Suzuki All New Ertiga dipastikan masuk Indonesia dengan mesin diesel pada 2021, perang LMPV kembali berkobar

Suzuki All New Ertiga 2021 diesel akhirnya dirilis. Namun, kehadirannya di Indonesia masih dalam proses. Nah, bagaimanakah tampilan dan kapan hadir Suzuki Ertiga 2021 di Indonesia? Yuk, kita lihat!

Suzuki All New Ertiga 2021 memang telah dirilis, namun bukan di Indonesia. Mobil terbaru dari All New Suzuki Ertiga ini dirilis oleh Maruti Suzuki India. Yah, All New Suzuki Ertiga 2021 diesel ini termasuk dalam tipe low MPV di India sana.

Maruti Suzuki India Limited sebagai pabrik basis produksi Ertiga, tengah mempersiapkan mesin berbahan bakar solar yang memenuhi standar emisi baru,BS6 untuk mobil keluarga andalannya ini.

Maruti Suzuki berencana mengganti Ertiga Diesel generasi sebelumnya, D13A yang berkapasitas 1.3L dengan mesin berkapasitas 1.5L DDiS 225 smart hybrid. Bahkan unit Suzuki Ertiga Diesel anyar sudah kedapatan menjalani uji jalan.

All New Suzuki Ertiga 2021 bermesin diesel dengan kapasitas 1.5L ini juga tidak menjadi satu-satunya opsi. Masih berdasar sumber yang sama, potret Suzuki S-Cross dengan emblem 1.6 juga sempat mereka tangkap.Ini memunculkan spekulasi bahwa mesin diesel berkapasitas 1.6L berkode DDiS 320 berkemungkinan dibekali untuk Ertiga Diesel yang akan hadir mendatang.

Nah, nama All New Suzuki Ertiga 2021 diesel memiliki nama lain di India, yakni Suzuki Tour M. Mobil Suzuki Tour M ini dibekali dengan mesin kode DDIS 225 dengan kapasitas 1.5L. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga maksimal 94 hp dan torsi maksimal 225 Nm.

Untuk konsumsi bahan bakar, mobil Suzuki Tour M ini mampu menempuh jarak 24.20 km dengan 1 liter solar.

Jika dilihat dari penampilan, tidak banyak perbedaan antara All New Suzuki Ertiga bensin dan Suzuki Tour M yang dibekali dengan mesin diesel. Dalam urusan fitur, baik Suzuki Tour M diesel maupun Suzuki All New Ertiga 2021 bensin ini tidak beda jauh juga, seperti ABS, EBD, brake assist, ABS, EBD, brake assist,

All New Ertiga diesel alias Suzuki Tour M ini tersedia dalam beberapa pilihan warna yakni silver, putih, dan hitam. Dikatakan Suzuki Ertiga 2021 diesel terancam buntu, Suzuki stop produksi mesin diesel tahun 2020. Nah, apakah mobil Suzuki Ertiga diesel ini bakal masuk ke Indonesia?

Menghadapi persaingan yang semakin ketat di segmen Low Multi Purpose Vehicle (MPV), PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) pernah mencoba mendatangkan Ertiga mesin diesel pada 2017. Kedatangan Suzuki Ertiga 2021 diesel ini berguna untuk menambah pilihan bagi konsumen yang ada di tanah air.

Namun keberadaan Suzuki Ertiga diesel dengan teknologi Smart Hybrid Vehicle by Suzuki (SHVS) itu tidak berumur panjang. Kala itu, Suzuki terpaksa menghentikan impor Ertiga diesel, padahal penjualan mobil Suzuki tersebut bisa dikatakan tidak terlalu buruk.

Harold Donnel selaku Head of Brand Development and Marketing Research 4W PT SIS mengatakan bahwa penjualan Suzuki Ertiga diesel memang sesuai target. Yah, target saat itu sekitar 11 hingga 20 persen dari total penjualan Ertiga saat itu. Nah, secara target memag tidak terlalu berbeda.

Dia juga mengatakan bahwa hanya saja mesin diesel itu sangat sensitif dari mulai perawatan sampai penggunaan bahan bakar. Di kota-kota besar sangat mudah menemukan bahan bakar solar berkualitas, namun hal tersebut tidak sama jika berada di luar kota besar.

Menurut Harold Donnel walaupun ada bahan bakar jenis solar di daerah-daerah terpencil, pasti pemilik kendaraan harus mengantri panjang untuk melakukan pengisian bahan bakar pada mobil. Hal tersebut dikatakan akan memberikan pengalaman yang buruk bagi konsumen Ertiga yang ada di tanah air.

