Ini 8 Penyebab Munculnya Asap Putih dari Knalpot Motor

Jika asap putih muncul dari knalpot, pertanda ada komponen yang sudah tidak laik pada mesin. Foto: Wahana Honda.
  • Asap putih pertanda ada masalah mesin.
  • Hal tersebut hal tak normal untuk mesin 4-tak.
  • Ada banyak penyebab asal putih muncul.

Lantaran bukan motor 2-tak, munculnya asap putih pada knalpot motor 4-tak tentu bukan pemandangan normal.

Jikapun terjadi, artinya ada oli yang masuk ke ruang bakar. Apabila tetap dibiarkan, maka pelumas bakal berkurang signifikan.

Dan, hal ini pun otomatis pula mengganggu kinerja pada perangkat mesin itu sendiri. 

Lantaran oli terus berkurang, maka tugas pelumas untuk melumasi jeroan mesin tidak berlangsung sebagaimana mestinya.

Akan tetapi, adanya asap putih tadi juga menjadi indikasi masalah adari 8 komponen mesin berikut ini. 

Baca juga: Servis Suzuki GSX-R150 di Tahun Ketiga, Siapkan Dana Rp 500 Ribuan

1. Ring seher aus

Menukil dari MPM Honda Jatim, asap putih bisa terjadi karena terjadi keausan pada ring seher atau ring piston.

Perangkat ini sendiri terdiri dari dua macam yaitu ring kompresi dan ring oli.

Ring kompresi bertugas merapatkan celah antara piston dan blok silinder supaya tekanan kompresi tidak mengalami kebocoran.

Sedangkan ring oli memiliki tugas mencegah oli dari ruang engkol masuk ke ruang bakar. 

Jika ring oli aus, maka akan ada celah bagi oli untuk memasuki ruang bakar.

Selain asap putih, ciri ring seher aus juga dapat dirasakan di mana tenaga mesin menjadi berkurang. Contoh lainnya, mesin sulit dinyalakan saat pagi hari. 

2. Keausan silinder dan linier mesin 

Saat mesin bekerja, linier dan ring piston akan bergesekan. Pada kurun waktu tertentu, keduanya bakal mengalami keausan.

Sama halnya dengan kondisi ring seher, oli akan masuk dengan mudah ke ruang bakar. Untuk mengatasinya, Anda harus melakukan bore up dan membubut ulang linier silinder. 

Ketika oli masuk ke ruang bakar, motor jadi susah distarter.

Baca juga: Berikut Cara Merawat Sistem Pengereman ABS pada Sepeda Motor

3. Oli masuk ke manifold

Setiap katup dilengkapi dengan seal untuk mencegah oli bocor ke area manifold. Akan tetapi, seal tersebut bisa saja mengeras atau getas. Alhasil, oli dapat masuk ke bagian tersebut. 

4. Batang valve bengkok

Batang katup (valve) merupakan batang besi yang terhubung dengan cam. Pada bagian inilah cam akan bertumpu saat menekan katup. Dalam kadaan normal, batang valve harus lurus. 

Sebaliknya, jika bagian itu bengkok, maka akan ada bagian intake maupun exhaust yang longgar.

Alhasil, oli akan masuk ke manifold lalu berlanjut ke ruang bakar. Ketika asap putih tadi disebabkan oleh bagian ini, baiknya ganti sela klep berikut valve-nya. 

Oli mesin yang terbakar membuat volume oli berkurang.

Baca juga: Jangan Hanya Fokus Pada Bodi, Ingat Mesin Motor Juga Perlu Dibersihkan!

5. Pemasangan katup tidak benar

Masalah asap putih juga dapat terjadi kalau pemasangan klep tidak benar. Pada mesin DOHC seperti Honda CBR250RR, memiliki dua chamshaft (noken as).

Satu noken as mengatur dua katup intake, sedangkan satunya lagi diperuntukkan bagi dua katup exhaust. 

Pemasangan katup yang tidak benar atau bahkan sampai katup intake dan exhaust tertukar, dudukan katup pasti tidak akan sesuai. Artinya, potensi kebocoran oli juga cukup besar.   

6. Paking kepala silinder rusak

Sumber serupa menyebut, item ini berada di tengah sambungan blok silinder dan kepala silinder.

Tugasnya sebagai perapat, seperti perapat ruang supaya tekanan kompresi tidak hilang. Tugas lainnya juga merapatkan jalur oli yang bermula dari bak oli menuju ke kepala silinder.

Namun, jika permukaan packing tersebut rusak maka tekanan kompresi dapat bocor dan oli akan mengalir keluar jalur.

Jika oli itu mengarah ke ruang bakar, asap knalpot dapat berubah warna putih kebiruan. 

Masing-masing katup punya tempat masing-masing.

Baca juga: Gap Harga sampai Rp2 Jutaan, Ini Perbedaan Varian Kawasaki KLX 150

Apabila hal tersebut terjadi, maka bagian mesin akan sering kotor dan terjadi rembesen oli atau seringnya muncul suara knalpot tidak wajar.

Cara mengatasinya yakni dengan mengganti packing kepala silinder menggunakan yang baru.

7. Knalpot

Penyebab motor mengeluarkan asap putih juga dapat berasal dari knalpot itu sendiri.

Ada banyak tipe knalpot yang memiliki sistem menyemprotkan oli masuk ke knalpot, khususnya pada knalpot racing supaya knalpot bisa bertahan di suhu tinggi.

