive by Wire yang mampu menghadirkan 118 daya kuda pada putaran 6.600 rpm dan torsi maksimal 145 Nm pada putaran 4.600 rpm.

    Mesin Jazz bisa dibilang bertenaga, terlebih karena menggunakan penggerak roda depan sehingga tidak ada tenaga yang hilang. Anda bisa memilih transmisi 5-percepatan manual dan CVT otomatis.

    Transmisi manual memang lebih murah, tetapi teknologi CVT menjadi salah satu daya tarik Honda Jazz. Menggunakan teknologi Earth Dream Technology dan Honda Drive by Wire memberikan efisiensi bahan bakar, menurunkan emisi, dan meningkatkan tenaga mesin.

    Performa

    Kemudi Honda Jazz sudah dilengkapi fitur tilt & telescopic untuk mendapatkan posisi berkendara yang sesuai dengan tubuh Anda. Untuk pengendaraan yang responsive, sistem kemudi Jazz menggunakan fitur Rack & Pinion serta Electronic Power Steering.

    Mesin yang diberikan cukup bertenaga, apalagi jika disandingkan dengan dimensinya yang terbilang kecil. Tapi sebagian mengeluhkan adanya suara yang bising ketika dibawa berkendara dalam kecepatan tinggi.

    Jazz bisa dengan mudah membawa empat penumpang menaiki jalanan tanjakan. Di jalanan perkotaan, kecepatan dan akselerasinya masih bisa diterima. Hanya saja tidak terlalu bertenaga ketika dibawa berakselerasi melewati mobil lain di jalan tol.

    Karakter berkendara, terlebih pada transmisi CVT terbilang responsif. Jazz tidak limbung karena dimensi yang rendah. Walaupun bantingan suspensi terasa agak keras, apalagi berkendara di jalanan berlubang. Perhatikan ketika melindas lubang atau polisi tidur karena ground clearance yang rendah.

  • Kesimpulan

    Walaupun dalam segi penjualan, Honda Jazz masih kalah dibandingkan pesaingnya di segmen yang hampir sama, Toyota Jazz. Tapi mobil ini tetap menjadi salah satu hatchback perkotaan yang menarik untuk dibawa berkendara.

    Dimensi yang kompak sehingga memudahkan meliuk-liuk di jalanan perkotaan ditunjang konsumsi bahan bakar yang irit merupakan keuntungan membeli Honda Jazz. Bahkan, modelnya yang sporty sering menjadi kanvas bagi pencinta modifikasi.

    Memang ada beberapa fitur yang tak dipasang pada varian entry level ini. Tapi tenang saja, Honda masih memberikan fitur keselamatan yang cukup lengkap untuk varian entry levelnya.

    Tapi tampilannya yang sporty membuatnya diminati di belahan dunia lainnya. Mungkin memang perlu penyegaran bagi Honda Jazz untuk menggaet peminat lebih banyak. Saatnya menunggu generasi keempat?

FAQ Honda Jazz

  • Berapa kapasitas mesin Honda Jazz?

    KC

    Honda Jazz tersedia dalam 4 varian. Kapasitas mesin yang tertinggi adalah Honda Jazz Tipe RS CVT:Baca Lebih

  • Apakah Honda Jazz tersedia dalam opsi mesin diesel?

    Sandy

    Tidak, Honda Jazz tidak tersedia dalam pilihan mesin Diesel.Baca Lebih

  • Apa saja warna yang tersedia untuk mobil Honda Jazz?

    Felix

    Honda Jazz tersedia dalam 7 warna yang berbeda - Crystal Black Pearl, White Orchid Pearl, Modern S…Baca Lebih

Bandingkan
0
Cari perbandingan (0/4)