Di samping masalah mesin diesel yang sangat sensitif, Harold juga mengungkapkan fitur start/stop engine yang terbilang baru dan terpasang di Ertiga diesel belum begitu dapat diterima oleh pelanggan. Dengan adanya teknologi auto stop dan auto start, mesin akan hidup atau mati secara otomatis ketika mobil berhenti berjalan selama beberapa detik.

Dari perawatan, bahan bakar dan fitur start/stop engine tiga indikator pertimbangan ini membuat Suzuki Indonesia berpikir lagi jika ingin memasarkan mobil bermesin diesel. Walaupun pasar mobil bermesin diesel secara global masih diterima oleh banyak konsumen. Yah, meskipun Suzuki Ertiga 2021 mesin diesel juga dibekali dengan fitur hybrid.

Di Indonesia, saat ini PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) kembali mempertimbangkan kemungkinan menghadirkan varian MPV berbahan bakar solar ini. Donny Saputra selaku Direktur Marketing 4W SIS menjelaskan bahwa pihak mereka sedang melakukan pertimbangan untuk menghadirkan kembali Suzuki Ertiga diesel di Indonesia.

Donny meyakinkan bahwa jika nantinya mobil All New Suzuki Ertiga 2021 Diesel yang masuk ke Indonesia akan dilakukan peningkatan kualitas pada mobil. Hal ini dilakukan dengan penambahan teknologi yang lebih sempurna.

Suzuki Ertiga bermesin Diesel sebelumnya memang sempat dipasarkan di Indonesia awal tahun 2017 lalu meski akhirnya hilang begitu saja. Bahkan sejak hadirnya generasi kedua Suzuki Ertiga setahun kemudian pun, belum ada tanda-tanda kehadiran kembali All New Suzuki Ertiga diesel.

Suzuki Ertiga generasi kedua yang hadir sejak 2018, mendapat beberapa pembaruan dibanding pendahulunya. Dengan perubahan platform Heartect yang lebih ringan, dimensi yang lebih besar, serta mesin bensin K15B yang lebih bertenaga.

Namun yang berbeda dari model sebelumnya, Suzuki Ertiga 2018 ini belum memiliki varian bermesin diesel. Meski tidak sebanyak varian bensinnya, model ini punya penggemarnya tersendiri. Namun, ada sebuah isu yang datang dari India yang meluncurkan Suzuki Ertiga dengan standar emisi BS6.

Dengan isu mengenai mesin Diesel baru di India menjadi alasan terlahirnya kembali Ertiga dengan bahan bakar Solar di Indonesia. Mobil All New Suzuki Ertiga diesel ini diperkirakan akan bersaing di segmen MPV yang paling laris di tanah air.

Kapankah All New Suzuki Ertiga diesel ini akan dihadirkan di Indonesia? Diperkirakan mobil andalan Suzuki bermesin diesel ini akan dihadirkan di akhir tahun 2020 ini. Untuk harga mobil All New Suzuki Ertiga diesel juga belum diketahui dikarenakan belum hadir di Indonesia.

Nah, itu saja sekilas info tentang All New Suzuki Ertiga diesel yang akan hadir di Indonesia. Mengenai spesifikasi Suzuki Ertiga diesel yang lebih detail, kita tunggu saja sampai mobil ini dihadirkan di tanah air.

    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Suzuki Ertiga

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

2022 Toyota AVANZA G 1.5

Rp 219,00 Juta
Rp 4,46 Juta/bln

7.835 km

1,5 tahun

Java East

Cek Tawaran Juli

2020 Toyota AVANZA VELOZ 1.5

Rp 214,00 Juta
Rp 4,36 Juta/bln

15.086 km

3,5 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli

2021 Toyota AVANZA VELOZ 1.5

Rp 222,00 Juta
Rp 4,52 Juta/bln

17.091 km

2,5 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli

2021 Toyota AVANZA VELOZ 1.5

Rp 216,00 Juta
Rp 4,40 Juta/bln

8.996 km

2,5 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli

2021 Honda MOBILIO RS 1.5

Rp 220,00 Juta
Rp 4,48 Juta/bln

12.090 km

2,5 tahun

Java East

Cek Tawaran Juli
Lihat Lebih

Video Tiktok

Related Videos

Avanza, Xpander, Ertiga, Siapa yang Paling Lega dan Banyak Fitur? | Mobil Baru di GIIAS 2021