Oli yang disemprotkan masuk ke dalam sisa pembakaran. Hal tersebut dikarenakan suhu gas exhaust lumayan tinggi.

Jadi, knalpot tersebut mengeluarkan asap putih. Kondisi itu tak berbahaya selama volume oli mesin masih ideal. 

Pastikan menggunakan oli mesin sesuai rekomendasi dan kebutuhan.

Baca juga: KTM Jual Motor Balap Berspesifikasi Moto2, cuma 100 Unit!

8. Oli mesin terlalu encer

Tak hanya knalpot, penggunaan oli mesin yang tidak sesuai rekomendasi juga dapat menyebabkan munculnya asap putih dari knalpot.

Misalnya saja mengganti pelumas lebih encer dari keharusan mesin. Pelumas itu dapat masuk ke celah-celah mesin dan terjadilah pembakaran oli tadi. 

Kesimpulan

Munculnya asap putih dari knalpot motor memang punya banyak penyebab, seperti yang telah dipaparkan di atas.

Untuk mencegah hal tersebut, melakukan perawatan motor secara rutin sangat dianjurkan.

Asap putih juga bahayakan pengendara lain.

Pasalnya dengan perawatan rutin, kerusakan yang lebih parah bisa dideteksi lebih dini.

Selain itu asap putih yang keluar dari knalpot motor juga memiliki aroma yang menyengat.

Selain polusi udara, juga bisa mengganggu pandangan pengendara lain di belakang Anda.

Jadi munculnya asap putih dari knalpot motor ini tak hanya akan mengganggu Anda, tapi juga pengendara lain.
 

    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Ary

Reporter

Mengulas apapun tentang sepeda motor lalu menerjemahkannya ke dalam tulisan, mungkin hanya secuil sarana untuk berbagi inform...

Video Pendek Terkait

Interval servis berkala di sekitar 3.000-4.000 km. Penggantian part tiap pemilik berbeda tergantung kondisi jalan yang dilewati. Suzuki Burgman Street 125 EX berhasil mencuri banyak perhatian para pecinta sepeda motor di Indonesia, jadi tidak heran kalau inden motor CBU ini sampai mengular. Dari segi konsep memang terlihat motor ini mengincar desain maxi scooter tapi tetap dengan dimensi yang kompak. Terlihat dari bodi besarnya dengan banyak garis tegas, namun dipadu dengan pelek ring 12 inci sa
Vespa dan Aprilia berikan promo di bulan Ramadan Ada Special Offer sampai Rp8,5 juta dan Rp10,5 juta Anda yang berniat memiliki sepeda motor dari Vespa atau Aprilia, mungkin ini adalah saat paling tepat. Pasalnya, PT Piaggio Indonesia (PID) memberikan program menarik untuk sejumlah model motor Vespa dan juga Aprilia. Dengan mengusung tema Buy Now, Think Later, Let The Spirit of Ramadan Bring More Happiness, maka khusus di bulan suci setiap pembelian Vespa mendapatkan potongan Rp 8,5 juta ditamba
Merupakan generasi ketiga. Disebut 'Sinchan' karena batok lampunya jenong. Termasuk model yang banyak peminat. Dikenalkan pertama kali tahun 2007, Yamaha Vixion langsung menjelma menjadi salah satu motor sport idaman banyak orang. Teknologi injeksi pertama untuk sebuah motor sport 150 cc rakitan lokal jadi penyebabnya. Hingga kini PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) masih memproduksi motor satu ini. Tak heran jika populasinya pun sekarang ini sangat banyak, termasuk juga unit bekasnya
Biaya sewa mulai Rp 2 jutaan. Harga termasuk bensin, ban dan mekanik. Bisa sepaket dengan riding gear. Adanya sirkuit Pertamina Mandalika di Lombok, memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk melakukan track day. Maklum saja, sirkuit internasional tersebut sudah dibuka untuk umum, sehingga siapa pun bisa mencoba lintasannya. Kalau tak mau repot bawa motor dari Jakarta atau wilayah lainnya, bisa sewa motor untuk track day di Mandalika. Baca juga : Mandalika Racing Series Diminati Tim Asing dan B
Motor trail 150 cc cukup diminati karena harganya cukup bersahabat Yamaha WR155R menggunakan suspensi depan teleskopik Kawasaki KLX 150 tetap mengandalkan karburator Segmen motor trail 150 cc di Indonesia bisa dikatakan cukup ideal lantaran harganya tidak terlalu tinggi. Terlebih secara pilihan, ada tiga pabrikan Jepang bermain dalam kolam serupa. Mereka adalah Kawasaki, Honda dan Yamaha. Ketiga jenama pun masing-masing menawarkannya lewat Kawasaki KLX 150, Honda CRF 150 dan Yamaha WR155 R. Seca

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda Stylo 160

Rp 27,55 - 30,43 Juta

Lihat Motor
ION Mobility

ION Mobility M1-S

Rp 49,00 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda EM1 e

Rp 400,00 Juta

Lihat Motor
Vespa

Vespa Elettrica

Rp 198,00 Juta

Lihat Motor
BSA

BSA Gold Star 650

Rp 380,00 Juta

Lihat Motor
Alva

Alva Cervo

Rp 37,75 Juta

Lihat Motor
Piaggio

Piaggio MP3 300

Rp 330,00 Juta

Lihat Motor
Mendatang
Kawasaki

Kawasaki Ninja ZX-4R

Rp 239,90 Juta

Lihat Motor