Pirelli Bawa Ban Baru di MRS Seri 2, Terapkan Tenologi Ban WSBK!

Mandalika Racing Series 2024 kelas Sport 250 
  • Diablo Rosso 4 jadi ban baru di kejurnas sport 250.
  • Terapkan tenologi dari ban WSBK.

Balap sepeda motor kelas kejuaraan nasional atau kejurnas sport 250 cc jadi salah satu kelas balap favorit setelah kelas underbone 150 cc, persaingan di kedua kelas ini terbilang cukup sengit.

Pirelli sebagai pemasok ban pun terus melakukan inovasi, untuk membuat para pembalap lebih pede dalam memacu pacuan balapnya untuk mencatatkan waktu lebih cepat.

Ban baru Pirelli pun akan dihadirkan dalam gelaran Mandalika Racing Series atau MRS 2024 pada kejurnas sport 250 cc.

Di kelas ini dari sebelumnya menggunakan ban Pirelli Diablo Rosso 3, tapi mulai seri 2 MRS 2024 akan membawa Diablo Rosso 4 untuk digunakan para pembalap sport 250 cc.

Seri kedua MRS sendiri rencananya akan digelar bulan 11-12 Mei 2024.

Teknologi WSBK

Ban Pirelli Diablo Rosso 4 ini kabarnya menggunakan teknologi yang diturunkan dari ajang balap World Superbike atau WSBK sehingga bisa memberikan daya cengkram maksimal.

Baca juga: Mandalika Racing Series Diminati Tim Asing dan Buka Kelas Pembibitan

Pirelli Diablo Rosso 4 akan digunakan pada kejurnas Sport 250

"Ban ini menerapkan teknologi pada ban yang digunakan di balap WSBK,” sebut Andreas Somawidjaja, Head of Pirelli Departement at PT Astra Otoparts.

Teknologi WSBK yang diterapkan salah satunya dari profil ban tersebut, Diablo Rosso 4 punya karakter yang cenderung lebih agresif.

Tentunya kalau dibandingkan dengan Diablo Rosso 3 yang sebelumnya digunakan.

Perbedaan berikutnya ada dari desain pattern, memang tetap dengan pattern petir khas Pirelli tapi ada sedikit pergeseran pattern pada Diablo Rosso 4.

Diablo Rosso 4 punya kemampuan lebih baik dibanding Diablo Rosso 3

“Jadi ban ini bisa dibawa lebih agresif. Area kontak shoulder ban ini juga dibuat slick makanya punya cengkraman lebih baik."

"Jadi nanti kalau kondisi hujan gak menutup kemungkinan untuk kembali pakai Diablo Rosso 3,” sambung Andre Satrio, Manajer Motorsport Pirelli Indonesia.

Baca juga: Tiket MotoGP 2024 Mandalika Resmi Dijual, Paling Mahal Rp20 Juta!

Pembalap akan lebih pede melahap tikungan dengan cepat | Foto: MGPA

Diablo Rosso 4 ini memang menjadi ban baru di Indonesia, namun untuk pasar eropa sendiri ban ini sudah dipasarkan sejak beberapa tahun silam.

Dalam development-nya Diablo Rosso 3 diuji oleh pembalap Jonathan Rea pada tahun 2016, sedangkan Diablo Rosso 4 diuji oleh pembalap Toprak Razgatlioglu.

“Pembalap Indonesia juga ada yaitu Galang Hendra Pratama, Galang pun lebih pede dan lebih memilih Diablo Rosso 4," pungkas Andre.

Rencananya Pirelli Diablo Rosso 4 akan resmi dijual umum saat MRS seri 2. Ukurannya mulai dari 110, 120, 140, 150, sampai 160.

Oops... Something broke.
    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Video Pendek Terkait

Asap putih pertanda ada masalah mesin. Hal tersebut hal tak normal untuk mesin 4-tak. Ada banyak penyebab asal putih muncul. Lantaran bukan motor 2-tak, munculnya asap putih pada knalpot motor 4-tak tentu bukan pemandangan normal. Jikapun terjadi, artinya ada oli yang masuk ke ruang bakar. Apabila tetap dibiarkan, maka pelumas bakal berkurang signifikan. Dan, hal ini pun otomatis pula mengganggu kinerja pada perangkat mesin itu sendiri. Lantaran oli terus berkurang, maka tugas pelumas untuk melu
Jorge Martin memenangkan balapan sekaligus merebut puncak klasemen sementara Bagnaia dan Marquez adu kontak dan membuat keduanya terjatuh Vinales kehilangan podium akibat masalah girboks Pembalap rookie unjuk gigi di putaran kedua Jorge Martin membuktikan diri sebagai yang terbaik lantaran menjadi pemenang di laga puncak. Namun, jalannya balapan MotoGP Portugal yang berlangsung pada Minggu (24/3/2024) juga penuh dengan drama. Pembalap Prima Pramac Racing sendiri memang begitu digdaya sepanjang b
Interval servis berkala di sekitar 3.000-4.000 km. Penggantian part tiap pemilik berbeda tergantung kondisi jalan yang dilewati. Suzuki Burgman Street 125 EX berhasil mencuri banyak perhatian para pecinta sepeda motor di Indonesia, jadi tidak heran kalau inden motor CBU ini sampai mengular. Dari segi konsep memang terlihat motor ini mengincar desain maxi scooter tapi tetap dengan dimensi yang kompak. Terlihat dari bodi besarnya dengan banyak garis tegas, namun dipadu dengan pelek ring 12 inci sa
Vespa dan Aprilia berikan promo di bulan Ramadan Ada Special Offer sampai Rp8,5 juta dan Rp10,5 juta Anda yang berniat memiliki sepeda motor dari Vespa atau Aprilia, mungkin ini adalah saat paling tepat. Pasalnya, PT Piaggio Indonesia (PID) memberikan program menarik untuk sejumlah model motor Vespa dan juga Aprilia. Dengan mengusung tema Buy Now, Think Later, Let The Spirit of Ramadan Bring More Happiness, maka khusus di bulan suci setiap pembelian Vespa mendapatkan potongan Rp 8,5 juta ditamba
Merupakan generasi ketiga. Disebut 'Sinchan' karena batok lampunya jenong. Termasuk model yang banyak peminat. Dikenalkan pertama kali tahun 2007, Yamaha Vixion langsung menjelma menjadi salah satu motor sport idaman banyak orang. Teknologi injeksi pertama untuk sebuah motor sport 150 cc rakitan lokal jadi penyebabnya. Hingga kini PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) masih memproduksi motor satu ini. Tak heran jika populasinya pun sekarang ini sangat banyak, termasuk juga unit bekasnya

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda Stylo 160

Rp 27,55 - 30,43 Juta

Lihat Motor
ION Mobility

ION Mobility M1-S

Rp 49,00 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda EM1 e

Rp 400,00 Juta

Lihat Motor
Vespa

Vespa Elettrica

Rp 198,00 Juta

Lihat Motor
BSA

BSA Gold Star 650

Rp 380,00 Juta

Lihat Motor
Alva

Alva Cervo

Rp 37,75 Juta

Lihat Motor
Piaggio

Piaggio MP3 300

Rp 330,00 Juta

Lihat Motor
Mendatang
Kawasaki

Kawasaki Ninja ZX-4R

Rp 239,90 Juta

Lihat Motor