Berita Terbaru

6 Catatan Penting Wuling Air ev Selama di Indonesia

Tepat 11 Agustus 2022, mobil listrik Wuling Air ev memasuki satu tahun kehadirannya di pasar otomotif Indonesia. Nah, bersamaan dengan kehadiran Wuling Motors di Indonesia sejak Juli 2017, merek mobil asal China ini menggelar acara Green Drive Festival dengan mengundang konsumen Air ev serta komunitas Wuling Electric Vehicle Indonesia (WEVI). Dalam acara tersebut, Wuling Motors menghadirkan berbagai aktivitas seru serta penampilan dari stand up comedian, Mongol, dan hingga mendatangkan penyanyi

Review Pemilik: Honda City Hatchback RS 2021, Cocok Buat Dimodif

**Artikel ini adalah pengalaman pribadi dari pemilik Honda City Hatchback RS 2021 Honda City Hatchback RS dihadirkan sebagai penerus Jazz GK5 di Tanah Air. Mewarisi berbagai keunggulan yang menjadi ikonik hatchback Honda, City Hatchback RS terlihat stylish, sporty, canggih, serta memiliki performa besar, yang mempunyai karakter 11-12 dengan Jazz. Pada review pemilik kali ini, kami akan mengulas City Hatchback RS manual lansiran April 2021. Menurut cerita dari pemilik, ia membeli mobil ini dalam

Top 5 Artikel Pekan Ini, Harga Bekas Innova Reborn Diesel yang Stabil Sampai Carry Bagong Pakai Turbo

Kepopuleran Toyota Innova Reborn diesel rupanya belum luntur oleh waktu. Bahkan kemunculan Innova Zenix dengan teknologi hybrid tidak menghapus kecintaan masyarakat Indonesia akan MPV bermesin diesel tersebut. Tak heran harga jual Toyota Innova Reborn diesel saat ini masih sangat bertahan dan masih banyak peminatnya. Hal itu pula yang menjadikan artikel Autofun khususnya mengenai Toyota Innova Reborn Diesel masih tinggi pembacanya. Berikut 5 artikel paling populer di Autofun periode 10 - 15 Apri

Asyik, Jalan Tol Puncak - Cianjur Segera Dibangun

Pemerintah terus menggeber akses jalan tol di Indonesia, termasuk mempersiapkan pembangunan jalan tol Puncak - Cianjur dengan rute Bogor-Sukabumi-Cianjur-Bandung (Bosuciba). Langkah ini direncanakan langsung oleh Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kota atau Kabupaten, untuk mengurai kemacetan belasan tahun dan meningkatkan ekonomi di wilayah yang menjadi favorit pariwisata. Baca juga: Begini Caranya Biar Lewati Gerbang Tol Tanpa Berhenti Menurut Gubernur Jawa Barat, jalan tol P

Bukan LMPV, Ini Mobil-mobil Honda Terlaris di Indonesia

Penjualan mobil Honda mengalami peningkatan secara nasional hingga 26 persen di semester pertama tahun 2023. Menurut catatan, penjualan retail (dealer ke konsumen) Honda sejak Januari sampai Juni 2023 tercatat 67.797 unit, sedangkan di periode yang sama tahun lalu hanya terjual 53.910 unit. Sales & Marketing and After Sales Director PT Honda Prospect Motor Yusak Billy mengatakan, alasan peningkatan penjualan Honda di semester pertama tak lepas dari penyegaran produk-produk Honda yang diterima ba

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaru
Hot
Toyota

Toyota Raize

Rp 229,80 - 299,20 Juta

Lihat Mobil
Hot
Daihatsu

Daihatsu Rocky

Rp 214,20 - 265,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Brio

Rp 156,90 - 227,10 Juta

Lihat Mobil
Tidak Dijual
Honda

Honda Jazz

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Hot
Hyundai

Hyundai Palisade

Rp 842,00 - 1,11 Milyar

Lihat Mobil
Hot
Wuling

Wuling Almaz

Rp 279,50 - 470,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda City Hatchback

Rp 333,60 - 362,60 Juta

Lihat Mobil
Hot
Kia

Kia Sonet

Rp 193,00 - 296,00 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX

Rp 849,50 - 949,50 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX Wagon

Rp 975,50 - 1,03 Milyar

Lihat Mobil
Wuling

Wuling Alvez

Rp 209,00 - 295,00 Juta

Lihat Mobil
Daihatsu

Daihatsu Ayla

Rp 103,30 - 161,05 Juta

Lihat Mobil
Varian Baru
Toyota

Toyota Agya

Rp 175,40 - 253,50 Milyar

Lihat Mobil
Land Rover

Land Rover Range Rover Sport

Rp 4,52 Milyar

Lihat Mobil

Perbandingan Mobil Terkait

Suzuki Ertiga
Lihat